Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

PEMETAAN SK-KD BAHASA INDONESIA SMA X


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
1.1 Menanggapi
siaran atau
informasi dari
media
elektronik
(berita dan
nonberita)
  Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
  Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)



1.2 Mengidentifika-si unsur
sastra (intrinsik
dan ekstrinsik)
suatu cerita
yang disampaikan
secara
langsung/ melalui
rekaman
  Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.)
  Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
  Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman



Berbicara
2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

2.1 Memperkenal-kan
diri dan
orang lain di
dalam forum
resmi dengan
intonasi yang
tepat
  Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
  Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
  Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
  Memperbaiki  pengucapan kalimat yang kurang pas




2.2 Mendiskusikan
masalah (yang
ditemukan dari
berbagai berita,
artikel, atau
buku)
  Mencatat masalah dari berbagai sumber
  Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
  Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan
  Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya




2.3 Menceritakan
berbagai
pengalaman
dengan pilihan
kata dan
ekspresi yang
tepat
  Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
  Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman



Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

3.1 Menemukan ide
pokok berbagai
teks nonsastra
dengan teknik
membaca
cepat (250
kata/menit)
  Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
  Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
  Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut




3.2 Mengidentifika-si ide pokok
teks nonsastra
dari berbagai
sumber melalui
teknik membaca
ekstensif
  Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
·   Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
·   Mengidentifikasi fakta dan pendapat



Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
4.1 Menulis
gagasan
dengan
menggunakan
pola urutan
waktu dan
tempat dalam
bentuk paragraf
naratif
  Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
  Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
  Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
  Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif




4.2 Menulis hasil
observasi
dalam bentuk
paragraf
deskriptif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
·   Menyusun kerangka paragraf deskriptif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
·   Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
·   Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman




4.3 Menulis
gagasan
secara logis
dan sistematis
dalam bentuk
ragam paragraf
ekspositif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
  Menyusun kerangka paragraf ekspositif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif
  Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif
  Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman



Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung.

5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur
bentuk suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
  Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
  Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan




5.2 Mengungkapkan
isi suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
  Menyebutkan tema puisi yang didengar
  Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.)
  Menjelaskan maksud puisi
  Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri



Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

6.1 Mengemukakan
hal-hal
yang menarik
atau
mengesankan
dari cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
  Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
  Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca.




6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
  Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
  Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen



Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen.

7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada,
tekanan, dan
intonasi yang
tepat
  Membaca puisi dengan
  memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang  sesuai dengan isi puisi
  Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
  Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat




7.2 Menganalisis
keterkaitan
unsur intrinsik
suatu cerpen
dengan
kehidupan
sehari-hari
  Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
  Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari



Menulis
8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.

8.1 Menulis puisi
lama dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
  Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
  Membedakan bentuk pantun dan syair
  Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
  Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman




8.2 Menulis puisi
baru dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
  Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
  Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
  Menyunting puisi baru yang dibuat teman



Jumlah




PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : X/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan.
9.1 Menyimpulkan
isi informasi
yang
disampaikan
melalui tuturan
langsung
  Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
  Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas



9.2 Menyimpulkan
isi informasi
yang didengar
melalui tuturan
tidak langsung
(rekaman atau
teks yang
dibacakan)
  Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
  Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas
  Menyimpulkan isi informasi yang didengar



Berbicara
10. Mengungk-apkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.

 10.1 Memberikan
kritik terhadap
informasi dari
media cetak
dan atau
elektronik
  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  Memberikan kritik dengan disertai alasan




 10.2 Memberikan
persetujuan/
dukungan
terhadap artikel
yang terdapat
dalam media
cetak dan atau
elektronik
  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an)




Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai.

 11.1Merangkum
seluruh isi
informasi teks
buku ke dalam
beberapa kalimat
dengan
membaca
memindai
  tertentu pada buku tersebut
  Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk
  Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
  Membahas rangkuman yang telah dibuat





 11.2 Merangkum
seluruh isi
informasi dari
suatu tabel dan
atau grafik ke
dalam
beberapa
kalimat dengan
membaca
memindai
  Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
  Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik



Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.

 12.1 Menulis
gagasan untuk
mendukung
suatu pendapat
dalam bentuk
paragraf
argumentatif
  Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
  Menyusun kerangka paragraf argumentatif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif
  Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraph argumentatif
  Menyunting paragraph argumentatif yang ditulis teman




12.2 Menulis  agasan untuk meyakinkan
atau mengajak
pembaca
bersikap atau
melakukan
sesuatu dalam
bentuk paragraf
persuasif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraph argumentatif berdasarkan hasil penelitian
  Menyusun kerangka paragraf persuasive Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif
  Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraph persuasif
  Menyunting paragraph persuasif yang ditulis teman




12.3 Menulis hasil
wawancara ke
dalam
beberapa
paragraf
dengan
menggunakan
ejaan yang
tepat
  Menentukan topik
  Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa, dan bagaimana)
  Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
  Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar




12.4 Menyusun teks
pidato
  Menyusun teks pidato
  berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
  Menyunting teks pidato tulisan teman



Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan.

13.1 Menemukan halhal
yang menarik
tentang tokoh
cerita rakyat yang
disampaikan
secara langsung
dan atau melalui
rekaman
  Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
  Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis




13.2 Menjelaskan halhal
yang menarik
tentang latar
cerita rakyat yang
disampaikan
secara langsung
dan atau melalui
rekaman
  Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
  Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
  Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis



Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi.
14.1 Membahas isi
puisi berkenaan
dengan
gambaran
penginderaan,
perasaan, pikiran,
dan imajinasi
melalui diskusi
  Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
  Mendiskusikan maksud/makna puisi




14.2 Menghubungk-an isi puisi dengan
realitas alam,
sosial budaya,
dan masyarakat
melalui diskusi
  Mendiskusikan (hubungan
  isi puisi dengan realitas
  alam, hubungan isi puisi
  dengan sosial budaya,
  hubungan isi puisi dengan
  masyarakat)



Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik.

15.1 Mengidentifi-kasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
  Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik
  Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
  Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf




15.2 Menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di
dalam sastra
Melayu klasik
  Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
  Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini



Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen.

16.1 Menulis karangan
berdasarkan
kehidupan diri
sendiri dalam
cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
  Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek
  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.




16.2 Menulis karangan
berdasarkan
pengalaman
orang lain dalam
cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
  Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek
  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku,peristiwa, latar
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.



Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................




0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons