RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||
STANDAR KOMPETENSI | 1. Memahami informasi dari berbagai laporan | ||
KOMPETENSI DASAR | 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mencatat pokok-pokok isi laporan · Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) · Menentukan kalimat yang berupa fakta · Menentukan kalimat yang berupa opini | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Laporan laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan Ciri-ciri kalimat fakta Ciri-ciri kalimat pendapat |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami informasi dari berbagai laporan | · Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | · Siswa Mampu menyusun naskah/skenario drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru melontarkan sebuah pernyataan, misalnya: Tahun depan jumlah pengangguran di Indonesia akan berlipat. Siswa diminta untuk menentukan, apakah pernyataan Guru tersebut fakta atau pendapat. Atau Guru membacakan sebuah cuplikan berita koran yang aktual dan menarik dan meminta siswa untuk menentukan apakah isi berita itu fakta atau pendapat. F Guru mengajak siswa untuk senantiasa bersikap kritis dalam menyikapi berita/laporan karena kadang ada yang tidak faktual atau baru sebatas opini/wacana serta menekankan pentingnya bisa membedakan ciri-ciri kalimat fakta dan opini. | · Bersahabat/ komunikatif |
Pertemuan ke-1 ( 90’) | ||
& Eksplorasi F Guru membacakan kutipan sebuah berita bertema SDM dan siswa mendengarkannya secara seksama. & Elaborasi F Siswa berdiskusi untuk menemukan dan merumuskan perbedaan ciri-ciri kalimat fakta dan pendapat. Kemudian Guru memperjelas dan menyempurnakan rumusan temuan siswa. F Siswa menuliskan pokok-pokok isi informasi berita laporan yang didengarkan, menginventaris, dan memilah pokok informasi yang bersifat fakta dan opini. F Guru membacakan sebuah laporan lengkap kegiatan OSIS dan siswa mendengarkannya secara seksama. F Siswa menuliskan pokok-pokok isi informasi laporan yang didengarkan, kemudian menginventaris dan memilah pokok informasi yang bersifat fakta dan opini. F Siswa mengidentifikasi bagian-bagian teks laporan yang berupa opini dan perlu diperbaiki sehingga menjadi sebuah laporan yang lebih objektif. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 | ||
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang kalimat fakta dan pendapat yang telah dipelajari F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran yang telah diikutinya. | Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 18-22 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | Artikel/gambar koran atau majalah yang bertopik SDM |
Website internet | ||
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
V | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mendengarkan laporan dan mengidentifikasi kalimat-kalimat fakta dan opini Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok informasi laporan yang didengarkan Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara | ||
STANDAR KOMPETENSI | 2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi | ||
KOMPETENSI DASAR | 2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. · Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis · Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat · Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara · Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi · Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh · Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show) Ungkapan persetujuan atau penolakan |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
v | Diskusi Kelompok | |
Inquari | ||
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru mengajak siswa mengingat kembali artikel tentang perdagangan kemanusiaan dan permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi. F Guru membacakan beberapa topik diskusi terpilih yang dirumuskan berdasarkan permasalahan dalam artikel. F Guru bertanya kepada siswa apa indikasi suatu proses berdiskusi berjalan dengan baik | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) & Eksplorasi F Berdasarkan jawaban-jawaban siswa, guru merumuskan tatacara/aturan main dan rambu-rambu yang penting diperhatikan dalam berdiskusi. F Guru menekankan pentingnya menyampaikan pendapat dengan alasan/argumen yang logis dan bahasa yang komunikatif. & Elaborasi F Guru memutarkan rekaman contoh proses diskusi/talk show yang berlangsung dengan aktif dan sehat atau sebaliknya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
Pertemuan ke-2 ( 90’) & Elaborasi F Siswa berkelompok-kelompok dan berdiskusi untuk memecahkan permasalahan yang telah diidentifikasi dari artikel. F Guru mengobservasi jalannya diskusi dan membuat catatan siswa yang aktif mengajukan pendapat, persetujuan, sanggahan, dan pertanyaan F Siswa mengumpulkan notulen hasil jalannya diskusi kelompok kepada Guru. F Guru menyampaikan ulasan atau catatan hasil observasinya terhadap setiap kelompok. Guru bisa memberi pujian kepada kelompok atau individu yang kinerjanya bagus. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari. F Guru menyampaikan tugas Uji Kompetensi: menyaksikan pembicaraan talk show di tv/radio dan memberikan tangapan persetujuan/ketidak setujuan dengan argumen yang logis. F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran yang telah diikutinya. | Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | § Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA kelas XII karya Alex Suryanto dan Agus Haryanta terbitan ESIS 2007 halaman 8-12 § Buku Teknik Berdiskusi |
V | Material: VCD, kaset, poster | § kaset audio/videoklip contoh jalannya diskusi panel/talk show yang hidup sebagai model § kaset rekaman radio/tv jalannya diskusi panel/talk show bertopik kejahatan kemanusiaan |
V | Mediacetak dan elektronik | |
Website internet | ||
Narasumber | ||
V | Model peraga | |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | § Tugas Geladi Kelompok untuk melakukan diskusi kelompok § Tugas Uji Kompetensi untuk memberi tanggapan atas pembicaraan dalam sebuah talk show di radio/tv § Daftar pertanyaan uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi kinerja individu dalam mengikuti diskusi kelompok (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | ||
STANDAR KOMPETENSI | 3. Memahami artikel dan teks pidato | ||
KOMPETENSI DASAR | 3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menemukan ide pokok tiap paragraf · Menemukan kalimat pendukung ide pokok · Menemukan masalah dalam artikel · Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit ( 1 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet) Ide pokok Masalah dalam artikel Rangkuman artikel |
METODE PEMBELAJARAN
V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | |
V | Inquari | |
V | Tanya Jawab | |
V | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | § Guru membacakan cuplikan berita aktual surat khabar atau memutarkan videoklip/film dokumenter tentang bentuk praktik kejahatan kemanusiaan. § Siswa diajak menemukan bentuk-bentuk kejahatan kemanusiaan/pelanggaran HAM yang ada di sekelilingnya. § Guru mewacanakan HAM sebagai salah satu isu penting yang perlu mendapat perhatian kita semua. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) & Eksplorasi F Siswa membaca secara intensif artikel surat khabar bertema kemanusiaan. F Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi artikel. F Siswa mengidentifikasi kalimat topik, ide pokok, dan gagasan pendukung tiap paragraf artikel yang telah dibacanya. F Siswa mengidentifikasi permasalahan-permasalahan penting yang tersirat dalam artikel dan merumuskannya menjadi bahan diskusi F Siswa mengidentifikasi permasalahan-permasalahan penting yang tersirat dalam artikel. & Elaborasi F Guru mengajak siswa merumuskan kriteria rumusan topik diskusi yang baik. F Siswa bergabung dalam kelompok dan merumuskan permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasikannya menjadi topik diskusi. F Guru menjelaskan cara merangkum dan rambu-rambu penting yang perlu diperhatikan. F Siswa mengerjakan tugas Geladi Diri, membuat rangkuman artikel yang telah dibacanya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Pertemuan ke-2 (45’) F Siswa menjawab soal-soal Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (life skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran yang telah diikutinya. | · Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | § Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA kelas XII karangan Alex Suryanto dan Agus Haryanta terbitan ESIS 2007 halaman 1- 8 § Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 62-100 |
V | Material: VCD, kaset, poster | videoklip atau film dokumenter tentang praktik kejahatan kemanusiaan/pelanggaran HAM |
V | Media cetak dan elektronik | Artikel gambar koran atau majalah yang bertopik kejahatan kemanusiaan/ pelanggaran HAM |
Website Internet | ||
Narasumber | ||
Model peraga | ||
Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
V | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja/Demonstrasi | ||
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | § Daftar pertanyaan pemahaman isi artikel § Geladi Diri untuk mengidentifikasi ide pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf § Geladi Kelompok untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dalam artikel dan merumuskannya menjadi topik diskusi § Daftar pertanyaan Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | - |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||
STANDAR KOMPETENSI |
| ||
KOMPETENSI DASAR | 4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan · Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD | · Kreatif · Bersahabat/ komunikatif · Gemar membaca | · Keorisinilan · Kepemimpinan | |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit ( 1 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur yang benar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Contoh surat lamaran Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan Struktur surat lamaran pekerjaan Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menunjukkan iklan lowongan kerja di koran dan menanyakan bagaimana caranya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Guru menjelaskan peran penting surat lamaran kerja dalam menentukan keberhasilan seseorang dalam mendapatkan suatu pekerjaan. F Guru membacakan sebuah contoh surat lamaran kerja yang tidak bagus dan meminta siswa untuk memberikan kritikan. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) / (45’) | |
& Eksplorasi F Siswa membaca dan mencermati contoh surat lamaran kerja yang tersaji dalam buku teks. & Elaborasi F Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi bagian dan struktur surat lamaran kerja. F Guru menjelaskan dan menyempurnakan hasil temuan siswa. F Siswa membaca sebuah iklan lowongan kerja yang tersaji di dalam buku teks dan siswa berlatih menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan tersebut. F Siswa menyusun daftar riwayat hidup untuk melengkapi surat lamaran kerjanya. F Guru menyampaikan tanggapan, ulasan, dan masukan atas beberapa pekerjaan siswa yang sudah baik dan yang masih perlu banyak perbaikan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’) | ||
& Elaborasi F Siswa mengerjakan Geladi Diri, menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan di surat khabar. F Siswa saling menukarkan pekerjaannya untuk diedit secara silang. Pemeriksaan difokuskan pada struktur isi surat, efektivitas kalimat, dan pemakaian EYD. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Guru menyampaikan tip-tip praktis untuk sukses melakukan interview saat melamar pekerjaan F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang surat lamaran kerja yang telah dipelajari F Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Gemar membaca |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Surat Menyurat dan Komunikasi 1 terbitan Galaxy Puspa Mega halaman 134 – 140 Pedoman Menulis Surat Lamaan Kerja karya Bagas Pratama terbitan Pustaka Setia |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | Iklan lowongan kerja |
Website internet | ||
Narasumber | ||
V | Model peraga | contoh surat lamaran kerja |
Lingkungan |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
V | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan di surat khabar Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian menulis surat lamaran kerja (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
0 comments:
Posting Komentar