PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
1.Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Orde Baru sampai masa Reformasi | 1.1..Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa orde baru | | 1.Mempresentasikan secara lisan hasil analisis menguatnya peran negara dalam kehidupan masyarakat 2.Menjelaskan secara tertulis dalam bentuk makalah tentang pertumbuhan dan mobilitas penduduk 3.Mempresentasikan hasil identifikasi dampak revolusi hijau dan industrialisasi dalam forum diskusi 4.Menguraikan secara tertulis respon masyarakat Indonesia terhadap perubahan dunia kea rah globalisasi di bidang teknologi 5.Menyajikan hasil analisis berbagai kebijakan politik luar negeri secara tertulis | | 1. Menguatnya peran negara dalam kehidupan masyarakat 2. Pertumbuhan dan mobilitas penduduk 3. Dampak revolusi hijau dan industrialisasi 4. Respon masyarakat Indonesia terhadap perubahan dunia ke arah globalisasi di bidang teknologi 5. Kebijakan politik luar negeri | | | | | | | |
| 1.2.Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi | | 1.Menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab runtuhnya orde baru secara tertulis 2.Menjelaskan kronologi jatuhnya kekuasaan Soeharto secara tertulis 3.Membuat analisis berbagai kebijakan poltik dan ekonomi pemerintahan Habibie dan kronologi jatuhnya Habibie dilaporkan secara tertulis 4.Memaparkan secara lisan berbagai kebijakan politik dan ekonomi pemerintahan Gur Dur dan kronlogi jatuhnya Gus Dur 5.Memberikan penjelasan secara tertulis berbagai kebijakan dan ekonomi pemeritahan Megawati 6.Menguraikan kebijakan politik dan ekonomi pemerintahan SBY dalam bentuk makalah 7.Memaparkan secara lisan hasil identifikasi dampak reformasi bagi masyarakat 8.Menjelaskan lembaga baru pada masa reformasi | | 1.Faktor penyebab runtuhnya orde baru 2.Kronologi jatuhnya kekuasaan Orde baru 3..Masa Kepemimpinan BJ. Habibie 4.Masa Kepemimpinan Abdrurrahman Wahid 5..Masa Kepemimpinan Megawati Soekarnoputri 6..Masa Kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono 7.Dampak reformasi 8.Lembaga-lembaga baru pada masa reformasi | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XII IPA / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
2.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20 | 2.1.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hubungannya dengan perang dunia II dan perang dingin | | 1. Menyajikan secara tertulis penjelasan sejarah perkembangan IPTEK pada masa PD II 2.Menuliskan hasil deskripsi perkembangan IPTEK pada masa perang dingin dalam bentuk makalah | | 1.Perkembangan IPTEK Pada masa perang dunia II 2.Perkembangan IPTEK pada Masa Perang Dingin | | | | | | | |
| 2.2.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia | | 1.Mempresentasikan uraian sejarah perkembangan iptek Indonesia dalam bentuk makalah 2.Menyajikan deskripsi perkembangan teknologi komunikasi, informasi, dan transportasi secara lisan 3.Menguraikan penerapan teknologi pertanian dan revolusi hijau dalam bentuk makalah 4. Menyajikan hasil identifikasi dampak Iptek bagi masyarakat dalam bentuk makalah | | 1.Sejarah perkembangan Iptek di Indonesia 2.Perkembangan teknologi telekomunikasi, informasi, dan transportasi 3.Teknologi pertanian dan revolusi hijau 4.Dampak perkembangan Iptek bagi masyarakat Indonesia | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Sejarah (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar