RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Bangsa dan Negara
o manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa | |
3 | Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). · Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | · Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa · Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | · Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. |
STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai F Menjelaskan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
2. Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang.
3. Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta Penerbit Erlangga
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Negara dan Bentuk-bentuk Negara.
o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk- bentuk kenegaraan
o Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o Pengertian dan tujuan NKRI
o Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menganalisis pengertian Negara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara | |
3 | Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara | |
4 | Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). · Memahami hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | · Menganalisis pengertian Negara · Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan | · Siswa Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara. |
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai F Menjelaskan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | - |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
- Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
- Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Negara dan Bentuk-bentuk Negara
o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk- bentuk kenegaraan
o Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o Pengertian dan tujuan NKRI
o Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
II. KOMPETENSI DASAR :
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan pengertian dan fungsi negara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara | |
3 | Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). · Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | · Menganalisis pengertian Negara · Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan | · Siswa Menguraikan pengertian dan fungsi negara. |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
2. Idrus Affandi, (1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Semangat Kebangsaan
o Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
- Makna nasionalisme
- Makna patriotisme
o Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR :
Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan | |
3 | Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan | |
4 | Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakekat bangsa dan NKRI. · Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. | · Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan | · Siswa Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
Ø Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
Ø Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
Ø Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan
Ø Pengertian hukum
Ø Tata hukum Indonesia
Ø Penggolongan hukum
Ø Sumber hukum
Ø Lembaga- lembaga peradilan
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional.
II. KOMPETENSI DASAR :
2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan pengertian hukum | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menentukan macam-macam penggolongan hukum | |
3 | Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material | |
4 | Menjelaskan sistim tata hukum Indonesia | |
5 | Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
1. Mendeskripsikan pengertian hukum
2. Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
3. Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
4. Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
5. Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : a) Sistem hukum dan lembaga peradilan Ø Pengertian hukum Ø Tata hukum Indonesia Ø Penggolongan hukum Ø Sumber hukum Ø Lembaga- lembaga peradilan Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | - |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | · Menjelaskan sistim tata hukum Indonesia | · Siswa Menentukan macam-macam penggolongan hukum. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Buku Paket PKn Kelas X.
b. UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
c. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
d. Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarta.
e. Sudargo Gautama (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta, Alumni.
f. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Lembaga Peradilan
Ø Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
Ø Klasifikasi lembaga peradilan
Ø Tingkatan lembaga peradilan
Ø Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional.
II. KOMPETENSI DASAR :
2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan perangkat lembaga peradilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis macam-macam lembaga peradilan | |
3 | Menganalisis peranan lembaga peradilan | |
4 | Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
1. Menguraikan perangkat lembaga peradilan
2. Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
3. Menganalisis peranan lembaga peradilan
4. Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan peranan lembaga-lembaga peradilan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : a) Lembaga Peradilan Ø Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan Ø Klasifikasi lembaga peradilan Ø Tingkatan lembaga peradilan Ø Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | - |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | · Menganalisis macam-macam lembaga peradilan | · Siswa Menguraikan perangkat lembaga peradilan. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Buku Paket PKn Kelas X
b. UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
c. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
d. UU kehakiman Republik Indonesia.
e. Lembaga pemasyarakatan.
f. Lembar Kerja Siswa.
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Sikap yang sesuai dengan hukum
Ø Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
Ø Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya
Ø Pemberantasan korupsi
Ø Pengertian Korupsi
Ø Dasar hukum pemberantas korupsi
Ø Klasifikasi perbuatan korupsi
Ø Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional.
II. KOMPETENSI DASAR
2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum | |
3 | Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
- Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
- Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku
- Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
- Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi.
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : a. Sikap yang sesuai dengan hukum Ø Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum Ø Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya Ø Pemberantasan korupsi Ø Pengertian Korupsi Ø Dasar hukum pemberantas korupsi Ø Klasifikasi perbuatan korupsi Ø Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | · Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum | · Siswa Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum. |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4. Berbagai media cetak dan elektronik
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Pemberantasan Korupsi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional
II. KOMPETENSI DASAR
2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi | |
3 | Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
- Menunjukkan contoh upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
- Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
- Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | - |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | · Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi | · Siswa dapat Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4. Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Ø Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
Ø Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
Ø Sikap diri anti korupsi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional
II. KOMPETENSI DASAR
2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti korupsi | |
3 | Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi | |
4 | Manampilkan sikap anti korupsi |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
- Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
- Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
- Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
- Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
- Manampilkan sikap anti korupsi.
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menjelaskan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas : a. Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia Ø Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi Ø Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi Ø Sikap diri anti korupsi Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama. F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan. F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli. F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi. F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan. F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Manampilkan sikap anti korupsi | · Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | · Siswa dapat Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4. Media cetak dan elektronik
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
II. KOMPETENSI DASAR
3.1. Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menentukan instumen HAM nasional | |
3 | Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
Menentukan instrumen HAM nasional
Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah F Menjelaskan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang instrumen HAM nasional. F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM | · Menentukan instumen HAM nasional | · Siswa dapat Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4. Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta: Insist Press.
5. Mansyur Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI
6. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
II. KOMPETENSI DASAR
3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM | |
3 | Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM. F Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia. F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia | · Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | · Siswa dapat Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4. UU HAM
5. Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta
6. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
II. KOMPETENSI DASAR
3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan instrumen HAM internasional | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional | |
3 | Mendeskripsikan peradilan HAM internasional |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
Mendeskripsikan peradilan HAM internasional
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional. F menjelaskan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM. F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan bentuk pelanggaran HAM internasional. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional | · Siswa dapat Mendeskripsikan peradilan HAM internasional |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
- Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4. Aturan HAM Internasional
5. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments:
Posting Komentar