Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

PEMETAAN SK-KD BAHASA INDONESIA SMA XII


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XII/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
1.  Memahami informasi dari berbagai laporan
13.1Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
Mencatat pokok-pokok isi laporan
  Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)



13.2Mengomentari berbagai laporan lisan Dengan Memberikan kritik dan saran
Mengemukakan kritik isi laporan
Memberikan saran untuk perbaikan laporan



2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

2.1Menyampaikan gagasan dan
tanggapan
dengan alasan
yang logis
dalam diskusi
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara





2.2 Menyampaikan
intisari buku
nonfiksi dengan
menggunakan
bahasa yang
efektif dalam
diskusi
Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman




3. Memahami artikel dan teks pidato

3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
Menemukan ide pokok tiap paragraf
Menemukan kalimat pendukung ide pokok
Menemukan masalah dalam artikel
Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat




3.2   Membaca
nyaring teks
pidato dengan
intonasi yang
tepat
  Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
  Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
  Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
  Menanggapi pembacaan teks pidato



4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

4.1       Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur

Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan       
Menyusun surat lamaran  pekerjaan
Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD




4.2       Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku

Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
Menulis surat undangan
Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
    dan bahasa
 




4.3       Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir

Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
Melengkapi laporan dengan lampiran




4.4       Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Mencatat identitas buku
Mendaftar pokok-pokok isi
Mencatat keunggulan dari isi buku
Mencatat kekurangan dari isi buku
Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
Mendiskusikan resensi yang telah dibuat



5. Memahami pembacaan novel
5.1.Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  

Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
 




5.2.Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   
Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman



6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi
6.1      Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
 Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari




6.2Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
 Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat



7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai

Menandai jeda puisi karya sendiri
Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
lafal dan intonasi
penghayatan
mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
Menentukan makna puisi karya teman
Mengomentari puisi karya teman




7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen    
Menceritakan kembali isi cerpen
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen




8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi

Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen





8.2 Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
Menanggapi cerpen yang ditulis teman



Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................



PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XII/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
9.1Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   

Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
Menulis ringkasan isi informasi



9.2.Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman



10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 




Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan





10.2       Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Menulis teks pidato dengan tema tertentu
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman



11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif
11.1.Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia




11.2.Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif 
Menemukan paragraf yang berpola induktif
Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
Menemukan paragraf yang berpola deduktif
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung




12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
12.1Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting karangan berpola deduktif induktif




12.2Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
       

Menentukan topik untuk menulis esai
Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
Menyusun paragraf penutup
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)



13. Memahami pembacaan teks drama

13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     
  
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar




13.2 Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Menyampaikan simpulan isi teks drama
Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan



14. Mengung-kapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  

Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
Membacakan gurindam
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam





14.2Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam



15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer




15.2Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   



16. Mengungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai
16.1       Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai

Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra




16.2       Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra



Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons