Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

PROTA BAHASA INDONESIA SMA


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
1.1 Menanggapi
siaran atau
informasi dari
media
elektronik
(berita dan
nonberita)
  Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
  Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)


1.2 Mengidentifika-si unsur
sastra (intrinsik
dan ekstrinsik)
suatu cerita
yang disampaikan
secara
langsung/ melalui
rekaman
  Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.)
  Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
  Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman


Berbicara
2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

2.1 Memperkenal-kan
diri dan
orang lain di
dalam forum
resmi dengan
intonasi yang
tepat
  Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
  Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
  Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
  Memperbaiki  pengucapan kalimat yang kurang pas



2.2 Mendiskusikan
masalah (yang
ditemukan dari
berbagai berita,
artikel, atau
buku)
  Mencatat masalah dari berbagai sumber
  Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
  Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan
  Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya



2.3 Menceritakan
berbagai
pengalaman
dengan pilihan
kata dan
ekspresi yang
tepat
  Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
  Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman


Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

3.1 Menemukan ide
pokok berbagai
teks nonsastra
dengan teknik
membaca
cepat (250
kata/menit)
  Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
  Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
  Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut



3.2 Mengidentifika-si ide pokok
teks nonsastra
dari berbagai
sumber melalui
teknik membaca
ekstensif
  Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
  Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
  Mengidentifikasi fakta dan pendapat


Menulis
4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
4.1 Menulis
gagasan
dengan
menggunakan
pola urutan
waktu dan
tempat dalam
bentuk paragraf
naratif
  Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
  Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
  Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
  Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif



4.2 Menulis hasil
observasi
dalam bentuk
paragraf
deskriptif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
  Menyusun kerangka paragraf deskriptif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
  Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
  Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman




4.3 Menulis
gagasan
secara logis
dan sistematis
dalam bentuk
ragam paragraf
ekspositif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
  Menyusun kerangka paragraf ekspositif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif
  Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif
  Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman



Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung.

5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur
bentuk suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
  Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
  Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan



5.2 Mengungkapkan
isi suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
  Menyebutkan tema puisi yang didengar
  Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.)
  Menjelaskan maksud puisi
  Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri


Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

6.1 Mengemukakan
hal-hal
yang menarik
atau
mengesankan
dari cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
  Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
  Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca.



6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
  Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
  Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen


Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen.

7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada,
tekanan, dan
intonasi yang
tepat
  Membaca puisi dengan
  memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang  sesuai dengan isi puisi
  Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
  Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat



7.2 Menganalisis
keterkaitan
unsur intrinsik
suatu cerpen
dengan
kehidupan
sehari-hari
  Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
  Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari


Menulis
8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.

8.1 Menulis puisi
lama dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
  Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
  Membedakan bentuk pantun dan syair
  Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
  Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman



8.2 Menulis puisi
baru dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
  Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
  Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
  Menyunting puisi baru yang dibuat teman


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ...............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : .................................


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : X/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan.
9.1 Menyimpulkan
isi informasi
yang
disampaikan
melalui tuturan
langsung
  Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
  Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas


9.2 Menyimpulkan
isi informasi
yang didengar
melalui tuturan
tidak langsung
(rekaman atau
teks yang
dibacakan)
  Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
  Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas
  Menyimpulkan isi informasi yang didengar


Berbicara
10. Mengungk-apkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.

 10.1 Memberikan
kritik terhadap
informasi dari
media cetak
dan atau
elektronik
  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  Memberikan kritik dengan disertai alasan



 10.2 Memberikan
persetujuan/
dukungan
terhadap artikel
yang terdapat
dalam media
cetak dan atau
elektronik
  Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
  Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an)



Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai.

 11.1Merangkum
seluruh isi
informasi teks
buku ke dalam
beberapa kalimat
dengan
membaca
memindai
  tertentu pada buku tersebut
  Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk
  Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
  Membahas rangkuman yang telah dibuat




 11.2 Merangkum
seluruh isi
informasi dari
suatu tabel dan
atau grafik ke
dalam
beberapa
kalimat dengan
membaca
memindai
  Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
  Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik


Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.

 12.1 Menulis
gagasan untuk
mendukung
suatu pendapat
dalam bentuk
paragraf
argumentatif
  Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
  Menyusun kerangka paragraf argumentatif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif
  Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraph argumentatif
  Menyunting paragraph argumentatif yang ditulis teman



12.2 Menulis  agasan untuk meyakinkan
atau mengajak
pembaca
bersikap atau
melakukan
sesuatu dalam
bentuk paragraf
persuasif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraph argumentatif berdasarkan hasil penelitian
  Menyusun kerangka paragraf persuasive Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif
  Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraph persuasif
  Menyunting paragraph persuasif yang ditulis teman



12.3 Menulis hasil
wawancara ke
dalam
beberapa
paragraf
dengan
menggunakan
ejaan yang
tepat
  Menentukan topik
  Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa, dan bagaimana)
  Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
  Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar



12.4 Menyusun teks
pidato
  Menyusun teks pidato
  berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
  Menyunting teks pidato tulisan teman


Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan.

13.1 Menemukan halhal
yang menarik
tentang tokoh
cerita rakyat yang
disampaikan
secara langsung
dan atau melalui
rekaman
  Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
  Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis



13.2 Menjelaskan halhal
yang menarik
tentang latar
cerita rakyat yang
disampaikan
secara langsung
dan atau melalui
rekaman
  Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
  Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
  Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis



Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi.
14.1 Membahas isi
puisi berkenaan
dengan
gambaran
penginderaan,
perasaan, pikiran,
dan imajinasi
melalui diskusi
  Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
  Mendiskusikan maksud/makna puisi



14.2 Menghubungk-an isi puisi dengan
realitas alam,
sosial budaya,
dan masyarakat
melalui diskusi
  Mendiskusikan (hubungan
  isi puisi dengan realitas
  alam, hubungan isi puisi
  dengan sosial budaya,
  hubungan isi puisi dengan
  masyarakat)



Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik.

15.1 Mengidentifi-kasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
  Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik
  Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
  Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf



15.2 Menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di
dalam sastra
Melayu klasik
  Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
  Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini


Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen.

16.1 Menulis karangan
berdasarkan
kehidupan diri
sendiri dalam
cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
  Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek
  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.



16.2 Menulis karangan
berdasarkan
pengalaman
orang lain dalam
cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
  Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek
  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku,peristiwa, latar
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

  Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
  Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah



1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
  Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
  Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain


Berbicara
2.Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

2.1.   Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   


  Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
  Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan




2.2.    Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
  Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
  Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  Menyampaikan rangkuman hasil wawancara


Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

3.1 Menemuk-an perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

  Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  Menemukan kalimat penjelas yang mendukung
  Menemukan paragraf induktif dan deduktif
  Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif, Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dan induktif
  Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif



3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik



  Membacakan naskah berita dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar
  Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman
  Mengidentifikasi kalimat tunggal


Menulis
4.Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
4.1  Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan  

  Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal
  Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
  Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan



4.2.  Menulis surat dagang dan surat kuasa

  Mendaftar jenis surat  niaga
  Menulis surat perjanjian  jual – beli dan surat   kuasa sesuai dengan      keperluan
  Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
  Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD




4.3 Melengk-api karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
  Menentukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  Menyusun kerangka karya tulis
  Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
  Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD


Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
5.1.  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
  Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
  Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
  Menentukan tema dengan alasan
  Menentukan pesan dengan data yang mendukung
  Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
  Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.



5.2.  Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
  Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
  Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
  Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
  Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
  Menjelaskan tata lampu


Berbicara
6. Memeran-kan tokoh dalam pementasan drama

6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh


  Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh



6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
  Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
  Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis,  antagonis, atau  tirtagonis 
  Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman


Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

  Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
  Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri




7.2Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
  Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
  Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan  intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
  Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia


Menulis
8. Mengungka-pkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 

  Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-       identitas buku
-       kepengarangan
-       keunggulan buku
-       kelemahan buku
-       ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-       kesimpulan



8.2 Mengaplikasi-kan prinsip-prinsip penulisan resensi 
  Menulis resensi novel dengan memperhatikan
-       identitas buku
-       kepengarangan
-       keunggulan buku
-       kelemahan buku
-       ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................



PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XI/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
9. Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
9.1Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar  

  Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
  Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
  Menanggapi rangkuman yang dibuat teman


9.2 Mengomenta-ri pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar   
  Mengajukan pertanyaan
  Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
  Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan



10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

  Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
  Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami



10.2
  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian 
  Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
  Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian


11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
11.1.Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit

  Membaca cepat ± 300 kata per menit
  Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan



11.2.Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif  


  Menemukan fakta dan opini  penulis tajuk rencana atau editorial
  Membedakan fakta dengan opini
  Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial 


12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah
12.1 Menulis rangkuman/
      ringkasan isi buku 




  Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman



12.3. Menulis karya    ilmiah seperti   hasil pengamatan    dan penelitian 
  Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
  Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  Menyusun kerangka karya tulis
  Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman


13. Memahami pembacaan  cerpen

13.1.Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

  Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
  Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar  cerpen



13.2.Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan 
  Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
  Mendiskusikan nilai-nilai tersebut


14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama
14.1Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama



  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama




14.2       Menggunakan gerak-gerik,  mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama 
  Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh
  Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama


15. Memahami buku biografi, novel dan hikayat

15.1Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh 

  Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
  Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut




15.2 Membandingk-an unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat  
  Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
   Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
  Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel  terjemahan 


16. Menulis naskah  drama
16.1Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

  Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
  Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
  Menghidupkan konflik
  Memunculkan penampilan (performance)




16.2 Menarasikan pengalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
  Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
  Menghadirkan latar yang mendukung adegan



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................



PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XII/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
1.  Memahami informasi dari berbagai laporan
13.1Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
Mencatat pokok-pokok isi laporan
  Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)


13.2Mengomentari berbagai laporan lisan Dengan Memberikan kritik dan saran
Mengemukakan kritik isi laporan
Memberikan saran untuk perbaikan laporan


2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

2.1Menyampaikan gagasan dan
tanggapan
dengan alasan
yang logis
dalam diskusi
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara



2.2 Menyampaikan
intisari buku
nonfiksi dengan
menggunakan
bahasa yang
efektif dalam
diskusi
Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman


3. Memahami artikel dan teks pidato

3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
Menemukan ide pokok tiap paragraf
Menemukan kalimat pendukung ide pokok
Menemukan masalah dalam artikel
Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat



3.2   Membaca
nyaring teks
pidato dengan
intonasi yang
tepat
  Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
  Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
  Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
  Menanggapi pembacaan teks pidato


4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

4.1       Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur

Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan   
Menyusun surat lamaran  pekerjaan
Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD



4.2       Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku

Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
Menulis surat undangan
Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi, dan bahasa



4.3       Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir

Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
Melengkapi laporan dengan lampiran



4.4       Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Mencatat identitas buku
Mendaftar pokok-pokok isi
Mencatat keunggulan dari isi buku
Mencatat kekurangan dari isi buku
Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
Mendiskusikan resensi yang telah dibuat


5. Memahami pembacaan novel
5.1.Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  

Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
 



5.2.Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   
Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman


6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi
6.1       Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
 Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari



6.2Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
 Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat


7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai

Menandai jeda puisi karya sendiri
Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
lafal dan intonasi
penghayatan
mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
Menentukan makna puisi karya teman
Mengomentari puisi karya teman



7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen     
Menceritakan kembali isi cerpen
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen



8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi

Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen




8.2 Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
Menanggapi cerpen yang ditulis teman



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : .............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................



PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : XII/2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
9.1Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   

Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
Menulis ringkasan isi informasi


9.2.Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman


10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 




Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan




10.2       Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Menulis teks pidato dengan tema tertentu
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman


11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif
11.1.Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia



11.2.Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif 
Menemukan paragraf yang berpola induktif
Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
Menemukan paragraf yang berpola deduktif
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung



12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
12.1Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting karangan berpola deduktif induktif



12.2Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
       

Menentukan topik untuk menulis esai
Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
Menyusun paragraf penutup
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)


13. Memahami pembacaan teks drama

13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     
  
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar



13.2 Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Menyampaikan simpulan isi teks drama
Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan


14. Mengung-kapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  

Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
Membacakan gurindam
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam




14.2Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer




15.2Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   


16. Mengungkap-kan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai
16.1       Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai

Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra



16.2       Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ..............................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons