KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN)
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : I (SATU)
KKM : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
| Kompetensi Dasar dan Indikator | Standar Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
| Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | Nilai KKM % | |||||
| Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Pengetahuan | Sikap/Afektif | Jumlah | ||
| STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | | ||||||
| 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | | ||||||
| § Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | | | | | | | |
| § Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa | | | | | | | |
| § Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | | | | | | | |
| 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | | ||||||
| § Menganalisis pengertian Negara | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara | | | | | | | |
| § Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara | | | | | | | |
| 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | | ||||||
| § Menguraikan pengertian dan fungsi negara | | | | | | | |
| § Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | | | | | | | |
| 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | ||||||
| § Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan | | | | | | | |
| § Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan | | | | | | | |
| § Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan | | | | | | | |
| § Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia | | | | | | | |
| Jumlah 4 KD | | ||||||
| KKM PKn 1 | | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | | ||||||
| 2.1 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | | ||||||
| § Mendeskripsikan pengertian hukum | | | | | | | |
| § Menentukan macam-macam penggolongan Hukum | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material | | | | | | | |
| § Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional | | | | | | | |
| 2.2 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | | ||||||
| § Menguraikan perangkat lembaga peradilan | | | | | | | |
| § Menganalisis macam-macam lembaga peradilan | | | | | | | |
| § Menganalisis peranan lembaga peradilan | | | | | | | |
| § Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan | | | | | | | |
| 2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | | ||||||
| § Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum | | | | | | | |
| § Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum | | | | | | | |
| § Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku | | | | | | | |
| 2.4 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | ||||||
| § Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi | | | | | | | |
| § Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi | | | | | | | |
| § Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi | | | | | | | |
| 2.5 Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | ||||||
| § Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | | | | | | | |
| § Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi | | | | | | | |
| § Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi | | | | | | | |
| § Manampilkan sikap anti korupsi | | | | | | | |
| § Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | | | | | | | |
| Jumlah 5 KD | | | |||||
| KKM PKn 2 | | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI 3. Menampilkan peran serta da- lam upaya pemajuan, penghor- matan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) | | ||||||
| 3.1 Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | | ||||||
| § Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah | | | | | | | |
| § Menentukan instrumen HAM nasional | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat | | | | | | | |
| 3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | ||||||
| § Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghor- matan, dan penegakan HAM | | | | | | | |
| § Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM | | | | | | | |
| § Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | | | | | | |
| 3.3 Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | | ||||||
| § Mendeskripsikan instrumen HAM internasional | | | | | | | |
| § Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan peradilan HAM internasional | | | | | | | |
| Jumlah 3 KD | | | |||||
| KKM PKn 3 | | ||||||



19.44
Nuansa Pendikar


0 comments:
Posting Komentar