PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XI IPA / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
1.Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. | 1.1 Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia | | · Mendiskripsikan Hipotesis Waisya tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Kutai. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Tarumanegara. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Sriwijaya · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Kediri. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Kediri. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Singasari. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Majapahit. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Sunda. · Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Bali. · Mendeskripsikan Proses masuk dan perkembangan Islam di Nusantara. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Samudera Pasai. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Aceh. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Demak. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Pajang. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Mataram. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Banten. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Gowa - Tallo. · Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Ternate - Tidore. | | Perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia | | | | | | | |
| 1.2.Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang. | | · Mendeskripsikan perkembangan sistem pemerintahan dan struktur birokrasi di Hindia Belanda pada masa VOC · Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi, militer, ekonomi dan sosial pada masa Pemerintah Herman Willem Daedels · Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi, ekonomi, sosial dan Ilmu Pengetahuan di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Thomas Stamford Raffles · Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi dan ekonomi di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Pemerintahan Hindia Belanda (Komisaris Jenderal) · Mendeskripsikan perkembangan sistem Tanam Paksa di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Van Den Bosch · Mendeskripsikan penerapan politik ekonomi liberal kolonial · Mendeskripsikan penerapan politik etis pada bidang pemerintahan, hukum, ekonomi, dan pendidikan · Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa kolonial Belanda. · Mendiskripsikan Mendiskripsikan kebijakan politik Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia · Mendiskripsikan Pembentukan Gerakan 3A, Poetra dan Jawa Hokokai. · Mendiskripsikan kerjasama Pemerintah Pendudukan Jepang dengan kaum nasionalis Islam · Mendiskripsikan pengerahan pemuda dan pembentukan organisasi semi militer. · Mendiskripsikan Pengerahan tenaga rakyat, ekonomi dan bhan pangan pada masa pendudukan Jepang | | · Perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang. | | | | | | | |
| 1.3 Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia | | · Mendeskripsikan Faktor-faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya Budi Utomo sebagai pelopor pergerakan nasional Indonesia · Mendeskripsikan perkembangan Serikat Islam sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan Islam · Mendeskripsikan perkembangan Indische Partij sebagai organisasi pergerakan nasional nasionalis dari golongan Indo-Belanda · Mendeskripsikan perkembangan PKI sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan sosilis-komunis · Mendeskripsikan perkembangan PNI sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan nasionalis · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya PPPKI sebagai usaha untuk mempersatukan kekuatan organisasi pergerakan nasional · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya Gerakan Pemuda dan Sumpah Pemuda sebagai usaha untuk menggalang mempersatukan dan kesatuan nasional · Mendeskripsikan Perjuangan di dalam volksraad dengan Petisi Soetardjo dan GAPI | | · Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia | | | | | | | |
| 1.4 Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia. | | · Mendiskripsikan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. · Mengidenifikasikan proses pembentukan kelengkapan-kelengkapan negara. · Mengidenifikasikan Perubahan otoritas KNIP dan pengaruhnya terhadap sistem pemerintahan di Indonesia | | · Terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia. | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
2.Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru | 2.1 Merekon-struksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin | | · Mendiskripsikan kedatangan Sekutu dan NICA di Indonesia · Menganalisis kontak fisik rakyat Indonesia dengan Sekutu dan Belanda di berbagai daerah · Perjuangan melalui jalur diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan · Mendiskripsikan proses penyerahan kedaulatan dari pemerintah Belanda kepada pemerintahan RIS. · Menganalisis proses pembentukan dan pembubaran Negara Republik Indonesia Serikat. · Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Liberal | | Perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin | | | | | | | |
| 2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru. | | · Mendiskripsikan Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin · Mendiskripsikan proses terjadinya dan penumpasan G 30 S / PKI · Mendiskripsikan proses lahirnya Orde Baru | | Proses pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Sejarah (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar