PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | “ Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial “ Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa “ Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | | | |
1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | “ Menganalisis pengertian Negara “ Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara “ Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara “ Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan | | | | |
| 1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | “ Menguraikan pengertian dan fungsi negara “ Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara “ Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | | | |
| 1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | “ Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan “ Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan “ Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan “ Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia | | | |
2. Menampil-kan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | 2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | “ Mendeskripsikan pengertian hukum “ Menentukan macam-macam penggolongan Hukum “ Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material “ Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia “ Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional | | | |
| 2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | “ Menguraikan perangkat lembaga peradilan “ Menganalisis macam-macam lembaga peradilan “ Menganalisis peranan lembaga peradilan “ Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan | | | |
| 2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | “ Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum “ Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum “ Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku | | | |
| 2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | “ Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi “ Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi “ Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi | | | |
| 2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | “ Menunjukkan contoh sikap anti korupsi “ Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi “ Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi “ Manampilkan sikap anti korupsi | | | |
3. Menampil-kan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) | 3.1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | “ Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah “ Menentukan instrumen HAM nasional “ Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat | | | |
| 3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | “ Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM “ Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM “ Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | | |
| 3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | “ Mendeskripsikan instrumen HAM internasional “ Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional “ Mendeskripsikan peradilan HAM internasional | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
4.Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi | 4.1 Mendeskrips-ikan hubungan dasar negara dengan konstitusi | “ Mendeskripsikan pengertian dasar negara “ Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara “ Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi “ Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara | | | |
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara | “ Menguraikan unsur sebuah konstitusi “ Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu “ Menganalisis substansi konstitusi Indonesia | | | | |
| 4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia | “ Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 “ Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 “ Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | | | |
| 4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara | “ Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia “ Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan. “ Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi “ Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara | | | |
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan | 5.1. Mendeskrips-ikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia | “ Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945 “ Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan “ Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum | | | |
| 5.2.Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara | “ Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara “ Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara “ Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | | |
| 5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | “ Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku “ Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar “ Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | | |
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia | 6.1 Mendeskripsi-kan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia | “ Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia “ Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia “ mendeskripsikan infrastruktur politik | | | |
| 6.2.Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara | “ Menguraikan dinamika politik Indonesia “ Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia “ Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis | | | |
| 6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia | “ Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik “ Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan “ Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu ) “ Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia | 1.1.Mendeskrip-sikan pengertian budaya politik | “ Mendeskripsikan pengertian budaya politik | | | |
1.2.menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia | “ Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk “ Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia | | | | |
1.3.mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik | “ Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia | | | | |
1.4.menampilkan peran serta budaya politik partisipan | “ Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia | | | | |
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani | 2.1.Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi | “ Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi “ “ Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi | | | |
| 2.2.Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | “ Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani “ Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | | | |
| 2.3.Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi | “ Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia | | | |
| 2.4.Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | “ Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | | | |
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | 3.1.Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | “ Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan “ Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | | |
| 3.2.menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | “ Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | | | |
| 3.3.Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | “ Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
4. Menganalisi-s hubungan internasional dan organisasi internasional | 4.1.Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara | “ Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional “ Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional “ Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional | | | |
4.2.Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional | “ Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional | | | | |
4.3.Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional | “ Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional | | | | |
4.4.Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia | “ Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia | | | | |
5. Menganalis-is sistem hukum dan peradilan internasional | 5.1.Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional | “ Menguraikan sistem hukum dan oeradilan internasional | | | |
| 5.2.Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional | “ Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional “ Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional | | | |
| 5.3.Menghargai putusan Mahkamah Internasional | “ Menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Menampil-kan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | 1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka | “ Mendeskripsikan makna ideologi negara “ Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara “ Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara “ Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup “ Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | | | |
| 1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | “ Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai. “ Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan “ Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | | | |
| 1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | “ Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila “ Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka. | | | |
2. Mengevalu-asi berbagai sistem pemerintahan | 2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara | “ Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan “ Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara “ Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer “ Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | | | |
| 2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia | “ Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945. “ Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan | | | |
| 2.3 Membandin-gkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain | “ Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia “ membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.1 Mendeskrips-ikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia | “ Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis “ Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia “ Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis | | | |
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia | “ Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik “ Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia “ Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media “ Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers | | | | |
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia | “ Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia “ Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers. | | | | |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.1 Mendeskripsi-kan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | “ Mengemukakan proses globalisasi “ Mendeskripsikan aspek globalisasi “ Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | | |
| 4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia | “ Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara “ Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia | | | |
| 4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | “ Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara “ Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi. | | | |
| 4.4.Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | “ Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara “ Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi “ Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi | | | |
Jumlah | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel PKN (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
1 comments:
cara mengisi aspek penguasaan konsep dan penerapan itu gimana kak?
Posting Komentar