PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket | ||
Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | | |
1.2 Mengidentifika-si unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/ melalui rekaman | Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | | | |
Berbicara 2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas | | |
| 2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | Mencatat masalah dari berbagai sumber Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya | | |
| 2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman | | |
Membaca 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit Menemukan ide pokok paragraf dalam teks Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut | | |
| 3.2 Mengidentifika-si ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat Mengidentifikasi fakta dan pendapat | | |
Menulis 4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif | | |
| 4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan Menyusun kerangka paragraf deskriptif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman | | |
| 4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif Menyusun kerangka paragraf ekspositif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman | | |
Mendengarkan 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung. | 5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan | | |
| 5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Menyebutkan tema puisi yang didengar Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.) Menjelaskan maksud puisi Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri | | |
Berbicara 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi. | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca. | | |
| 6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menemukan nilai-nilai dalam cerpen Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen | | |
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen. | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat | | |
| 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | | |
Menulis 8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi. | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima Membedakan bentuk pantun dan syair Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman | | |
| 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi baru yang dibuat teman | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ............................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : ................................. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
Mendengarkan 9. Memahami informasi melalui tuturan. | 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung | Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas | | |
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) | Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas Menyimpulkan isi informasi yang didengar | | | |
Berbicara 10. Mengungk-apkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber. | 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik | Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) Memberikan kritik dengan disertai alasan | | |
| 10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik | Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an) | | |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai. | 11.1Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | tertentu pada buku tersebut Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat Membahas rangkuman yang telah dibuat | | |
| 11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik | | |
Menulis 12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. | 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif | Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif Menyusun kerangka paragraf argumentatif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraph argumentatif Menyunting paragraph argumentatif yang ditulis teman | | |
| 12.2 Menulis agasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraph argumentatif berdasarkan hasil penelitian Menyusun kerangka paragraf persuasive Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraph persuasif Menyunting paragraph persuasif yang ditulis teman | | |
| 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat | Menentukan topik Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa, dan bagaimana) Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar | | |
| 12.4 Menyusun teks pidato | Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami Menyunting teks pidato tulisan teman | | |
Mendengarkan 13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan. | 13.1 Menemukan halhal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | | |
| 13.2 Menjelaskan halhal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | | |
Berbicara 14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi. | 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi | Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) Mendiskusikan maksud/makna puisi | | |
| 14.2 Menghubungk-an isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi | Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat) | | |
Membaca 15. Memahami sastra Melayu klasik. | 15.1 Mengidentifi-kasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik | Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | | |
| 15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik | Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini | | |
Menulis 16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen. | 16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | | |
| 16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku,peristiwa, latar Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .............................. | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .............................. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
Mendengarkan 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara | 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar | Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah | | |
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara | Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain | | | |
Berbicara 2.Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | 2.1. Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku) | Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan | | |
| 2.2. Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu | Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif Menyampaikan rangkuman hasil wawancara | | |
Membaca 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | 3.1 Menemuk-an perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif | Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf Menemukan kalimat penjelas yang mendukung Menemukan paragraf induktif dan deduktif Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif, Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dan induktif Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif | | |
| 3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik | Membacakan naskah berita dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca yang benar Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman Mengidentifikasi kalimat tunggal | | |
Menulis 4.Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | 4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan | Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur proposal Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan | | |
| 4.2. Menulis surat dagang dan surat kuasa | Mendaftar jenis surat niaga Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa Memperbaiki surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | | |
| 4.3 Melengk-api karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | Menentukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian) Menyusun kerangka karya tulis Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | | |
Mendengarkan 5. Memahami pementasan drama | 5.1. Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama | Menentukan tokoh, peran, dan wataknya Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung Menentukan tema dengan alasan Menentukan pesan dengan data yang mendukung Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari. | | |
| 5.2. Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan | Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas)) Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana) Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik) Menjelaskan tata lampu | | |
Berbicara 6. Memeran-kan tokoh dalam pementasan drama | 6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh | Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan Menghayati watak tokoh yang akan diperankan Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh | | |
| 6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis | Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan Menghayati watak tokoh yang akan diperankan Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tirtagonis Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman | | |
Membaca 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | 7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat | Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri | | |
| 7.2Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia | | |
Menulis 8. Mengungka-pkan infomasi melalui penulisan resensi | 8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi | Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi: - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD - kesimpulan | | |
| 8.2 Mengaplikasi-kan prinsip-prinsip penulisan resensi | Menulis resensi novel dengan memperhatikan - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .............................. | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .............................. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : XI/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar | 9.1Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar | Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat Menanggapi rangkuman yang dibuat teman | | |
9.2 Mengomenta-ri pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | Mengajukan pertanyaan Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan | | | |
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar | 10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar | Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan Mengemukakan ringkasan hasil penelitian Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami | | |
| 10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | | |
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1.Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit | Membaca cepat ± 300 kata per menit Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan | | |
| 11.2.Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial Membedakan fakta dengan opini Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial | | |
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah | 12.1 Menulis rangkuman/ ringkasan isi buku | Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca Membuat ringkasan dari seluruh isi buku Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman | | |
| 12.3. Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian | Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian) Menyusun kerangka karya tulis Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman | | |
13. Memahami pembacaan cerpen | 13.1.Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan | Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar cerpen | | |
| 13.2.Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan | Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen Mendiskusikan nilai-nilai tersebut | | |
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama | 14.1Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama | Menghayati watak tokoh yang akan diperankan Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama | | |
| 14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama | Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama | | |
15. Memahami buku biografi, novel dan hikayat | 15.1Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh | Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut | | |
| 15.2 Membandingk-an unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat | Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan | | |
16. Menulis naskah drama | 16.1Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama | Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk: Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog Menghidupkan konflik Memunculkan penampilan (performance) | | |
| 16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama | Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama Menghadirkan latar yang mendukung adegan | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : XII/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
1. Memahami informasi dari berbagai laporan | 13.1Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | Mencatat pokok-pokok isi laporan Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) | | |
13.2Mengomentari berbagai laporan lisan Dengan Memberikan kritik dan saran | Mengemukakan kritik isi laporan Memberikan saran untuk perbaikan laporan | | | |
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi | 2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi | Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | | |
| 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | | |
3. Memahami artikel dan teks pidato | 3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif | Menemukan ide pokok tiap paragraf Menemukan kalimat pendukung ide pokok Menemukan masalah dalam artikel Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat | | |
| 3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat Menanggapi pembacaan teks pidato | | |
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi | 4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur | Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan Menyusun surat lamaran pekerjaan Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD | | |
| 4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku | Mengidentifikasi struktur surat dinas Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat Menulis surat undangan Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi, dan bahasa | | |
| 4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir | Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) Melengkapi laporan dengan lampiran | | |
| 4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku | Mencatat identitas buku Mendaftar pokok-pokok isi Mencatat keunggulan dari isi buku Mencatat kekurangan dari isi buku Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi Mendiskusikan resensi yang telah dibuat | | |
5. Memahami pembacaan novel | 5.1.Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | | |
| 5.2.Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman | | |
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | 6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari | | |
| 6.2Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | | |
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | 7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | Menandai jeda puisi karya sendiri Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : lafal dan intonasi penghayatan mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai Menentukan makna puisi karya teman Mengomentari puisi karya teman | | |
| 7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | Menceritakan kembali isi cerpen Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | | |
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi | Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen | | |
| 8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen Menanggapi cerpen yang ditulis teman | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : ............................. | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .............................. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : XII/2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket |
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan | 9.1Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung | Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara Menulis ringkasan isi informasi | | |
9.2.Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi | Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman | | | |
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks | 10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal | Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan | | |
| 10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | Menulis teks pidato dengan tema tertentu Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman | | |
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1.Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit | Menemukan ide pokok Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia | | |
| 11.2.Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif | Menemukan paragraf yang berpola induktif Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif Menemukan paragraf yang berpola deduktif Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung | | |
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola | 12.1Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif | Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka Menyunting karangan berpola deduktif induktif | | |
| 12.2Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup | Menentukan topik untuk menulis esai Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup Menyusun paragraf pembukaan Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf Menyusun paragraf penutup Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) | | |
13. Memahami pembacaan teks drama | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan | Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar | | |
| 13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks Menyampaikan simpulan isi teks drama Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan | | |
14. Mengung-kapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam | Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam Membacakan gurindam Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | | |
| 14.2Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | | |
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode | 15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer | Mengidentifikasi tema puisi kontemporer Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer | | |
| 15.2Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) | | |
16. Mengungkap-kan pendapat dalam bentuk kritik dan esai | 16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai | Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra | | |
| 16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai Menyunting tulisan kritik dan esai sastra | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .............................. | | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .............................. |
0 comments:
Posting Komentar