PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi    Dasar  |          Indikator    Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|     Mendengarkan 1.   Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara  |        1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah    yang didengar   |            Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang   didengarkan     Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke   dalam beberapa kalimat     Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau   khotbah   |        |        |        |   
|     1.2 Merangkum isi   pembicaraan dalam wawancara     |            Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara :   siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi   pembicaraannya     Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa   kalimat     Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada   orang lain  |        |        |        |   |
|     Berbicara 2.Mengungkapkan   secara lisan informasi hasil membaca dan    wawancara  |        2.1.   Menjelaskan   secara lisan uraian   topik tertentu   dari hasil membaca (artikel atau buku)        |            Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh   dari hasil membaca       Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan   penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar     Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku   yang telah dibacanya dengan memberikan alasan  |        |        |        |   
|     |        2.2.    Menjelaskan hasil wawancara tentang   tanggapan narasumber terhadap topik tertentu      |            Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu     Membuat rangkuman    hasil wawancara  dengan kalimat   yang efektif   Menyampaikan   rangkuman hasil wawancara   |        |        |        |   
|     Membaca 3. Memahami   ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring  |        3.1 Menemuk-an perbedaan paragraf induktif   dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif   |          Menemukan   kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf   Menemukan   kalimat penjelas yang mendukung    Menemukan   paragraf induktif dan deduktif   Mengidentifikasi   ciri paragraf induktif dan deduktif, Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dan induktif    Mengidentifikasi   frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif  |        |        |        |   
|     |        3.2Membacakan berita dengan   intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik  |          Membacakan   naskah berita dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan   ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca    yang benar   Membahas   pembacaan berita yang dilakukan teman   Mengidentifikasi   kalimat tunggal  |        |        |        |   
|     Menulis 4.Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah  |        4.1  Menulis   proposal  untuk  berbagai keperluan     |          Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal   Menulis   proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal   Membahas   proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan  |        |        |        |   
|     |        4.2.  Menulis   surat dagang dan surat kuasa  |          Mendaftar   jenis surat  niaga   Menulis   surat perjanjian  jual – beli dan   surat   kuasa sesuai dengan      keperluan   Menjelaskan   isi surat  jual-beli dan surat kuasa   Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa   hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD   |        |        |        |   
|     |        4.3 Melengk-api karya tulis dengan daftar pustaka   dan catatan kaki  |          Menentukan   topik atau gagasan  yang akan   dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)    Menyusun   kerangka karya tulis   Mengembangkan   kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan   kaki   Menyunting   karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan   struktur kalimat dan EyD  |        |        |        |   
|     Mendengarkan 5.   Memahami pementasan drama  |        5.1.  Mengidentifikasi   peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama  |          Menentukan   tokoh, peran, dan wataknya   Menentukan   konflik dengan menunjukkan data yang mendukung   Menentukan   tema dengan alasan   Menentukan   pesan dengan data yang mendukung   Merangkum   isi drama berdasarkan dialog yang didengar   Mengaitkan   isi drama dengan kehidupan sehari-hari.  |        |        |        |   
|     |        5.2.  Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan  |          Mengidentifikasi   pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik   (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))   Menjelaskan   tata busana yang dipakai para tokoh cerita   Menjelaskan   tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)   Menjelaskan   tata bunyi (efek dan musik)   Menjelaskan   tata lampu   |        |        |        |   
|     Berbicara 6.   Memeran-kan tokoh dalam pementasan drama  |        6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan   mimik, sesuai dengan watak tokoh  |          Membaca   dan memahami teks drama yang akan diperankan    Menghayati   watak tokoh yang akan diperankan     Menyampaikan   dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh  |        |        |        |   
|     |        6.2 Mengekpresikan perilaku dan   dialog tokoh protaganis dan atau antagonis  |          Membaca   dan memahami teks drama yang akan diperankan    Menghayati   watak tokoh yang akan diperankan     Mengekpresikan   perilaku dan dialog tokoh protogonis,    antagonis, atau  tirtagonis     Mendiskusikan   pengekspresian  perilaku dan dialog   yang disampaikan teman   |        |        |        |   
|     Membaca 7.   Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan  |        7.1 Menemukan   unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik   hikayat  |          Mengidentifikasi   ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama    Menemukan   unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,    penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat   Menceritakan   kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri  |        |        |        |   
|     |        7.2Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan   ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan  |          Menganalisis   unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  (   alur, tema,  penokohan, sudut pandang,   latar, dan amanat) novel Indonsia   Menganalisis   unsur-unsur ekstrinsik dan    intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan   amanat) novel terjemahan   Membandingkan   unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia      |        |        |        |   
|     Menulis 8. Mengungka-pkan   infomasi   melalui  penulisan    resensi  |        8.1 Mengungkapkan   prinsip-prinsip penulisan  resensi      |          Mengungkapkan   prinsip-prinsip penulisan  resensi:   identitas   buku   kepengarangan   keunggulan   buku   kelemahan   buku   ikhtisar   (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD   kesimpulan  |        |        |        |   
|     |        8.2 Mengaplikasi-kan prinsip-prinsip penulisan resensi    |          Menulis   resensi novel dengan memperhatikan  -       identitas   buku -       kepengarangan -       keunggulan   buku -       kelemahan   buku -       ikhtisar   (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD  |        |        |        |   
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui, Kepala   SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ..............................  |        |        ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa   Indonesia (_________________________) NIP/NIK : ..............................  |   
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XI/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi    Dasar  |          Indikator    Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|     9. Memahami    pendapat dan informasi  dari   berbagai sumber dalam diskusi atau seminar  |        9.1Merangkum isi pembicaraan   dalam suatu diskusi atau seminar     |          Mencatat   pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya   Merangkum   seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat   Menanggapi   rangkuman yang dibuat teman  |        |        |        |   
|     9.2 Mengomenta-ri pendapat   seseorang dalam suatu diskusi atau seminar        |          Mengajukan pertanyaan   Menanggapi   pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan   Menambahkan   alasan yang dapat memperkuat tanggapan  |        |        |        |   |
|     10. Menyampaikan laporan hasil   penelitian dalam diskusi atau seminar  |        10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara   runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar  |          Menuliskan   pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan   Mengemukakan ringkasan hasil   penelitian   Menjelaskan   proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami   |        |        |        |   
|     |        10.2     Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian    |          Mengemukakan   tanggapan yang mendukung hasil penelitian   Menanggapi   kritikan terhadap hasil penelitian    Menyampaikan   alasan yang mendukung penolakan   Mengomentari   tanggapan orang lain terhadap presentasi    hasil penelitian   |        |        |        |   
|     11. Memahami ragam wacana   tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif  |        11.1.Mengungkapkan pokok-pokok   isi teks dengan  membaca cepat 300 kata   per menit   |          Membaca   cepat ± 300 kata per menit    Menjawab   secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia   Mengungkapkan   pokok-pokok isi bacaan   |        |        |        |   
|     |        11.2.Membedakan fakta dan   opini  pada editorial dengan membaca   intensif     |          Menemukan   fakta dan opini  penulis tajuk rencana   atau editorial    Membedakan   fakta dengan opini    Mengungkapkan   isi tajuk rencana/editorial    |        |        |        |   
|     12. Mengungkapkan informasi   dalam bentuk rangkuman/ringkasan,    notulen rapat, dan    karya ilmiah  |        12.1 Menulis   rangkuman/       ringkasan isi buku    |          Mendaftar   pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca    Membuat   ringkasan dari seluruh isi buku   Mendiskusikan   ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman  |        |        |        |   
|     |        12.3. Menulis karya    ilmiah seperti   hasil pengamatan    dan penelitian    |          Mendaftar   hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih   Menentukan   gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau   penelitian)    Menyusun   kerangka karya tulis   Mengembangkan   kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka   Menyunting   karya tulis sendiri atau karya teman   |        |        |        |   
|     13.   Memahami pembacaan  cerpen  |        13.1.Mengidentifikasi   alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan  |          Mengidentifikasi   alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar    Mendiskusikan   alur, penokohan, dan latar  cerpen   |        |        |        |   
|     |        13.2.Menemukan   nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan      |          Menemukan   nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen   Mendiskusikan   nilai-nilai tersebut  |        |        |        |   
|     14. Mengungkapkan wacana sastra   dalam bentuk pementasan drama  |        14.1Mengekspresikan dialog para   tokoh dalam pementasan drama   |          Menghayati   watak tokoh yang akan diperankan   Mengekspresikan   dialog para tokoh dalam pementasan drama   Menanggapi   penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama  |        |        |        |   
|     |        14.2       Menggunakan gerak-gerik,    mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan   drama    |          Memerankan   drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan,   mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai   dengan watak tokoh    Menanggapi   peran yang ditampilkan dalam pementasan drama  |        |        |        |   
|     15.   Memahami buku biografi, novel dan hikayat  |        15.1Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh    |          Mengungkapkan   hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca    Merefleksikan   tokoh dengan diri sendiri   Menemukan   tokoh yang mirip pada tokoh lain   Menemukan   hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut  |        |        |        |   
|     |        15.2 Membandingk-an unsur intrinsik    dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat     |          Mengidentifikasi   unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan   sebagai bentuk karya sastra     Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik   hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan   Membandingkan   unsur intrinsik  dan ekstrinsik   hikayat, novel Indonesia dan novel    terjemahan    |        |        |        |   
|     16. Menulis naskah  drama  |        16.1Mendeskripsikan perilaku   manusia melalui dialog naskah drama  |          Menulis teks drama dengan   menggunakan bahasa yang sesuai untuk:   Mendeskripsikan perilaku   manusia melalui dialog   Menghidupkan konflik   Memunculkan penampilan   (performance)  |        |        |        |   
|     |        16.2 Menarasikan pengalaman   manusia  dalam bentuk adegan dan latar   pada naskah drama  |          Mendaftar   pengalaman sendiri yang menarik   Menarasikan   pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama   Menghadirkan   latar yang mendukung adegan  |        |        |        |   
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui, Kepala   SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |        |        ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa   Indonesia (_________________________) NIP/NIK : ....................................  |   



13.33
Nuansa Pendikar
 Posted in:  

0 comments:
Posting Komentar