Cari Blog Ini

Senin, 05 Maret 2012

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI

Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XI
Semester                      : I (Satu)
KKM                               : Seni Tari
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
5.Mengapresiasi Karya Seni Tari







5.1.   Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari tunggal Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat







·   Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal
·   Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal
·   Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif, feodal, modern)
·   Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya







5.2.   Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan







·   Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal







5.3.   Mengidentifikasi keunikan tari tunggal Nusantara dalam konteks budaya masyarakat







·   Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum, iringan, gerak)
·   Menyebutkan fungsi kostum, iringan, gerak







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Tari SK 5 )







6. Mengekspresikan diri melalui Karya Seni Tari







6.1. Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan  tari Nusantara







·   Menjelaskan pengertian sinopsis tari
·   Menyebutkan tahapantahapan menyusun sinopsis tari
·   Menyebutkan contoh sinopsis tari







6.2. Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara







·   Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni Tari SK 6 )










KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI


Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XI
Semester                      : II (Dua)
KKM                               : Seni Tari
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
15. Mengapresiasi Karya Seni Tari







15.1.Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari kelompok Nusantara sesuai konteks budaya Masyarakat







·   Mendeskripsikan fungsi   tari berpasangan/ kelompok Nusantara
·   Mengielompokan  tari berpasangan/ kelompok putra dan tariberpasangan/kelompok putri Nusantara  
·   berdasarkan pengamatan   pertunjukan







15.2.Mendeskripsikan unsure estetis tari kelompok Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan







·   Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Nusantara berdasarkan pengamatan
·   Mendeskripsikan sikap.alur gerak, dan pola lantai tari berpasangan/kelompok Nusantara
·   Mengidetifikasi keunikan kostum dan iringan yang dugunakan dalam tari berpasangan/kelompok Nusantara
·   Membuat laporan unsusr estetis tari tungal Nusantara







15.3. Menunjukan sikap       apresiatif terhadap        keunikan tari  kelompok        Nusantara  dalam         Konteks  Budaya       masyarakat







·   menganalisisi sikap alur gerak dan pola  lantai yang digunakan  dalam tari kelompok Nusantara
·    Mengidentifikasi keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai  tari kelompok Nusantara
·   Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari kelompok Nusantara







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Tari SK 15 )







16.Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari







16.1 Menyusun  sinopsis       kreasi bentuk        kelompok       berdasarkan tari        Nusantara







·   Menceriterakan  tema-tema  tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
·   Menunjukan gerak tari,polalntai,level, iringan tari   kreasi bentuk berpasangan/kelompok        Nusantara
·   Menunjukan kostum,properti tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara







16.2 Mempertunjukan karya seni tari kelompok dan kreasi  orang lain di            sekolah







·   Mengidentifikasi materi pertunjukan
·   Menunjukan susunan acara  
·   Menyajikan tari kelompok







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni Tari SK 16 )










KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI


Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XII
Semester                      : I (Satu)
KKM                               : Seni Tari
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
5. Mengapresiasi karya seni tari







5.1.Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal  kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat







·   Menyebutkan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal (tari Bali)







5.2.Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat







·   Menyebutkan peran dan jenis, tari kelompok (tari Surakarta)







5.3.Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat







·   Menyebutkan dan menjelaskan keunikan tari tunggal dan kelompok tari Bali







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni tari SK 5 )







6. Mengapresiasi diri melalui karya seni tari







6.1.Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik







·   Menyebutkan hal –hal yang diperhatikan dalam menyusun sinopsis tari
·   Menyebutkan urutan gerak tari tunggal (tari Tani)
·   Memperagakan salah satu ragam gerak tari tunggal (tari Tani)







6.2.Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik







·   Menyusun sinopsis tari tunggal dan kelompok







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni tari SK 6 )










KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI TARI


Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XII
Semester                      : II (Dua)
KKM                               : Seni Tari
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
13. Mengapresiasi Karya Seni Tari







13.1 Mengidentifikasi jenis, peran dan perkembangan tari   tunggal Mancanegara (non-Asia) sesuai konteks budaya masyarakatnya







·   Mendeskripsikan fungsi   tari tunggal Mancanegara (nonAsia) 
·   Mengidentifikasi jenis tari tunggal Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan
·   Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia)  berdasarkan pengamatan







13.2Mengidentifikasi jenis dan peran  tari kelompok Mancanegara (non-Asia) dalam  konteks kehidupan  budaya masyarakatnya







·   Mendeskripsikan fungsi   tari kelompok Mancanegara (nonAsia) 
·   Mengidentifikasi jenis tari kelompok Mancanegara  berdasarkan pengamatan pertunjukan
·   Mengidentifikasi unsur pendukung tari kelompok Mancanegara (nonAsia)  berdasarkan pengamatan







13.3.Menunjukan sikap  apresiatif terhadap keunikan tari   tunggal      Mancanegara   (nonAsia) dalam   konteks budaya masyarakatnya







·   menganalisisi sikap alur gerak dan pola  lantai yang digunakan  dalam tari tunggal Mancanegara (non-Asia)
·   Mengidentifikasi keunikan kostum, iringan, gerak dan pola lantai  tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
·   Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia)







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Tari SK 13 )







14. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari.







14.1 Menyusun sinopsis kreasi tari  tunggal dan kelompok







·   Menceriterakan  tema-tema  tari kreasi tunggal  dan tari  kelompok
·   Menunjukan gerak tari, polalntai, level, iringan kreasi tari tunggal dan kelompok
·   Menjelaskan eksplorasi gerak sebagai dasar penyusunan tari
·   Mengidentifikasi karya tari







14.2 Menyiapkan pertunjukan tari kreasi (tari tunggal dan kelompok)







·   Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan
·   Menyiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi
·   Menentukan tempat pertunjukan







14.3 Mempertunjukan seni tari kreasi ( tunggal dan kelompok ) di sekolah







·   Menunjukkan susunan acara  
·   Mendemonstrasikan tari kelompok dan kreasi orang lain







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Tari SK 14 )










Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Seni Budaya



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons