Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Jumat, 24 Februari 2012

PROTA PENJASKES SMA XI


PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ).
Kelas / Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
1.         Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
·     Melakukan latihan koor-dinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan ber-kelompok dengan meng-gunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk me-numbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, ke-jujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan koor-dinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan mem-bina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan koordinasi teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bolabasket bola-basket dengan mengguna-kan peraturan yang dimodi-fikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, meng-hargai, semangat, dan percaya diri.




1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
·     Melakukan koordinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis bulutangkis (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan mem-bina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan koor-dinasi teknik dasar me-lempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan mem-bina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan koor-dinasi teknik dasar memukul forehand, memukul back-hand, dan servis tenis meja (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan mem-bina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.




1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **)
·     Melakukan latihan koordinasi teknik dasar lari estafet/ sambung (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan berkelompok dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari estafet/sambung (start, gerak-an lari, memasuki garis finish) yang dilakukan berkelompok dengan koordinasi yang baik.
·     Perlombaan lari estafet/ sambung dengan mengguna-kan peraturan yang dimodifi-kasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, se-mangat, dan percaya diri.
·     Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·     Memvariasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·     Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peratur-an yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, meng-hargai, semangat, dan percaya diri.




1.4. Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
·         Melakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, dan elakan) yang dilakukan (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tang-kisan, hindaran dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, se-mangat, dan percaya diri.


2.         Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengurannya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
2.1. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
2.2. Mempraktikkan  tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

·         Melakukan latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan perlombaan latihan kelincahan, power dan daya tahan menggunakan sitem sirkuit untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri


3. Mempraktikkan keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

3.1. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

3.2. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

·         Melakukan latihan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang, lompat jongkok dan berguling di atas peti lompat) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan rangkaian senam ketangkasan tanpa menggunakan alat (loncat harimau, meroda dan guling lenting) dengan koordinasi yang baik.


4.         Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
4.1. Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
4.2. Mempraktikkan  keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.

·         Melakukan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan aktivitas ritmik menggunakan alat (gada) secara perorangan maupun kelompok serta nilai ke-disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika dengan koordinasi yang baik.


5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
5.1. Mempraktikkan  keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, kerja keras, keberanian dan tanggungjawab.

5.2. Mempraktikkan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, kerja keras, keberanian dan tanggungjawab.

·         Melakukan latihan gerakan kaki renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan gerakan lengan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan perlombaan renang gaya dada (menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin, keberanian, tanggungjawab dan kerja keras.
·         Melakukan latihan loncat indah dari samping kolam renang dengan koordinasi yang baik.


6.  Menerapkan budaya hidup sehat.
6.1. Memahami bahaya HIV/AIDS.
6.2. Memahami cara penularan HIV/AIDS.
6.3. Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS

·     Mengidentifikasi bahaya HIV/ AIDS yang meliputi: perkembangan HIV/AIDS di Indonesia, asal usul penyakit HIV/AIDS dan tahapan-tahapan HIV/AIDS menjadi AIDS.
·     Mengidentifikasikan cara menghindari HIV/AIDS melalui: cara HIV/AIDS masuk dalam tubuh manusia, masa inkubasi virus HIV/AIDS, cara penularan virus HIV/AIDS, gejala awal terinfeksi virus HIV/AIDS dan kelompok beresiko tinggi terkena HIV/AIDS.
·         Mengidentifikasikan cara pen-cegahan virus HIV/AIDS melalui: cara pencegahan virus HIV/AIDS dan obat-obatan untuk menyembuhkan virus HIV/AIDS.



PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ).
Kelas / Semester            : XI/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

7.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (meng-umpan, mengontrol, meng-giring dan menembak) ber-pasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan meng-gunakan dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain bolavoli bolavoli dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket me-lempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.




7.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan smash (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

·     Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koor-dinasi yang baik.

·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan ber-kelompok)  dengan koordinasi yang baik.
·     Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.




7.3. Mempraktikkan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
·     Melakukan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (per-orangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

·     Perlombaan lari halang rintang 3.000 meter dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
·     Melakukan teknik dasar lempar lembing (awalan, tumpuan, lepasnya lembing dan menjaga keseimbangan) dengan koor-dinasi yang baik.
·      Melakukan  variasi dan kom-binasi teknik dasar lempar lembing (awalan, tumpuan, lepasnya lembing dan menjaga keseimbangan) dengan koor-dinasi yang baik.
·     Perlombaan atletik lempar lembing dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.




7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**)
·     Melakukan teknik dasar pencak silat (teknik tangkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (teknik tangkapan, jatuhan, lepasan dan kuncian) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.


8.         Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
8.1. Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
8.2.Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
8.3.Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

·     Melakukan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung-jawab, disiplin, dan percaya diri dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan peningkatan beban latihan sirkuit untuk pe-ningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai tanggung-jawab, disiplin, dan percaya diri.



9.  Mempraktikk-an keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
9.1 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

9.2. Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

·     Melakukan rangkaian senam ketangkasan dengan meng-gunakan alat lanjutan (lompat kangkang, lompat jongkok dan berguling di atas peti lompat) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan rangkaian senam ketangkasan tanpa meng-gunakan alat (guling depan, guling belakang, lenting tangan, meroda, dan guling lenting) dengan koordinasi yang baik.


10. Mempraktikk-an aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
10.1. Mempraktikkan kombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

10.2. Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan.

·         Melakukan kombinasi gerak berirama menggunakan alat tali dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan (perorangan dan berkelompok) dengan baik.
·         Melakukan rangkaian aktivitas ritmik menggunakan alat tali serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.


11. Mempraktikk-an dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
11.1. Mempraktikkan  keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerjasamaserta keberanian.

11.2. Mempraktikkan  keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerjasamaserta keberanian.

·     Melakukan latihan gerakan kaki renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan lengan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik.
·     Melakukan perlombaan renang gaya dada (menempuh jarak 50 meter).

·         Melakukan pertolongan kecelakaan di air dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)


12.  Mempraktikk-an perencanaan dan keterampilan penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

12.1. Mempraktikkan  keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan.
12.2. Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan
·         Melakukan perencanaan pen-jelajahan di perbukitan secara sederhana dan berkelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memper-hatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan.
·         Melakukan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamat-an.
·         Melakukan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan kese-lamatan, disiplin dan tanggungjawab.



13.  Menerapkan budaya hidup sehat.
13.1. Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan.








14.2. Menerapkan pola hidup sehat.

·         Mengidentifikasi perkembang-an jasmani seseorang melalui: pengetahuan perkembangan jasmani, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, ciri-ciri anak sehat, secara benar.
·         Mengidentifikasikan peman-faatan waktu luang untuk kesehatan dengan cara: gerak badan, rekreasi, istirahat, dan tidur
·         Mengidentifikasikan pola hidup sehat dengan cara: meme-lihara kebersihan; makanan yang sehat; cara hidup yang teratur; meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan jasmani; menghindari terjadi-nya penyakit; meningkatkan taraf kecerdasan dan rohaniah; melengkapi rumah dengan fasilitas hidup sehat; dan pemeriksaan kesehatan secara teratur.






Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons