Cari Blog Ini

Jumat, 24 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR ISI, SK DAN KD PENJASKES SMA


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK )
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang        terkandung didalamnya.
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

·     Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan mengguna-kan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·     Melakukan latihan teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (ber-pasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan meng-gunakan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·     Melakukan latihan teknik dasar melempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar me-lempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.


Sepakbola










































Bolavoli



































Bolabasket




1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)

·     Melakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis bulutangkis (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis bulutangkis (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·     Melakukan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koor-dinasi yang baik
·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·     Melakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.


Bulutangkis





































Softball
































Tenis meja




1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **)

·     Melakukan teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Memvariasikan dan kombinasi teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Perlombaan lari jarak pendek 100 meter dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·     Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·     Memvariasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·     Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.


Atletik (Lari jarak pendek)




































Atletik (Lompat jauh)




1.4. Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **)

·     Melakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan.


Aktivitas Beladiri (Pencak silat)



2.         Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
2.1. Mempraktikkan  latihan kekuatan,  kecepatan,  daya tahan dan  kelentukan  untuk    kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
2.2. Mempraktikkan  tes kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3. Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar.


·     Melakukan latihan kekuatan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan kecepatan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan daya tahan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan kelentukan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan tes kebugaran jasmani secara sederhana dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas pengembangan



3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
3.1. Mempraktikkan  rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

3.2. Mempraktikkan  rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggungjawab.

·     Melakukan latihan guling depan dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan guling belakang dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan kayang dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan sikap lilin dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan berdiri dengan kepala dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi latihan guling depan, guling belakang, sikap kayang, sikap lilin, dan berdiri dengan kepala dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas Uji diri/Senam



4. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan   koordinasi yang   baik dan  nilai-nilai  yang terkandung didalamnya.

4.1. Mempraktikkan  keterampilan  gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan.

4.2. Mempraktikkan  keterampilan gerak  dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan.


·     Melakukan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan keterampilan gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi keterampilan gerak dasar (langkah dan lompat) dan (ayunan lengan) pada aktivitas ritmik tanpa alat (perorangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas ritmik



5.         Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
5.1. Mempraktikkan  keterampilan  dasar  salah  satu  gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggungjawab, dan kerja keras.

5.2. Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam renang dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian, tanggungjawab, dan kerja keras.


·     Melakukan latihan gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin, keberanian, tanggungjawab dan kerja keras.
·     Melakukan latihan loncat indah dari samping kolam renang dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas Renang/ Akuatik



6.  Mempraktikk-an perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

6.1. Mempraktikkan  keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
6.2. Mempraktikkan  keterampilan dasar penyelamatan di pantai serta nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
6.3. Mempraktikkan keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat


·     Melakukan kegiatan menjelajah pantai secara berkelompok untuk menanamkan nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
·     Melakukan penyelamatan di pantai secara berkelompok untuk menanamkan nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
·     Melakukan pemilihan makanan dan minuman yang sehat secara berkelompok dengan tepat dan benar.


Aktivitas luar kelas/ Penjelajahan pantai



7.  Menerapkan budaya hidup sehat.
7.1. Menganalisis bahaya penggunaan narkoba.








7.2. Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba.


·     Menganalisis bahaya peng-gunaan narkoba seperti: hekekat narkoba, penyalah-gunaan narkoba, peng-golongan jenis narkoba, pengaruh jenis-jenis narkoba pada tubuh manusia.
·     Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba seperti: saksi terhadap tindak pidana narkotika.

Kesehatan/ Budaya hidup sehat






Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons