PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | | | |
1.2 Mengidentifika-si unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/ melalui rekaman | Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | | | | |
Berbicara 2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas | | | |
| 2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | Mencatat masalah dari berbagai sumber Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya | | | |
| 2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman | | | |
Membaca 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit Menemukan ide pokok paragraf dalam teks Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut | | | |
| 3.2 Mengidentifika-si ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf · Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat · Mengidentifikasi fakta dan pendapat | | | |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif | | | |
| 4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan · Menyusun kerangka paragraf deskriptif · Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif · Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif · Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman | | | |
| 4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif Menyusun kerangka paragraf ekspositif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman | | | |
Mendengarkan 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung. | 5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan | | | |
| 5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Menyebutkan tema puisi yang didengar Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.) Menjelaskan maksud puisi Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri | | | |
Berbicara 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi. | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca. | | | |
| 6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menemukan nilai-nilai dalam cerpen Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen | | | |
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen. | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat | | | |
| 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | | | |
Menulis 8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi. | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima Membedakan bentuk pantun dan syair Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman | | | |
| 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi baru yang dibuat teman | | | |
Jumlah | | | |
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Aspek | Ket | |
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai | Penerapan | ||||
Mendengarkan 9. Memahami informasi melalui tuturan. | 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung | Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas | | | |
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) | Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas Menyimpulkan isi informasi yang didengar | | | | |
Berbicara 10. Mengungk-apkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber. | 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik | Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) Memberikan kritik dengan disertai alasan | | | |
| 10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik | Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an) | | | |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai. | 11.1Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | tertentu pada buku tersebut Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat Membahas rangkuman yang telah dibuat | | | |
| 11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik | | | |
Menulis 12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. | 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif | Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif Menyusun kerangka paragraf argumentatif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraph argumentatif Menyunting paragraph argumentatif yang ditulis teman | | | |
| 12.2 Menulis agasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraph argumentatif berdasarkan hasil penelitian Menyusun kerangka paragraf persuasive Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraph persuasif Menyunting paragraph persuasif yang ditulis teman | | | |
| 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat | Menentukan topik Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa, dan bagaimana) Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar | | | |
| 12.4 Menyusun teks pidato | Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami Menyunting teks pidato tulisan teman | | | |
Mendengarkan 13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan. | 13.1 Menemukan halhal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | | | |
| 13.2 Menjelaskan halhal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | | | |
Berbicara 14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi. | 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi | Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) Mendiskusikan maksud/makna puisi | | | |
| 14.2 Menghubungk-an isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi | Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat) | | | |
Membaca 15. Memahami sastra Melayu klasik. | 15.1 Mengidentifi-kasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik | Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | | | |
| 15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik | Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini | | | |
Menulis 16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen. | 16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | | | |
| 16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku,peristiwa, latar Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | | | |
Jumlah | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar