PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | “ Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. “ Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas “ Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | | | |
1.2 Mengidentifika-si unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/ melalui rekaman | “ Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) “ Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) “ Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | | | | |
Berbicara 2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | “ Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton “ Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat “ Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman “ Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas | | | |
| 2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | “ Mencatat masalah dari berbagai sumber “ Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku “ Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan “ Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya | | | |
| 2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | “ Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat “ Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman | | | |
Membaca 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | “ Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit “ Menemukan ide pokok paragraf dalam teks “ Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut | | | |
| 3.2 Mengidentifika-si ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | “ Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf · Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat · Mengidentifikasi fakta dan pendapat | | | |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | “ Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif “ Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa “ Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif “ Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD “ Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif | | | |
| 4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | “ Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan · Menyusun kerangka paragraf deskriptif · Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif · Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif · Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman | | | |
| 4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | “ Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif “ Menyusun kerangka paragraf ekspositif “ Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif “ Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif “ Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman | | | |
Mendengarkan 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung. | 5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | “ Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) “ Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan | | | |
| 5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | “ Menyebutkan tema puisi yang didengar “ Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.) “ Menjelaskan maksud puisi “ Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri | | | |
Berbicara 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi. | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | “ Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri “ Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan “ Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca. | | | |
| 6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | “ Menemukan nilai-nilai dalam cerpen “ Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari “ Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen | | | |
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen. | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | “ Membaca puisi dengan “ memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi “ Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi “ Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat | | | |
| 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | “ Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca “ Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | | | |
Menulis 8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi. | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | “ Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima “ Membedakan bentuk pantun dan syair “ Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima “ Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman | | | |
| 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | “ Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima “ Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima “ Menyunting puisi baru yang dibuat teman | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Mendengarkan 9. Memahami informasi melalui tuturan. | 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung | “ Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung “ Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. “ Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas | | | |
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) | “ Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan “ Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas “ Menyimpulkan isi informasi yang didengar | | | | |
Berbicara 10. Mengungk-apkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber. | 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik | “ Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya “ Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) “ Memberikan kritik dengan disertai alasan | | | |
| 10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik | “ Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya “ Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) “ Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an) | | | |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai. | 11.1Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | “ tertentu pada buku tersebut “ Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk “ Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat “ Membahas rangkuman yang telah dibuat | | | |
| 11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | “ Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat “ Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik | | | |
Menulis 12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. | 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif | “ Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif “ Menyusun kerangka paragraf argumentatif “ Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif “ Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraph argumentatif “ Menyunting paragraph argumentatif yang ditulis teman | | | |
| 12.2 Menulis agasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif | “ Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraph argumentatif berdasarkan hasil penelitian “ Menyusun kerangka paragraf persuasive Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif “ Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraph persuasif “ Menyunting paragraph persuasif yang ditulis teman | | | |
| 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat | “ Menentukan topik “ Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa, dan bagaimana) “ Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara “ Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar | | | |
| 12.4 Menyusun teks pidato | “ Menyusun teks pidato “ berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami “ Menyunting teks pidato tulisan teman | | | |
Mendengarkan 13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan. | 13.1 Menemukan halhal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | “ Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan “ Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat “ Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat “ Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. “ Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | | | |
| 13.2 Menjelaskan halhal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | “ Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan “ Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat “ Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat “ Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. “ Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | | | |
Berbicara 14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi. | 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi | “ Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) “ Mendiskusikan maksud/makna puisi | | | |
| 14.2 Menghubungk-an isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi | “ Mendiskusikan (hubungan “ isi puisi dengan realitas “ alam, hubungan isi puisi “ dengan sosial budaya, “ hubungan isi puisi dengan “ masyarakat) | | | |
Membaca 15. Memahami sastra Melayu klasik. | 15.1 Mengidentifi-kasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik | “ Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik “ Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik “ Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | | | |
| 15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik | “ Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik “ Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini | | | |
Menulis 16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen. | 16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | “ Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek “ Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa “ Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | | | |
| 16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | “ Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek “ Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku,peristiwa, latar “ Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | | | |
Jumlah | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar