Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di sekolah;
sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
Mendengarkan
| 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) 1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
Berbicara 1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | 2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat 2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
Membaca 2. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) 3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif 4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan | |
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan | |
Berbicara 5. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi 6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
Membaca 6. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
Menulis 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
Kelas X, Semester 2
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | ||
Mendengarkan 13 Memahami informasi melalui tuturan | 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 13.2Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Berbicara 9. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber | 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik | | |
Membaca 10. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai | 11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai 11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | | |
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif 12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat 12.4 Menyusun teks pidato | | | |
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman 13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan | |
Berbicara 13. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi | 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi 14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Membaca 14. Memahami sastra Melayu klasik | 15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik 15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Menulis 15. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen | 16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) 16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1.Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan | |
Berbicara 2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku) 2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Membaca 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | 3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif 3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan 4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa 4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Mendengarkan 5. Memahami pementasan drama | 5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama 5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Berbicara 6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama | 6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh 6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis dan atau antagonis | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Membaca 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | 7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Menulis 8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | 8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi 8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Mendengarkan 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar | 9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar 9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Berbicara 10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar | 10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar 10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit 11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Menulis 12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah | 12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku 12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya 12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Mendengarkan 13. Memahami pembacaan cerpen | 13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan 13.3 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Berbicara 14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama | 14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama 14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Membaca 15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat | 15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh 15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Menulis 16. Menulis naskah drama | 16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama 16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama | · Bersahabat/ komunikatif · Mandiri | · Kepemimpinan |
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Mendengarkan 1. Memahami informasi dari berbagai laporan | 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan 1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Berbicara 2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi | 2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Membaca 3. Memahami artikel dan teks pidato | 3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif 3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Menulis 4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi | 4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur 4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku 4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir 4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Mendengarkan 5. Memahami pembacaan novel | Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Berbicara 6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | 6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Membaca 7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | 7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai 7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Menulis 8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi 8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
Mendengarkan 9. MMemahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan | · Mandiri · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Kepemimpinan · Percaya diri | |
Berbicara 10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks | 10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal 10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit 11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Menulis 12 Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola | 12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan |
Mendengarkan 13 Memahami pembacaan teks drama | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan 13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | · Mandiri · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Kepemimpinan · Percaya diri |
Berbicara 14 Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam 14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | · Mandiri · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Kepemimpinan · Percaya diri |
Membaca 15 Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode | 15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer 15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | · Mandiri · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Kepemimpinan · Percaya diri |
Menulis 16 Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai | 16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai 16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | · Mandiri · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Kepemimpinan · Percaya diri |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 comments:
Posting Komentar