KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN)
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : I (SATU)
KKM : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kompetensi Dasar dan Indikator | Standar Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | Nilai KKM % | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Pengetahuan | Sikap/Afektif | Jumlah | ||
STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | | ||||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | | ||||||
§ Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | | | | | | | |
§ Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa | | | | | | | |
§ Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | | | | | | | |
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | | ||||||
§ Menganalisis pengertian Negara | | | | | | | |
§ Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara | | | | | | | |
§ Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara | | | | | | | |
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | | ||||||
§ Menguraikan pengertian dan fungsi negara | | | | | | | |
§ Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara | | | | | | | |
§ Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | | | | | | | |
1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | | ||||||
§ Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan | | | | | | | |
§ Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan | | | | | | | |
§ Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan | | | | | | | |
§ Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia | | | | | | | |
Jumlah 4 KD | | ||||||
KKM PKn 1 | | ||||||
STANDAR KOMPETENSI 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | | ||||||
2.1 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | | ||||||
§ Mendeskripsikan pengertian hukum | | | | | | | |
§ Menentukan macam-macam penggolongan Hukum | | | | | | | |
§ Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material | | | | | | | |
§ Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia | | | | | | | |
§ Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional | | | | | | | |
2.2 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | | ||||||
§ Menguraikan perangkat lembaga peradilan | | | | | | | |
§ Menganalisis macam-macam lembaga peradilan | | | | | | | |
§ Menganalisis peranan lembaga peradilan | | | | | | | |
§ Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan | | | | | | | |
2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | | ||||||
§ Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum | | | | | | | |
§ Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum | | | | | | | |
§ Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku | | | | | | | |
2.4 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | ||||||
§ Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi | | | | | | | |
§ Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi | | | | | | | |
§ Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi | | | | | | | |
2.5 Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | | ||||||
§ Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | | | | | | | |
§ Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi | | | | | | | |
§ Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi | | | | | | | |
§ Manampilkan sikap anti korupsi | | | | | | | |
§ Menunjukkan contoh sikap anti korupsi | | | | | | | |
Jumlah 5 KD | | | |||||
KKM PKn 2 | | ||||||
STANDAR KOMPETENSI 3. Menampilkan peran serta da- lam upaya pemajuan, penghor- matan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) | | ||||||
3.1 Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | | ||||||
§ Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah | | | | | | | |
§ Menentukan instrumen HAM nasional | | | | | | | |
§ Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat | | | | | | | |
3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | ||||||
§ Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghor- matan, dan penegakan HAM | | | | | | | |
§ Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM | | | | | | | |
§ Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | | | | | | | |
3.3 Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | | ||||||
§ Mendeskripsikan instrumen HAM internasional | | | | | | | |
§ Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional | | | | | | | |
§ Mendeskripsikan peradilan HAM internasional | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | |||||
KKM PKn 3 | |
0 comments:
Posting Komentar