RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 1 dan 2
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagi ideologi terbuka
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menguraikan fungsi Pancasila | |
3 | Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara | |
4 | Membedakan ideologi terbuka dan tertutup | |
5 | Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | |
6 | Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai | |
7 | Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
· Menguraikan fungsi Pancasila
· Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
· Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
· Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
· Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
· Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara F Menguraikan fungsi Pancasila F Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara F Membedakan ideologi terbuka dan tertutup F Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka F Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai F Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai ideologi terbuka. F Diskusi Kelompok tentang Pancasila sebagai dasar negara F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila sebagi ideologi terbuka & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai | · Membedakan ideologi terbuka dan tertutup | · Siswa dapat Menguraikan fungsi Pancasila |
VI PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
............., ..........
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
............................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Nilai-Nilai Pancasila
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 3
6. Alokasi Waktu : 3 x 45 (3 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Kompetensi Dasar
1.2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
· Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai F Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai sumber nilai. F Diskusi Kelompok tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | · Jelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | · Siswa dapat Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
VI.PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
VII.PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
.........,...............
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................ ..........................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Perilaku yang Sesuai Nilai-Nilai Pancasila
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 4
6. Alokasi Waktu : 3 x 45 ( 6 jam pelajaran )
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Kompetensi Dasar
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila
· Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila F Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna sikap positif terhadap nilai Pancasila F Diskusi Kelompok tentang sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka . F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila | · Siswa dapat Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
...........,.... .........
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
.................... ..........................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Sistem Pemerintahan
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 5
6. Alokasi Waktu : 3 x 45 (3 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
2. Kompetensi Dasar
2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | |
3 | Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
· Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
· Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara F Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer F Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan di berbagai negara F Diskusi Kelompok tentang sistem pemerintahan di berbagai negara. F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem pemerintahan di berbagai negara & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara | · Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | · Siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer |
VI PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
.........., ......... ....
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
.............................. .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 6 dan 7
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 6 jam pelajaran )
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
2. Kompetensi Dasar
2.2. Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945 | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
· Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945 F Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan Negara Indonesia F Diskusi Kelompok tentang sistem pemerintahan Negara Indonesia. F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem pemerintahan Negara Indonesia & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia | · Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan | · Siswa dapat Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945 |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
.........., ...............
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
......................................... ..................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Pelaksanaan Sistem Pemerintahan di Indonesia
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 8 dan 9
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
2. Kompetensi Dasar
2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia
· Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia F Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain F Diskusi Kelompok tentang sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain. F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahamin pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain | · Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain | · Siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., ......................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...........................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Peranan Pers
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 10 dan 11
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
2. Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
· Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis F Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna sistem pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia F Diskusi Kelompok tentang pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia | · Jelaskan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia | · Siswa dapat Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
...................... ...........................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Kode Etik Jurnalistik
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 12 dan 13
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
2. Kompetensi Dasar
3.2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan kode etik jurnalistik | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia | |
3 | Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
· Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
· Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Mendeskripsikan kode etik jurnalistik F Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia F Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia F Diskusi Kelompok tentang pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia | · Mendeskripsikan kode etik jurnalistik | · Siswa dapat Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
............................. .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Kebebasan Pers dan Dampaknya
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 14 dan 15
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
2. Kompetensi Dasar
3.3. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
· Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F menjelaskan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers F Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia F Diskusi Kelompok tentang kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia | · Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers | · Siswa dapat Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
................................. ................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Globalisasi
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 16 dan 17
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Mengevaluasi dampak globalisasi
2. Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mengemukakan proses dan aspek globalisasi | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan dampak globalisasi |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengemukakan proses dan aspek globalisasi
· Mendeskripsikan dampak globalisasi
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F menjelaskan proses dan aspek globalisasi F Memahami dampak globalisasi & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara F Diskusi Kelompok tentang proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengevaluasi dampak globalisasi | · Mengemukakan proses dan aspek globalisasi | · Siswa dapat Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ..................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
i. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Pengaruh Globalisasi
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 18 dan 19
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
ii. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Mengevaluasi dampak globalisasi
2. Kompetensi Dasar
4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
· Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara F Menyembuhkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia F Diskusi Kelompok tentang contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia | · Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia | · Siswa dapat Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
............................. .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA .............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi Pokok : Pengaruh Globalisasi
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 20
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Mengevaluasi dampak globalisasi
2. Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi. |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerja sama - Keterampilan | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2. | § Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara F Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Berdiskusi mengenai makna sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia F Diskusi Kelompok tentang posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerja sama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | |
3. | Penutup - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | · Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi. | · Siswa dapat Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas XII
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
............................ ................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments:
Posting Komentar