Cari Blog Ini

Selasa, 14 Februari 2012

MENGENAL QUANTUM THEACHING (Bagian 3)


Mengorkestrasi Landasan yang Kukuh (Bag.2)

Bagaimana Andai paramater-parameter dan garis-garis pedoman kelas Anda berhasil dan cocok untuk semua orang. Bayangkan satu set garis pedoman yang menjangkau ke luar kelas, menuntun perilaku, membina akhlak, dan mengajarkan nilai-nilai yang melekat seumur hidup pada diri setiap siswa. Seperti suasana (atmosfer), lAndasan yang kukuh berperan sebagai bagian penting dari komunitas belajar. Meskipun aspek-aspek setiap lAndasan bersifat unik dan individual, sebagaimana uniknya tiap sekolah dan kelas, unsur-unsur dasarnya tetap sama: a) tujuan yang sama, b) prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang sama, c) keyakinan kuat mengenai belajar dan mengajar, dan d) kesepakatan, kebijakan, prosedur, dan peraturan yang jelas.

TUJUAN

Sebuah komunitas belajar memilki lebih dari sekedar lokasi yang sama; komunitas belajar juga memilki tujuan yang sama. Di kelas, tujuan yang sama bagi seluruh siswa adalah mengembangkan kecakapan dalam mata pelajaran, menjadi pelajar yang lebih baik dan berinteraksi sebagai pemain tim, serta mengembangkan keterampilan lain yang Anda anggap penting. Tentukan sendiri tujuan komunitas Anda. Setelah Anda memutuskan tujuan tersebut, komunikasikanlah dengan jelas kepada siswa pada awal tahun ajaran.

PRINSIP-PRINSIP

Salah satu ciri komunitas belajar adalah sistem prinsip yang dianut dan dimengerti bersama oleh anggotaanggotanya.
Prinsip-prinsip yang dianut oleh komunitas Anda akan memberikan gambaran tentang cara yang dipilih para anggotanya untuk menjalani kehidupan ini. Prinsip-prinsip ini akan menuntun perilaku dan membantu tumbuhnya lingkungan yang saling mempercayai dan mendukung. Agar prinsip-prinsip tersebut melekat, setiap orang di kelas Anda harus setuju bahwa prinsip-prinsip tersebut penting dan harus dijunjung tinggi. Dalam Quantum Teaching, digunakan satu set perinsip yang disebut 8 Kunci Keunggulan. 8 Kunci itu menyediakan cara yang bermanfaat untuk mendapatkan keselarasan dan kerjasama.

8        Kunci Keunggulan
  1. Integritas (kejujuran), bersikaplah jujur, tulus, dan menyeluruh. Selaraskan nilai-nilai dengan perilaku Anda;
  2. Kegagalan Awal Kesuksesan, pahamilah bahwa kegagalan hanyalah memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk sukses. Kegagalan itu tidak ada, yang ada hanya hasil dan umpan balik. Semuanya dapat bermanfaat jika Anda tahu cara menemukan hikmahnya.
  3. Bicaralah Dengan Niat Baik, berbicaralah dengan pengertian positif, dan bertanggungjawablah untuk komunikasi yang jujur dan lurus. Hindari gosip dan komunikasi berbahaya.
  4. Hidup Disaat Ini, Pusatkan perhatian Anda pada saat sekarang ini, dan manfaatkan waktu sebaikbaiknya. Kerjakan setiap tugas sebaik mungkin.
  5. Komitmen, penuhi janji dan kewajiban Anda; laksanakan visi Anda. Lakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda
  6. Tanggung Jawab, bertanggungjawablah atas tindakan Anda
  7. Sikap Luwes atau Fleksibel, bersikaplah terbuka terhadap perubahan atau pendekatan baru yang dapat membantu Anda memperoleh hasil yang diinginkan
  8. Keseimbangan, jaga keselarasan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Sisihkan waktu untuk membangun dan memelihara tiga bidang ini.

Mengajarkan 8 Kunci Keunggulan
Berikan teladan untuk perilaku yang ingin Anda lihat pada siswa
Perkenalkan kunci-kunci ini melalui cerita dan perumpamaan
Terapkan kunci-kunci ini ke dalam kurikulum Anda.

KEYAKINAN AKAN KEMAMPUAN PELAJAR, BELAJAR, DAN MENGAJAR
Keyakinan Anda mempengaruhi tindakan dan perilaku Anda. Jika Anda membawakan keyakinan positif dan afirmatif, maka orang-orang di sekitar Anda akan terpengaruh. Kemampuan Anda untuk menjangkau siswa tetap sesuai dengan keyakinan dalam diri Anda. Yakinlah dengan kemampuan Anda
mengajar dan kemampuan siswa Anda belajar, maka akan terjadi hal-hal menakjubkan. Bersikaplah dengan penuh percaya diri, dan berpura-puralah Anda tahu persis apa yang sedang Anda lakukan. Suatu saat Anda akan melihat hasilnya, segalanya akan berbalik, dan Anda akan percaya pada kemampuan Anda sendiri dan siswa Anda.

KESEPAKATAN, KEBIJAKAN, PROSEDUR, DAN PERATURAN
Landasan komunitas belajar termasuk kesepakatan, kebijakan, prosedur, dan peraturan yang menjadi pegangan bagi setiap orang. Ada perbedaan tipis antara kesepakatan, kebijakan, prosedur, dan peraturan  kesepakatan, lebih informal daripada peraturan, dan merupakan daftar cara sederhana dan konkret untuk melancarkan jalannya pelajaran, kebijakan; mendukung tujuan komunitas belajar Anda, prosedur; memberi tahu siswa apa yang diharapkan dan tindakan apa yang diambil, peraturan; lebih ketat daripada kesepakatan atau kebijakan. Melanggar peraturan harus menimbulkan konsekuensi yang jelas.

MENJAGA KOMUNITAS TETAP BERJALAN (DAN TUMBUH)

Membangun lAndasan yang kukuh memerlukan waktu, usaha, dan tenaga. Hal ini merupakan proses yang terus berlangsung. Perhatian yang konsisten akan menjaga agar apa yang kita bangun tetap kuat dan sehat. Pastikan Anda tetap setia kepada pedoman yang Anda buat sebelumnya. Tetaplah dukung tujuan kelas Anda, terapkan dengan penuh energi dan semangat. Jaga agar siswa tetap terlibat dalam komunitas belajar dan jaga agar tingkat minat tetap tinggi. Caranya dengan memperlakukan siswa sebagai mitra dalam belajar, dan memberikan gambaran masa depan agar membuat mereka penasaran tentang apa yang akan terjadi.
 
                                                                                          BERSAMBUNG ....... !

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons