Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Sabtu, 11 Februari 2012

PEMETAAN SK-KD BAHASA INDONESIA SMA XI


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

  Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
  Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah




1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
  Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
  Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain



Berbicara
2.Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

2.1.   Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   


  Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
  Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan





2.2.    Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
  Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
  Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  Menyampaikan rangkuman hasil wawancara



Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

3.1 Menemuk-an perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

  Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  Menemukan kalimat penjelas yang mendukung
  Menemukan paragraf induktif dan deduktif
  Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif, Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dan induktif
  Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif




3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik



  Membacakan naskah berita dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar
  Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman
  Mengidentifikasi kalimat tunggal



Menulis
4.Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.1  Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan  

  Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal
  Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
  Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan




4.2.  Menulis surat dagang dan surat kuasa

  Mendaftar jenis surat  niaga
  Menulis surat perjanjian  jual – beli dan surat   kuasa sesuai dengan      keperluan
  Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
  Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD





4.3 Melengk-api karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
  Menentukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  Menyusun kerangka karya tulis
  Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
  Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD



Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
5.1.  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
  Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
  Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
  Menentukan tema dengan alasan
  Menentukan pesan dengan data yang mendukung
  Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
  Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.




5.2.  Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
  Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
  Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
  Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
  Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
  Menjelaskan tata lampu



Berbicara
6. Memeran-kan tokoh dalam pementasan drama

6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh


  Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh




6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
  Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
  Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis,  antagonis, atau  tirtagonis 
  Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman



Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

  Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
  Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri





7.2Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
  Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
  Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan  intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
  Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia
   



Menulis
8. Mengungka-pkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 

  Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
  identitas buku
  kepengarangan
  keunggulan buku
  kelemahan buku
  ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
  kesimpulan




8.2 Mengaplikasi-kan prinsip-prinsip penulisan resensi 
  Menulis resensi novel dengan memperhatikan
-       identitas buku
-       kepengarangan
-       keunggulan buku
-       kelemahan buku
-       ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD



Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................



PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XI/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
9. Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
9.1Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar  

  Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
  Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
  Menanggapi rangkuman yang dibuat teman



9.2 Mengomenta-ri pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar   
  Mengajukan pertanyaan
  Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
  Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan




10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

  Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
  Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami




10.2
  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian 
  Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
  Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian



11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
11.1.Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit

  Membaca cepat ± 300 kata per menit
  Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan




11.2.Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif  


  Menemukan fakta dan opini  penulis tajuk rencana atau editorial
  Membedakan fakta dengan opini
  Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial 



12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah
12.1 Menulis rangkuman/
      ringkasan isi buku 




  Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman




12.3. Menulis karya    ilmiah seperti   hasil pengamatan    dan penelitian 
  Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
  Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  Menyusun kerangka karya tulis
  Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman



13. Memahami pembacaan  cerpen

13.1.Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

  Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
  Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar  cerpen




13.2.Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan 
  Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
  Mendiskusikan nilai-nilai tersebut



14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama
14.1Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama



  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama





14.2       Menggunakan gerak-gerik,  mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama 
  Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh
  Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama



15. Memahami buku biografi, novel dan hikayat

15.1Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh 

  Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
  Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut





15.2 Membandingk-an unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat  
  Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
   Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
  Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel  terjemahan 



16. Menulis naskah  drama
16.1Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

  Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
  Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
  Menghidupkan konflik
  Memunculkan penampilan (performance)





16.2 Menarasikan pengalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
  Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
  Menghadirkan latar yang mendukung adegan



Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons