Cari Blog Ini

Jumat, 02 Maret 2012

RPP KIMIA XI.IPA.1.a SMA


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi :  1. Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat                                     periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk                              menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta                                      menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menjelaskan teori atom Niels Bohr
2.      Menjelaskan teori atom mekanika kuantum..
3.      Menentukan bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada).
4.      Menggambarkan bentuk orbital.
5.      Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan  bilangan kuantum.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom Niels Bohr
2.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom mekanika kuantum
3.      Menentukan bilangan kuantum yang diperbolehkan untuk keberadaan elektron
4.      Mengidentifikasi bentuk orbital s, p dan d
5.      Menjelaskan hubungan kulit dan sub kulit dengan bilangan kuantum.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
  • Pengenalan ilmu kimia
  • Teori atom Bohr
  • Teori atom mekanika kuantum
  • Bilangan-bilangan kuantum
  • Bentuk orbital
  • Kulit dan sub kulit

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
5 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
·        Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital s, p, d dan f melalui diskusi kelas.
·        Siswa dapat Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

V.  Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Radiasi elektromagnet
o   Teori atom Niels Bohr
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa / Perkenalan
o   Memperkenalkan program semester
o   Apersepsi:
Di kelas X telah dipelajari perkembangan teori atom, mulai dari teori paling sederhana yang dikemukakan oleh John Dalton sampai teori atom modern yang disebut teori atom mekanika kuantum.  Apakah kamu masih ingat ide pokok dalam masing-masing teori tersebut?  Sekarang kita akan membahas lebih jauh tentang teori atom Niels Bohr dan teori atom mekanika kuantum.  Kita akan membahas fakta-fakta eksperimen yang mendasari kedua teori atom itu sehingga kita dapat memahaminya secara utuh. 
o   Motivasi
Berdasarkan teori atom mekanika kuantum, kita dapat memahami sifat-sifat unsur dalam sistem periodik serta pembentukan ikatan kimia. 
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas sifat radiasi elektromagnet dan teori atom Niels Bohr sesuai dengan LKS 1.1 dan LKS 1.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan ide pokok dalam teori kuantum Max Planck dan teori atom Niels Bohr.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Teori atom mekanika kuantum
Bilangan-bilangan kuantum
Bentuk orbital
Kulit dan sub kulit
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas Teori atom mekanika kuantum sesuai dengan LKS 1.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengngatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya (supaya mengerjakan uji kompetensi). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (3 menit)
o   Salam pembuka
Kegiatan Inti (40 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Ulangan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (2 menit)
o   Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.4. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
            Buku Kimia; LKS, multimedia, model.

VII.  Penilaian: PPK, Responsi
          
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STRUKTUR ATOM - 2
(KONFIGURASI ELEKTRON DAN SISTEM PERIODIK UNSUR)

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat                                periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk                         menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta                                   menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menggunakan azas larangan Pauli, prisip aufbau, dan aturan Hund untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.
2.      Menghubungkan konfigurasi elektron  suatu unsur dengan letaknya dalam tabel periodik.

Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menuliskan konfigurasi elektron menurut teori atom mekanika kuantum.
2.      Menulisklan diagram orbital
3.      Menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektronnya atau sebaliknya.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar: 
Konfigurasi elektron menurut teori atom mekanika kuantum.
Hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
2  Jam pelajaran (1 x pertemuan)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
·        Berlatih menentukan penulisan konfigurasi elektron dan letak unsur dalam tabel periodik.
·        Siswa dapat Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas konfigurasi elektron sesuai dengan LKS 1.5. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik sesuai dengan LKS 1.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan aturan-aturan penulisan konfigurasi elektron. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menyimpulkan hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.7 dan 1.8). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.

Penilaian: PPK
          

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
GEOMETRI MOLEKUL

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat                                periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Kompetensi dasar     :  1.2.   Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti                                            atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron
2.      Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi.

Tujuan:
     Siswa dapat,
  • menentukan bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron.
  • Meramalkan kepolaran molekul berdasarkan geometri molekulnya
  • Menjelaskan geometri molekul berdasarkan teori hibridisasi.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar    : 
  • Teori domain elektron
  • Teori hibridisasi

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
2 Jam pelajaran (1 x pertemuan).


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
·        Menggambarkan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron.
·        Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi
·        Siswa dapat Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron disekitar kulit luar atom pusat dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk  molekul.

Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas teori domain elektron sesuai dengan LKS 1.7.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas teori hibridisasi sesuai dengan LKS 1.8. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan teori domain elektron
o   Menyimpulkan teori hibridisasi
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.9)

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.

Penilaian: PPK,          Responsi
          

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
GAYA ANTAR MOLEKUL

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi:  1.       Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Kompetensi dasar     :  1.3.   Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan                                      sifat zat.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.   Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik leleh) berdasarkan perbedaan gaya antar     molekul (gaya van der waals, gaya London, dan ikatan hidrogen).

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
  • Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik leleh) berdasarkan perbedaan gaya antar           molekul (gaya van der waals, gaya London, dan ikatan hidrogen).
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
  • Gaya antar molekul:
  • gaya dispersi
  • gaya dipol-dipol
  • ikatan hidrogen

IV.    Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan

V.          Alokasi Waktu
      3 jam Pelajaran (1 jam untuk ulangan harian)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
·        Diskusi tentang gaya antar molekul
·        Menganalisis grafik yang menunjukkan hubungan titik didih dengan massa molekul yang memiliki ikatan hidrogen
·        Siswa dapat Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan sifat zat

VI.  Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan  sifat zat..(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi kelas untuk membahas gaya antar molekul sesuai dengan LKS 1.8.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan gaya-gaya antar molekul dan pengaruhnya terhadap sifat fisik zat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);


VII.    Alat / Bahan / Sumber Belajar            : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.

VIII. Penilaian: Sikap / minat, PPK
          

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.





RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
AZAS KEKEKALAN ENERGI DAN PERUBAHAN ENTALPI

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1

Standar Kompetensi:  2.       Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Kompetensi dasar     :  2.1.   Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi                                                 eksoterm, dan reaksi endoterm.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
  • Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
  • Membedakan sistem dan lingkungan
  • Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
  • Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
  • Menjelaskan macam-macam entalpi molar

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
  • Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
  • Membedakan sistem dan lingkungan
  • Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
  • Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
  • Menjelaskan macam-macam entalpi molar
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
  • Azas kekekalan energi
  • Sistem dan lingkungan
  • Kalor reaksi (∆H)
  • Reaksi eksoterm dan endoterm
  • Entalpi molar

IV.    Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Demonstrasi
  • Diskusi
  • Penugasan

V.          Alokasi Waktu
8 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
·        Merancang dan melakukan tentang reaksi eksoterm dan endoterm dalam kelompok di laboratorium
·        menyimpulkan perbedaan antara reaksi eksoterm dan endoterm dari data percobaan
·        menggambarkan grafik yang menunjukkan reaksi eksoterm dan endoterm.
·        Siswa dapat Mendeskripsikan perubahan entalpi reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm

VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Azas kekekalan energi
o   Sistem dan lingkungan
o   Kalor reaksi (∆H)
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o   Appersepsi / motivasi
Energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari reaksi kimia.  Misalnya, untuk memasak kita gunakan energi dari pembakaran bahan bakar; untuk melakukan aktivitasnya, tubuh kita menggunakan energi dari makanan yang kita makan.  Pengetahuan ini penting sehingga kita dapat memperhitungkan kebutuhan energi kita. 
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas pengertian sistem dan lingkungan sesuai dengan LKS 2.2. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Melakukan diskusi kelas untuk membahas pengertian entalpi sesuai dengan LKS 2.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi kelas untuk membahas azas kekekalan energi sesuai dengan LKS 2.1.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan kata-kata kunci:  Azas kekekalan energi, energi dalam, sistem, lingkungan, kalor, kerja, entalpi dan perubahan entalpi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.4).  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Reaksi eksoterm dan endoterm
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka.
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Malakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membahas reaksi eksoterm dan endoterm sesuai dengan LKS 2.4. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi kelas untuk membahas reaksi eksoterm dan endoterm .  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan sifat-sifat reaksi eksoterm dan endoterm. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.5). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Entalpi molar
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Malakukan diskusi kelas untuk membahas pengertian persamaan termokimia dan berbagai macam entalpi molar sesuai dengan LKS 2.5. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi kelas untuk membahas pengertian persamaan termokimia dan berbagai macam entalpi molar.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan arti persamaan termokimia dan entaklpi molar pembentukan dan pembakaran. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Membahas soal uji kompetensi
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas soal uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Ulangan harian (50 menit). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.6). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VII.  Alat / Bahan / Sumber Belajar            : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.

VIII. Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
HUKUM HESS

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi :  2.      Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Kompetensi dasar     :  2.2.   Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess,                                       data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi                                              ikatan.

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menghitung harga ∆H reaksi berdasarkan data percobaan.
2.      Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan diagram siklus / diagram tinglkat energi.
3.      Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan data entalpi pembentukan standar.
4.      Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan data energi ikatan.

Tujuan:
     Siswa dapat,
  • Menentukan entalpi reaksi melalui percobaan.
  • Menghitung entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus /diagram tingkat energi.
  • Menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar.
  • Menghitung entalpi reaksi berdasarkan data energi ikatan.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar    : 
Kalorimetri
Hukum Hess

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi.
  • Praktikum.
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
8 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ∆H reaksi dalam kalorimeter melalui kerja kelompok di laboratorium
·        Siswa dapat Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan

Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Kalorimetri
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk menentukan kalor reaksi sesuai dengan LKS 2.5. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)


Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan cara penentuan entalpi reaksi melalui percobaan (kalorimetri).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.4). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Hukum hess,
o   Menentukan entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus
o   Menentukan entalpi reaksi berasarkan diagram tingkat energi
o   Menentukan entalpi reaksi berdasarkan data kalor reaksi lain yang berhubungan.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Malakukan diskusi kelas untuk membahas hukum Hess sesuai dengan LKS 2.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Latihan soal menentukan entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus, diagram tingkat energi dan data kalor reaksi lain yang berhubungan sesuai dengan LKS 2.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan cara menentukan reaksi dengan hukum Hess. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.7 dan 2.8). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Hukum Hess:
o   Menentukan entalpi reaksi berdasarkan entalpi pembentukan
o   Menentuam entalpi reaksi berdasarkan energi ikatan.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Malakukan diskusi kelas untuk membahas untuk menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar sesuai dengan LKS 2.5. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan disusi kelas untuk menghitung entalpi reaksi berdasarkan data energi ikatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan cara menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar dan data energi ikatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas, yaitu mengerjakan soal uji kompetensi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Membahas soal uji kompetensi
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas soal uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Ulangan harian (50 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.1) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.

Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons