RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 1. Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
1.2. Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
2. Mendeskripsikan dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya
3. Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
4. Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara
Alokasi Waktu : Tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
· Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi karya seni kriya | · cara membuat karya seni kriya berikut ini! | · Siswa dapat Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara · Siswa dapat Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang pengertian seni kriya
Motivasi:
§ Memotivasi siswa pentingnya mempelajari proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
§ Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§ Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
C. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
D. Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | |||
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | |||
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | |||
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas | |||
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | |||
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
2.1. Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
2.2. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
2.3. Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
2.4. Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya
· Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
· Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang
· Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan
· Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan
· Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
· Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya | · Mencari tahu ragam corak seni kriya Nusantara lalu membuat karyanya · Cara pembuatan karya seni kriya dengan teknik khas Nusantara | · Siswa dapat Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara · Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
§ Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§ Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | |||
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | |||
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | |||
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas | |||
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | |||
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi Dasar:
1.1. Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
1.2. Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
§ Mendeskripsikan teknik/proses dalam menciptakan berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
Alokasi Waktu:
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit dan 2x 45 menit.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
§ Gagasan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
§ Teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara
§ Bahan yang digunakan untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§ Apresiasi terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi karya seni rupa | · Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara · Mencari informasi tentang gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer | · Siswa dapat Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara · Siswa mampu Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang pengertian seni rupa.
Motivasi:
§ Memotivasi siswa pentingnya mempelajari keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni rupa yang memiliki khas Nusantara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
§ Mencari informasi tentang gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§ Guru meminta siswa berdiskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : Tugas kelompok
2. Bentuk instrumen : tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Menurutmu, gagasan apa yang terkandung dalam karya seni rupa Nusantara berikut ini?
b. Jelaskan teknik yang digunakan dalam membuat karya seni rupa terapan Nusantara berikut ini!
c. Bahan apa saja yang digunakan untuk membuat karya seni rupa terapan ini?
d. Jelaskan keunikan gagasan dan teknik yang terdapat dalam karya seni rupa modern/ kontemporer berikut ini!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 2. Membuat karya seni rupa.
Kompetensi Dasar:
2.1. Menggambar teknik/mistar
2.2. Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara
2.3. Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Siswa mampu membuat gambar teknik
§ Menciptakan sebuh karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara
§ Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara
§ Siswa mampu membuat karya seni kriya
Alokasi Waktu:
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Menggambar teknik/mistar
§ Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara
§ Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
§ Cara-cara menggambar teknik atau mistar
§ Konsep fungsi dan corak dalam perancangan seni kriya
§ Merancang karya seni rupa terapan berdasarkan unsur seni rupa Nusantara
§ Membuat karya seni kriya
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Membuat karya seni rupa | · Cara-cara menggambar teknik atau mistar · Menyusun konsep unsur seni rupa Nusantara dan menerapkannya pada pembuatan karya seni kriya · Membuat karya seni kriya | · Siswa mampu membuat gambar teknik · Siswa dapat Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara · Siswa mampu membuat karya seni kriya |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang pengertian seni rupa.
Motivasi:
§ Memotivasi siswa pentingnya mempelajari fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan cara Membuat karya seni rupa.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Mencari informasi tentang definisi, manfaat, dan teknik membuat gambar teknik, lalu membuat gambar teknik
§ Menyusun konsep unsur seni rupa Nusantara dan menerapkannya pada pembuatan karya seni kriya
§ Menyusun konsep unsur seni rupa Nusantara dan menerapkannya pada pembuatan karya seni kriya
§ Membuat karya seni kriya
§ Guru meminta siswa berdiskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : Portofolio
2. Bentuk instrumen : Proyek
3. Instrumen/soal :
a. Apa yang kamu ketahui tentang cara menggambar teknik?
b. Buatlah sebuah rancangan konsep karya seni kriya berdasarkan unsur seni rupa Nusantara!
c. Buatlah sebuah rancangan konsep karya seni kriya berdasarkan unsur seni rupa Nusantara!
d. Buatlah sebuah karya seni kriya berdasarkan unsur seni rupa Nusantara!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : ....................
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi: 9. Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
9.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara
· Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara
· Menjelaskan perkembangan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara
· Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni kriya mancanegara
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di mancanegara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah mancanegara
· Teknik membuat karya seni kriya di wilayah mancanegara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi karya seni kriya | · Mencari informasi dan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara | · siswa dapat Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancane-gara |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas mancanegara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
§ Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
§ Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§ Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas mancanegara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
C. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
D. Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | |||
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | |||
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | |||
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas | |||
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | |||
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : ....................
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi: 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
10.1 Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di mancanegara
10.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di mancanegara
10.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
10.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
· Mampu merancang karya seni kriya dengan corak yang khas mancanegara
· Menjelaskan teknik dan corak mancanegara yang akan diterapkan dalam pembuatan karya
· Membuat sebuah karya seni kriya berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara
· Menjelaskan apa yang disebut dengan “pameran”, serta makna dan manfaat yanng dapat mereka peroleh dengan menyelenggarakan pameran
· Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan
· Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
· Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
· Mampu merancang karya seni kriya dengan corak yang khas mancanegara
· Menjelaskan teknik dan corak mancanegara yang akan diterapkan dalam pembuatan karya
· Membuat sebuah karya seni kriya berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara
· Menjelaskan apa yang disebut dengan “pameran”, serta makna dan manfaat yanng dapat mereka peroleh dengan menyelenggarakan pameran
· Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan.
· Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
· Teknik membuat karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya | · Mencari informasi tentang teknik pembuatan seni kriya mancanegara dan merancang-nya | · siswa Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya dengan teknik dan corak di mancanegara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara.
§ Siswa Mencari informasi tentang teknik pembuatan seni kriya mancanegara dan merancang-nya.
§ Siswa mampun Membuat sebuah karya seni kriya berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | |||
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | |||
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | |||
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas | |||
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | |||
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : ....................
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 11. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 11.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
11.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Siswa mampu mendeskripsikan ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
· Siswa mampu menyebutkan bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara
· Membuat komentar ilmiah/apresiasi terhadap gagasan dan teknik yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
· Mencari informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
· Mencari informasi tentang bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
· Gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
· Bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
§ Bertanya jawab tentang informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara. § Membahas unsur dan langkah informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara. § Membahas ciri-ciri leksikogramatika. § Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara. § Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri. | § Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi. § tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya § Membahas unsur dan langkah retorika dalam informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara. | § Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru. § Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru. |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya dengan teknik dan corak di mancanegara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang informasi ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
§ Siswa mencari informasi tentang informasi ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
§ Siswa mampun membuat informasi ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya seni rupa terapan mancanegara.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat karya seni rupa terapan mancanegara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Buku sumber Seni Budaya dan Keterampilan Tim Widya Gamma
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | |||
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | |||
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | |||
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni rupa dengan jelas | |||
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | |||
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : ....................
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 12. Membuat karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 12.1. Menggambar teknik atau proyeksi
12.2. Merancang karya seni rupa dengan memper-timbagkan fungsi dan corak seni rupa terapan.
12.3. Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan
12.4. Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
12.5. Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Membuat gambar menggunakan mistar dengan ketepatan melalui konstruksi matematis.
· Mengerti fungsi dan tujuan menggambar mistar.
· Mengetahui media-media yang digunakan dalam menggambar menggunakan mistar.
· Mendeskripsi-kan gambar proyeksi.
· Mampu merancang fungsi dan corak seni rupa terapan.
· Mampu merancang hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu
· Mampu membuat hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu
· Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan
· Menjelaskan berbagai tema/konsep pameran seni rupa
· Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menggambar teknik /proyeksi.
- Merancang karya seni dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan
- Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan.
- Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri pada pameran di kelas atau di sekolah.
- Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau sekolah.
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
· Gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
· Bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara.
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
§ Bertanya jawab tentang menggambar teknik atau proyeksi. § Membahas unsur dan langkah informasi tentang menggambar teknik atau proyeksi. § Membahas ciri-ciri menggambar teknik atau proyeksi § Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas informasi tentang menggambar teknik atau proyeksi. § Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri. | § Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi. § tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya § Membahas unsur dan langkah retorika dalam informasi tentang menggambar teknik atau proyeksi. | § Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan informasi tentang menggambar teknik atau proyeksi di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru. § Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru. |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni rupa dengan menggambar teknik atau proyeksi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang seni rupa dengan menggambar teknik atau proyeksi.
§ Siswa mencari informasi tentang seni rupa dengan menggambar teknik atau proyeksi.
§ Siswa mampun membuat seni rupa dengan menggambar teknik atau proyeksi.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya seni rupa dengan menggambar teknik atau proyeksi.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik seni rupa dengan menggambar teknik atau proyeksi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Buku sumber Seni Budaya dan Keterampilan Tim Widya Gamma
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | |||
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | |||
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | |||
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni rupa dengan jelas | |||
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | |||
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
0 comments:
Posting Komentar