KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : I (Satu)
KKM : Seni Tari
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
5.1. Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari tunggal Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat | | | | | | | |
· Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal · Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal · Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif, feodal, modern) · Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya | | | | | | | |
5.2. Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan | | | | | | | |
· Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal | | | | | | | |
5.3. Mengidentifikasi keunikan tari tunggal Nusantara dalam konteks budaya masyarakat | | | | | | | |
· Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum, iringan, gerak) · Menyebutkan fungsi kostum, iringan, gerak | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni Tari SK 5 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menjelaskan pengertian sinopsis tari · Menyebutkan tahapantahapan menyusun sinopsis tari · Menyebutkan contoh sinopsis tari | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni Tari SK 6 ) | | | | | | | |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : II (Dua)
KKM : Seni Tari
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
15.1.Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari kelompok Nusantara sesuai konteks budaya Masyarakat | | | | | | | |
· Mendeskripsikan fungsi tari berpasangan/ kelompok Nusantara · Mengielompokan tari berpasangan/ kelompok putra dan tariberpasangan/kelompok putri Nusantara · berdasarkan pengamatan pertunjukan | | | | | | | |
15.2.Mendeskripsikan unsure estetis tari kelompok Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan | | | | | | | |
· Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Nusantara berdasarkan pengamatan · Mendeskripsikan sikap.alur gerak, dan pola lantai tari berpasangan/kelompok Nusantara · Mengidetifikasi keunikan kostum dan iringan yang dugunakan dalam tari berpasangan/kelompok Nusantara · Membuat laporan unsusr estetis tari tungal Nusantara | | | | | | | |
15.3. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari kelompok Nusantara dalam Konteks Budaya masyarakat | | | | | | | |
· menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari kelompok Nusantara · Mengidentifikasi keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai tari kelompok Nusantara · Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari kelompok Nusantara | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni Tari SK 15 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
16.1 Menyusun sinopsis kreasi bentuk kelompok berdasarkan tari Nusantara | | | | | | | |
· Menceriterakan tema-tema tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara · Menunjukan gerak tari,polalntai,level, iringan tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara · Menunjukan kostum,properti tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara | | | | | | | |
16.2 Mempertunjukan karya seni tari kelompok dan kreasi orang lain di sekolah | | | | | | | |
· Mengidentifikasi materi pertunjukan · Menunjukan susunan acara · Menyajikan tari kelompok | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni Tari SK 16 ) | | | | | | | |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XII
Semester : I (Satu)
KKM : Seni Tari
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
5.1.Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat | | | | | | | |
· Menyebutkan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal (tari Bali) | | | | | | | |
5.2.Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat | | | | | | | |
· Menyebutkan peran dan jenis, tari kelompok (tari Surakarta) | | | | | | | |
5.3.Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat | | | | | | | |
· Menyebutkan dan menjelaskan keunikan tari tunggal dan kelompok tari Bali | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni tari SK 5 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
6.1.Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik | | | | | | | |
· Menyebutkan hal –hal yang diperhatikan dalam menyusun sinopsis tari · Menyebutkan urutan gerak tari tunggal (tari Tani) · Memperagakan salah satu ragam gerak tari tunggal (tari Tani) | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menyusun sinopsis tari tunggal dan kelompok | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni tari SK 6 ) | | | | | | | |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XII
Semester : II (Dua)
KKM : Seni Tari
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
13.1 Mengidentifikasi jenis, peran dan perkembangan tari tunggal Mancanegara (non-Asia) sesuai konteks budaya masyarakatnya | | | | | | | |
· Mendeskripsikan fungsi tari tunggal Mancanegara (nonAsia) · Mengidentifikasi jenis tari tunggal Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan · Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan | | | | | | | |
13.2Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok Mancanegara (non-Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya | | | | | | | |
· Mendeskripsikan fungsi tari kelompok Mancanegara (nonAsia) · Mengidentifikasi jenis tari kelompok Mancanegara berdasarkan pengamatan pertunjukan · Mengidentifikasi unsur pendukung tari kelompok Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan | | | | | | | |
13.3.Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya | | | | | | | |
· menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari tunggal Mancanegara (non-Asia) · Mengidentifikasi keunikan kostum, iringan, gerak dan pola lantai tari tunggal Mancanegara (nonAsia) · Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia) | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni Tari SK 13 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menceriterakan tema-tema tari kreasi tunggal dan tari kelompok · Menunjukan gerak tari, polalntai, level, iringan kreasi tari tunggal dan kelompok · Menjelaskan eksplorasi gerak sebagai dasar penyusunan tari · Mengidentifikasi karya tari | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan · Menyiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi · Menentukan tempat pertunjukan | | | | | | | |
14.3 Mempertunjukan seni tari kreasi ( tunggal dan kelompok ) di sekolah | | | | | | | |
· Menunjukkan susunan acara · Mendemonstrasikan tari kelompok dan kreasi orang lain | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni Tari SK 14 ) | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Seni Budaya (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar