PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | | | |
1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | Menganalisis pengertian Negara Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan | | | | |
| 1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | Menguraikan pengertian dan fungsi negara Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | | | |
| 1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia | | | |
2. Menampil-kan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | 2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | Mendeskripsikan pengertian hukum Menentukan macam-macam penggolongan Hukum Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional | | | |
| 2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | Menguraikan perangkat lembaga peradilan Menganalisis macam-macam lembaga peradilan Menganalisis peranan lembaga peradilan Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan | | | |
| 2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku | | | |
| 2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi | | | |
| 2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Menunjukkan contoh sikap anti korupsi Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi Manampilkan sikap anti korupsi | | | |
3. Menampil-kan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) | 3.1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah Menentukan instrumen HAM nasional Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat | | | |
| 3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | | |
| 3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | Mendeskripsikan instrumen HAM internasional Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional Mendeskripsikan peradilan HAM internasional | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
4.Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi | 4.1 Mendeskrips-ikan hubungan dasar negara dengan konstitusi | Mendeskripsikan pengertian dasar negara Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara | | | |
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara | Menguraikan unsur sebuah konstitusi Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu Menganalisis substansi konstitusi Indonesia | | | | |
| 4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia | Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | | | |
| 4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara | Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan. Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara | | | |
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan | 5.1. Mendeskrips-ikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia | Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945 Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum | | | |
| 5.2.Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara | Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | | |
| 5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | | |
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia | 6.1 Mendeskripsi-kan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia | Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia mendeskripsikan infrastruktur politik | | | |
| 6.2.Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara | Menguraikan dinamika politik Indonesia Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis | | | |
| 6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia | Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu ) Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia | 1.1.Mendeskrip-sikan pengertian budaya politik | Mendeskripsikan pengertian budaya politik | | | |
1.2.menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia | Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia | | | | |
1.3.mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik | Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia | | | | |
1.4.menampilkan peran serta budaya politik partisipan | Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia | | | | |
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani | 2.1.Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi | Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi | | | |
| 2.2.Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | | | |
| 2.3.Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi | Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia | | | |
| 2.4.Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | | | |
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | 3.1.Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | | |
| 3.2.menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | | | |
| 3.3.Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
4. Menganalisi-s hubungan internasional dan organisasi internasional | 4.1.Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara | Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional | | | |
4.2.Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional | Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional | | | | |
4.3.Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional | Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional | | | | |
4.4.Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia | Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia | | | | |
5. Menganalis-is sistem hukum dan peradilan internasional | 5.1.Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional | Menguraikan sistem hukum dan oeradilan internasional | | | |
| 5.2.Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional | Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional | | | |
| 5.3.Menghargai putusan Mahkamah Internasional | Menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Menampil-kan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | 1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka | Mendeskripsikan makna ideologi negara Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | | | |
| 1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | | | |
| 1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka. | | | |
2. Mengevalu-asi berbagai sistem pemerintahan | 2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara | Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | | | |
| 2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia | Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945. Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan | | | |
| 2.3 Membandin-gkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain | Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.1 Mendeskrips-ikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia | Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis | | | |
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia | Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers | | | | |
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia | Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers. | | | | |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.1 Mendeskripsi-kan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Mengemukakan proses globalisasi Mendeskripsikan aspek globalisasi Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | | |
| 4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia | Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia | | | |
| 4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi. | | | |
| 4.4.Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi | | | |
Jumlah | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel PKN (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
1 comments:
cara mengisi aspek penguasaan konsep dan penerapan itu gimana kak?
Posting Komentar