KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : .... / ..
Nama Guru : ___________________________
NIP/NIK : ___________________________
Sekolah : ___________________________
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | ........ minggu | |
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | | |
“ Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | ........ minggu | |
“ Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa | ........ minggu | |
“ Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | ........ minggu | |
1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | | |
“ Menganalisis pengertian Negara | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara | ........ minggu | |
“ Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara | ........ minggu | |
“ Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan | ........ minggu | |
1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | | |
“ Menguraikan pengertian dan fungsi negara | ........ minggu | |
“ Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | ........ minggu | |
1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | |
“ Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan | ........ minggu | |
“ Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan | ........ minggu | |
“ Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan | ........ minggu | |
“ Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia | ........ minggu | |
2. Menampil-kan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | ........ minggu | |
2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | | |
“ Mendeskripsikan pengertian hukum | ........ minggu | |
“ Menentukan macam-macam penggolongan Hukum | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material | ........ minggu | |
“ Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional | ........ minggu | |
2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | | |
“ Menguraikan perangkat lembaga peradilan | ........ minggu | |
“ Menganalisis macam-macam lembaga peradilan | ........ minggu | |
“ Menganalisis peranan lembaga peradilan | ........ minggu | |
“ Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan | ........ minggu | |
2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | | |
“ Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum | ........ minggu | |
“ Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum | ........ minggu | |
“ Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku | ........ minggu | |
2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | |
“ Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi | ........ minggu | |
“ Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi | ........ minggu | |
“ Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi | ........ minggu | |
2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | |
“ Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | ........ minggu | |
“ Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi | ........ minggu | |
“ Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi | ........ minggu | |
“ Manampilkan sikap anti korupsi | ........ minggu | |
3. Menampil-kan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) | ........ minggu | |
3.1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | | |
“ Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah | ........ minggu | |
“ Menentukan instrumen HAM nasional | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat | ........ minggu | |
3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | |
“ Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | ........ minggu | |
“ Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM | ........ minggu | |
“ Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | ........ minggu | |
3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | | |
“ Mendeskripsikan instrumen HAM internasional | ........ minggu | |
“ Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan peradilan HAM internasional | ........ minggu | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi | ........ minggu | |
4.1 Mendeskrips-ikan hubungan dasar negara dengan konstitusi | | |
“ Mendeskripsikan pengertian dasar negara | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara | ........ minggu | |
“ Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi | ........ minggu | |
“ Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara | ........ minggu | |
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara | | |
“ Menguraikan unsur sebuah konstitusi | ........ minggu | |
“ Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu | ........ minggu | |
“ Menganalisis substansi konstitusi Indonesia | ........ minggu | |
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia | | |
“ Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | ........ minggu | |
“ Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 | ........ minggu | |
“ Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | ........ minggu | |
4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara | | |
“ Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan. | ........ minggu | |
“ Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi | ........ minggu | |
“ Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara | ........ minggu | |
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan | ........ minggu | |
5.1. Mendeskrips-ikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia | | |
“ Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945 | ........ minggu | |
“ Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan | ........ minggu | |
“ Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum | ........ minggu | |
5.2.Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara | | |
“ Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | ........ minggu | |
“ Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | ........ minggu | |
5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | |
“ Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | ........ minggu | |
“ Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar | ........ minggu | |
“ Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | ........ minggu | |
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia | ........ minggu | |
6.1 Mendeskripsi-kan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia | | |
“ Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia | ........ minggu | |
“ mendeskripsikan infrastruktur politik | ........ minggu | |
6.2.Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara | | |
“ Menguraikan dinamika politik Indonesia | ........ minggu | |
“ Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia | ........ minggu | |
“ Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis | ........ minggu | |
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia | | |
“ Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik | ........ minggu | |
“ Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan | ........ minggu | |
“ Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu ) | ........ minggu | |
“ Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia | ........ minggu | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia | 1.1.Mendeskrip-sikan pengertian budaya politik | “ Mendeskripsikan pengertian budaya politik | ........ minggu ........ minggu | |
1.2.menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia | “ Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk “ Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia | ........ minggu ........ minggu | | |
1.3.mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik | “ Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia | ........ minggu | | |
1.4.menampilkan peran serta budaya politik partisipan | “ Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia | ........ minggu | | |
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani | 2.1.Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi | “ Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi “ Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi | ........ minggu ........ minggu | |
| 2.2.Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | “ Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani “ Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | ........ minggu ........ minggu | |
| 2.3.Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi | “ Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia | ........ minggu | |
| 2.4.Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | “ Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | ........ minggu | |
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | 3.1.Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | “ Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan “ Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | ........ minggu ........ minggu ........ minggu | |
| 3.2.menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | “ Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | ........ minggu | |
| 3.3.Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | “ Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari | ........ minggu | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
4. Menganalisi-s hubungan internasional dan organisasi internasional | 4.1.Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara | “ Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional “ Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional “ Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional | | |
4.2.Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional | “ Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional | | | |
4.3.Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional | “ Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional | | | |
4.4.Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia | “ Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia | | | |
5. Menganalis-is sistem hukum dan peradilan internasional | 5.1.Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional | “ Menguraikan sistem hukum dan oeradilan internasional | | |
| 5.2.Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional | “ Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional “ Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional | | |
| 5.3.Menghargai putusan Mahkamah Internasional | “ Menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
1. Menampil-kan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | 1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka | “ Mendeskripsikan makna ideologi negara “ Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara “ Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara “ Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup “ Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | | |
| 1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | “ Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai. “ Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan “ Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | | |
| 1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | “ Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila “ Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka. | | |
2. Mengevalu-asi berbagai sistem pemerintahan | 2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara | “ Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan “ Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara “ Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer “ Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | | |
| 2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia | “ Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945. “ Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan | | |
| 2.3 Membandin-gkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain | “ Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia “ membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.1 Mendeskrips-ikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia | “ Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis “ Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia “ Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis | | |
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia | “ Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik “ Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia “ Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media “ Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers | | | |
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia | “ Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia “ Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers. | | | |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.1 Mendeskripsi-kan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | “ Mengemukakan proses globalisasi “ Mendeskripsikan aspek globalisasi “ Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | |
| 4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia | “ Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara “ Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia | | |
| 4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | “ Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara “ Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi. | | |
| 4.4.Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | “ Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara “ Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi “ Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel PKN (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar