Cari Blog Ini

Jumat, 24 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR ISI, SK DAN KD PENJASKES SMA XI-2


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ).
Kelas / Semester            : XI/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
7.             Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta                                         nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

7.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (meng-umpan, mengontrol, meng-giring dan menembak) ber-pasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan meng-gunakan dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain bolavoli bolavoli dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket me-lempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.


Sepakbola
Bolavoli
Bolabasket




7.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan smash (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koor-dinasi yang baik.

·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan ber-kelompok)  dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.


Bulutangkis
Softball
Tenis meja




7.3. Mempraktikkan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

·     Melakukan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (per-orangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

·     Perlombaan lari halang rintang 3.000 meter dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan teknik dasar lempar lembing (awalan, tumpuan, lepasnya lembing dan menjaga keseimbangan) dengan koor-dinasi yang baik.
·      Melakukan  variasi dan kom-binasi teknik dasar lempar lembing (awalan, tumpuan, lepasnya lembing dan menjaga keseimbangan) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Perlombaan atletik lempar lembing dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.


Atletik (Lari halang rintang)
Atletik (Lempar lembing)




7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**)

·     Melakukan teknik dasar pencak silat (teknik tangkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (teknik tangkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

Beladiri (Pencak silat)



8.         Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
8.1. Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
8.2.Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
8.3.Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.


·     Melakukan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung-jawab, disiplin, dan percaya diri dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan peningkatan beban latihan sirkuit untuk pe-ningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai tanggung-jawab, disiplin, dan percaya diri.


Aktivitas pengembangan



9.  Mempraktikk-an keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
9.1 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

9.2. Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.


·     Melakukan rangkaian senam ketangkasan dengan meng-gunakan alat lanjutan (lompat kangkang, lompat jongkok dan berguling di atas peti lompat) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan rangkaian senam ketangkasan tanpa meng-gunakan alat (guling depan, guling belakang, lenting tangan, meroda, dan guling lenting) dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas Uji diri/Senam



10. Mempraktikk-an aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
10.1. Mempraktikkan kombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

10.2. Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan.


·         Melakukan kombinasi gerak berirama menggunakan alat tali dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan (perorangan dan berkelompok) dengan baik.
·         Melakukan rangkaian aktivitas ritmik menggunakan alat tali serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas Ritmik



11. Mempraktikk-an dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
11.1. Mempraktikkan  keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerjasamaserta keberanian.

11.2. Mempraktikkan  keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerjasamaserta keberanian.


·     Melakukan latihan gerakan kaki renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan lengan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan renang gaya dada (menempuh jarak 50 meter).

·         Melakukan pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)

Aktivitas Renang/ Akuatik



12.  Mempraktikk-an perencanaan dan keterampilan penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

12.1. Mempraktikkan  keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan.
12.2. Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan

·         Melakukan perencanaan pen-jelajahan di perbukitan secara sederhana dan berkelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memper-hatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan.
·         Melakukan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamat-an.
·         Melakukan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan kese-lamatan, disiplin dan tanggungjawab.



Aktivitas luar kelas/ Penjelajahan perbukitan



13.  Menerapkan budaya hidup sehat.
13.1. Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan.








14.2. Menerapkan pola hidup sehat.


·         Mengidentifikasi perkembang-an jasmani seseorang melalui: pengetahuan perkembangan jasmani, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, ciri-ciri anak sehat, secara benar.
·         Mengidentifikasikan peman-faatan waktu luang untuk kesehatan dengan cara: gerak badan, rekreasi, istirahat, dan tidur
·         Mengidentifikasikan pola hidup sehat dengan cara: meme-lihara kebersihan; makanan yang sehat; cara hidup yang teratur; meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan jasmani; menghindari terjadi-nya penyakit; meningkatkan taraf kecerdasan dan rohaniah; melengkapi rumah dengan fasilitas hidup sehat; dan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Kesehatan/ Budaya hidup sehat





Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons