Cari Blog Ini

Jumat, 24 Februari 2012

P


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ).
Kelas / Semester            : XII/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
6.         Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
6.1. Mempraktikkan  keterampilan bermain salah satu  permainan  olahraga bola besar dengan peraturan sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)

·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (meng-umpan, mengontrol, meng-giring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan sepakbola berpasang-an dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik
·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan meng-gunakan dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar permainan bolavoli berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolavoli bolavoli dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan bolabasket ber-pasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola pertahanan dan pola penyerangan permainan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.


Sepakbola




6.2 Mempraktikkan keterampilan  bermain  salah satu  permainan  olahraga bola kecil dengan peraturan sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**).

·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan smash (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar permainan bulutangkis berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan strategi dan taktik permainan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar permainan softball melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar permainan softball berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan strategi dan taktik penyerangan permainan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok)  dengan koor-dinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar permainan tenis meja berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan permainan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.


Bulutangkis
Softball
Tenis meja




6.3. Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**).

·     Melakukan teknik dasar lari jarak menengah 1.500 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar lari jarak menengah 1.500 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (per-orangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan lari jarak menengah 1.500 meter dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan teknik dasar lompat tinggi (awalan, tumpuan, saat melewati mistar dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·      Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat tinggi (awalan, tumpuan, saat melewati mistar dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan atletik lompat tinggi dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, me-nerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.
·     Melakukan teknik dasar lempar cakram (awalan, tumpuan, lepasnya cakram dan menjaga keseimbangan) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar lempar cakram (awalan, tumpuan, lepasnya cakram dan menjaga keseimbangan) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan atletik lempar cakram dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, me-nerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.


Atletik (Lari jarak menengah)
Atletik (Lompat tinggi)
Atletik (Lempar cakram)




6.4. Mempraktikkan keterampilan salah satu permainan olahraga beladiri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**).

·         Melakukan teknik dasar pencak silat (teknik pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, tangkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) yang dilakukan (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat berpasangan dan ber-kelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan dengan koor-dinasi yang baik.
·         Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·          

Aktivitas Beladiri (Pencak silat)



7.         Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
7.1. Mempraktikkan program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani.

7.2. Mempraktikkan membaca hasil tes berdasarkan tabel yang cocok.


·     Melakukan latihan tes kebugaran jasmani secara sederhana (tes lari cepat, angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak dan lari jauh 1.000 m, 1.200 m) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan interpretasi secara sederhana hasil tes (lari cepat, angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak dan lari jauh 1.000 m, 1.200 m) dalam menentu-kan derajat kebugaran.
·         Melakukan perlombaan tes kebugaran jasmani secara sederhana dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin dan tanggungjawab.


Aktivitas pengembangan



8. Mengkombin-asikan rangkaian gerakan senam lantai dan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

8.1 Mempraktikkan rangkaian  gerakan  senam lantai  serta nilai  percaya diri, tanggungjawab, kerjasama, dan percaya kepada teman.

8.2. Mempraktikkan rangkaian gerakan senam ketangkasan serta nilai percaya diri, tanggungjawab, kerjasama, dan percaya kepada teman.


·         Melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam ketang-kasan (lompat kangkang dan lompat jongkok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan perlombaan senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting di atas peti lompat) dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai percaya diri, tanggungjawab, kerjasama, dan percaya kepada teman

Aktivitas Uji diri/Senam



9. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama secara beregu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

9.1. Mempraktikkan rangkaian gerak senam aerobik dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, keluwesan dan estetika.

9.2. Mempraktikkan senam irama tradisional sesuai budaya daerah secara berkelompok serta nilai kerjasama, kediplinan, keluwesan dan estetika.


·         Melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
·         Menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
·         Melakukan perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplin-an, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).


Aktivitas Ritmik



10.  Mempraktikk-an keterampilan  penguasaan berbagai  teknik gaya renang dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
10.1. Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian.
10.2. Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian.


·         Melakukan latihan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan perlombaan renang gaya punggung (menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian.

Aktivitas Renang/ Akuatik



11. Mengevaluasi kegiatan luar kelas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
11.1. Mempraktikkan  pemilihan tempat yang  tepat untuk mendirikan tenda perkemahan  di alam bebas, mempraktikkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa.
11.2. Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa.


·     Mengidentifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan di alam bebas.
·     Melakukan pemasangan tenda untuk perkemahan di alam bebas secara beregu.
·         Melakukan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan kese-lamatan, disiplin dan tanggungjawab.

Aktivitas luar kelas/ Berkemah




12. Menerapkan budaya hidup sehat.
12.1. Mempraktikkan pola hidup sehat.

12.2. Menampilkan perilaku hidup sehat.


·         Mempraktikkan pola hidup sehat melalui: latihan/olahraga secara teratur dan mengem-bangkan kapasitas aerobik.
·         Menampilkan perilaku hidup sehat melalui: makan-makanan yang sehat, makan-makanan yang mengandung gizi dan cukup istirahat.
·         Mengimplementasikan pola hidup sehat dan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan dengan pola sederhana dan tidak berlebihan.

Kesehatan/ Budaya hidup sehat






Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons