Cari Blog Ini

Rabu, 08 Februari 2012

RPP PEND. KEWARGANEGARAAN SMA X-2 (PENDIKAR)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Dasar negara dengan konstitusi
o   Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o   Tujuan dan Nilai  konstitusi
o   Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.1.   Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan pengertian dasar negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
2
Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
3
Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
4
Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Mendeskripsikan pengertian dasar negara
*            Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
*            Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
*            Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Dasar negara dengan konstitusi
o   Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o   Tujuan dan Nilai  konstitusi
o   Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi.
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
·     Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
·     Siswa dapat Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. J.C.T.Simorangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung.
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Subtansi konstitusi negara
o   Muatan konstitusi negara
o   Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o   Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI 
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.2.   Menganalisis subtansi konstitusi negara

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan unsur sebuah konstitusi
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3
Menganalisis substansi konstitusi Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Menguraikan unsur sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
*            Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Subtansi konstitusi negara
o   Muatan konstitusi negara
o   Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o   Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945.
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis subtansi konstitusi negara
·        Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
·     Siswa dapat Menguraikan unsur sebuah konstitusi

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.    Mimbar Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                          
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o   Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o   Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o   Makna setiap alinia dalam pembukaan
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.3.   Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
3
Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Mendeskripsikan pengertian dasar negara
*            Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
*            Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
*            Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
*            Menguraikan unsur sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
*            Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
*            Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
*            Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o   Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o   Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o   Makna setiap alinia dalam pembukaan
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
·        Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
·     Siswa dapat Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Perkembangan konstitusi Indonesia
o   Periode berlakunya konstitusi
o   Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
o   Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
o   Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.4.   Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukkan priodesasi konstitusi Indonesia
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
3
Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
*            Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
*            Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Perkembangan konstitusi Indonesia
o   Periode berlakunya konstitusi
o   Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
o   Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
o   Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menunjukkan priodesasi konstitusi Indonesia
·        Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
·     Siswa dapat Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Warga negara dan pewarganegaraan
o   Dasar hukum yang mengatur Warga negara
o   Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o   Syarat menjadi warga negara
o   Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI 
         5.      Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

II.      KOMPETENSI DASAR
         5.1.   Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
3
Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.       Tujuan Pembelajaran  :
            Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
·         Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
·         Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Warga negara dan pewarganegaraan
o   Dasar hukum yang mengatur Warga negara
o   Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o   Syarat menjadi warga negara
o   Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
& Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
& Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
& Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
& Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
& Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
& Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
·        Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
·     Siswa dapat Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. CT. Kansil (1976), Aku warga negara Indonesia, Jakarta,
5.    UU tentang Kewarganegaraan
6.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
o   Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o   Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o   contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI 
         5.      Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

II.      KOMPETENSI DASAR
         5.2.   Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
3
Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.       Tujuan Pembelajaran  :
            Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
o   Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o   Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o   contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
·         Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
·     Siswa dapat Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.    Lembar Kerja Siswa


VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Persamaan kedudukan warga
o   ras
o   Agama
o   Gender
o   golongan,
o   budaya, suku
Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit


  I.        STANDAR KOMPETENSI
         5.      Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

II.      KOMPETENSI DASAR
         5.3.   Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku secara garis besar
3
Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.       Tujuan Pembelajaran  :
            Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·         Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
·         Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku.

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Persamaan kedudukan warga
o   ras
o   Agama
o   Gender
o   golongan,
o   budaya, suku
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·     Siswa dapat Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku secara garis besar

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X.
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
3.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
4.    Buletin, surat kabar dan sumber lain yang relevan.
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Supra struktur dan infra struktur politik
§  pengertian sistem politik Indonesia
§  cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
§  Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
·         partai politik
·         kelompok kepentingan
·         kelompok penekan
·         media komunikasi politik
Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI 
         6.      Menganalisis sistem politik di Indonesia

II.      KOMPETENSI DASAR
         6.1.   Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menganalisis pengertian sistim politik Indonesia
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
3
mendeskripsikan infrastruktur politik

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.       TUJUAN PEMBELAJARAN  :
            Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
·         Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
·         mendeskripsikan infrastruktur politik

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Supra struktur dan infra struktur politik
o   pengertian sistem politik Indonesia
o   cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
o   Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
·      partai politik
·      kelompok kepentingan
·      kelompok penekan
·      media komunikasi politik
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur di Indonesia
·         Memberikan contoh supra struktur dan infra struktur di Indonesia
·     Siswa dapat Menganalisis pengertian sistim politik Indonesia

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
a.    Buku Paket PKn Kelas X
b.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
c.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
d.    Afan Gafar ( 2002) Civic education, Jakarta, Universitas Islam Negeri.
e.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Sistem politik Indonesia dan  sistem politik di berbagai negara
§  Dinamika politik Indonesia
§  Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis
Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI
         6.      Menganalisis sistem politik di Indonesia

II.      KOMPETENSI DASAR
         6.2.   Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan dinamika politik Indonesia
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menunjukkan kelebihan dan kekurangan sistem politik yang dianut Indonesia
3
Mendeskripsikan perbedaan sistem politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.       TUJUAN PEMBELAJARAN  :
            Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Menguraikan dinamika politik Indonesia
·         Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia
·         Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Sistem politik Indonesia dan  sistem politik di berbagai negara
o   Dinamika politik Indonesia
o   Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
·         Menunjukkan kelebihan dan kekurangan sistem politik yang dianut Indonesia
·     Siswa dapat Menguraikan dinamika politik Indonesia

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
3.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
4.    Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik.
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Peran serta dalam sistem politik di Indonesia
§  Ciri masyarakat politik
§  Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
§  Contoh peranserta dalam system politik
Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI
         6.      Menganalisis sistem politik di Indonesia

II.      KOMPETENSI DASAR
         6.3.   Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
3
Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah (Pemilu)
4
Berperan serta secara aktif dalam sistem politik di Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.       TUJUAN PEMBELAJARAN  :
            Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
·         Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
·         Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
·         Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Peran serta dalam sistem politik di Indonesia
o   Ciri masyarakat politik
o   Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
o   Contoh peranserta dalam system politik
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
·         ciri – ciri masyarakat politik
·     Siswa dapat Berperan serta secara aktif dalam sistem politik di Indonesia

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
3.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
4.    Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik.
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif



                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons