Cari Blog Ini

Jumat, 17 Februari 2012

RPP BAHASA INDONESIA SMA XII-2.a

RENCANA PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
9.   Memahami informasi dari berbagai sumber yang  disampaikan secara lisan
KOMPETENSI DASAR
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
 9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi    
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan dan menulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·     Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
·     Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·     Menulis ringkasan isi informasi
·     Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·     Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·   Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri



MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Informasi secara langsung
Pokok-pokok isi informasi
Cara mengajukan saran
Cara menulis ringkasan informasi
Ringkasan isi informasi





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya pemahamannya informasi dan sumber informasi
F Siswa ditanya tentang manfaat informasi
·      Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F Siswa mendengarkan informasi secara langsung dengan penuh konsentrasi
F Siswa mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk mencari identifikasi kekurangan/kesalahan informasi yang disampaikan secara lisan
F Siswa mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
F Siswa menulis ringkasan informasi
F Siswa mempresentasikan ringkasan informasi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Mandiri

PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
F Siswa merefleksikan pokok-pokok informasi yang diperolehnya
F Siswa mengungkapkan manfaat informasi yang diperolehnya
F Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
·      Kreatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
132-135
Buku-buku tentang informasi dan komunikasi
Buku-buku tentang pengajaran menyimak
 
Material: VCD, kaset, poster

 
Mediacetak dan elektronik


Website internet

 v
Narasumber
Guru, siswa, atau nara sumber lain sebagai penyampai informasi lisan secara langsung

Model peraga

 v
Lingkungan
Informasi-informasi lisan secara langsung yang dapat ditemui di masyarakat 


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang informasi dan sumber informasi
Pertanyaan tentang manfaat informasi
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



RUBRIK OBSERVASI DAN PENILAIAN PEMBERIAN SARAN PERBAIKAN INFORMASI

NAMA SISWA                      :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN     :
KOMPETENSI DASAR      : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan  secara langsung     



ASPEK


RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



ISI SARAN
Sesuai dengan topik informasi




Kritis, menunjuk bagian yang salah
Isi saran asli dan aktual
Gagasan  logis dan realistis
Didukung  alasan, bukti serta referensi memadai


SISTEMATIKA
SARAN
Dibuka dengan  pengantar /latar belakang




Ada   pernyataan tujuan saran
Ada  inti saran  
Ada kesimpulan/penegasan saran

BAHASA SARAN
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat

ETIKA PENYAMPAIAN
Menghargai pendapat orang lain




Tidak emosional
Kata-katanya santun
Sesuai alokasi waktu

                                            JUMLAH SKOR







Mengetahui,                                                                        ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                       ------------------------------
 NIP :                                                                                      NIP :


RENCANA PEMBELAJARAN

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
  1. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

KOMPETENSI DASAR
10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal 

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·   Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
ALOKASI WAKTU
6  x  45 menit ( 2 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
 Siswa mampu  mempresentasikan program kegiatan/ proposal

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Program kegiatan/ proposal
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat presentasi


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menjajagi pengetahuan siswa tentang prosedur OSIS menyelenggaran suatu kegiatan di sekolah dan dituntun untuk sampai menyebut menyusun proposal
F Guru menanyakan bagaimana agar proposal mendapat persetujuan dan dukungan dari berbagai pihak
F Guru menyatakan bahwa kemampuan seseorang mempresentasikan proposal  sangat mempengaruhi besar kecilnya dukungan 
·   Mandiri



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F Bertolak dari masukan dan temuan siswa, guru bersama murid menetapkan tatacara, tahap-tahap,  dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mempresentasikan suatu program kegiatan.
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk menemukan dan merumuskan tatacara mempresentasikan suatu program.
F Secara berkelompok, siswa menyusun proposal kegiatan olah raga di sekolah dan menyiapkan media serta sarana pendukung untuk mempresentasikannya.
F Di dalam kelompok masing-masing, siswa melakukan latihan atau simulasi presentasi proposal. Guru memonitor  jalannya simulasi setiap kelompok dan memberikan masukan untuk perbaikan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·      Kreatif
Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Elaborasi
F Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan proposal yang telah disusunnya.
F Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi.
F Guru mengobservasi jalannya presentasi dan  membuat catatan atas kinerja setiap siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
Pertemuan ke-3 (90’)

