RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA ......................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Hubungan Internasional
Kelas/Program : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
a. Standar Kompetensi
1. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
b. Kompetensi Dasar
4. 1. Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional | |
3 | Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
· Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
· Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Hubungan Internasional Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara | · Memberikan contoh sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara | · Siswa dapat latihan Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Majalah, Koran, dan Internet
4. Buku-Buku Sumber yang Relevan
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA .............
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Tahap-Tahap Perjanjian Internasional
Kelas/Program : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
2. Kompetensi Dasar
4.2. Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti korupsi | |
3 | Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi | |
4 | Manampilkan sikap anti korupsi |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
· Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti korupsi
· Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
· Manampilkan sikap anti korupsi
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Tahap-Tahap Perjanjian Internasional Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional | · Memberikan contoh contoh gerakan atau organisasi anti korupsi | · Siswa dapat Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
4. Buku-Buku Sumber yang Relevan
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA .............
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Organisasi Internasional
Kelas/Program : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
2. Kompetensi Dasar
4.3. Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Organisasi Internasional Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional | · Memberikan contoh peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional | · Siswa dapat Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
4. Buku-Buku Sumber yang Relevan
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
§ Penilaian Kognitif
§ Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA .............
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Manfaat Kerja Sama dan Perjanjian Internasional
Kelas/Program : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
2. Kompetensi Dasar
4.4. Menghargai kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Manfaat Kerja Sama dan Perjanjian Internasional Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia | · Memberikan contoh kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia | · Siswa dapat Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
4. Buku-Buku Sumber yang Relevan
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
§ Penilaian Kognitif
§ Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA .............
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Hukum Internasional
Kelas/Program : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
2. Kompetensi Dasar
5.1. Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan sistem hukum dan peradilan internasional | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan sistem hukum dan peradilan internasional
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Hukum Internasional Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional | · Memberikan contoh sistem hukum dan peradilan internasional | · Siswa dapat Menguraikan sistem hukum dan peradilan internasional |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. Majalah, Koran, dan Internet
3. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
4. Buku-Buku Sumber yang Relevan
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ..................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA .............
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Peran Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan
Sengketa
Kelas/Program : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
2. Kompetensi Dasar
5.2. Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional
· Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi. F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif. F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : Peran Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan Sengketa Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional | · Memberikan contoh penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional | · Siswa dapat Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XI
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
5. Majalah, Koran, dan Internet
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
§ Penilaian Kognitif
§ Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments:
Posting Komentar