RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||
STANDAR KOMPETENSI | 5. Memahami pembacaan novel | ||
KOMPETENSI DASAR | 5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Pembacaan Penggalan novel Penanggapan pembacaan penggalan novel dari segi vokal Penanggapan pembacaan penggalan novel dari intonasi Penanggapan pembacaan penggalan novel dari penghayatan |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
Inquari | ||
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru membacakan penggalan sebuah novel yang bagus untuk dibacakan, misalnya Lelaki Tua dan Laut, karya Ernest Hemingway F Guru mengajak siswa untuk menyadari bahwa novel pun ada yang indah untuk dibacakan, asalkan dengan vokal, intonasi, dan penghayatan yang tepat serta proporsional. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) | |
& Eksplorasi F Guru menunjuk salah siswa (model) membacakan penggalan novel yang disiapkan Guru. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan atas unjuk kemampuan siswa yang dijadikan model. Tanggapan diarahkan pada vokal, intonasi, dan penghayatan. F Guru memberikan ulasan dan penekanan pada hal-hal yang harus dicontoh dari model. & Elaborasi F Siswa bergabung dalam kelompok dan secara bergantian membacakan penggalan novel yang tersaji dalam buku teks. F Berpanduan daftar pertanyaan yang telah disiapkan Guru/tersaji di buku teks, secara bergantian setiap siswa menanggapi pembacaan teman satu kelompok. Tanggapan difokuskan pada aspek vokal, intonasi, dan penghayatan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 45’) | ||
& Elaborasi F Setiap kelompok merekomendasikan anggotanya yang terbaik untuk membacakan penggalan novel di depan kelas. F Guru menunjuk beberapa siswa yang direkomendasikan kelompok untuk membacakan penggalan novel lain di depan kelas dan setiap siswa diwajibkan memberikan tanggapan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang perlu diperhatikan dalam membaca dan menanggapi pembacaan penggalan novel. F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman halaman 55 – 60 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | penggalan novel yang menarik untuk dibacakan |
V | Website internet | |
Narasumber | ||
V | Model peraga | siswa pembaca novel |
Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menanggapi pembacaan penggalan novel yang didengar. Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian memberikan tanggapan pembacaan penggalan novel (terlampir) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||
STANDAR KOMPETENSI | 5. Memahami pembacaan novel | ||
KOMPETENSI DASAR | 5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Pembacaan penggalan novel Unsur-unsur intrinsik novel |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Siswa diajak untuk mengingat kembali cerita penggalan novel yang telah dibacanya pada pertemuan sebelumnya. Guru membantu mengingatnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan. F Guru menyatakan bahwa dalam cerita novel tersebut terdapat unsur-unsur cerita yang menarik untuk dibahas | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Guru meminta siswa menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita novel F Guru menjelaskan secara lebih mendetail beberapa unsur intrinsik yaitu karakter tokoh dan latar cerita yang akan menjadi fokus pembahasan F Seorang siswa yang ditunjuk Guru membacakan sebuah penggalan novel sementara siswa yang lain menyimaknya. & Elaborasi F Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi dan menjelaskan unsur-unsur intrinsik novel yang telah didengarkannya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | ||
& Elaborasi F Secara bergantian, setiap kelompok ke depan kelas mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. F Guru memberikan ulasan dan tanggapan atas setiap hasil presentasi kelompok. F Guru menyimpulkan unsur-unsur intrinsik novel yang dibahas. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang unsur-unsur intrinsik novel yang telah dipelajari F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 72- 74 Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya L.T. Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 104 -158 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | teks penggalan novel |
Website internet | ||
Narasumber | ||
V | Model peraga | |
Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik penggalan novel melalui berdiskusi Tugas mempresentasikan hasil diskusi kelompok Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara | ||
STANDAR KOMPETENSI | 6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | ||
KOMPETENSI DASAR | 6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mendeklamasikan/ membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu berbalas pantun dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat dan mampu menanggapinya |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks puisi lama (pantun) Pembacaan teks pantun secara berbalasan Penanggapan pembacaan puisi dari segi lafal, intonasi, ekspresi |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
Inquari | ||
Tanya Jawab | ||
V | Penugasan | |
V | Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru masuk kelas sambil membacakan dua bait pantun berbalasan dengan intonasi dan ekspresi menarik. F Siswa diajak untuk mengingat kembali pelajaran dan karya-karya pantun yang sudah pernah dipelajari sebelumnya. F Guru memutarkan cuplikan film dokumenter upacara adat yang di dalamnya ada acara berbalas pantun. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Sepasang siswa (model) diminta ke depan kelas untuk membacakan pantun secara berbalasan dan siswa yang lain diajak untuk mencermati artikulasi, intonasi, dan ekspresinya. & Elaborasi F Siswa diminta mengungkapkan tanggapan pendapat, masukan, komentar atas kinerja unjuk kemampuan model dan diarahkan menyoal aspek artikulasi, intonasi, dan ekspresinya. F Guru mengulas unsur artikulasi, intonasi, dan ekspresi sebagai aspek penting yang perlu diperhatikan saat berbalas pantun. F Secara berpasangan atau berkelompok siswa diminta menyusun 8-10 bait pantun berbalas F Dalam kelompok, siswa berlatih membacakan/mengucapkan pantun yang telah disusunnya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (90’) | ||
& Elaborasi F Secara bergantian, kelompok demi kelompok tampil di depan kelas untuk membacakan pantun secara berbalasan F Dengan menggunakan blangko observasi penilaian yang telah disiapkan, Guru dan siswa lain mengobservasi dan memberikan penilaian kinerja setiap kelompok F Setiap selesai penampilan satu kelompok, Guru memberi kesempatan/menunjuk 1-2 siswa untuk mengungkapkan tanggapannya. F Guru menyampaikan ulasan umum penampilan siswa dan menyebut beberapa kelompok yang telah memperlihatkan kemampaun baik berserta alasan-alasannya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru mengajak siswa untuk tetap memelihara dan menghargai pantun sebagai salah satu budaya warisan bangsa yang bernilai tinggi. | · Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 84-88 Puisi Lama karya Sutan Takdir Alisyabana terbitan Dian Rakyat 11-43 Kesusasteraan Lama Indonesia karya Zuber Usman terbitan Gunung Agung halaman 144 -162 |
V | Material: VCD, kaset, poster | VCD dokuementer upacara adat yang di dalamnya ada acara berbalas pantun |
V | Mediacetak dan elektronik | Kutipan teks berbalas pantun |
V | Website internet | |
Narasumber | ||
V | Model peraga | pembaca berbalas pantun |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | ||
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menulis pantun berbalasan Tugas kelompok membacakan pantun secara berbalasan Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian kinerja siswa berbalas pantun (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara | ||
STANDAR KOMPETENSI | 6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | ||
KOMPETENSI DASAR | 6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit ( 1 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks puisi baru Lafal, intonasi ,ekspresi pembacaan puisi Cara mengomentari pembacaan puisi dari segi lafal, intonasi ,ekspresi |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menanyakan siapa siswa yang pernah mengikuti lomba deklamasi/pembacaan puisi. Bilamana ada, siswa ybs diminta untuk men-sharingkan pengalamannya saat berlomba. Diarahkan dengan pertanyaan untuk mengungkapkan, aspek apa yang dinilai juri, apa komentar juri, mengapa menang/kalah F Guru memutarkan VCD rekaman lomba baca puisi dan meminta siswa untuk memberikan ulasan/komentar singkat. Yang ditunjukkan adalah peserta terbaik/pemenang dan yang terburukk. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Guru menyuruh siswa yang mampu untuk membacakan sebuah puisi di depan kelas. F Siswa berdiskusi menanggapi tampilan pembacaan puisi dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan Guru. F Guru menjelaskan lafal, intonasi, dan ekspresi sebagai 3 hal penting dalam pembacaan puisi. & Elaborasi F Siswa menyaksikan tayangan VCD pembacaan puisi yang dibawakan oleh model. F Secara bergiliran setiap siswa mengemukakan tanggapan dan komentar atas tampilan pembacaan puisi tersebut. Komentar diarahkan pada unsur lafal, intonasi, dan ekspresi. Sementara itu Guru mengobservasi dan mencermati isi serta bahasa tanggapan siswa. F Guru memberikan ulasan atas komentar-komentar siswa. Beberapa komentar yang bagus diberi pujian. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | ||
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang pembacaan puisi yang telah dipelajari F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 27 - 30 Puisi dan Metodologi Pengajarannya karya Drs BP. Situmorang terbitan Nusa Indah halaman 49 -56 |
V | Material: VCD, kaset, poster | VCD pembacaan puisi |
Mediacetak dan elektronik | ||
Website internet | ||
Narasumber | ||
V | Model peraga | |
Lingkungan |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | ||
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari Tugas untuk memberikan tanggapan pembacaan puisi | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi kinerja siswa memberikan tanggapan pembacaan puisi (terlampir di bawah) |
UNIT PEMERINTAHAN (halaman 32 s.d. 44)
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | ||
STANDAR KOMPETENSI | 7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | ||
KOMPETENSI DASAR | 7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menandai jeda puisi karya sendiri · Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : · lafal dan intonasi, penghayatan, mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai · Menentukan makna puisi karya teman · Mengomentari puisi karya teman | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Puisi karya sendiri bertema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat) Tahap-tahap pembacaan puisi (tahapan ke dalam dan keluar) Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi makna puisi |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru memutarkan cuplikan video rekaman jalannya suatu lomba baca puisi (minimal ditayangkan 2 peserta yang baik dan tidak baik). Siswa diminta untuk mencermati dan menentukan pembaca puisi yang baik dengan memberikan alasan F Guru meminta salah seorang siswa yang pernah menjuarai baca puisi (jika ada di kelas) untuk membagi ilmu / kiat-kiatnya dalam membaca puisi. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Guru meminta siswa menyiapkan puisi karya sendiri yang telah dibuat di rumah. (sebelumnya siswa sudah ditugasi untuk menulis puisi bertema bebas dan memenuhi syarat untuk dibacakan) F Guru meminta siswa model (permah memenangi lomba) untuk membacakan puisi karyanya sendiri di depan kelas dan meminta kelas untuk memberikan komentar. F Guru menjelaskan tahap-tahap dan hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembacaan puisi & Elaborasi F Siswa diminta untuk memberikan tanda-tanda jeda, pungtuasi, serta intonasi pada puisi yang akan dibacakannya. F Di dalam kelompok, siswa berlatih membacakan puisi dan saling memberikan masukan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90) | ||
& Elaborasi F Guru membagikan blangko observasi penilaian kepada kelas dan memintanya untuk ikut memberikan penilaian atas penampilan pembacaan puisi setiap siswa F Secara bergantian berdasarkan nomor pengundian siswa membacakan puisi karya sendiri di depan kelas. Setiap satu siswa selesai tampil, salah seorang siswa yang lain (misal yang bernomor absen di atasnya) diminta untuk memberikan komentar/ulasan. F Setelah semuanya selesai, guru memberikan ulasan atas penampilan-penampilan siswa. Bisa disebutkan siswa yang penampilannya bagus dan alasannya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Gemar membaca | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang pembacaan puisi yang telah dipelajari F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru memotivasi siswa untuk terus berlatih menulis puisi dan membacakannya bilamana ada kesemapatan. | Kreatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 42-44 Puisi dan Metodologi Pengajarannya karya BP Situmorang terbitan Nusa Indah halaman 49 -56 |
V | Material: VCD, kaset, poster | VCD rekaman lomba baca puisi |
V | Mediacetak dan elektronik | |
Website internet | ||
V | Narasumber | siswa yang pernah memenangi lomba baca puisi |
V | Model peraga | siswa yang pernah memenangi lomba baca puisi |
Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | ||
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk membacakan puisi karya sendiri di depan kelas Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian kinerja baca puisi ( terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | ||
STANDAR KOMPETENSI | 7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | ||
KOMPETENSI DASAR | 7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menceritakan kembali isi cerpen · Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Cerpen Unsur-unsur intrinsik cerpen : tema, latar, alur, penokohan/pesan |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menceritakan beberapa mitos atau kepercayaan yang ada di masyarakat. Siswa juga diberi kesempatan bilamana ada yang akan menuturkan pengalaman serupa. F Guru menyatakan bahwa ada beberapa cerita fiksi, cerpen atau novel, yang mengangkat topik tentang mitos atau kepercayaan masyarakat. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) | |
& Eksplorasi F Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk memancing siswa mengingat kembali unsur-unsur intrinsik pembangun cerita yang pernah dipelajari sebelumnya. F Siswa membaca dengan seksama teks cerpen bertema kepercayaan yang tersaji di buku teks. & Elaborasi F Siswa menguji pemahamannya atas isi cerpen dengan melengkapi kalimat-kalimat kutipan cerpen yang dirumpangkan. F Siswa menceritakan kembali isi cerpen dengan kata-kata sendiri secara lisan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | ||
& Elaborasi F Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Pertanyaan yang didiskusikan sudah tersaji di buku teks. F Setiap wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Sementara anggota kelompok lain didorong untuk memberikan tanggapan. F Guru mengulas dan menyimpulkan hasil diskusi siswa. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Gemar membaca | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | Kreatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 76 - 82 Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya L.T. Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 104 -158 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | teks cerpen |
Website internet | ||
V | Narasumber | siswa yang menuturkan pengalamannya |
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas melengkapi kalimat rumpang kutipan teks cerpen Tugas mendiskusikan dan mempresentasikan unsur-unsur intrinsik cerpen Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok. (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII ( dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||
STANDAR KOMPETENSI | 8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | ||
KOMPETENSI DASAR | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi · Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Buku kumpulan cerpen Struktur dan unsur-unsur resensi Identitas buku Kepengarangan Kekurangan dan kelebihan isi buku Bahasa pengarang, dll |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
Inquari | ||
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa mengingat kembali pelajaran meresensi buku yang pernah diterima sebelumnya F Siswa diajak untuk mengingat kembali cerita cerpen yang pernah dibahas dan dikutip dari buku kumpulan cerpen F Guru menunjukkan sebuah buku kumpulan cerpen edisi terbaru dari penerbit yang sama atau berbeda | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Guru membacakan contoh resensi buku kumpulan cerpen dan siswa diajak untuk mencermati struktur dan unsur-unsurnya F Siswa diberi kesempatan untuk mendapatkan buku kumpulan cerpen baik di perpustakaan sekolah/umum atau toko buku. Guru dapat merekomendasikan beberapa judul yang diketahuinya dan mudah diperoleh siswa & Elaborasi F Siswa diberi kesempatan untuk membaca seluruh cerpen yang ada di buku kumpulan cerpen yang diresensinya F Siswa diminta untuk membuat garis besar isi, menginventaris judul-judul cerpen yang menarik beserta alasannya, kelebihan dan kekurangan, nilai-nilai yang bisa dipetik, dan bahasa yang dipergunakan. F Siswa diminta untuk mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku kumpulan cerpen yang diresensi & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’) | ||
& Elaborasi F Siswa menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan. F Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya F Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya F Guru menanggapi beberapa resensi yang sudah dibuat dengan sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Gemar membaca | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku. | Kreatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 82-83 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | Buku kumpulan cerpen |
V | Website internet | |
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
Tes Tertulis | ||
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku kumpulan cerpen (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII ( dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||
STANDAR KOMPETENSI | 8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | ||
KOMPETENSI DASAR | 8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) · Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen · Menanggapi cerpen yang ditulis teman | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Buku kumpulan cerpen Struktur dan unsur-unsur resensi Identitas buku Kepengarangan Kekurangan dan kelebihan isi buku Bahasa pengarang, dll |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
Inquari | ||
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa mengingat kembali pelajaran meresensi buku yang pernah diterima sebelumnya F Siswa diajak untuk mengingat kembali cerita cerpen yang pernah dibahas dan dikutip dari buku kumpulan cerpen F Guru menunjukkan sebuah buku kumpulan cerpen edisi terbaru dari penerbit yang sama atau berbeda | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Guru membacakan contoh resensi buku kumpulan cerpen dan siswa diajak untuk mencermati struktur dan unsur-unsurnya & Elaborasi F Siswa diberi kesempatan untuk mendapatkan buku kumpulan cerpen baik di perpustakaan sekolah/umum atau toko buku. Guru dapat merekomendasikan beberapa judul yang diketahuinya dan mudah diperoleh siswa F Siswa diberi kesempatan untuk membaca seluruh cerpen yang ada di buku kumpulan cerpen yang diresensinya F Siswa diminta untuk membuat garis besar isi, menginventaris judul-judul cerpen yang menarik beserta alasannya, kelebihan dan kekurangan, nilai-nilai yang bisa dipetik, dan bahasa yang dipergunakan. F Siswa diminta untuk mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku kumpulan cerpen yang diresensi & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’) | ||
& Elaborasi F Siswa menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan. F Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya F Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya F Guru menanggapi beberapa resensi yang sudah dibuat dengan sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Gemar membaca | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku. | Kreatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 82-83 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | Buku kumpulan cerpen |
V | Website internet | |
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
Tes Tertulis | ||
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku kumpulan cerpen (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
0 comments:
Posting Komentar