RENCANA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | |||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) | |||
PROGRAM | Umum | |||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit | |||
TEMA | | |||
STANDAR KOMPETENSI | 12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola | |||
KOMPETENSI DASAR | 12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | |||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
· Mampu menentukan topik untuk menulis esai · Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup · Mampu menyusun paragraf pembukaan · Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf · Mampu menyusun paragraf penutup · Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) | · Mandiri · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif | · Kepemimpinan · Percaya diri | ||
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Esai Teknik menyusun kerangka karangan Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup Teknik menyunting/memperbaiki karangan | |||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Siswa ditanya pemahamannya mengenai esai F Siswa ditanya pemahamannya mengenai pola pengembangan pembuka, isi, penutup | · Mandiri |
INTI | & Eksplorasi F Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi F Guru membacakan contoh esai F Siswa mengidentifikasi ciri-ciri esai F Guru memberikan beberapa topik kepada siswa & Elaborasi F Siswa berdiskusi untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan F Siswa menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup F Siswa saling menukarkan esai dan memperbaiki esai temannya (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | F Siswa diminta mengungkapkan kesulitan yang dialaminya ketika menyusun paragraf F Siswa diminta mengungkapkan kesalahan terbanyak yang ada pada teks esai tulisan temannya | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 124-131 Gorys Keraf. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah Lamudin Finosa. 2005. Komposisi. Jakarta : Diksi Insan Mulia |
| Material: VCD, kaset, poster | | |
v | Mediacetak dan elektronik | Berita, tajuk, editorial, esai, artikel yang pola pengembangannya sesuai dengan materi | |
v | Website internet | Teks paragraf dengan pola pengembangan yang sesuai materi | |
V | Narasumber | Siswa yang sudah biasa menulis | |
| Model peraga | | |
V | Lingkungan | Teks-teks wacana lain yang bisa diemukandi masyarakat yang sesuai dengan materi | |
Metode | v | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | | |
V | Inquari | | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang esai Daftar pertanyaan lisan tentang pola-pola pengembangan paragraf Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan kerja mandiri Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KARANGAN BERPOLA
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN:
KOMPETENSI DASAR: Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka,
isi, dan penutup
N0 | ASPEK YANG DINILAI | SKOR | |
1 | Pemilihan topik | Aktualitas topik esai | |
a. Aktual Skor 3 | |||
b. Cukup aktual Skor 2 | |||
c. Kurang aktual Skor 1 | |||
d. Tidak aktual Skor 0 | |||
2 | Teknik Pengembangan pembuka | Teknik pembukaan esai menarik atau tidak | |
a. Menarik Skor 3 | |||
b. Cukup menarik Skor 2 | |||
c. Kurang menarik Skor 1 | |||
d. Tidak menarik Skor 0 | |||
3. | Teknik pe ngembangan isi | Teknik pengembangan isi koheren dengan pembuka atau tidak | |
a. Koheren Skor 3 | |||
b. Cukup koheren Skor 2 | |||
c. Kurang koheren Skor 1 | |||
d. Tidak koheren Skor 0 | |||
4. | Teknik pengembangan Penutup | Teknik pengembangan penutup esai koheren dengan isi atau tidak | |
a. Koheren Skor 3 | |||
b. Cukup koheren Skor 2 | |||
c. Kurang koheren Skor 1 | |||
d. Tidak koheren Skor 0 | |||
4 | Ejaan dan tanda baca | Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca | |
a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar Skor 3 | |||
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah Skor 2 | |||
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah Skor 1 | |||
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah Skor 0 | |||
5 | Struktur kalimat | Ketepatan penggunaan struktur kalimat | |
a. Semua kalimat strukturnya tepat Skor 3 | |||
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah Skor 2 | |||
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah Skor 1 | |||
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah Skor 0 | |||
6. | Diksi | Ketepatan diksi | |
a. Tepat Skor 3 | |||
b. Cukup tepat Skor 2 | |||
c. Kurang tepat Skor 1 | |||
d. Tidak tepat Skor 0 |
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
--------------------------------- ------------------------------
NIP : NIP :
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (satu) | ||
PROGRAM | | ||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||
STANDAR KOMPETENSI | 13. Memahami pembacaan teks drama | ||
KOMPETENSI DASAR | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan · Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar | · Mandiri · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif | · Kepemimpinan · Percaya diri | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks drama baca Pembacaan teks drama dengan intonasi dan ekspresi sesuai karakter Unsur-unsur intrinsik : tema, penokohan, latar, alur, amanat |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru memutar rekaman cuplikan sinetron remaja yang sedang populer. F Guru menanyakan siapa saja siswa yang mengikuti cerita sinetron tersebut. Kepada siswa yang menonton, guru mengajukan sejumlah pertanyaan seputar isi ceritanya: siapa tokoh utama, karakternya, tema, amanat, latar cerita, dsb. F Guru menyatakan bahwa dalam cerita sinetron, film, drama, dan cerita fiksi lain selalu memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. | · Mandiri |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) | |
& Eksplorasi F Guru menyiapkan konsentrasi siswa untuk mendengarkan pembacaan drama dan difokuskan pada unsur intrinsik yang akan dibahas F Siswa menyimak pembacaan teks drama yang dilakukan oleh beberapa siswa yang ditunjuk Guru. F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi cerita drama yang disampaikan secara lisan oleh Guru. F Siswa saling menukarkan pekerjaan /jawabannya untuk diperiksa secu77aara silang di bawah bimbingan Guru | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | | |
& Elaborasi F Guru mengulas lebih mendalam dua unsur intrinsik, yaitu alur dan konflik. F Siswa berdiskusi kelompok untuk mengungkap alur dan jenis konflik yang ada dalam drama yang didengarkan. F Guru mengamati kinerja siswa dalam mengikuti diskusi kelompok dan membuat catatan penilaian F Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi. F Guru memberikan ulasan dan komentar terhadap hasil presentasi semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru menyampaikan tugas mandiri untuk menyaksikan suatu cerita sintron/drama di radio atau televisi dan mengungkap unsur-unsur intrinsiknya. | Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 99 – 107 Pengantar Bermain Drama karya Adjib Hamzah terbitan CV Rosda Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya LT Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 186 – 198 |
V | Material: VCD, kaset, poster | VCD cuplikan drama/sinetron tv yang sedang digemari |
V | Mediacetak dan elektronik | teks drama |
| Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | Siswa peraga pembaca teks drama |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mendengarkan pembacaan teks drama Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita drama Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | |
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
--------------------------------- ------------------------------
NIP : NIP :
RENCANA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | |||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) | |||
PROGRAM | Umum | |||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit | |||
TEMA | | |||
STANDAR KOMPETENSI | 13. Memahami pembacaan teks drama | |||
KOMPETENSI DASAR | 13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | |||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
· Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks · Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama · Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan | · Mandiri · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif | · Kepemimpinan · Percaya diri | ||
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks drama Simpulan isi drama | |||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Siswa ditanya mengenai cara menyimpulkan isi drama F Siswa ditanya mengenai unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama | · Mandiri |
INTI | & Eksplorasi F Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi F Dalam kelompoknya siswa menentukan pembaca dialog dalam naskah drama sesuai dengan tokoh drama & Elaborasi F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasikan pokok-pokok isi dialog tokoh F Setiap wakil kelompok secara bergantian membacakan pokok-pokok isi dialog hasil diskusi kelompoknya F Anggota kelompok lain memberikan tanggapan simpulan isi teks drama & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | F Siswa diminta menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks F Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang manfaat atau nilai-nilai yang bisa dipetik dari isi drama tersebut F Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 109-111 |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pembacaan teks naskah drama | |
| Media cetak dan elektronik | | |
| Website internet | | |
V | Narasumber | | |
| Model peraga | Siswa yang punya pengalaman sebagai pemain drama/sinetron/film | |
V | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | | |
V | Inquari | | |
V | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang cara menyimpulkan isi drama Daftar pertanyaan tentang unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN PENYIMPULAN ISI DRAMA
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
N0 | Aspek yang Dinilai | Amat Baik Skor = 5 | Baik Skor = 4 | Biasa Saja Skor = 3 | Jelek Skor = 2 | Amat Jelek Skor = 1 | Jumlah Skor |
01. | Ketepatan isi | | | | | | |
02. | Keruntutan urutan | | | | | | |
03. | Kejelasan kesimpulan | | | | | | |
04. | Disertai penjelasan dan alasan yang logis | | | | | | |
05. | Kelancaran penyampaian | | | | | | |
06. | Kemudahan dipahami | | | | | | |
07. | Diksi | | | | | | |
08. | Struktur kalimat | | | | | | |
| Jumlah Skor | | | | | | |
Pedoman penyekoran = Amat jelek = 1-8
Biasa saja = 17-24
Jelek = 8-16
Baik = 25-32
Amat baik = 33-40
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
--------------------------------- ------------------------------
NIP : NIP :
RENCANA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | |||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) | |||
PROGRAM | Umum | |||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit | |||
TEMA | | |||
STANDAR KOMPETENSI | 14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama | |||
KOMPETENSI DASAR | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam. 14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara. | |||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
§ Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam § Membacakan gurindam § Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam § Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam § Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini § Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam § Mampu membaca gurindam § Mampu mengidentifikasi ciri-ciri gurindam § Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam § Mampu menemukan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam · Mampu menanggapi secara lisan pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam | · Mandiri · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif | · Kepemimpinan · Percaya diri | ||
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks gurindam Teknik pembacaan gurindam Ciri-ciri gurindam Nilai-nilai yang ada dalam (budaya, agama, estetika, moral) Pesan-pesan yang disampaikan melalui gurindam Teknik menanggapi secara lisan pembacaan gurindam | |||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru dan siswa bertanya jawab tentang jenis-jenis puisi lama F Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian gurindam | · Mandiri |
INTI | & Eksplorasi F Guru membacakan atau memperdengarkan pembacaan gurindam F Siswa membaca beberapa teks gurindam secara bergantian & Elaborasi F Siswa berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri gurindam F Siswa berdiskusi untuk menentukan nilai-nilai dalam gurindam yang dibacanya F Siswa berdiskusi untuk menentukan pesan-pesan dalam gurindam yang dibacanya F Siswa meyampaikan secara lisan tanggapan terhadap pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | F Siswa merefleksikan nilai-nilai dalam gurindam F Siswa merefleksikan pesan-pesan dalam gurindam F Siswa mengerjakan uji kompetensi F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 136-142 Buku-buku tentang kaya sastra Melayu lama |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pembacaan gurindam | |
v | Media cetak dan elektronik | Majalah sastra yang memuat puisi lama (gurindam) | |
| Website internet | | |
| Narasumber | | |
| Model peraga | | |
v | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan materi | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang jenis-jenis puisi lama dan gurindam Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang gurindam Daftar perintah untuk diskusi, presentasi, dan pengukuran sikap Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
MENANGGAPI SECARA LISAN PEMBACAAN GURINDAM
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR : Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
NO | KOMPONEN YANG DINILAI | SKOR | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
01. | Tanggapan sesuai dengan objek yang ditanggapi | | | | | |
02. | Isi tanggapan khusus terhadap ciri dan nilai gurindam | | | | | |
03. | Tanggapan disampaikan secara runtut | | | | | |
04. | Tanggapan disertai penjelasan dan alasan yang logis | | | | | |
05. | Tanggapan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir | | | | | |
06. | Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar | | | | | |
07. | Bersikap wajar, tidak mencemooh | | | | | |
08. | Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan | | | | | |
09. | Kalimatnya sederhana dan komunikatif | | | | | |
10. | Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat | | | | | |
| JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50) | | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
--------------------------------- ------------------------------
NIP : NIP :
RENCANA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | |||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) | |||
PROGRAM | Umum | |||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit | |||
TEMA | | |||
STANDAR KOMPETENSI | 15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode | |||
KOMPETENSI DASAR | 15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer. 15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | |||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
· Mengidentifikasi tema puisi kontemporer · Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer · Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode · Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode · Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) · Mampu mengidentifikasi tema puisi kontemporer melalui kegiatan membaca · Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer | · Mandiri · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif | · Kepemimpinan · Percaya diri | ||
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Kumpulan puisi kontemporer Ciri-ciri puisi kontemporer Tema dan maksud puisi kontemporer Bentuk puisi kontemporer Diksi pada puisi kontemporer | |||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai pengetahuannya tentang puisi kontemporer | · Mandiri |
INTI | & Eksplorasi F Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi F Siswa membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail) & Elaborasi F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi puisi-puisi kontemporer F Siswa berdiskusi untuk menentukan tema dan ciri-ciri puisi kontemporer F Siswa berdiskusi untuk menentukan tema dan maksud puisi kontemporer F Siswa menjelaskan maksud, tema, dan isi puisi kontemporer & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | F Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan tema dan isi puisi kontemporer | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman |
| Material: VCD, kaset, poster | | |
v | Media cetak dan elektronik | Koran, majalah, TV, radio yang mempublikasikan puisi kontemporer | |
| Website internet | | |
V | Narasumber | Penyair kontemporer | |
| Model peraga | | |
V | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan tema puisi | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | | |
V | Inquari | | |
V | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang puisi kontemporer Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
--------------------------------- ------------------------------
NIP : NIP :
RENCANA PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | |||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) | |||
PROGRAM | Umum | |||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit | |||
TEMA | | |||
STANDAR KOMPETENSI | 16.Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai | |||
KOMPETENSI DASAR | 16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai. 16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuK engomentari karya sastra | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | |||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
· Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra · Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra · Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai · Menyunting tulisan kritik dan esai sastra · Mampu mengidentifikasi ciri-ciri kritik · Mampu mengidentifikasi ciri-ciri esai · Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai · Mampu menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra · Mampu menyunting tulisan kritik dan esai sastra milik teman kontemporer melalui kegiatan membaca · Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer | · Mandiri · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif | · Kepemimpinan · Percaya diri | ||
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Ciri-ciri kritik Ciri-ciri esai Prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai Cara menulis kritik dan esai Cara menyunting kritik dan esai sastra Contoh-contoh kritik dan esai sastra | |||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru dan siswa bertanya jawab tentang kritik sastra F Guru dan siswa bertanya jawab tentang esai sastra | · Mandiri |
INTI | & Eksplorasi F Siswa membaca contoh kritik dan esai sastra F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri kritik & Elaborasi F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri esai F Siswa berdiskusi untuk merumuskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai F Siswa berlatih menerapkan prinsip-prinsip penulisan untuk menyusun kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra F Siswa menyunting tulisan kritik dan esai sastra milik teman & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | F Siswa merefleksikan materi yang sudah dipelajarinya F Siswa mengerjakan uji kompetensi F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 169-174 Sastra Indonesia dalam Kritik dan Esai |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pengajaran menulis kritik dan esai | |
v | Media cetak dan elektronik | Krtitik atau esai yang dipublikasikan di koran, majalah, TV, atau radio | |
| Website internet | | |
v | Narasumber | Kritikus dan penulis esai sastra | |
v | Model peraga | Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan | |
v | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang kritik Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang esai Daftar pertanyaan untuk tes tulis tentang penulisan kritik dan esai sastra Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
|
RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KRITIK/ESAI
UNTUK MENGOMENTARI KARYA SASTRA
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
N0 | ASPEK YANG DINILAI | SKOR | |
1 | Pemilihan topik | Aktualitas topik esai | |
a. Aktual Skor 3 | |||
b. Cukup aktual Skor 2 | |||
c. Kurang aktual Skor 1 | |||
d. Tidak aktual Skor 0 | |||
2 | Ketepatan pemilihan objek karya sastra dengan tujuan penulisan | Pemilihan karya sastra tepat/sesuai dengan tujuan penulisan | |
a. Tepat Skor 3 | |||
b. Cukup tepat Skor 2 | |||
c. Kurang tepat Skor 1 | |||
d. Tidak tepat Skor 0 | |||
3 | Ketepatan penerapan prinsip-prinsip penulisan kritik/esai | Prinsip-prinsip penulisan kritik/esai diterapkan secara : | |
a. Tepat Skor 3 | |||
b. Cukup tepat Skor 2 | |||
c. Kurang tepat Skor 1 | |||
d. Tidak tepat Skor 0 | |||
4 | Ketepatan isi tulisan dengan jenis dan tujuan tulisan | Isi tulisan tepat/sesuai dengan jenis dan tujuan penulisan kritik/esai | |
a. Tepat Skor 3 | |||
b. Cukup tepat Skor 2 | |||
c. Kurang tepat Skor 1 | |||
d. Tidak tepat Skor 0 | |||
5 | Ejaan dan tanda baca | Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca | |
a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar Skor 3 | |||
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah Skor 2 | |||
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah Skor 1 | |||
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah Skor 0 | |||
6 | Struktur kalimat | Ketepatan penggunaan struktur kalimat | |
a. Semua kalimat strukturnya tepat Skor 3 | |||
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah Skor 2 | |||
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah Skor 1 | |||
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah Skor 0 | |||
7. | Diksi | Ketepatan diksi | |
a. Tepat Skor 3 | |||
b. Cukup tepat Skor 2 | |||
c. Kurang tepat Skor 1 | |||
d. Tidak tepat Skor 0 |
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
--------------------------------- ------------------------------
NIP : NIP :
0 comments:
Posting Komentar