PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : XII/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
1. Memahami informasi dari berbagai laporan | 13.1Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | “ Mencatat pokok-pokok isi laporan “ Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) | | | |
13.2Mengomentari berbagai laporan lisan Dengan Memberikan kritik dan saran | “ Mengemukakan kritik isi laporan “ Memberikan saran untuk perbaikan laporan | | | | |
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi | 2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi | “ Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. “ Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis “ Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat “ Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | | | |
| 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | “ Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi “ Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh “ Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | | | |
3. Memahami artikel dan teks pidato | 3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif | “ Menemukan ide pokok tiap paragraf “ Menemukan kalimat pendukung ide pokok “ Menemukan masalah dalam artikel “ Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat | | | |
| 3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | “ Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting “ Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung “ Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat “ Menanggapi pembacaan teks pidato | | | |
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi | 4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur | “ Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan “ Menyusun surat lamaran pekerjaan “ Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD | | | |
| 4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku | “ Mengidentifikasi struktur surat dinas “ Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat “ Menulis surat undangan “ Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi, “ dan bahasa “ | | | |
| 4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir | “ Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi “ Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) “ Melengkapi laporan dengan lampiran | | | |
| 4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku | “ Mencatat identitas buku “ Mendaftar pokok-pokok isi “ Mencatat keunggulan dari isi buku “ Mencatat kekurangan dari isi buku “ Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi “ Mendiskusikan resensi yang telah dibuat | | | |
5. Memahami pembacaan novel | 5.1.Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | “ Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan “ | | | |
| 5.2.Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | “ Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman | | | |
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | 6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | “ Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai “ Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat “ Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari | | | |
| 6.2Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | “ Mendeklamasikan/ “ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai “ Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | | | |
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | 7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | “ Menandai jeda puisi karya sendiri “ Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : “ lafal dan intonasi “ penghayatan “ mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai “ Menentukan makna puisi karya teman “ Mengomentari puisi karya teman | | | |
| 7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | “ Menceritakan kembali isi cerpen “ Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | | | |
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi | “ Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi “ Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen | | | |
| 8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | “ Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) “ Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen “ Menanggapi cerpen yang ditulis teman | | | |
Jumlah | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .............................. | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .............................. |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : XII/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan | 9.1Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung | “ Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung “ Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara “ Menulis ringkasan isi informasi | | | |
9.2.Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi | “ Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman “ Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan “ Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman | | | | |
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks | 10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal | “ Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan “ Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal “ Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan | | | |
| 10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | “ Menulis teks pidato dengan tema tertentu “ Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat “ Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman “ Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman | | | |
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1.Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit | “ Menemukan ide pokok “ Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia | | | |
| 11.2.Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif | “ Menemukan paragraf yang berpola induktif “ Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif “ Menemukan paragraf yang berpola deduktif “ Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif “ Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung | | | |
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola | 12.1Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif | “ Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka “ Menyunting karangan berpola deduktif induktif | | | |
| 12.2Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup | “ Menentukan topik untuk menulis esai “ Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup “ Menyusun paragraf pembukaan “ Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf “ Menyusun paragraf penutup “ Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) | | | |
13. Memahami pembacaan teks drama | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan | “ Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan “ Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar | | | |
| 13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | “ Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks “ Menyampaikan simpulan isi teks drama “ Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan | | | |
14. Mengung-kapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam | “ Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam “ Membacakan gurindam “ Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam “ Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | | | |
| 14.2Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | “ Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini “ Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | | | |
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode | 15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer | “ Mengidentifikasi tema puisi kontemporer “ Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer “ Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer | | | |
| 15.2Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | “ Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode “ Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode “ Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode “ Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) | | | |
16. Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai | 16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai | “ Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra “ Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra | | | |
| 16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | “ Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai “ Menyunting tulisan kritik dan esai sastra | | | |
Jumlah | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar