PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional | 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia | | - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India | | Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia · Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha | | | | | | | |
| | | - Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia | | · Proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | | | | | | | |
| | | - Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia (Gambar 1.5 hal 9) | | · Jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia | | | | | | | |
| | | - Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha | | · Tradisi Hindu-Buddha di Indonesia | | | | | | | |
| 1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | | · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Kutai b. Tarumanegara c. Holing d. Melayu e. Sriwijaya f. Mataram Kuno g. Medang Kemulan h. Kediri i. Singasari j. Bali k. Pajajaran l. Majapahit | | Indonesia Pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha · Muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | | | | | | | |
| | | · Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Kutai b. Tarumanegara c. Holing d. Melayu e. Sriwijaya f. Mataram Kuno g. Medang Kemulan h. Kediri i. Singasari j. Bali k. Pajajaran l. Majapahit | | · Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | | · Kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | | · Indonesia pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha | | | | | | | |
| 1.3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia | | · Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab | | Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia · Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia · Mengidentifikasi pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di Indonesia | | · Pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia · Tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 | | · Perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia | | · Kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia | | | | | | | |
| 1.5. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia | | · Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | | Akulturasi Kebudayaan Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia · Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | | | | | | | |
| | | · Menganalisis proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia | | · Percampuran arsitektur lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | | Akulturasi Kebudayaan Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia · Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang | 2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial | | · Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia | | Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia · Merkantilisme dan Kapitalisme | | | | | | | |
| | | · Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia · Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia | | · Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia | | · Perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial | | · Kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing | | · Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing | | | | | | | |
| 2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan | | · Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia | | Kesadaran Kebangsaan di Asia dan Afrika · Faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran nasionalisme di Asia dan Afrika | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika a. Filipina b. Malaysia c. Vietnam d. India e. Mesir | | · Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika | | | | | | | |
| | | · Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia | | · Kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda · Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia | | · Latar belakang lahirnya nasionalisme di Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia | | · Transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia | | · Perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia | | · Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia | | | | | | | |
| 2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia | | · Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia | | Pendudukan Jepang atas Indonesia · Latar belakang Jepang menguasai Indonesia | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan · Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah | | · Zaman pendudukan Jepang di Indonesia | | | | | | | |
3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke- 20 | 3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia | | · Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia | | Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi Indonesia · Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia | | · Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia | | | | | | | |
| 3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | | · Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Sejarah (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar