RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
5. Mengapresiasi karya seni tari.
Kompetensi Dasar:
5.1. Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat
5.2. Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat
5.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§Menyebutkan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal (tari Bali)
§Menyebutkan peran dan jenis, tari kelompok (tari Surakarta)
§Menyebutkan dan menjelaskan keunikan tari tunggal dan kelompok tari Bali
Alokasi Waktu:
§ 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat
§Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
- Jenis, peran dan perkembangan tari tunggal diBali
- Jenis dan peran tari kelompok kreasi Surakarta
- Sikap apresiasif terhadap keunikan tari tunggal
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi karya seni tari | · Sebutkan Jenis, peran dan perkembangan tari tunggal diBali · Sebutkan Jenis dan peran tari kelompok kreasi Surakarta · Sebutkan Sikap apresiasif terhadap keunikan tari tunggal | · siswa dapat menjelaskan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal dan kelompok |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang Mengapresiasi karya seni tari
Motivasi:
§ Memotivasi siswa dapat menjelaskan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ siswa dapat menjelaskan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal dan kelompok
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Diskusi Kelompok tentang Jenis, peran dan perkembangan tari tunggal.
§ Guru menugaskan menjelaskan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal
§ Menyebutkan dan menjelaskan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Sebutkan peran dan jenis, tari kelompok (tari Surakarta) ?
b. Sebutkan dan menjelaskan keunikan tari tunggal dan kelompok tari Bali ?
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah……… Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
6. Mengapresiasi diri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar:
6.1. Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik
6.2. Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Menyebutkan hal –hal yang diperhatikan dalam menyusun sinopsis tari
§ Menyebutkan urutan gerak tari tunggal (tari Tani)
§ Memperagakan salah satu ragam gerak tari tunggal (tari Tani)
§ Menyusun sinopsis tari tunggal dan kelompok
Alokasi Waktu:
§ 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik
§ Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
§Sinopsis tari tunggal
§Sinopsis tari kelompok
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi diri melalui karya seni tari | · Sebutkan Sinopsis tari tunggal · Sebutkan Sinopsis tari kelompok | · siswa dapat menerangkan sinopsis tari tunggal dan kelompok |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang Sinopsis tari tunggal dan Sinopsis tari kelompok
Motivasi:
§ Memotivasi siswa dapat menerangkan sinopsis tari tunggal dan kelompok
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ siswa dapat menerangkan sinopsis tari tunggal dan kelompok
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Diskusi Kelompok tentang menerangkan sinopsis tari tunggal dan kelompok .
§ Guru menugaskan menjelaskan Sinopsis tari tunggal dan Sinopsis tari kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Sebutkan hal –hal yang diperhatikan dalam menyusun sinopsis tari ?
b. Sebutkan urutan gerak tari tunggal (tari Tani) ?
c. Memperagakan salah satu ragam gerak tari tunggal (tari Tani)
d. Menyusun sinopsis tari tunggal dan kelompok
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah……… Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
7. Mengapresiasi karya seni teater.
Kompetensi Dasar:
7.1. Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
7.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia)
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Menjelaskan makna teater
§ Menyebutkan peranan pertunjukan teater tradisional
§ Mengamati pertunjukan teater
§ Menyebutkan unsurunsur estetis teater tradisional
§ Menjelaskan dan mengurai-kan serta mencerminkan kembali sinopsis teater mancanegara yang berjudul “Romeo dan Yuliet
§ Meyebutkan pesan moral, yang terdapat pada teater tradisional mancanegara (Romeo dan Yuliet)
Alokasi Waktu:
§ 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
§ Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
§ Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia)
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
- Makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara
- Sikap apresiasif unsur estetis teater tradisional mancanegara
- Pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional mancanegara
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia) | · Jelaskan Makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara · Jelaskan Sikap apresiasif unsur estetis teater tradisional mancanegara · Jelaskan Pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional mancanegara | · siswa dapat mengetahui makna teater tradisional mancanegara |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang Makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara
Motivasi:
§ Memotivasi siswa dapat mengetahui makna teater tradisional mancanegara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ siswa dapat Menjelaskan makna teater
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Diskusi Kelompok tentang unsur-unsur estetis teater tradisional.
§ Guru menugaskan Menjelaskan dan mengurai-kan serta mencerminkan kembali sinopsis teater mancanegara yang berjudul “Romeo dan Yuliet.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Sebutkan pesan moral, yang terdapat pada teater tradisional mancanegara (Romeo dan Yuliet) ?
b. Sebutkan peranan pertunjukan teater tradisional ?
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah……… Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
8. Mengapresiasi diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar:
8.1. Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2. Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia)
8.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§Menyebutkan contoh-contoh eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
§Merancang karya teater tradisional
§Menyebutkan teknik-teknik permainan
§Menyebutkan bagian-bagian kerja sama dalam berteater
Alokasi Waktu:
§ 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
§Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia)
- Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
- Mengeluarkan teknik olah tubuh, pikiran,dan suara
- Merancang karya teater kreatif
- Kerja sama dalam berteater
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara · Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia) · Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater | · Mengeluarkan teknik olah tubuh, pikiran,dan suara · Merancang karya teater kreatif · Kerja sama dalam berteater | · siswa dapat memahami merancang karya teater kreatif |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang Mengapresiasi diri melalui karya seni teater
Motivasi:
§ Memotivasi siswa dapat memahami merancang karya teater kreatif
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ siswa dapat Menjelaskan makna teater
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Dengan diskusi siswa dapat memahami merancang karya teater kreatif
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Sebutkan contoh-contoh eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara ?
b. Sebutkan teknik-teknik permainan?
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah……… Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : .......................
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi :
13. Mengapresiasi Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar :
13.1 Mengidentifikasi jenis, peran dan perkembangan tari tunggal Mancanegara (non-Asia) sesuai konteks budaya masyarakatnya
13.2 Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok Mancanegara (non-Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya
13.3. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya
Indikator :
· Mendeskripsikan fungsi tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
· Mengidentifikasi jenis tari tunggal Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan
· Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan
· Mendeskripsikan fungsi tari kelompok Mancanegara (nonAsia)
· Mengidentifikasi jenis tari kelompok Mancanegara berdasarkan pengamatan pertunjukan
· Mengidentifikasi unsur pendukung tari kelompok Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan
· menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari tunggal Mancanegara (non-Asia)
· Mengidentifikasi keunikan kostum, iringan, gerak dan pola lantai tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
· Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan fungsi tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
- Mengidentifikasi jenis tari tunggal Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan
- Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan
- Mendeskripsikan fungsi tari kelompok Mancanegara (nonAsia)
- Mengidentifikasi jenis tari kelompok Mancanegara berdasarkan pengamatan pertunjukan
- Mengidentifikasi unsur pendukung tari kelompok Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan
- menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari tunggal Mancanegara (non-Asia)
- Mengidentifikasi keunikan kostum, iringan, gerak dan pola lantai tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
- Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
Tari Kelompok Mancanegara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi jenis, peran dan perkembangan tari tunggal Mancanegara (non-Asia) sesuai konteks budaya masyarakatnya · Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok Mancanegara (non-Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya · Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya | · fungsi tari tunggal Mancanegara · unsur pendukung tari kelompok Mancanegara | · Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi tari tunggal Mancanegara (nonAsia) · Siswa dapat Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
· Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru menjelaskan arti “Tari dan permasalahanya” .
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Secara kelompok mengamati pertunjukan jenis tari tunggal Mancanegara (nonAsia) melalui berbagai media
· Secara kelompok membuat identifikasi fungsi tari, unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
· Mendeskripkan unsur pendukung pertunjukan tari tunggal Mancanegara(non-Asia)
· Mengamati pertunjukan jenis tari kelompok Mancanegara (nonAsia)
· Membuat identifikasi fungsi tari, unsur pendukung tari kelompok Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
· Mendeskripkan unsur pendukung pertunjukan tari kelompok Mancanegara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Secara kelompok menganalisis ciri-ciri bentuk tari tunggal Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan melalui berbagai media
· Medeskripsikan, sikap, alur gerak pola lantai , kostum dan iringan yang digunakan dalam tari tunggal Mancanegara (non-Asia)
· Menyaksikan pertunjukan tari dari berbagai media
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Pertemuan Akhir
· Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
· Menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Sumber :
buku seni tari ,media cetak, elektronik, budaya setempat
Bahan :
tari tunggal kreasi nonetnik
lembar pengamatan
Alat :
VCD tari
Penilaian
1 Tugas Individual,
2 Tugas kelompok
3 Presentasi,
4 Laporan tertulis
Format Penilaian
Latihan | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
II | Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya | | | | |
III | Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah | | | |
Jumlah karya seni yang diamati di rumah | | | | |
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya | | | | |
Profil rumah mudah dipahami | | | | |
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan semua periode seni | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya | | | |
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya | | | |
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah | | | |
Kedalaman pengetahuan tentang istilah | | | |
Ketepatan definisi untuk tiap istilah | | | |
Definisi bersifat objektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ...... ……….................
Kepala Sekolah.......... Guru Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : .......................
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
Standar Kompetensi :
14. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar :
14.1 Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal dan kelompok
14.2 Menyiapkan pertunjukan tari kreasi (tari tunggal dan kelompok)
14.3 Mempertunjukan seni tari kreasi ( tunggal dan kelompok ) di sekolah
Indikator :
- Menceriterakan tema-tema tari kreasi tunggal dan tari kelompok
- Menunjukan gerak tari, polalntai, level, iringan kreasi tari tunggal dan kelompok
- Menjelaskan eksplorasi gerak sebagai dasar penyusunan tari
- Mengidentifikasi karya tari
- Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan
- Menyiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi
- Menentukan tempat pertunjukan
- Menunjukkan susunan acara
- Mendemonstrasikan tari kelompok dan kreasi orang lain
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
Menceriterakan tema-tema tari kreasi tunggal dan tari kelompok
Menunjukan gerak tari, polalntai, level, iringan kreasi tari tunggal dan kelompok
Menjelaskan eksplorasi gerak sebagai dasar penyusunan tari
Mengidentifikasi karya tari
Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan
Menyiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi
Menentukan tempat pertunjukan
Menunjukkan susunan acara
Mendemonstrasikan tari kelompok dan kreasi orang lain
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
Tema Tari Kreasi
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal dan kelompok · Menyiapkan pertunjukan tari kreasi (tari tunggal dan kelompok) · Mempertunjukan seni tari kreasi ( tunggal dan kelompok ) di sekolah | · Mengelompokan karya tari · Menyususn kepanitiaan · Mempersiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi | · Siswa dapat Menceriterakan tema-tema tari kreasi tunggal dan tari kelompok · Siswa dapat Menunjukan gerak tari, polalntai, level, iringan kreasi tari tunggal dan kelompok · Siswa dapat Menunjukkan susunan acara |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
· Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru menjelaskan arti “Tari dan permasalahanya” .
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Menentukan tema kreasi tari tunggal dan keeelompok
· Mengamati pertunjukan kreasi tari tunggal dan kelompok
· Eksplorasi gerak
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Mengelompokan karya tari
· Menyususn kepanitiaan
· Mempersiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi
· Menata ruang pertunjukan
· Menyusun acara pertunjukan
· Melaksanakan pertunjukan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Pertemuan Akhir
· Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
· Menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Sumber :
buku seni tari ,media cetak, elektronik, budaya setempat
Bahan :
tari tunggal kreasi nonetnik
lembar pengamatan
Alat :
VCD tari
Penilaian
5 Tugas Individual,
6 Tugas kelompok
7 Presentasi,
8 Laporan tertulis
Format Penilaian
Latihan | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
II | Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya | | | | |
III | Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah | | | |
Jumlah karya seni yang diamati di rumah | | | | |
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya | | | | |
Profil rumah mudah dipahami | | | | |
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan semua periode seni | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya | | | |
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya | | | |
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah | | | |
Kedalaman pengetahuan tentang istilah | | | |
Ketepatan definisi untuk tiap istilah | | | |
Definisi bersifat objektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ...... ……….................
Kepala Sekolah.......... Guru Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
0 comments:
Posting Komentar