& Elaborasi
F Melanjutkan presentasi sampai seluruh kelompok mendapat kesempatan
F Setelah semua kelompok tampil, Guru memberikan ulasan, catatan, dan masukan   terhadap kinerja semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Mandiri

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran guru mendorong    
·      Bersahabat/ komunikatif

 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 96-99


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Program kegiatan sekolah/proposal

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Siswa peraga presentasi
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mempresentasikan suatu program kegiatan/proposal
Tugas untuk memberikan tanggapan isi presentasi
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi penilaian kinerja melakukan presentasi kegiatan (terlampir di bawah)




Mengetahui,                                                                        ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                      ------------------------------
 NIP :                                                                                     NIP :


RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
KOMPETENSI DASAR
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menjelaskan macam-macam metode berpidato
·   Mampu menyiapkan pidato tanpa teks dengan tema tertentu
·   Mampu membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·   Mampu mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·   Mampu memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pengertian dan macam-macam metode berpidato
Ide pidato dengan tema-tema tertentu
Cara menyiapkan pidato tanpa teks
Cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Cara mencatat kekurangan pidato yang disampaikan teman
Cara memperbaiki kekurangan pidato teman





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya pemahamannya tentang manfaat berpidato
F Siswa diajak untuk mengemukakan pendapatnya tentang forum-forum yang sering menampilkan kegiatan berpidato
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
Siswa menyiapkan pidato tanpa naskah
& Elaborasi
F Siswa mendiskusikan pengertian pidato
F Siswa mendiskusikan macam-macam metode berpidato
F Siswa berdiskusi untuk menentukan tema pidato
F Siswa melaksanakan kegiatan berpidato
F Siswa mencatat kekurangan pidato yang dilakukan oleh siswa lain
F Siswa mengajukan usulan perbaikan pidato
F Siswa memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·      Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa merefleksikan kesalahan berpidato pada umumnya
F Siswa mengungkapkan pengalamannya ketika berpidato
F Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
164-169
Maidar G. Arsjad, Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman/audio visual pidato atau pembelajaran berpidato
 
Media cetak dan elektronik


Website internet

 v
Narasumber
Orator
 V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman banyak berpidato
 v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang banyak menampilkan kegiatan berpidato


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang manfaat berpidato
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
RUBRIK PENILAIAN BERPIDATO
NAMA                                                :
KELAS/NO. ABS                 :
TANGGAL PENILAIAN                  :
KOMPETENSI DASAR      : Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada,
                                                      dan sikap yang tepat

No.
Aspek yang Dinilai

Tingkatan Skala
01.
Keakuratan informasi (amat tidak akurat – amat akurat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

02.
Hubungan antar-informasi (amat sedikit – amat banyak)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

03.
Ketepatan struktur dan kosa kata
(amat tidak tepat – amat tepat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

04.
Kelancaran berpidato (terbata-bata – amat ancer)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

05.
Kewajaran urutan wacana (tak normal – normal)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

06.
Gaya pengucapan (amat kaku – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

07.
Lafal (amat tidak jelas – amat jelas
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

08.
Intonasi dan nada (amat jelek – amat baik)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10


09.
Nada (amat monoton – amat variatif)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

10.
Sikap (amat tidak wajar – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10



Jumlah skor : ……….


Mengetahui,                                                                       ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                    ------------------------------
 NIP :                                                                                    NIP :













RENCANA PEMBELAJARAN


IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII  (dua belas) / 2 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
  1. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif

KOMPETENSI DASAR
11.1      Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Menemukan ide pokok
·   Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)    





TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks  900 – 1050 kata
Teknik membaca cepat
Kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat
Rumus  menghitung   kemampuan membaca cepat

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menanyakan   kemajuan kemampuan membaca cepat para siswa, apakah semakin baik atau tetap.  Guru menyatakan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang seharusnya semakin tinggi pula  kemampuan membaca cepatnya.
F Dengan mengajukan sejumlah pertanyaan, Guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membaca cepat.

·   Mandiri



INTI
Pertemuan ke-1  (45’)

& Eksplorasi
F Guru mempersiapkan  diri siswa untuk membaca cepat dan menyampaikan  tugas terkait yang harus dikerjakan.
& Elaborasi
F Siswa berlatih membaca cepat teks bacaan yang  tersaji di buku teks.
F Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok paragraf dengan berpedoman kata kunci yang diberikan
F Siswa mengukur kemampuan membaca cepatnya sendiri dan Guru menanyakan hasilnya kepada setiap siswa.
F Siswa melakukan beberapa latihan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·      Kreatif

Pertemuan ke-2  ( 90’)

& Elaborasi
F Siswa mengerjakan  Uji Kompetensi , membaca cepat teks bacaan, mengidentifikasi ide pokok paragraf dengan bantuan kata kunci, dan menjawab pertanyaan pemahaman isi teks bacaan. Pada saat membaca cepat, Guru  berkeliling dalam kelas untuk mengonservasi cara siswa membaca.
F Di bawah bimbingan Guru,  siswa saling menukarkan pekerjaannya dan saling memeriksa
F Siswa mengukur kemampuan membaca cepatnya sendiri dan Guru menanyakan hasilnya kepada setiap siswa.
F Guru mendorong siswa untuk terus berlatih membaca cepat untuk meningkatkan kemampuannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Mandiri

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                              
·      Bersahabat/ komunikatif

SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  90-96
Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif karangan Soedarso terbitan PT Gramedia halaman  1-49

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Artikel majalah/koran bertopik olah raga untuk dibaca cepat

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Model peraga cara  membaca cepat yang efektif
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap
V
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membaca cepat dengan kecepatan 350 kpm
Tugas untuk mengidentifikasi ide pokok paragraf
Daftar pertanyaan pemahaman isi teks bacaan 
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari 

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rumus penghitungan KEM (Kemampuan Efektif Membaca)


Mengetahui,                                                                       ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                     ------------------------------
 NIP :                                                                                    NIP :






RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif
KOMPETENSI DASAR
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menemukan paragraf yang berpola induktif
·   Mampu menemukan paragraf yang berpola deduktif
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks paragraf berpola induktif
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks paragraf berpola deduktif
·   Mampu mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung paragraf induktif dan deduktif
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks paragraf  yang berpola induktif
Teks paragraf  yang berpola deduktif
Ciri-ciri paragraf induktif
Ciri-ciri paragraf deduktif
Gagasan-gagasan pendukung paragraf induktif dan deduktif





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya pemahamannya tentang paragraf induktif
F Siswa ditanya pemahamannya tentang paragraf deduktif
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Siswa menerima dan membaca intensif beberapa paragraf
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk menemukan paragraf yang berpola induktif dan deduktif
F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri teks paragraf yang berpola induktif dan deduktif
F Setiap kelompok diskusi mencari masing-masing 1 pola pengembangan paragraf induktif dan deduktif
F Setiap kelompok mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung paragraf induktif dan deduktif
F Setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusinya dalam bentuk makalah sederhana
F Setiap wakil kelompok mempresentasikan makalahnya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
F Siswa merefleksikan pola-pola pengembangan paragraf
F Siswa mengungkapkan pengalamannya menggunakan paragraf induktif dan deduktif
F Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
111-116
 
Material: VCD, kaset, poster

  v
Mediacetak dan elektronik
Berita, tajuk rencana, artikel yang memuat paragraf induktif dan deduktif
 v
Website internet
Teks yang berupa paragraf induktif dan deduktif
 v
Narasumber
Penulis, pengarang

Model peraga

 v
Lingkungan
Teks-teks wacana yang bisa ditemukan di masyarakat


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari


Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang paragraf induktif dan deduktif
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa
terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

                                   
RUBRIK OBSERVASI  KINERJA INDIVIDU
DALAM DISKUSI KELOMPOK

NAMA SISWA                      :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN      :
KOMPETENSI DASAR      :  Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif



ASPEK


RINCIAN
                                  NILAI
KURANG

CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)


PARTISIPASI  DAN SIKAP DIRI
Terlibat  secara aktif  dan penuh inisiatif




Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main
Memperhatikan dan menghargai   pendapat orang lain

BAHASA

Runtut, terstruktur dengan baik




Komunikatif   (mudah dipahami)
Efektif (singkat dan jelas)
Diksi variatif dan tepat konteks


KUALITAS PENDAPAT /
GAGASAN
Pembicaraan   tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan




Gagasan    orisinal dan kreatif (tidak meniru)
Usulan  disertai alasan /bukti pendukung
Konsisten atas pendapatnya sendiri

JUMLAH SKOR







Mengetahui,                                                                         ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                                  ------------------------------
 NIP :                                                                                        NIP :


















RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
KOMPETENSI DASAR
12.1 Menulis karangan melalui mekanisme dan langkah-langkah mengarang
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menjelaskan mekanisme mengarang
·   Mampu menjelaskan langkah-langkah mengarang
·   Mampu menetapkan langkah persiapan (menetapkan gagasan dan pola pengembangan karangan)
·   Mampu membuka karangan dengan paragraf yang memikat
·   Mampu menyusun karangan
·   Mampu menyusun penyempurnaan karangan
·   Mampu menyunting karangan sendiri atau karangan teman
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Mekanisme mengarang
Langkah-langkah mengarang
Langkah persiapan (menetapkan gagasan dan pola pengembangan karangan)
Langkah membuka karangan dengan paragraf yang memikat
Penyusunan karangan
Langkah menyempurnakan/mengakhiri karangan
Teknik menyunting karangan sendiri atau karangan teman




KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang teknik menyiapkan karangan
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang teknik pengembangan karangan
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Siswa secara mandiri menyusun karangan
F Siswa saling menukarkan karangannya
F Siswa saling menyunting karangan teman
& Elaborasi
F  Siswa mendiskusikan mekanisme dan langkah-langkah mengarang
F Siswa berdiskusi untuk menentukan tema karangan
F Siswa berdiskusi untuk menentukan langkah persiapan, pengembangan, dan penyempurnaan mengarang
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
F Siswa merefleksikan langkah-langkah mengarang
F Siswa mengerjakan uji kompetensi
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
116-122
Gorys Keraf. 1980. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran menulis
 v
Mediacetak dan elektronik
Berita, tajuk, editorial, artikel, esai dalam koran, majalah

Website internet

  v
Narasumber
Pengarang
  v
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan materi
  v
Lingkungan
Karangan-karangan yang bisa ditemukan di masyarakat 


Metode
  v
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari


Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang penyiapan karangan
Daftar pertanyaan untuk tes tentang teknik pengembangan karangan
Daftar pertanyaan untuk tes praktik mengarang
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


  RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KARANGAN BERPOLA

NAMA                                          :
KELAS/NO. ABS           :
TANGGAL PENILAIAN:
KOMPETENSI DASAR : Menulis karangan melalui mekanisme dan langkah-langkah
                                        mengarang

N0
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
 1
Pemilihan dan perumusan tema
Ketepatan pemilihan dan perumusan tema




a. Tepat                                                           Skor  3
b. Cukup tepat                                                 Skor  2
c. Kurang tepat                                                Skor  1
d. Tidak tepat                                                   Skor  0
 2
Teknik persiapan/
pembukaan
karangan
Teknik pembukaan karangan sesuai tema atau tidak

a. Sesuai                                                          Skor  3
b. Cukup sesuai                                                Skor  2
c. Kurang sesuai                                               Skor  1
d. Tidak sesuai                                                 Skor  0
 3.
Teknik pe ngembangan
karangan
Teknik pengembangan karangan koheren dengan pembuka atau tidak

a. Koheren                                                         Skor  3
b. Cukup koheren                                              Skor  2
c. Kurang koheren                                             Skor  1
d. Tidak koheren                                                Skor  0
 4.
Teknik penu tup/penyem
purnaan
karangan
Teknik pengembangan karangan koheren dengan isi atau tidak

a. Koheren                                                         Skor  3
b. Cukup koheren                                              Skor  2
c. Kurang koheren                                             Skor  1
d. Tidak koheren                                                Skor  0
 4
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar  Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah  Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah     Skor  0
 5
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                    Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah            Skor  2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah             Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah   Skor  0


Mengetahui,                                                                              ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                     ------------------------------
 NIP :                                                                                    NIP :

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons