Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Jumat, 24 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR ISI, SK DAN KD PENJASKES SMA X-2


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ).
Kelas / Semester            : X/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
8.         Mempraktikkan berbagai   keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
8.1. Mempraktikkan  keterampilan bermain  salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **).

·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, me-mecahkan masalah, meng-hargai teman, dan keberanian.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar dan menangkap bola (chest pass, bounce pass, over head pass, dan side pass), menggiring bola dan menembak ke ring basket  dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.


Sepakbola


























Bolavoli






















Bolabasket




8.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)

·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, me-mukul backhand, dan servis bulutangkis dengan koor-dinasi yang baik.
·     Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.


Bulutangkis























Softball






















Tenis meja




8.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **)

·     Melakukan teknik dasar lari jarak menengah 1.500 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak menengah 1.500 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Perlombaan lari jarak menengah 1.500 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
·     Melakukan teknik dasar lompat tinggi (awalan, tumpuan, saat melewati mistar dan mendarat) dengan koordinasi yang baik

·     Melakukan  variasi dan kombinasi teknik dasar lompat tinggi (awalan, tumpuan, saat melewati mistar dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.

·     Perlombaan lompat tinggi dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·     Melakukan teknik dasar tolak peluru (awalan, menolakan peluru, lepasnya peluru dan menjaga keseimbangan) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan  variasi dan kombinasi teknik dasar tolak peluru (awalan, menolakan peluru, lepasnya peluru dan menjaga keseimbangan) dengan koordinasi yang baik.
·     Perlombaan tolak peluru dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerja-sama, kejujuran, meng-hargai, semangat, dan percaya diri.

Atletik (Lari jarak menengah)











































Atletik (Lompat tinggi)

































Atletik (Tolak peluru)




8.4. Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **)

·         Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar pencak silat (pukulan dan tangkisan)  dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar pencak silat (tendangan dan elakan/hindaran)  dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, elakan, tangkisan dan hindaran) dengan koordinasi yang baik.

Beladiri (Pencak silat)



9. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

9.1. Mempraktikkan  ber-bagai bentuk ke-bugaran jasmani sesuai dengan ke-butuhan serta nilai kejujuran, tanggung-jawab, disiplin, dan percaya diri.

9.2. Mempraktikkan  tes kebugaran jasmani dan interpretasi hasil tes dalam menentu-kan derajat kebugar-an jasmani serta nilai kejujuran, se-mangat, tanggung-jawab, disiplin, dan percaya diri.


·     Melakukan latihan kebugar-an jasmani (kekuatan, kecepatan, daya tahan, kelincahan dan kelentukan) dengan koordinasi yang baik.

·         Melakukan tes kebugaran jasmani untuk siswa SMA (lari cepat 60 meter, angkat tubuh/60 detik, baring duduk/60 detik, loncat tegak, lari jauh/1.000 pi dan 1.200 m pa) dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas pengembangan



10.  Mempraktikk-an keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung
       didalamnya.
10.1 Mempraktikkan  keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

10.2. Mempraktikkan  keterampilan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.


·         Melakukan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) dengan koordinasi yang baik.

·         Melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat (guling depan, guling ke belakang, berdiri dengan kedua tangan, sikap lilin, guling lenting dan sikap kayang) dengan koordinasi yang baik.

Aktivitas Uji diri/Senam



11. Mempraktikk-an  aktivitas ritmik tanpa alat  dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

11.1. Mempraktikkan  kombinasi  keterampilan   langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.

11.2. Mempraktikkan  rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.


·     Melakukan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika dengan baik.


Aktivitas Ritmik



12. Mempraktikk-an keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
12.1. Mempraktikkan  kombinasi  teknik renang gaya bebas dan salah satu gaya lain serta nilai disiplin, kerja keras, keberanian dan tanggungjawab.

12.2. Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerja keras, keberanian dan tanggungjawab

·     Melakukan latihan gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 50 meter).
·     Melakukan pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)


Aktivitas Renang/ Akuatik



13.  Mempraktikk-an perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
13.1. Mempraktikkan  keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung serta nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
13.2. Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di pegunungan serta nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.


·     Melakukan kegiatan men-jelajah gunung secara ber-kelompok untuk menanam-kan nilai tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
·     Melakukan penyelamatan penjelajahan di pegunungan secara berkelompok untuk menanamkan nilai tang-gungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
·     Melakukan penjagaan lingkungan yang sehat secara berkelompok dengan tepat dan benar.

Aktivitas luar kelas/ Penjelajahan gunung




14.  Menerapkan budaya hidup sehat.
14.1. Menganalisis dampak seks bebas.










14.2. Memahami cara menghindari seks bebas.



·     Menganalisis dampak seks bebas yang meliputi: pengertian pendidikan seks, tujuan pendidikan seks, pentingnya pendidikan seks, metode pendidikan seks, macam-macam bahaya seks bebas, dan tempat-tempat yang digunakan kaum remaja dalam melakukan seks bebas.
·     Memahami cara menghindari seks bebas melalui: pencegahan menurut kaidah agama dan pencegahan seks bebas di dalam keluarga.

Kesehatan/ Budaya hidup sehat






Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons