RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : BUDAYA POLITIK
o Pengertian Budaya Politik
o Ciri-ciri budaya politik
o Macam-macam budaya politik
o faktor penyebab berkembangnya budaya politik di suatu daerah
o Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan pengertian budaya politik | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
· Mendeskripsikan pengertian budaya politik
· Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
· Mendeskripsikan macam-macam budaya politik
· Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
· Mengidentifikasi perkembangan budaya politik
· Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : BUDAYA POLITIK o Pengertian Budaya Politik o Ciri-ciri budaya politik o Macam-macam budaya politik o faktor penyebab berkembangnya budaya politik di suatu daerah o Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan pengertian budaya politik | · pengertian budaya politik | · Siswa dapat Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2 Media massa (Koran, Majalah, Internet)
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA ......................
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Tipe-tipe budaya politik
o Macam-macam tipologi budaya politik
o Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
· Mendeskripsikan tipe-tipe budaya politik
· Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Tipe-tipe budaya politik o Macam-macam tipologi budaya politik o Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan pengertian budaya politik | · pengertian budaya politik | · Siswa dapat Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan internet
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Surat kabar, majalah, dan internet.
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA ……………..
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Sosialisasi budaya politik
o Makna sosialisasi kesadaran politik
o Mekanisme sosialisasi budaya politik
o Fungsi dan peranan partai politik
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.3. Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia. | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menjelaskan pendapat para pakar tentang perkembangan budaya politik di Indonesia. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
· Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku
· Mendeskripsikan makna sosialisasi kesadaran politik
· Menguraikan mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik
· Mengidentifikasikan fungsi partai politik
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya politik berserta contohnya
· Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Sosialisasi budaya politik o Makna sosialisasi kesadaran politik o Mekanisme sosialisasi budaya politik o Fungsi dan peranan partai politik Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik | · Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia. | · Siswa dapat Menjelaskan pendapat para pakar tentang perkembangan budaya politik di Indonesia. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA ......................
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Budaya Politik Partisipan di Indonesia
o Bentuk- bentuk budaya politik partisipan
o budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
o contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
o Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
2. Kompetensi Dasar
1.4. Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
· Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
· Mendemonstrasikan budaya politik partisipan
IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Budaya Politik Partisipan di Indonesia o Bentuk- bentuk budaya politik partisipan o budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa o contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara o Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis budaya politik di Indonesia | · Menampilkan peran serta budaya politik partisipan | · Siswa dapat Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. DENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
o Macam- macam demokrasi
o Prinsip- prinsip demokrasi
o Pengertian Budaya demokrasi
o Prinsip- prinsip budaya demokrasi
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
o Standar Kompetensi
2. menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
2. Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menjelaskan perbedaan antara demokrasi liberal, komunis dan demokrasi Pancasila
· Mendeskripsikan prinsip- prinsip demokrasi.
· Menjelaskan makna budaya demokrasi
· Menjelaskan tentang prinsip budaya politik
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi o Macam- macam demokrasi o Prinsip- prinsip demokrasi o Pengertian Budaya demokrasi o Prinsip- prinsip budaya demokrasi Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani | · Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi | · Siswa dapat Menjelaskan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
5. Majalah, koran, dan internet
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA ......................
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Masyarakat Madani
o Pengertian masyarakat madani (civil society)
o Ciri-ciri masyarakat madani
o Proses menuju masyarakat madani
o kendala yang dihadapi dan upaya mengatasinya bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
2. Kompetensi Dasar
2.2. Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
· Mengidentifikasikan ciri- ciri masyarakat madani
· Menjelaskan proses menuju masyarakat madani
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Masyarakat Madani o Pengertian masyarakat madani (civil society) o Ciri-ciri masyarakat madani o Proses menuju masyarakat madani o kendala yang dihadapi dan upaya mengatasinya bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani | · ciri-ciri masyarakat madani | · Siswa dapat Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Buku-Buku Sumber yang Relevan
3. Majalah, Koran, dan internet
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA ......................
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Demokrasi di Indonesia
o Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila
o Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
o Pemilihan Umum (Pemilu)
- Pengertian Pemilu
- tujuan pemilu
- Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum
- Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
2. Kompetensi Dasar
2.3. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menjelaskan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila | |
3 | Menganalisis pelaksanaan Demokrasi di Indonesia pada Era Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan prinsip demokrasi Pancasila
· Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba dan orde reformasi
· Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla, orba maupun orde reformasi
· Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Demokrasi di Indonesia o Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila o Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi o Pemilihan Umum (Pemilu) - Pengertian Pemilu - tujuan pemilu - Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum - Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformas | · Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba dan orde reformasi | · Siswa dapat Menjelaskan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan internet
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Pemilihan Umum dan Perilaku yang
Mendukung Tegaknya Prinsip-Prinsip Demokrasi
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
2. Kompetensi Dasar
2.4. Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Memberi contoh pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. | |
3 | Menjelaskan hakikat Pemilihan Umum, pelaksanaan Pemilihan Umum di Indonesia. | |
4 | Menunjuk contoh perilaku yang mendukung tegaknya budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mendemostrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya
· Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
· Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Pemilihan Umum dan Perilaku yang Mendukung Tegaknya Prinsip-Prinsip Demokrasi Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | · Memberi contoh pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. | · Siswa dapat Menjelaskan hakikat Pemilihan Umum, pelaksanaan Pemilihan Umum di Indonesia. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
§ Penilaian Kognitif
§ Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Keterbukaan dan Jaminan Keadilan
a. Pengertian keterbukaan dan keadilan
b. Macam-macam keadilan
c. Makna keterbu-kaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Ciri-ciri keter-Bukaan
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Kompetensi Dasar
3. 1. Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
· Mengidentifikasikan macam-macam keadilan
· Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Keterbukaan dan Jaminan Keadilan a. Pengertian keterbukaan dan keadilan b. Macam-macam keadilan c. Makna keterbu-kaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara d. Ciri-ciri keter-Bukaan Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. | · Memberi contoh macam-macam keadilan | · Siswa dapat Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Penyelenggaraan Pemerintahan yang Tidak
Transparan
a. Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
b. Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
o Standar Kompetensi
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
o Kompetensi Dasar
3.2. Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan. | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menyebutkan contoh perilaku penyelenggaraan pemerintah yang tidak transparan di Indonesia. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengidentifikasikan ciri-ciri keterbukaan
· Memberikan contoh penyelenggaran pemerintahan yang transparan
· Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
· Mengidentifikasikan faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
· Menyimpulkan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Penyelenggaraan Pemerintahan yang Tidak Transparan o Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan o Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | · Menyebutkan contoh perilaku penyelenggaraan pemerintah yang tidak transparan di Indonesia. | · Siswa dapat Menyimpulkan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Sikap Keterbukaan dan Keadilan
a. Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
b. sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Kompetensi Dasar
3.3. Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari. | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat dalam negara. | |
3 | Menunjukkan perilaku positif terhadap upaya peningkatan jaminan keadilan. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
· Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
· Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat.
· Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Sikap Keterbukaan dan Keadilan o Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan o sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | · Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat. | · Siswa dapat Menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat dalam negara. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Majalah, koran, dan internet
4. Buku-Buku Sumber yang Relevan
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments:
Posting Komentar