Cari Blog Ini

Rabu, 08 Februari 2012

RPP PEND. KEWARGANEGARAAN SMA X-1 (PENDIKAR)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Bangsa dan Negara
o   manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o   Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o   Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
-          Rakyat
-          Wilayah
-          Pemerintah yang berdaulat
-          Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.       STANDAR KOMPETENSI    :     1.   Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II.      KOMPETENSI DASAR          :     1.1.   Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI           :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
3
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1     Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2     Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
·         Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

·        Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
·        Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
·     Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
F Menjelaskan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Diskusi Kelompok tentang hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
F Tanya jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-   Pengendalian diri



PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
2.    Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang.
3.    Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta  Penerbit Erlangga

PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                 
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Negara dan Bentuk-bentuk Negara.
o   Hakikat negara
o   Asal mula terjadinya negara
o   pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o   Bentuk- bentuk kenegaraan
o   Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o   Pengertian dan tujuan NKRI
o   Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o   Tujuan NKRI yang terdapat  dalam pembukaan UUD 1945
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.       STANDAR KOMPETENSI  :
1.    Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II.      KOMPETENSI DASAR                :
                  1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menganalisis pengertian Negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
4
Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1     Siswa dapat mengkaji informasi dari berbagai sumber  tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
2     Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
·         Memahami hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
·        Menganalisis pengertian Negara
·        Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan
·     Siswa Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
F Menjelaskan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Diskusi Kelompok tentang hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.
F Tanya jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri

-   

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Negara dan Bentuk-bentuk Negara
o   Hakikat negara
o   Asal mula terjadinya negara
o   pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o   Bentuk- bentuk kenegaraan
o   Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o   Pengertian dan tujuan NKRI
o   Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o   Tujuan NKRI yang terdapat  dalam pembukaan UUD 1945
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI    :
1.    Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

II.      KOMPETENSI DASAR          :
                  1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
3
Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1     Siswa dapat mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal
2     Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
F Tanya jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
·         Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
·        Menganalisis pengertian Negara
·        Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan
·     Siswa Menguraikan pengertian dan fungsi negara.

V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
2.    Idrus Affandi, (1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran



....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Semangat Kebangsaan
o   Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
-          Makna nasionalisme
-          Makna patriotisme
o   Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o   Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI    :
1.    Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II.      KOMPETENSI DASAR          :
        Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
3
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1     Siswa dapat mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
2     Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia.
F Tanya jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakekat bangsa dan NKRI
·         Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·        Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
·     Siswa Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
Ø  Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
Ø  Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
Ø  Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran



....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan
Ø  Pengertian hukum
Ø  Tata hukum Indonesia
Ø  Penggolongan hukum
Ø  Sumber hukum
Ø  Lembaga- lembaga peradilan
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI    :
2.    Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional.

II.      KOMPETENSI DASAR          :
                  2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan pengertian hukum
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menentukan macam-macam penggolongan hukum
3
Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
4
Menjelaskan sistim tata hukum Indonesia
5
Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.  Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
1.        Mendeskripsikan pengertian hukum
2.        Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
3.        Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
4.        Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
5.        Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
a)    Sistem hukum dan lembaga peradilan
Ø  Pengertian hukum
Ø  Tata hukum Indonesia
Ø  Penggolongan hukum
Ø  Sumber hukum
Ø  Lembaga- lembaga peradilan
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri

-   

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
·        Menjelaskan sistim tata hukum Indonesia
·     Siswa Menentukan macam-macam penggolongan hukum.

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
a.    Buku Paket PKn Kelas X.
b.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
c.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
d.    Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarta.
e.    Sudargo Gautama (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta, Alumni.
f.     Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran



....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Lembaga Peradilan
Ø  Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
Ø  Klasifikasi lembaga peradilan
Ø  Tingkatan lembaga peradilan
Ø  Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI    :
2.        Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional.

II.      KOMPETENSI DASAR          :
         2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan.

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan perangkat lembaga peradilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
3
Menganalisis peranan lembaga peradilan
4
Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV.  Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
1.    Menguraikan perangkat lembaga peradilan
2.    Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
3.    Menganalisis peranan lembaga peradilan
4.    Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan peranan lembaga-lembaga peradilan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
a)    Lembaga Peradilan
Ø Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
Ø Klasifikasi lembaga peradilan
Ø Tingkatan lembaga peradilan
Ø Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri

-   

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
·        Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
·     Siswa Menguraikan perangkat lembaga peradilan.

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
a.    Buku Paket PKn Kelas X
b.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen.
c.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
d.    UU kehakiman Republik Indonesia.
e.    Lembaga pemasyarakatan.
f.     Lembar Kerja Siswa.


VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Sikap yang sesuai dengan hukum
Ø  Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
Ø  Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya
Ø  Pemberantasan korupsi
Ø  Pengertian Korupsi
Ø  Dasar hukum pemberantas korupsi
Ø  Klasifikasi perbuatan korupsi
Ø  Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit
        
I.          STANDAR KOMPETENSI
2.        Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional.

II.      KOMPETENSI DASAR
         2.3.   Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum
3
Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.  Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  1. Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
  2. Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku
  3. Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
  4. Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi.

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
a.    Sikap yang sesuai dengan hukum
Ø Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
Ø Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya
Ø Pemberantasan korupsi
Ø Pengertian Korupsi
Ø Dasar hukum pemberantas korupsi
Ø Klasifikasi perbuatan korupsi
Ø Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
·        Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum
·     Siswa Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum.

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.        Buku Paket PKn Kelas X
2.        UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.        Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

4.        Berbagai media cetak dan elektronik
5.        Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Pemberantasan Korupsi
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI
         2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional

II.      KOMPETENSI DASAR
         2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
3
Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.  Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  1. Menunjukkan contoh upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
  2. Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
  3. Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi



V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri

-   

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
·        Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
·     Siswa dapat Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.        Buku Paket PKn Kelas X
2.        UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.        Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.        Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK
5.        Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Ø  Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
Ø  Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
Ø  Sikap diri anti korupsi
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI
         2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional

II.      KOMPETENSI DASAR         
         2.5.  Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti korupsi
3
Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
4
Manampilkan sikap anti korupsi

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.  Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
  1. Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
  2. Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
  3. Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
  4. Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
  5. Manampilkan sikap anti korupsi.

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
a.    Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Ø  Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
Ø  Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
Ø  Sikap diri anti korupsi
              
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Manampilkan sikap anti korupsi
·        Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
·     Siswa dapat Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.        Buku Paket PKn Kelas X
2.        UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.        Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.        Media cetak dan elektronik
5.        Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit


  I.        STANDAR KOMPETENSI
         3.      Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.

II.      KOMPETENSI DASAR
         3.1. Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menentukan instumen HAM nasional
3
Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   Tujuan Pembelajaran  :
        Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah
*            Menentukan instrumen HAM nasional
*            Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah
F Menjelaskan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Diskusi Kelompok tentang instrumen HAM nasional.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM
·     Menentukan instumen HAM nasional
·     Siswa dapat Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.    Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta: Insist Press.
5.    Mansyur Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI
6.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran



....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI 
         3.      Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.

II.      KOMPETENSI DASAR
         3.2.   Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
3
Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   Tujuan Pembelajaran  :
        Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
*            Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran  HAM
*            Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM.
F Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Diskusi Kelompok tentang contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia
·     Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia
·     Siswa dapat Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.    UU HAM
5.    Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta
6.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran



....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI
         3.      Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM

II.      KOMPETENSI DASAR
         3.3.   Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
3
Mendeskripsikan peradilan HAM internasional

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   Tujuan Pembelajaran  :
        Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
*            Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
*            Mendeskripsikan peradilan HAM internasional



V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional.
F menjelaskan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Diskusi Kelompok tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan bentuk pelanggaran HAM internasional.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
·     Siswa dapat Mendeskripsikan peradilan HAM internasional
VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.    Aturan HAM Internasional
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons