Cari Blog Ini

Jumat, 10 Februari 2012

KKM PEND. KEWARGANEGARAAN SMA XII


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN)

Sekolah         : SMA/MA ..........
Kelas             : XII
Semester      : I
KKM               : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kompetensi Dasar
dan Indikator
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM
Nilai KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Pengetahuan
Sikap/Afektif
Jumlah
STANDAR KOMPETENSI
1.      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

1.1  Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

§ Mendeskripsikan makna ideologi negara







§ Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara







§ Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara







§ Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup







§ Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka







1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

§ Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.







§ Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.







§ Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan







1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

§ Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila







§ Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.







Jumlah 3 KD


KKM  PKn 1

STANDAR KOMPETENSI
2.      Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan

2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

§ Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan







§ Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara







§ Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer







§ Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer







2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia

§ Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.







§ Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan







2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di  Indonesia dengan negara lain

§ Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia







§ membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain







Jumlah 3 KD


KKM  PKn 2



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN)

Sekolah         : SMA/MA ..........
Kelas             : XII
Semester      : II
KKM               : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kompetensi Dasar
dan Indikator
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM
Nilai KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Pengetahuan
Sikap/Afektif
Jumlah
STANDAR KOMPETENSI
1.      Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi

        Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkem bangan pers di Indonesia

§ Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis







§ Mendeskripsikan perkem- bangan pers di Indonesia







§ Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis







        Menganalisis  pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

§ Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik







§ Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia







§ Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jur- nalistik dari berbagai media







§ Menguraikan upaya pemerin- tah dalam mengendalikan kebebasan pers







        Mengevaluasi  kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

§ Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia







§ Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.







Jumlah 3 KD


KKM  PKn 3

STANDAR KOMPETENSI
2.      Mengevaluasi dampak globalisasi

4.1 Mendeskripsikan  proses, aspek, dan dampak  globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

§ Mengemukakan proses globalisasi







§ Mendeskripsikan aspek globalisasi







§ Mendeskripsikan  dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara







§ Mengemukakan proses globalisasi







4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia

§ Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara







§ Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia







4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi    globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

§ Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara







§ Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi







4.4 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

§ Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara







§ Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi







§ Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi







Jumlah 2 KD


KKM  PKn 4













KKM Pendidikan Kewarganegaraan KELAS XII
NO
KKM Pendidikan Kewarganegaraan
KKM
1
Pendidikan Kewarganegaraan SK 1

2
Pendidikan Kewarganegaraan SK 2

3
Pendidikan Kewarganegaraan SK 3

4
Pendidikan Kewarganegaraan SK 4

Jumlah

Total KKM PKn Kelas XII


............., ............... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA.............                                                                   Guru Mata Pelajaran




.........................................                                                                   ............................
NIP.                                                                                                     NIP.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons