KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : I (Satu)
KKM : Seni Rupa
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | ||||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara | |||||||
· Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara · Mendeskripsikan dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya | |||||||
· Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara · Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara | |||||||
Jumlah 2 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 1 ) | |||||||
· Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya · Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara · Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang · Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan | |||||||
· Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan | |||||||
· Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran | |||||||
Jumlah 4 KD | |||||||
KKM (Seni Rupa SK 2 ) | |||||||
1.1. Mengidentifik-asi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara | |||||||
· Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara · Mendeskripsikan teknik/proses dalam menciptakan berbagai karya seni rupa terapan Nusantara · Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara | |||||||
· 1.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara | |||||||
· Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer | |||||||
Jumlah 2 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 1 ) | |||||||
· Siswa mampu membuat gambar teknik | |||||||
2.2 Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara | |||||||
· Menciptakan sebuh karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara · Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara | |||||||
· Siswa mampu membuat karya seni kriya | |||||||
Jumlah 2 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 2 ) |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : II (Dua)
KKM : Seni Rupa
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | ||||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
9.1. Mengidentifi-kasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara | |||||||
· Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancane-gara · Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara | |||||||
· Menjelaskan perkembangan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara · Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni kriya mancanegara | |||||||
Jumlah 2 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 9 ) | |||||||
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya | |||||||
· Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara · Mampu merancang karya seni kriya dengan corak yang khas mancanegara | |||||||
10.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di mancanegara | |||||||
· Menjelaskan teknik dan corak mancanegara yang akan diterapkan dalam pembuatan karya · Membuat sebuah karya seni kriya berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara | |||||||
10.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah | |||||||
· Menjelaskan apa yang disebut dengan “pameran”, serta makna dan manfaat yanng dapat mereka peroleh dengan menyelenggarakan pameran · Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan | |||||||
10.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk | |||||||
· Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran | |||||||
Jumlah 4 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 10 ) | |||||||
11.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara | |||||||
· Siswa mampu mendeskripsikan ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara · Siswa mampu menyebutkan bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara | |||||||
11.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara | |||||||
· Membuat komentar ilmiah/apresiasi terhadap gagasan dan teknik yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara | |||||||
Jumlah 2 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 11 ) | |||||||
12.1. Menggambar teknik atau proyeksi | |||||||
· Membuat gambar menggunakan mistar dengan ketepatan melalui konstruksi matematis. · Mengerti fungsi dan tujuan menggambar mistar. · Mengetahui media-media yang digunakan dalam menggambar menggunakan mistar. · Mendeskripsi-kan gambar proyeksi | |||||||
· Mampu merancang fungsi dan corak seni rupa terapan. · Mampu merancang hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu | |||||||
12.3 Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan | |||||||
· Mampu membuat hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu | |||||||
12.4 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah | |||||||
· Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan | |||||||
12.5 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah | |||||||
· Menjelaskan berbagai tema/konsep pameran seni rupa · Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran | |||||||
Jumlah 5 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 12 ) |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XII
Semester : I (Satu)
KKM : Seni Rupa
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | ||||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
1.1 Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer | |||||||
· Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer · Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer | |||||||
· Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer) · Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara | |||||||
1.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer | |||||||
· Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer | |||||||
Jumlah 3 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 1 ) | |||||||
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | |||||||
· Menjelaskan maksud merancang karya seni rupa · Menyebutkan karya seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang · Menyebutkan macam-macam rancangan dalam penggunaan | |||||||
· Membuat karya seni rupa murni dan terapan | |||||||
Jumlah 2 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 2 ) |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI RUPA
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XII
Semester : II (Dua)
KKM : Seni Rupa
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | ||||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
9.1.Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer | |||||||
· Mengidentifikasi perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa modern dan kontemporer · Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia · Membuat klasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer · Menjelaskan perbedaan secara tertulis seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer | |||||||
· Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia · Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia · Menjelaskan corak seni rupa modern/kontemporer Indonesia · Membuat laporan tertulis perkembanagan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia | |||||||
9.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern / kontemporer di Indonesia | |||||||
· Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia · Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia · Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia | |||||||
Jumlah 3 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 9 ) | |||||||
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | |||||||
· Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak · Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara · Membuat karya seni rupa terapan yang digali dari beragam corak seni | |||||||
· Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara · Membuat karya seni rupa murni yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara · Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya | |||||||
10.3.Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah | |||||||
· Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer yang akan dipamerkan · Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran · Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern / kontemporer di kelas | |||||||
· Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer bersama yang dikembangkan dari hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah · Mengidentifikasi keguanaan pameran seni terapan · Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar proyeksi | |||||||
Jumlah 4 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 10 ) | |||||||
9. Mengapresiasi karya seni rupa | |||||||
· Menjelaskan pengertian seni rupa tradisional , seni rupa modern dan kontemporer · Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia · Mengklasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer · Melaporkan secara tertulis perbedaan seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer | |||||||
9.2.Menjelaskan perkembangan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia | |||||||
· Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia · Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa · modern/kontemporer di Indonesia · Menjelaskan corak seni rupa modern/kontemporer Indonesia · Mendeskripsikan secara tertulis perkembangan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia | |||||||
· Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia · Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia · Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia | |||||||
Jumlah 3 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 9 ) | |||||||
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | |||||||
· Mendeskripsikan menggambar perspektif · Mengidentifikasi jenis alat yang praktis dan sesuai prosedur · Menggambar teknik perspektif benda bersusun (bangunan) beserta banyangannya | |||||||
· Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara · Membuat karya seni rupa murni yang di kembangkan dari unsurteknik garis dan prosedur seni rupa Nusantara · Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya | |||||||
10.3.Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah | |||||||
· Mengidentifikasi karya seni rupa yang yang akan dipamerkan dengan teknik menggambar Perspektif · Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran · Menyusun panitia pameran · Menentukan tugas pokok masing-masing · Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa yang dikembangkan dari menggambar teknik Perspektif | |||||||
10.4.Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah | |||||||
· Menjelaskan tujuan dan kegunaan Pameran · Mengumpulkan jenis karya seni tradisi, modern/kontemporer · Evaluasi kegiatan Pameran seni rupa tradisi Nusantara, modern / kontemporer dan menggambar teknik (perspektif) | |||||||
Jumlah 4 KD | |||||||
KKM ( Seni Rupa SK 10 ) |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Seni Budaya (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
2 comments:
Thx,ya.
Trima kasih byk ya.
Posting Komentar