KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN)
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : I
KKM : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
| Kompetensi Dasar dan Indikator | Standar Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
| Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | Nilai KKM % | |||||
| Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Pengetahuan | Sikap/Afektif | Jumlah | ||
| STANDAR KOMPETENSI 1. Menganalisis budaya politik di Indonesia | | ||||||
| 1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik | | ||||||
| § Mendeskripsikan pengertian budaya politik | | | | | | | |
| 1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia | | ||||||
| § Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia | | | | | | | |
| 1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik | | ||||||
| § Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia | | | | | | | |
| 1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan | | ||||||
| § Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia | | | | | | | |
| Jumlah 4 KD | | | |||||
| KKM PKn 1 | | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani | | ||||||
| 2.1 Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi | | ||||||
| § Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi | | | | | | | |
| 2.2 Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | | ||||||
| § Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani | | | | | | | |
| 2.3 Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi | | ||||||
| § Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia | | | | | | | |
| 2.4 Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | | ||||||
| § Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | | |
| Jumlah 4 KD | | | |||||
| KKM PKn 2 | | ||||||
| STANDAR KOMPETENSI 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | ||||||
| 3.1 Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | ||||||
| § Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan | | | | | | | |
| § Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | | | | | | |
| 3.2 Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan | | | | | | | |
| 3.3 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | ||||||
| § Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | | |
| Jumlah 3 KD | | | |||||
| KKM PKn 3 | | ||||||
............., ............... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA............. Guru Mata Pelajaran
......................................... ............................
NIP. NIP.



14.34
Nuansa Pendikar
Posted in: 

0 comments:
Posting Komentar