KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN)
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : II
KKM : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
| Kompetensi Dasar dan Indikator | Standar Kriteria Ketuntasan Minimal | |||||||
| Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | Nilai KKM % | ||||||
| Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Pengetahuan | Sikap/Afektif | Jumlah | |||
| STANDAR KOMPETENSI 1. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi | | |||||||
| 1.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi | | |||||||
| § Mendeskripsikan pengertian dasar negara | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara | | | | | | | | |
| § Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi | | | | | | | | |
| § Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara | | | | | | | | |
| 1.2 Menganalisis substansi konstitusi negara | | |||||||
| § Menguraikan unsur sebuah konstitusi | | | | | | | | |
| § Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu | | | | | | | | |
| § Menganalisis substansi konstitusi Indonesia | | | | | | | | |
| 1.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia | | |||||||
| § Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | | | | | | | | |
| § Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 | | | | | | | | |
| § Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | | | | | | | | |
| 1.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara | | |||||||
| § Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan. | | | | | | | | |
| § Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi | | | | | | | | |
| § Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara | | | | | | | | |
| Jumlah 4 KD | | | ||||||
| KKM PKn 4 | | |||||||
| STANDAR KOMPETENSI 2. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan | | |||||||
| 2.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia | | |||||||
| § Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945 | | | | | | | | |
| § Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan | | | | | | | | |
| § Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum | | | | | | | | |
| 2.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara | | |||||||
| § Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara | | | | | | | | |
| § Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara | | | | | | | | |
| 2.3 Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | |||||||
| § Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi ciri ras agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | | | | | | | |
| § Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras agama, gender, golongan, budaya, dan suku | | | | | | | | |
| Jumlah 3 KD | | | ||||||
| KKM PKn 5 | | |||||||
| STANDAR KOMPETENSI 3. Menganalisis sistem politik di Indonesia | | |||||||
| 3.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia | | |||||||
| § Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia | | | | | | | | |
| § mendeskripsikan infrastruktur politik | | | | | | | | |
| 3.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara | | |||||||
| § Menguraikan dinamika politik Indonesia | | | | | | | | |
| § Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis | | | | | | | | |
| 3.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia | | |||||||
| § Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik | | | | | | | | |
| § Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan | | | | | | | | |
| § Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu ) | | | | | | | | |
| § Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia | | | | | | | | |
| Jumlah 3 KD | | | ||||||
| KKM PKn 6 | | |||||||
| KKM Pendidikan Kewarganegaraan KELAS X | ||
| NO | KKM Pendidikan Kewarganegaraan | KKM |
| 1 | Pendidikan Kewarganegaraan SK 1 | |
| 2 | Pendidikan Kewarganegaraan SK 2 | |
| 3 | Pendidikan Kewarganegaraan SK 3 | |
| 4 | Pendidikan Kewarganegaraan SK 4 | |
| 5 | Pendidikan Kewarganegaraan SK 5 | |
| 6 | Pendidikan Kewarganegaraan SK 6 | |
| Jumlah | | |
| Total KKM PKn Kelas X | | |
............., ............... 20...
Mengetahui
Kepala SMA/MA............. Guru Mata Pelajaran
......................................... ............................
NIP. NIP.



14.33
Nuansa Pendikar
Posted in: 

0 comments:
Posting Komentar