PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru | 1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia | | · Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI · Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | | Indonesia Pada Awal Kemerdekaan Hingga Tahun 1950 · Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia · Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 | | | | | | | |
| 1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950 | | · Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan | | · Kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan | | | | | | | |
| | | · Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan | | · Perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan | | Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Pada Tahun 1945-1949 · Konflik Indonesia-Belanda 1945-1949 | | | | | | | |
| | | · Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda | | · Perbedaan strategi dan ideologi dalam menghadapi Belanda dan konflik antarkelompok politik di Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan | | · Perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan | | | | | | | |
| 1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa | | · Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965 | | Upaya Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan · Gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965 | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI · Mendeskripsikan dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI | | · Peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI | | | | | | | |
| 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan | | · Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer | | Indonesia Pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin · Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer · Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | | · Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin · Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | | | | | | | |
| | | · Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia | | · Perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an | | · Kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an | | | | | | | |
2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi. | 2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru | | · Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru · Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru | | Indonesia Pada Masa Orde Baru · Latar belakang kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru · Berdirinya Pemerintah Orde Baru dan ciri-ciri pokok kebijakan yang dihasilkan | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan menguatnya peran negara pada masa Orde Baru · Mendeskripsikan dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial politik masyarakat | | · Menguatnya peran negara pada masa Orde Baru dan dampaknya terhadap kehidupan sosial politik masyarakat | | | | | | | |
| 2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi | | · Mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru · Merekonstruksi jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis | | Indonesia Pada Era Reformasi · Krisis multidimensi dan munculnya reformasi · Kronologi jatuhnya pemerintah Orde Baru | | | | | | | |
| 2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi | | · Mendeskripsikan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 | | · Perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi | | · Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir | 3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin | | · Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika | | Dunia Pada Akhir Perang Dunia II · Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II | | · Ekonomi dan politik Indonesia pasca Perang Dunia II | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin | | Dunia Pada Masa Perang Dingin · Faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan tentang Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba | | · Perluasan Perang Dingin ke luar Eropa | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara | | · Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin | | · Perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi ciri-ciri politik luar negeri Indonesia · Membedakan pelaksanaan politik luar negeri pada masa pemerintahan Orde Lama dengan pelaksanaan politik luar negeri pada masa Orde Baru | | · Politik luar negeri Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan peran aktif Indonesia di dunia internasional | | · Peran aktif Indonesia di dunia internasional | | | | | | | |
| 3.2. Menganalisis Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia | | · Mendeskripsikan proses berakhirnya Perang Dingin | | Konstelasi Global Pasca-Perang Dingin · Berakhirnya Perang Dingin | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan perubahan di dunia pasca-Perang Dingin | | · Perubahan Konstelasi Global | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan proses munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI | | · Munculnya organisasi internasional sebagai bentuk ikatan regional dan global | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Sejarah (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar