RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 5. Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar:
5.1. Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
5.2. Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
5.3. Mengidentifikasi keunikan tari tunggal nusantara dalam konteks budaya masyarakat
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal
- Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal
- Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif, feodal, modern)
- Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya
- Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal
- Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum, iringan, gerak)
- Menyebutkan fungsi kostum, iringan, gerak
Alokasi Waktu:
4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
- Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
- Mengidentifikasi keunikan tari tunggal nusantara dalam konteks budaya masyarakat
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-9 dan 10
1. Jenis dan unsur estetis tari tunggal
2. Perkembangan tari tunggal Nusantara
Yang disebut tari tunggal adalah tari yang dalam pementasannya dibawakan oleh penari secara individu
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi Karya Seni Tari | · Sebutkan Jenis dan unsur estetis tari tunggal | · siswa dapat menjelaskan jenis dan unsur estetis tari tunggal. |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-9 dan 10
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang pengertian seni tari
Motivasi:
§ Memotivasi siswa pentingnya mempelajari jenis tari tunggal
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Dengan informasi siswa dapat menjelaskan jenis dan unsur estetis tari tunggal
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Dengan ceramah siswa dapat menerangkan perkembangan tari tunggal Nusantara
§ Dengan diskusi siswa dapat mengetahui Perkembangan tari tunggal Nusantara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang disebut tari tunggal!
b. Sebutkan secara garis besar ragam gerak tari tunggal!
c. Sebutkan jenis-jenis tari tunggal!
d. Jelaskan bahwa tari tunggal berperan dalam mengembangkan bakat!
e. Sebutkan apa saja yang harus diamati dalam pementasan tari tunggal!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi:
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar:
6.1. Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
6.2. Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan pengertian sinopsis tari
- Menyebutkan tahapan-tahapan menyusun sinopsis tari
- Menyebutkan contoh sinopsis tari
- Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal
Alokasi Waktu:
4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
- Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
- Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-11 dan 12
Cara menyusun sinopsis tari
Sinopsis adalah rangkuman dalam isi dan gerak tari
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengekspresikan diri melalui Karya Seni Tari | · Cara menyusun sinopsis tari | · siswa dapat mengetahui cara menyusun sinopsis tari |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-11 dan 12
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang jenis tari tunggal
Motivasi:
§ Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara menyusun sinopsis tari
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Menjelaskan pengertian sinopsis tari
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Dengan diskusi siswa dapat mengetahui cara menyusun sinopsis tari
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang dimaksud sinopsis!
b. Sebutkan unsur-unsur komposisi tari!
c. Tuliskan ragam gerak ke-1, hitungan ke-2 pada tari nelayan!
d. Apa fungsi musik pada sebuah tarian?
e. Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan tari tunggal di Indonesia?
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : ....................
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 15. Mengapresiasi Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar : 15.1. Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari kelompok Nusantara sesuai konteks budaya Masyarakat
15.2. Mendeskripsikan unsure estetis tari kelompok Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
15.3. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari kelompok Nusantara dalam Konteks Budaya masyarakat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
§ Mendeskripsikan fungsi tari berpasangan/ kelompok Nusantara
§ Mengielompokan tari berpasangan/ kelompok putra dan tariberpasangan/
§ kelompok putri Nusantara
§ berdasarkan pengamatan pertunjukan
§ Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Nusantara berdasarkan pengamatan
§ Mendeskripsikan sikap.alur gerak, dan pola lantai tari berpasangan/kelompok Nusantara
§ Mengidetifikasi keunikan kostum dan iringan yang dugunakan dalam tari berpasangan/kelompok Nusantara
§ Membuat laporan unsusr estetis tari tungal Nusantara
§ Menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari kelompok Nusantara
§ Mengidentifikasi keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai tari kelompok Nusantara
§ Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari kelompok Nusantara.
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
Secara kelompok mengamati pertunjukan tari berpasangan/ kelompok Nusatara melalui berbagai media
mengidentifikasi fungsi tari, jenis,unsur pendukung tari berpasangan/kelompok berdasarkan pengamatan melalui berbagai media
Mendeskripkan unsur pendukung pertunjukan tari
Menganalisis unsur-unsur pendukung pertunjukan tari Tunggal Nusantara
Menganalisis sikap tari gerak, pola lantai,kostum dan iringan tari tunggal Nusantara
Menyusun laporan tertulis tentang analisis unsur estetis tari tunggal Nusantara
Secara kelompok menganalisis ciri-ciri bentuk tari kelompok berdsarkan pengamatan melalui berbagai media
Medeskripsikan, sikap, alur gerak pola lantai , kostum dan iringan yang digunakan dalam tari kelompok Nusantara
Menyaksikan pertunjukan tari dari berbagai media
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
§ Menggelar pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
§ Bertanya jawab tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara. § Membahas unsur dan langkah pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara. § Membahas ciri-ciri pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara. § Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas informasi tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara. § Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri. | § Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi. § tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya § Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertunjukan seni nontradisional Nusantara. | § Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan informasi tentang pertunjukan seni nontradisional Nusantara. § Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru. |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan gagasan pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§ Siswa mencari informasi tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§ Siswa mampun membuat karya seni musik pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§ Siswa dan guru menyimpulkan karya seni musik pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Buku sumber Seni Budaya dan Keterampilan Tim Widya Gamma
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni tari itu diciptakan | | | |
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni tari semacam itu | | | |
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | | | |
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni tari dengan jelas | | | |
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | | | |
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : ....................
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 16. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar : 16.1 Menyusun sinopsis kreasi bentuk kelompok berdasarkan tari Nusantara
16.2 Mempertunj-ukan karya seni tari kelompok dan kreasi orang lain di sekolah
Indikator Pencapaian Kompetensi :
§ Menceriterakan tema-tema tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§ Menunjukan gerak tari,polalntai,level, iringan tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§ Menunjukan kostum,properti tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§ Mengidentifikasi materi pertunjukan
§ Menunjukan susunan acara
§ Menyajikan tari kelompok
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
Secara kelompok mengamati pertunjukan tari berpasangan/ kelompok Nusatara melalui berbagai media
Menentukan tema tari kreasi bentuk tunggal Nusantara
Mengamati pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara
Menyusun karya tari kreasi
Menentukan materi tari
Menyusun acara
Menyajikan pertunjukan
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
Tari kreasi bentuk tunggal Nusantara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
§ Bertanya jawab tentang tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. § Membahas unsur dan langkah pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. § Membahas ciri-ciri pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. § Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas informasi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. § Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri. | § Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi. § tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya § Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. | § Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan informasi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. § Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru. |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan gagasan pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§ Siswa mencari informasi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§ Siswa mampun membuat karya tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§ Siswa dan guru menyimpulkan karya tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Buku sumber Seni Budaya dan Keterampilan Tim Widya Gamma
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni tari itu diciptakan | | | |
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni tari semacam itu | | | |
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | | | |
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni tari kreasi bentuk tunggal Nusantara dengan jelas | | | |
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | | | |
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
0 comments:
Posting Komentar