Cari Blog Ini

Senin, 05 Maret 2012

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA


Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XI
Semester                      : I (Satu)
KKM                               : Seni Rupa
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
1. Mengapresiasi karya seni kriya







1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara







·   Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
·   Mendeskripsikan  dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya







1.2 Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara







·   Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
·   Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara







Jumlah 2 KD


KKM ( Seni Rupa SK 1 )

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya







2.1 Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara







·   Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya
·   Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya  dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
·   Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang
·   Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan







2.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah







·   Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan







2.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran  di kelas atau di sekolah 







·   Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran







Jumlah 4 KD







KKM (Seni Rupa SK 2 )







1. Mengapresiasi karya seni rupa







1.1. Mengidentifik-asi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara








·   Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
·   Mendeskripsikan  teknik/proses dalam menciptakan berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
·   Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat  berbagai karya seni rupa terapan Nusantara







·    1.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara







·   Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer







Jumlah 2 KD


KKM ( Seni Rupa SK 1 )


2. Membuat karya seni rupa







2.1 Menggambar teknik atau mistar







·   Siswa mampu membuat gambar teknik







2.2 Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara








·   Menciptakan sebuh karya seni kriya  dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara
·   Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara







2.3 Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara







·   Siswa mampu membuat karya seni kriya







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni Rupa SK 2 )










KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA


Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XI
Semester                      : II (Dua)
KKM                               : Seni Rupa
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
9. Mengapresiasi karya seni kriya







9.1. Mengidentifi-kasi  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara







·   Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancane-gara
·   Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara







9..2 .Menampilk-an sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara







·   Menjelaskan perkembangan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara
·   Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni kriya mancanegara







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni Rupa SK 9 )







10. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya







10.1  Merancang karya seni kriya dengan memanfaat-kan teknik dan corak di mancanegara







·   Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
·   Mampu merancang karya seni kriya dengan corak yang khas mancanegara







10.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di mancanegara







·   Menjelaskan teknik dan corak  mancanegara yang akan diterapkan dalam pembuatan karya
·   Membuat sebuah karya seni kriya  berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara







10.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah







·   Menjelaskan apa yang disebut dengan “pameran”, serta makna dan manfaat yanng dapat mereka peroleh dengan menyelenggarakan pameran
·   Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan







10.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk







·   Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran







Jumlah 4 KD







KKM ( Seni Rupa SK 10 )







11. Mengapresiasi karya seni rupa







11.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara







·   Siswa mampu mendeskripsikan ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
·   Siswa mampu menyebutkan bahan  yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara 







11.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara







·   Membuat komentar ilmiah/apresiasi terhadap gagasan dan teknik  yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni Rupa SK 11 )







12.1. Menggambar teknik atau proyeksi







·   Membuat gambar menggunakan mistar dengan ketepatan melalui konstruksi matematis.
·   Mengerti fungsi dan tujuan menggambar mistar.
·   Mengetahui media-media yang digunakan dalam menggambar menggunakan mistar. 
·   Mendeskripsi-kan gambar proyeksi







12.2 Merancang karya seni rupa dengan mempertimbagkan fungsi dan corak seni rupa terapan







·   Mampu merancang fungsi dan corak seni rupa terapan.
·   Mampu merancang hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu







12.3 Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan







·   Mampu membuat hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu







12.4 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri  untuk pameran kelas atau sekolah







·   Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan







12.5 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri  dalam bentuk pameran kelas atau sekolah







·   Menjelaskan berbagai tema/konsep pameran seni rupa
·   Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran







Jumlah 5 KD







KKM ( Seni Rupa SK 12 )









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA


Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XII
Semester                      : I (Satu)
KKM                               : Seni Rupa
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
1. Mengapresiasi karya seni rupa.







1.1 Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa modern/kontemporer







·   Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
·   Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer







1.2. Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara







·   Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
·   Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara







1.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer







·   Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Rupa SK 1 )







2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa







2.1. Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara







·   Menjelaskan maksud merancang karya seni rupa
·   Menyebutkan karya seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang
·   Menyebutkan macam-macam rancangan dalam penggunaan







2.2. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara







·   Membuat karya seni rupa murni dan terapan







Jumlah 2 KD







KKM ( Seni Rupa SK 2 )










KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA

Sekolah                         : SMA/MA ..........
Kelas                             : XII
Semester                      : II (Dua)
KKM                               : Seni Rupa
Tahun Pelajaran         : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Praktik
Sikap/Afektif
Jumlah
Nilai KKM %
9 Mengapresiasi karya seni rupa







9.1.Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer







·   Mengidentifikasi perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa  modern dan kontemporer
·   Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
·   Membuat klasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer
·   Menjelaskan perbedaan secara tertulis  seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer







9.2.Menjelaskan perkembangan seni rupa modern / kontemporer di Indonesia







·   Menjelaskan proses perkembangan  karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
·   Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
·   Menjelaskan corak seni rupa  modern/kontemporer Indonesia
·   Membuat laporan tertulis perkembanagan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia







9.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern  / kontemporer di Indonesia







·   Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·   Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·   Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Rupa SK 9 )







10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa







10.1.Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa







·   Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak
·   Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara
·   Membuat karya seni rupa  terapan yang digali dari beragam corak seni







10.2.Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara







·   Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
·   Membuat  karya seni rupa murni yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
·   Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya







10.3.Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah







·   Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer  yang akan dipamerkan
·   Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran
·   Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern  / kontemporer di kelas







10.4.Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah







·   Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer  bersama yang dikembangkan dari  hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah
·   Mengidentifikasi keguanaan pameran seni terapan
·   Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar proyeksi







Jumlah 4 KD







KKM ( Seni Rupa SK 10 )







9. Mengapresiasi karya seni rupa







9.1.Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer







·   Menjelaskan pengertian seni rupa tradisional , seni rupa  modern dan kontemporer
·   Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
·   Mengklasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
·   Melaporkan secara tertulis perbedaan seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer







9.2.Menjelaskan perkembangan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia







·   Menjelaskan proses perkembangan  karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
·   Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa
·   modern/kontemporer di Indonesia
·   Menjelaskan corak seni rupa modern/kontemporer Indonesia
·   Mendeskripsikan secara tertulis perkembangan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia







9.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern  /kontemporer di Indonesia dengan memperhatikan konteks kehidupan masyarakat







·   Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·   Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·   Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia







Jumlah 3 KD







KKM ( Seni Rupa SK 9 )







10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa







10.1.Menggambar teknik/ perspektif lanjutan







·   Mendeskripsikan menggambar perspektif
·   Mengidentifikasi jenis alat  yang praktis dan sesuai prosedur
·   Menggambar teknik perspektif benda bersusun (bangunan) beserta banyangannya







10.2.Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara







·   Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
·   Membuat karya seni rupa murni yang di kembangkan dari unsurteknik garis dan prosedur seni rupa Nusantara
·   Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya







10.3.Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah







·   Mengidentifikasi karya seni rupa yang  yang akan dipamerkan dengan teknik menggambar Perspektif
·   Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran
·   Menyusun panitia pameran
·   Menentukan tugas pokok masing-masing
·   Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa yang dikembangkan dari menggambar teknik Perspektif







10.4.Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah







·   Menjelaskan tujuan dan kegunaan Pameran
·   Mengumpulkan jenis karya seni tradisi, modern/kontemporer
·   Evaluasi kegiatan Pameran seni rupa tradisi Nusantara, modern / kontemporer dan menggambar teknik (perspektif)







Jumlah 4 KD







KKM ( Seni Rupa SK 10 )








Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Seni Budaya



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

2 comments:

Unknown mengatakan...

Thx,ya.

Unknown mengatakan...

Trima kasih byk ya.

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons