Cari Blog Ini

Senin, 05 Maret 2012

RPP SENI TARI XI SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Tari
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 5.  Mengapresiasi karya seni tari

Kompetensi Dasar:
5.1.  Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
5.2.  Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
5.3.  Mengidentifikasi keunikan tari tunggal nusantara dalam konteks budaya masyarakat

Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal
- Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal
- Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif, feodal, modern)
- Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya
- Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal
- Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum, iringan, gerak)
- Menyebutkan fungsi kostum, iringan, gerak

Alokasi Waktu:
4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
- Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
- Mengidentifikasi keunikan tari tunggal nusantara dalam konteks budaya masyarakat
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-9 dan 10
1. Jenis dan unsur estetis tari tunggal
2. Perkembangan tari tunggal Nusantara
Yang disebut tari tunggal adalah tari yang dalam pementasannya dibawakan oleh penari secara individu

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi Karya Seni Tari
·   Sebutkan Jenis dan unsur estetis tari tunggal
·   siswa dapat menjelaskan jenis dan unsur estetis tari tunggal.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-9 dan 10
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang pengertian seni tari
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari jenis tari tunggal
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Dengan informasi siswa dapat menjelaskan jenis dan unsur estetis tari tunggal
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Dengan ceramah siswa dapat menerangkan perkembangan tari tunggal Nusantara
§   Dengan diskusi siswa dapat mengetahui Perkembangan tari tunggal Nusantara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang disebut tari tunggal!
b. Sebutkan secara garis besar ragam gerak tari tunggal!
c. Sebutkan jenis-jenis tari tunggal!
d. Jelaskan bahwa tari tunggal berperan dalam mengembangkan bakat!
e. Sebutkan apa saja yang harus diamati dalam pementasan tari tunggal!

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Tari
Kelas/Semester        : XI/1

Standar Kompetensi:
6.   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

Kompetensi Dasar:
6.1.  Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
6.2.  Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan pengertian sinopsis tari
- Menyebutkan tahapan-tahapan menyusun sinopsis tari
- Menyebutkan contoh sinopsis tari
- Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal

Alokasi Waktu:
4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
- Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
- Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-11 dan 12
Cara menyusun sinopsis tari
Sinopsis adalah rangkuman dalam isi dan gerak tari

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengekspresikan diri melalui Karya Seni Tari
·   Cara menyusun sinopsis tari
·   siswa dapat mengetahui cara menyusun sinopsis tari

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-11 dan 12
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang jenis tari tunggal
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara menyusun sinopsis tari
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Menjelaskan pengertian sinopsis tari
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Dengan diskusi siswa dapat mengetahui cara menyusun sinopsis tari
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XI
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang dimaksud sinopsis!
b. Sebutkan unsur-unsur komposisi tari!
c. Tuliskan ragam gerak ke-1, hitungan ke-2 pada tari nelayan!
d. Apa fungsi musik pada sebuah tarian?
e. Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan tari tunggal di Indonesia?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA/MA.                          :      ....................
Mata Pelajaran               :      Seni Tari
Kelas/Semester             :      XI/2
Standar Kompetensi    :      15.       Mengapresiasi Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar       :      15.1.   Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari kelompok Nusantara sesuai konteks budaya Masyarakat
                                                  15.2.   Mendeskripsikan unsure estetis tari kelompok Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
                                                  15.3.   Menunjukan sikap       apresiatif terhadap        keunikan tari  kelompok        Nusantara  dalam         Konteks  Budaya       masyarakat

Indikator Pencapaian Kompetensi    :
§  Mendeskripsikan fungsi   tari berpasangan/ kelompok Nusantara
§  Mengielompokan  tari berpasangan/ kelompok putra dan tariberpasangan/
§  kelompok putri Nusantara  
§  berdasarkan pengamatan   pertunjukan
§  Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Nusantara berdasarkan pengamatan
§  Mendeskripsikan sikap.alur gerak, dan pola lantai tari berpasangan/kelompok Nusantara
§  Mengidetifikasi keunikan kostum dan iringan yang dugunakan dalam tari berpasangan/kelompok Nusantara
§  Membuat laporan unsusr estetis tari tungal Nusantara
§  Menganalisisi sikap alur gerak dan pola  lantai yang digunakan  dalam tari kelompok Nusantara
§  Mengidentifikasi keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai  tari kelompok Nusantara
§  Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari kelompok Nusantara.

Alokasi Waktu         : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
  Secara kelompok mengamati pertunjukan  tari berpasangan/ kelompok Nusatara melalui berbagai media
  mengidentifikasi fungsi tari, jenis,unsur pendukung tari berpasangan/kelompok berdasarkan pengamatan melalui berbagai media
  Mendeskripkan unsur pendukung pertunjukan tari
  Menganalisis  unsur-unsur pendukung pertunjukan tari Tunggal Nusantara
  Menganalisis sikap tari gerak, pola lantai,kostum dan iringan tari tunggal Nusantara
  Menyusun laporan tertulis tentang analisis unsur estetis tari tunggal Nusantara
  Secara kelompok menganalisis ciri-ciri bentuk tari kelompok berdsarkan pengamatan melalui berbagai media
  Medeskripsikan, sikap, alur gerak  pola  lantai , kostum dan iringan yang digunakan  dalam tari kelompok Nusantara
  Menyaksikan pertunjukan tari dari berbagai media
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

Materi Pembelajaran
§  Menggelar pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§  Membahas unsur dan langkah pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§  Membahas ciri-ciri pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas informasi tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertunjukan seni nontradisional Nusantara.

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan informasi tentang pertunjukan seni nontradisional Nusantara.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan gagasan pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Guru meminta siswa berdiskusi tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara. 
§   Siswa mencari informasi tentang pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§   Siswa mampun membuat karya seni musik pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
§   Siswa dan guru menyimpulkan karya seni musik pertunjukan seni tari nontradisional Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Buku sumber Seni Budaya dan Keterampilan  Tim Widya Gamma
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni tari itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni tari semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni tari dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1




Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                 Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                        NIP/NRK.........................


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA/MA.                          :      ....................
Mata Pelajaran               :      Seni Tari
Kelas/Semester             :      XI/2
Standar Kompetensi    :      16.       Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar       :      16.1 Menyusun  sinopsis       kreasi bentuk        kelompok       berdasarkan tari        Nusantara
                                                  16.2    Mempertunj-ukan karya seni tari kelompok dan         kreasi  orang lain di            sekolah
        
    
Indikator Pencapaian Kompetensi    :
§  Menceriterakan  tema-tema  tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§  Menunjukan gerak tari,polalntai,level, iringan tari   kreasi bentuk berpasangan/kelompok        Nusantara
§  Menunjukan kostum,properti tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§  Mengidentifikasi materi pertunjukan
§  Menunjukan susunan acara  
§  Menyajikan tari kelompok

Alokasi Waktu         : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
  Secara kelompok mengamati pertunjukan  tari berpasangan/ kelompok Nusatara melalui berbagai media
  Menentukan tema tari kreasi bentuk tunggal Nusantara
  Mengamati pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara
  Menyusun karya tari kreasi
  Menentukan materi tari
  Menyusun  acara
  Menyajikan pertunjukan
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

Materi Pembelajaran
  Tari kreasi bentuk tunggal Nusantara

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§  Membahas unsur dan langkah pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§  Membahas ciri-ciri pertunjukan  tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas informasi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan informasi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan gagasan pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Guru meminta siswa berdiskusi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara. 
§   Siswa mencari informasi tentang pertunjukan tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§   Siswa mampun membuat karya tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
§   Siswa dan guru menyimpulkan karya tari kreasi bentuk tunggal Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Buku sumber Seni Budaya dan Keterampilan  Tim Widya Gamma
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet




Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni tari itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni tari semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni tari kreasi bentuk tunggal Nusantara dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1
Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                 Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                        NIP/NRK.......................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons