Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Jumat, 17 Februari 2012

RPP BAHASA INDONESIA SMA XI-1,a


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1.  Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar   
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
ALOKASI WAKTU
 4 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang  didengar

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Sambutan atau khotbah
Pokok-pokok isi sambutan
Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

V
Diskusi Kelompok

v
Inquari

V
Tanya Jawab

V
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah
·        Sambutan atau khotbah
·        Pokok-pokok isi sambutan
·        Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah.
·     Siswa Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru mengajak siswa untuk mengingat dan  mencermati  berbagai peristiwa bencana alam di tanah air.  Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter  kondisi lingkungan alam yang rusak.   Siswa  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
F Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
F Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
F Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
F Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
F Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
F Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif


 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  

V
Material: VCD, kaset, poster
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan
Gambar perusakan  alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan

V
Mediacetak dan elektronik
rekaman / tayangan   khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi

Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar pertanyaan  pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)

                                               
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

KOMPETENSI DASAR
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Siswa mampu    menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi
Isi pokok rekaman wawancara
Contoh rangkuman wawancara
Cara merangkum hasil wawancara

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Merangkum isi
·        Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi
·         Isi pokok rekaman wawancara
·         Contoh rangkuman wawancara
·         Cara merangkum hasil wawancara
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·     Siswa Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menyebut sebuah program  acara  televisi   yang  berisi wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal/publik figur dan menanyakan kepada siswa siapa yang secara rutin mengikutinya, misalnya Jayasuparana Show. (Bila memungkinkan, Guru menayangkan cuplikan rekaman acara tersebut)
F Bilamana ada, siswa yang bersangkutan diminta  menyampaikan  nama pewawancara, nama narasumber, dan topik wawancara   program terakhir yang  disiarkannya.
F Terhadap topik wawancara, siswa dimintai tanggapannya secara singkat.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Guru menayangkan sebuah rekaman wawancara dengan topik seni dan budaya.
F Guru menjelaskan prinsip-prinsip merangkum
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi wawancara  yang dilisankan guru.
F Siswa mengidentifikasi  intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
F Siswa merangkum isi pembicaraan dalam wawancara dengan memperhatikan sturktur kalimat
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2  (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Siswa saling menukarkan hasil rangkuman  untuk diedit.
F Siswa memperbaiki hasil rangkuman berdasarkan catatan  atau masukan teman
F Secara bergantian, siswa membacakan rangkumannya di depan kelas untuk ditanggapi siswa yang lain.
F Guru memilih  beberapa rangkuman terbaik dan memberikan ulasan penjelasan.
F Guru menyampaikan tugas mandiri, menyimak tayangan program wawancara di radio/televisi dan mengulang  latihan-latihan yang sudah diberikan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif


SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 25 - 31
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman siaran wawancara  di  televisi/radio


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa yang memeragakan/ menyimulasikan adegan wawancara
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Sejumlah pertanyaan /soal  untuk menguji pemahaman  siswa atas isi wawancara
Tugas untuk mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

KOMPETENSI DASAR
2.1  Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
3
Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
4
Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
5
Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca artikel  koran, majalah, atau buku

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Artikel koran, majalah, atau  buku
Pokok-pokok isi artikel koran, majalah, atau  buku
Hal-hal yang menarik dalam artikel koran, majalah, atau  buku


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengungkapkan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca
·        Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
·     Siswa dapat Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca.
·     Siswa Menyampaikan rangkuman hasil wawancara.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menunjukkan koran  edisi baru dan membacakan sekilas  berita/artikel yang  bertopik paling menarik, terutama yang berhubungan dengan masalah lingkungan.
Guru menanyai siswa apakah   dalam  keseharian juga   sering membaca koran/majalah dan   rubrik  apakah yang paling diminati.
Beberapa siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca koran/majalah   dan  manfaat  yang diperoleh.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik  lingkungan hidup yang tersaji di buku teks (bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau pokok-pokok    informasi penting  dan mengungkapkannya secara lisan di dalam kelompok.
F Secara berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis.
F Masih dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang menarik perhatian dalam teks dan mengemukakan alasannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2 (45’)

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa  menjelaskan  arti kata-kata kajian yang terdapat dalam teks  dan secara bergiliran menyampaikan jawabannya di depan kelas.
F Siswa menjelaskan  maksud beberapa pernyataan dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan jawabannya  secara lisan. 
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru mendorong siswa untuk  mengembangkan budaya  membaca koran/majalah/ atau buku  dan  mampu bersikap kritis terhadap opini penulis.
·   Bersahabat/ komunikatif


SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  9-12
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
koran / majalah edisi baru 
artikel koran/majalah bertopik lingkungan yang aktual dan menarik perhatian  

Website internet

v
Narasumber
siswa yang men-sharingkan pengalamannya  membaca koran/majalah

Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi   ide pokok paragraf / pokok pikiran penting dalam artikel
Tugas  untuk menginventaris opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis
Tugas untuk mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan alasannya.
Tugas untuk  menjelaskan kata-kata kajian dan pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah  (terlampir di bawah).




                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

KOMPETENSI DASAR
2.2   Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
3
Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  melakukan wawancara dan menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
Siswa mampu membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks dialog    tanya jawab wawancara
Daftar pertanyaan wawancara
Contoh rangkuman hasil wawancara
Cara membuat rangkuman


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik
·        Contoh rangkuman hasil wawancara
·        Cara membuat rangkuman
·     Siswa dapat Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru mengomentari salah satu gaya hidup yang sedang tren di masyarakat atau kalangan remaja pada umumnya. Misalnya,   banyak remaja  putri yang menggilai dunia sepakbola,   artis yang menikah dalam usia muda, pejabat melakukan poligami.     Guru meminta pendapat beberapa siswa tentang fenomena tersebut.
F Guru mengajak siswa untuk mendengarkan tanggapan pakar atau tokoh masyarakat tentang persoalan tersebut yang terungkap dalam suatu wawancara. (Guru memperdengarkan/membacakan penggalan  dialog wawancara)

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1   ( 90)

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa menyaksikan simulasi adegan wawancara dan mencermati pertanyaan serta jawaban narasumber.
F Siswa menjawab beberapa pertanyaan seputar topik dan latarbelakang jalannya wawancara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa ditugasi   mencari contoh  artikel dialog wawancara  dan membuat rangkuman tanggapan narasumber atas topik  yang dibicarakan
F Siswa membaca penggalan-penggalan teks wawancara dan mendiskusikan maksud tanggapan narasumber terhadap pertanyaan yang diajukan.  Setelah selesai, secara bergantian wakil kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan jawabannya.
F Secara berkelompok siswa  membuat persiapan wawancara: menentukan topik, narasumber, dan membuat daftar pertanyaan    wawancara.
F Siswa melakukan wawancara ( dilakukan di luar jam)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   (  90’)

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa membuat rangkuman hasil wawancara dengan menjelaskan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu
F Wakil setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan rangkuman dan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu dari hasil wawancara yang dilakukan
F Guru memberikan apresiasi dan ulasan atas presentasi hasil kerja setiap kelompok.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
·   Bersahabat/ komunikatif
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 44-47
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman  55-66
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman wawancara dengan seorang tokoh masyarakat atau publik figur


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa yang memeragakan/menyimulasikan adegan wawancara
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menjelaskan maksud  jawaban narasumber dalam menanggapi pertanyaan wawancara tentang suatu topik tertentu.
Tugas untuk melakukan wawancara dan menjelaskan maksud tanggapan narasumber tentang topik tertentu yang dibicarakan
Tugas untuk membuat rangkuman hasil wawancara
 Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Rubrik penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah)


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

KOMPETENSI DASAR
3.1   Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2   Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
3
Menemukan paragraf induktif dan deduktif
4
Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
5
Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dengan induktif
6
Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar
7
Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman
8
Mengidentifikasi kalimat tunggal
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)



TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
Siswa mampu mengidentifikasi paragraf deduktif dan induktif dalam suatu wacana

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif


METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
·        Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
·     Siswa dapat perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menyampaikan sebuah cerita kiasan/analogi:  dalam sebuah pesta/perjamuan atau pertemuan, biasanya  orang-orang   penting /pejabat duduk di barisan depan. Semakin ke belakang, berisi orang-orang yang tidak penting/tidak berpengaruh. Penyusunan formasi seperti itu tentu mempunyai suatu maksud.
F (Untuk memperjelas, Guru bisa menunjukkan denah pengaturan tempat duduk dalam suatu acara sekolah, di mana deretan bagian depan  diperuntukan undangan tamu-tamu penting)
F Dalam mengarang, penulis pun mempunyai pola-pola tertentu dalam mengatur  penempatan gagasan penting atau pokok.    Ada  yang berpola umum – khusus,   penting - tidak penting, pokok -penjelas,  atau sebaliknya.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1   (45’)

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Guru menjelaskan pola-pola paragraf induktif, deduktif, dan  deskriptif.
F Siswa membaca sebuah teks bacaan dan mengidentifikasi  kalimat utama dan ide pokok paragraf-paragrafnya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Secara berkelompok siswa mengidentifikasi paragraf-paragraf yang berpola induktif dan deduktif 
F Siswa berdiskusi untuk merumuskan ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa mengerjakan Uji Kompetensi: membaca teks dan mengidentifikasi pola-pola pengembangan gagasan utamanya
F Guru membagikan  koran  kepada setiap siswa (atau siswa menyiapkan koran yang dibawanya dari rumah).  Siswa ditugasi untuk mencari contoh-contoh paragraf berpola induktif dan deduktif, menandai kalimat utamanya, dan menempelkan pada lembar kertas yang dibagikan Guru.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
·   Bersahabat/ komunikatif

 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  31- 38
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan N usa Indah halaman 62-83

Material: VCD, kaset, poster
Denah formasi tempat duduk suatu acara/pertemuan

V
Mediacetak dan elektronik
 koran atau majalah

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membaca   artikel dan  mengidentifikasi pola-pola pengembangan gagasan utamanya
Tugas untuk mengkliping contoh-contoh paragraf berpola deduktif dan induktif  dari koran/majalah
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep tentang paragraf deduktif dan induktif yang telah dipelajarinya

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 -


                                                 
                                                                                              ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
4.    Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan 
4.2 Menulis   surat kuasa

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
3
Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan
4
Menulis surat  kuasa sesuai    keperluannya
5
Menjelaskan isi  surat kuasa
6
Memperbaiki    surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu menulis proposal dan surat kuasa secara benar 

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Beberapa contoh proposal dan surat  surat kuasa
Ciri-ciri   proposal dan surat kuasa
Sistematika dan format pengetikasn proposal dan surat kuasa
Unsur-unsur  atau struktur isi  proposal dan surat kuasa
Ragam bahasa proposal dan surat kuasa


METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
·        Beberapa contoh proposal dan surat  surat kuasa
·     Siswa dapat menulis proposal dan surat kuasa secara benar .

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru  menyampaikan sebuah ilustrasi cerita: dalam waktu bersamaan seseorang harus melakukan dua  agenda yang sama pentingnya. Guru menanyakan kepada siswa, apa yang harus dilakukan oleh orang tersebut agar kedua agenda itu  dapat berjalan tanpa ada yang dikorbankan.
F Guru membacakan  selembar kertas (berupa surat kuasa) yang bisa memberi jalan keluar atas persoalan yang dihadapi  orang tersebut.
F Guru m Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.embimbing pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa ada suatu jenis surat yang disebut surat kuasa

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-2   (45’)

& Eksplorasi
F Siswa mencermati contoh surat kuasa yang disajikan di buku teks.
F Siswa mengidentifikasi  pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa yang telah dibacanya.
& Elaborasi
F Guru menjelaskan fungsi, jenis, status, dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan surat kuasa.

·   Kreatif

Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)

& Elaborasi
F Siswa  menulis surat kuasa untuk keperluan tertentu
F Siswa saling menukarkan surat kuasanya dengan teman semeja/dekat untuk diedit
F Siswa memperbaiki surat kuasanya berdasarkan hasil  penyuntingan teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif

SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 47-49
Surat Menyurat dan Komunikasi untuk SMA terbitan Galaxy Puspa Mega
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo 

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
beberapa contoh asli surat kuasa  dengan berbagai keperluan

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa
Tugas untuk menulis surat kuasa
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas menulis surat kuasa (terlampir di bawah)




                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
4.    Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah

KOMPETENSI DASAR
4.2 Menulis surat dagang 


No
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mendaftar jenis surat  niaga
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menulis berbagai jenis surat niaga    sesuai dengan  keperluan
3
Menjelaskan isi  jenis-jenis surat niaga  
4
Memperbaiki  surat  surat niaga hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menulis beberapa jenis surat dagang

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Beberapa contoh surat niaga, a.l. surat perjanjian jual beli
Jenis-jenis surat dagang
Ciri-ciri surat dagang 
Sistematika dan struktur  isi  surat dagang 



METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
·        Beberapa contoh Ciri-ciri surat dagang 
·     Siswa dapat menulis beberapa jenis surat dagang .

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa menanyakan kepada siswa siapa  yang orang tuanya  berdagang/berniaga. Kepada yang bersangkutan, guru bertanya lebih lanjut bagaimana cara orang tua  melakukan pengadaan dan  pemasaran  barang-barang dagangannya.  Apakah dalam proses tersebut    terjadi proses surat menyurat.
F Siswa  diberi kesempatan untuk mengungkapkan pengalaman nyata /pengetahuannya tentang surat menyurat dagang
F Guru menunjukkan beberapa  contoh surat dagang/niaga yang pernah diterima sekolah. 

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F Guru menjelaskan peran penting surat menyurat dalam dunia bisnis
F Siswa mencermati sebuah contoh   surat dagang dan diminta untuk mengidentifikasi sistematika dan pokok-pokok isinya.
& Elaborasi
F Siswa  mencermati  bahasa (redaksional kalimat, diksi, gaya tuturan) surat dagang
F Dengan panduan Guru, siswa merumuskan sistematika, struktur isi, dan ragam bahasa surat niaga.
F Guru menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis surat dagang
F Siswa mencermati contoh-contoh surat dagang yang disajikan di buku teks dan melalui berdiskusi kelompok mengidentifikasi jenisnya
F Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di muka kelas dan ditanggapi oleh kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Eksplorasi
F Siswa menulis serangkaian surat dagang, mulai dari surat penawaran sampai pengajuan klaim.
F Siswa saling menukarkan dan mengedit surat hasil karangannya 
& Elaborasi
F Siswa memperbaiki karangan suratnya berdasarkan catatan hasil penyuntingan teman 

·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   tentang surat niaga/dagang yang telah dipelajari
F Siswa  diajak untuk  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Siswa didorong untuk mempraktikkan kompetensi menulis surat dagang yang telah dikuasainya untuk keperluan hidup sehari-hari     
·   Bersahabat/ komunikatif

 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman   54-60
Surat Menyurat dan Komunikasi 1 terbitan Galaxy Puspa Mega halaman 152- 162
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo 

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
beberapa  contoh (asli) surat niaga/dagang

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi jenis, sistematika dan struktur isi surat dagang.
Tugas untuk menulis serangkaian surat dagang  dengan ketentuan atau pembatasan tertentu
Tugas untuk mengedit dn memprebaiki surat dagang tulisan teman
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Rubrik penilaian tugas menulis   surat dagang (terlampir di bawah)



                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons