RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara | ||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar | ||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Sambutan atau khotbah Pokok-pokok isi sambutan Cara membuat ringkasan sambutan/ khotbah |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
V | Tanya Jawab | |
V | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara. · Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah | · Sambutan atau khotbah · Pokok-pokok isi sambutan · Cara membuat ringkasan sambutan/ khotbah | · Siswa dapat Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah. · Siswa Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru mengajak siswa untuk mengingat dan mencermati berbagai peristiwa bencana alam di tanah air. Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter kondisi lingkungan alam yang rusak. Siswa diajak menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut. F Guru mengajak siswa peduli terhadap kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar. F Guru menanyakan kepada siswa perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan. F Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato bertopik lingkungan. F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato yang didengarkannya. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar. F Siswa membuat rangkuman isi khotbah yang didengar. F Siswa menanggapi beberapa pernyataan penting yang terdapat dalam khotbah. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (90’) | | |
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Siswa mengerjakan Geladi Kelompok: mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting, meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah, F Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung di rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269 Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk. terbitan Universitas Sanata Dharma |
V | Material: VCD, kaset, poster | Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan Gambar perusakan alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan |
V | Mediacetak dan elektronik | rekaman / tayangan khotbah/pidato/sambutan dari radio atau televisi |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato. Daftar pertanyaan pemahaman isi khotbah. Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah. Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya) Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara | ||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara | ||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu merangkum isi pembicaraan dalam wawancara Siswa mampu menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Rekaman wawancara sosok di radio atau televisi Isi pokok rekaman wawancara Contoh rangkuman wawancara Cara merangkum hasil wawancara |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara. · Merangkum isi | · Rekaman wawancara sosok di radio atau televisi · Isi pokok rekaman wawancara · Contoh rangkuman wawancara · Cara merangkum hasil wawancara | · Siswa dapat Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya · Siswa Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menyebut sebuah program acara televisi yang berisi wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal/publik figur dan menanyakan kepada siswa siapa yang secara rutin mengikutinya, misalnya Jayasuparana Show. (Bila memungkinkan, Guru menayangkan cuplikan rekaman acara tersebut) F Bilamana ada, siswa yang bersangkutan diminta menyampaikan nama pewawancara, nama narasumber, dan topik wawancara program terakhir yang disiarkannya. F Terhadap topik wawancara, siswa dimintai tanggapannya secara singkat. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Guru menayangkan sebuah rekaman wawancara dengan topik seni dan budaya. F Guru menjelaskan prinsip-prinsip merangkum & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi wawancara yang dilisankan guru. F Siswa mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber F Siswa merangkum isi pembicaraan dalam wawancara dengan memperhatikan sturktur kalimat & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (90’) | | |
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Siswa saling menukarkan hasil rangkuman untuk diedit. F Siswa memperbaiki hasil rangkuman berdasarkan catatan atau masukan teman F Secara bergantian, siswa membacakan rangkumannya di depan kelas untuk ditanggapi siswa yang lain. F Guru memilih beberapa rangkuman terbaik dan memberikan ulasan penjelasan. F Guru menyampaikan tugas mandiri, menyimak tayangan program wawancara di radio/televisi dan mengulang latihan-latihan yang sudah diberikan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 25 - 31 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269 Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk. terbitan Universitas Sanata Dharma |
V | Material: VCD, kaset, poster | rekaman siaran wawancara di televisi/radio |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | siswa yang memeragakan/ menyimulasikan adegan wawancara |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
| Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Sejumlah pertanyaan /soal untuk menguji pemahaman siswa atas isi wawancara Tugas untuk mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber Tugas untuk merangkum isi wawancara yang didengar Tugas untuk menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara | ||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | ||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku) | ||||||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca artikel koran, majalah, atau buku |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Artikel koran, majalah, atau buku Pokok-pokok isi artikel koran, majalah, atau buku Hal-hal yang menarik dalam artikel koran, majalah, atau buku |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengungkapkan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca | · Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif | · Siswa dapat Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca. · Siswa Menyampaikan rangkuman hasil wawancara. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menunjukkan koran edisi baru dan membacakan sekilas berita/artikel yang bertopik paling menarik, terutama yang berhubungan dengan masalah lingkungan. Guru menanyai siswa apakah dalam keseharian juga sering membaca koran/majalah dan rubrik apakah yang paling diminati. Beberapa siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca koran/majalah dan manfaat yang diperoleh. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Siswa membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik lingkungan hidup yang tersaji di buku teks (bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan) & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau pokok-pokok informasi penting dan mengungkapkannya secara lisan di dalam kelompok. F Secara berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis. F Masih dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang menarik perhatian dalam teks dan mengemukakan alasannya. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’) | | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Siswa menjelaskan arti kata-kata kajian yang terdapat dalam teks dan secara bergiliran menyampaikan jawabannya di depan kelas. F Siswa menjelaskan maksud beberapa pernyataan dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan jawabannya secara lisan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru mendorong siswa untuk mengembangkan budaya membaca koran/majalah/ atau buku dan mampu bersikap kritis terhadap opini penulis. | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 9-12 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269 Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk. terbitan Universitas Sanata Dharma |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | koran / majalah edisi baru artikel koran/majalah bertopik lingkungan yang aktual dan menarik perhatian |
| Website internet | |
v | Narasumber | siswa yang men-sharingkan pengalamannya membaca koran/majalah |
| Model peraga | |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mengidentifikasi ide pokok paragraf / pokok pikiran penting dalam artikel Tugas untuk menginventaris opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis Tugas untuk mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan alasannya. Tugas untuk menjelaskan kata-kata kajian dan pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut. Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah (terlampir di bawah). |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara | ||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara | ||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu | ||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu melakukan wawancara dan menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu Siswa mampu membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks dialog tanya jawab wawancara Daftar pertanyaan wawancara Contoh rangkuman hasil wawancara Cara membuat rangkuman |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik | · Contoh rangkuman hasil wawancara · Cara membuat rangkuman | · Siswa dapat Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru mengomentari salah satu gaya hidup yang sedang tren di masyarakat atau kalangan remaja pada umumnya. Misalnya, banyak remaja putri yang menggilai dunia sepakbola, artis yang menikah dalam usia muda, pejabat melakukan poligami. Guru meminta pendapat beberapa siswa tentang fenomena tersebut. F Guru mengajak siswa untuk mendengarkan tanggapan pakar atau tokoh masyarakat tentang persoalan tersebut yang terungkap dalam suatu wawancara. (Guru memperdengarkan/membacakan penggalan dialog wawancara) | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90) | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Siswa menyaksikan simulasi adegan wawancara dan mencermati pertanyaan serta jawaban narasumber. F Siswa menjawab beberapa pertanyaan seputar topik dan latarbelakang jalannya wawancara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Siswa ditugasi mencari contoh artikel dialog wawancara dan membuat rangkuman tanggapan narasumber atas topik yang dibicarakan F Siswa membaca penggalan-penggalan teks wawancara dan mendiskusikan maksud tanggapan narasumber terhadap pertanyaan yang diajukan. Setelah selesai, secara bergantian wakil kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan jawabannya. F Secara berkelompok siswa membuat persiapan wawancara: menentukan topik, narasumber, dan membuat daftar pertanyaan wawancara. F Siswa melakukan wawancara ( dilakukan di luar jam) & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Siswa mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Siswa membuat rangkuman hasil wawancara dengan menjelaskan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu F Wakil setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan rangkuman dan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu dari hasil wawancara yang dilakukan F Guru memberikan apresiasi dan ulasan atas presentasi hasil kerja setiap kelompok. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 44-47 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 55-66 6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo |
V | Material: VCD, kaset, poster | rekaman wawancara dengan seorang tokoh masyarakat atau publik figur |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | siswa yang memeragakan/menyimulasikan adegan wawancara |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menjelaskan maksud jawaban narasumber dalam menanggapi pertanyaan wawancara tentang suatu topik tertentu. Tugas untuk melakukan wawancara dan menjelaskan maksud tanggapan narasumber tentang topik tertentu yang dibicarakan Tugas untuk membuat rangkuman hasil wawancara Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | ||||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | ||||||||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif 3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik | ||||||||||||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif Siswa mampu mengidentifikasi paragraf deduktif dan induktif dalam suatu wacana |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring | · Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif | · Siswa dapat perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menyampaikan sebuah cerita kiasan/analogi: dalam sebuah pesta/perjamuan atau pertemuan, biasanya orang-orang penting /pejabat duduk di barisan depan. Semakin ke belakang, berisi orang-orang yang tidak penting/tidak berpengaruh. Penyusunan formasi seperti itu tentu mempunyai suatu maksud. F (Untuk memperjelas, Guru bisa menunjukkan denah pengaturan tempat duduk dalam suatu acara sekolah, di mana deretan bagian depan diperuntukan undangan tamu-tamu penting) F Dalam mengarang, penulis pun mempunyai pola-pola tertentu dalam mengatur penempatan gagasan penting atau pokok. Ada yang berpola umum – khusus, penting - tidak penting, pokok -penjelas, atau sebaliknya. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) | |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Guru menjelaskan pola-pola paragraf induktif, deduktif, dan deskriptif. F Siswa membaca sebuah teks bacaan dan mengidentifikasi kalimat utama dan ide pokok paragraf-paragrafnya & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Secara berkelompok siswa mengidentifikasi paragraf-paragraf yang berpola induktif dan deduktif F Siswa berdiskusi untuk merumuskan ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | | |
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi : F Siswa mengerjakan Uji Kompetensi: membaca teks dan mengidentifikasi pola-pola pengembangan gagasan utamanya F Guru membagikan koran kepada setiap siswa (atau siswa menyiapkan koran yang dibawanya dari rumah). Siswa ditugasi untuk mencari contoh-contoh paragraf berpola induktif dan deduktif, menandai kalimat utamanya, dan menempelkan pada lembar kertas yang dibagikan Guru. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 31- 38 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan N usa Indah halaman 62-83 |
| Material: VCD, kaset, poster | Denah formasi tempat duduk suatu acara/pertemuan |
V | Mediacetak dan elektronik | koran atau majalah |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk membaca artikel dan mengidentifikasi pola-pola pengembangan gagasan utamanya Tugas untuk mengkliping contoh-contoh paragraf berpola deduktif dan induktif dari koran/majalah Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep tentang paragraf deduktif dan induktif yang telah dipelajarinya | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | - |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | ||||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan 4.2 Menulis surat kuasa | ||||||||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis proposal dan surat kuasa secara benar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Beberapa contoh proposal dan surat surat kuasa Ciri-ciri proposal dan surat kuasa Sistematika dan format pengetikasn proposal dan surat kuasa Unsur-unsur atau struktur isi proposal dan surat kuasa Ragam bahasa proposal dan surat kuasa |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | · Beberapa contoh proposal dan surat surat kuasa | · Siswa dapat menulis proposal dan surat kuasa secara benar . |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menyampaikan sebuah ilustrasi cerita: dalam waktu bersamaan seseorang harus melakukan dua agenda yang sama pentingnya. Guru menanyakan kepada siswa, apa yang harus dilakukan oleh orang tersebut agar kedua agenda itu dapat berjalan tanpa ada yang dikorbankan. F Guru membacakan selembar kertas (berupa surat kuasa) yang bisa memberi jalan keluar atas persoalan yang dihadapi orang tersebut. F Guru m Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.embimbing pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa ada suatu jenis surat yang disebut surat kuasa | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-2 (45’) | |
& Eksplorasi F Siswa mencermati contoh surat kuasa yang disajikan di buku teks. F Siswa mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa yang telah dibacanya. & Elaborasi F Guru menjelaskan fungsi, jenis, status, dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan surat kuasa. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | | |
& Elaborasi F Siswa menulis surat kuasa untuk keperluan tertentu F Siswa saling menukarkan surat kuasanya dengan teman semeja/dekat untuk diedit F Siswa memperbaiki surat kuasanya berdasarkan hasil penyuntingan teman & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 47-49 Surat Menyurat dan Komunikasi untuk SMA terbitan Galaxy Puspa Mega 6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | beberapa contoh asli surat kuasa dengan berbagai keperluan |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa Tugas untuk menulis surat kuasa Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis surat kuasa (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||||
PROGRAM | | ||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | ||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 4.2 Menulis surat dagang | ||||||||||||||
| |||||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis beberapa jenis surat dagang |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Beberapa contoh surat niaga, a.l. surat perjanjian jual beli Jenis-jenis surat dagang Ciri-ciri surat dagang Sistematika dan struktur isi surat dagang |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | · Beberapa contoh Ciri-ciri surat dagang | · Siswa dapat menulis beberapa jenis surat dagang . |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Siswa menanyakan kepada siswa siapa yang orang tuanya berdagang/berniaga. Kepada yang bersangkutan, guru bertanya lebih lanjut bagaimana cara orang tua melakukan pengadaan dan pemasaran barang-barang dagangannya. Apakah dalam proses tersebut terjadi proses surat menyurat. F Siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan pengalaman nyata /pengetahuannya tentang surat menyurat dagang F Guru menunjukkan beberapa contoh surat dagang/niaga yang pernah diterima sekolah. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Guru menjelaskan peran penting surat menyurat dalam dunia bisnis F Siswa mencermati sebuah contoh surat dagang dan diminta untuk mengidentifikasi sistematika dan pokok-pokok isinya. & Elaborasi F Siswa mencermati bahasa (redaksional kalimat, diksi, gaya tuturan) surat dagang F Dengan panduan Guru, siswa merumuskan sistematika, struktur isi, dan ragam bahasa surat niaga. F Guru menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis surat dagang F Siswa mencermati contoh-contoh surat dagang yang disajikan di buku teks dan melalui berdiskusi kelompok mengidentifikasi jenisnya F Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di muka kelas dan ditanggapi oleh kelas & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | | |
& Eksplorasi F Siswa menulis serangkaian surat dagang, mulai dari surat penawaran sampai pengajuan klaim. F Siswa saling menukarkan dan mengedit surat hasil karangannya & Elaborasi F Siswa memperbaiki karangan suratnya berdasarkan catatan hasil penyuntingan teman | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang surat niaga/dagang yang telah dipelajari F Siswa diajak untuk merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Siswa didorong untuk mempraktikkan kompetensi menulis surat dagang yang telah dikuasainya untuk keperluan hidup sehari-hari | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 54-60 Surat Menyurat dan Komunikasi 1 terbitan Galaxy Puspa Mega halaman 152- 162 6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | beberapa contoh (asli) surat niaga/dagang |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mengidentifikasi jenis, sistematika dan struktur isi surat dagang. Tugas untuk menulis serangkaian surat dagang dengan ketentuan atau pembatasan tertentu Tugas untuk mengedit dn memprebaiki surat dagang tulisan teman Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis surat dagang (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
0 comments:
Posting Komentar