Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Senin, 05 Maret 2012

RPP SENI MUSIK X SMA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Semester      : X / 1
Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)


A.  Standar Kompetensi
3.      Mengapresiasi karya seni musik

B.  Kompetensi Dasar
3.1    Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
3.2    Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
3.3    Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan fungsi-fungsi musik tradisional
  Menjelaskan latar belakang musik tradisional
  Menyebutkan jenis-jenis musik tradisional Riau, Sulawesi Selatan
  Menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai musik tradisional
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
§  Siswa dapat mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
§  Siswa dapat menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

E.  Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-5 dan 6
1.   Musik tradisional adalah musik yang lahir dari budaya daerah yang sudah ada sejak nenek moyang, diwariskan secara turun-temurun, alat dan penyajiannya sederhana
2.   Fungsi musik tradisional adalah untuk: mengiringi pergelaran (teater daerah), mengiringi gerak tari daerah/klasik, sarana hiburan para bangsawan, mengiringi upacara adat dan religius, Memperkaya pengalaman jiwa
3.   Musik daerah Jawa Tengah adalah gamelan
4. Musik daerah Riau adalah orkes Melayu dan musik gambus
5.   Musik tradisional Sulawesi Selatan adalah musik Bugis dan musik Makasar (Ujung Pandang)
6.   Dalam pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional terutama gamelan Jawa Tengah ternyata banyak bagian-bagian alat gamelan, yang fungsinya berbeda-beda
7.   Nilai-nilai musikal pertunjukan musik Jawa Tengah adalah religius, pengungkapan ekspresi, nilai komunikatif, nilai budi pekerti luhur, nilai kebersamaan/kegotongroyongan
8.   Musik Betawi (gambang kromong) bernilai hiburan humor agar orang tertawa (terhibur)
9.   Musik daerah Nias bernilai magis, untuk mendatangkan roh-roh gaib

F.   Metode Pembelajaran
§  Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
·   Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
·   Menunjukkan nilainilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat
§ Fungsi musik tradisional
§ Latar belakang musik tradisional
§ Pengalaman musikal dari pengamatan pertunjukan
·   Nilai-nilai  musikal melalui pertunjukan musik
·   Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab membahas fungsi musik tradisional
·   Tanya jawab tentang latar belakang musik tradisional
·   Diskusi tentang gamelan sekaten
·   Tanya jawab tentang nilai-nilai musikal

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-5 dan 6
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang merancang dan membuat karya seni ukir

Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tentang apresiasi seni musik tradisional

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami fungsi musik tradisional
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak memahami masalah yang berkaitan dengan latar belakang musik tradisional
·      Dengan praktik siswa menyaksikan musik sekaten dan mengapresiasinya
·      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang musik tradisional
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
·      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Siswa dan guru melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);

H.  Alat dan Bahan
1.   Alat : alat musik
2.   Sumber belajar :
§  Buku paket
§  Buku lain yang relevan (LKS)

I.    Penilaian
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.   Jelaskan bahwa musik tradisional mempunyai nilai sebagai ungkapan ekspresi!
2.   Sebutkan contoh alat musik yang mempunyai nilai komunikatif!
3.   Sebutkan fungsi-fungsi musik tradisional!
4.   Sebutkan macam dan fungsi kendang dalam karawitan Jawa Tengah!


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas/Semester      : X / 1
Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)


A.  Standar Kompetensi
4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

B.  Kompetensi Dasar
4.1    Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat
4.2    Menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menyebutkan dan menjelaskan teknik mengaransir lagu
  Menyebutkan dan menjelaskan media musik/lagu tradisional
  Mengaransir lagu tradisional secara berkelompok
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat
§  Siswa dapat menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas

E.  Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-7 dan 8
1.   Gagasan kreatif mengaransir lagu meliputi ide artistik dan kemampuan teknis
2.   Teknik mengaransir lagu ada dua yaitu padat dan terpencar
3.   Dalam mengaransir diperlukan media, yakni bahan ataupun sarana

F.   Metode Pembelajaran
§  Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat
·   Menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas
·   Gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan  beragam teknik, media, dan materi musik tradisional
·   Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab membahas gagasan kreatif mengaransir lagu
·   Siswa dapat  Tanya jawab tentang teknik mengaransir lagu
·   Siswa dapat  Diskusi Membahas media  engaransir lagu
·   Siswa dapat  Praktik menulis aransemen lagu

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-7 dan 8
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang apresiasi seni musik tradisional

Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tentang teknik dan media mengaransir lagu tradisional

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami gagasan kreatif mengaransir lagu
·      Dengan praktik siswa menulis aransemen lagu
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang aransemen lagu
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
·      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Siswa dan guru melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);

H.  Alat dan Bahan
1.   Alat : alat tulis
2.   Sumber belajar :
§  Buku paket
§  Buku lain yang relevan (LKS)

I.    Penilaian
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.   Sebutkan judul lagu yang dinyanyikan!
2.   Bagaimana antusias penonton, apakah tertarik atau tidak? Beri alasannya!
3.   Tulislah kelemahan maupun kelebihan pertunjukan musik tradisional tersebut!


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................









































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester      : X / 2
Alokasi Waktu         :  6 x 45 menit


Standar Kompetensi
11.    Mengapresiasi karya seni Musik

Kompetensi Dasar
11.1  Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non-tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat.
11.2  Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik non- tradisional setempat.
11.3  Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non-tradisional setempat.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Mendiskripsikan latar belakang  musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat.
§  Menjelaskan fungsi musik non  tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non  tradisional setempat secara perorangan atau kelompok.
§  Mendeskripsikan jenis-jenis musik non tradisional  setempat.
§  Mendeskripsikan unsur / elemen musik non  Tradisional setempat.
§  Mendeskripsikan  karya musik non tradisional setempat.
§  Mendemonstrasikan bbernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional, secara perorang atau kelompok.
§  Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional setempat.
§  Mendeskripsikan jenis  jenis alat musik non Tradisional setempat.
§  Mendeskripsikan isi lagu  non tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia.
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional  setempat secara perorangan atau kelompok.




Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
§  Mendiskripsikan latar belakang  musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat.
§  Menjelaskan fungsi musik non  tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non  tradisional setempat secara perorangan atau kelompok.
§  Mendeskripsikan jenis-jenis musik non tradisional  setempat.
§  Mendeskripsikan unsur / elemen musik non  Tradisional setempat.
§  Mendeskripsikan  karya musik non tradisional setempat.
§  Mendemonstrasikan bbernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional, secara perorang atau kelompok.
§  Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional setempat.
§  Mendeskripsikan jenis  jenis alat musik non Tradisional setempat.
§  Mendeskripsikan isi lagu  non tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia.
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional  setempat secara perorangan atau kelompok.
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

Materi Pembelajaran
Musik non tradisional
-           Jenis-jenis musik non Tradisional setempat.
-           Unsur/elemen musik  non Tradisional setempat.
-           Karya-karya musik non Tradisional setempat.
Contoh :
Musik non Tradisional ialah musik tradisi yang tidak bisa lepas dari perkembangan dunia musik secara umum, dengan kata lain, musik non Tradisional musik daerah yang banyak mendapat pengaruh dari musik modern.

Jawa tengah : karya musiknya campur sari, yang alat musiknya terdiri gamelan dan alat musik modern, untuk lagu-lagunya di modifikasi, dengan bahasa pergaulan (percampuran).

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non-tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat.
·   Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik non- tradisional setempat.
·   Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non-tradisional setempat.
§ Contoh Musik non tradisional
­  Latar belakang musik non tradisional
­  Fungsi musik non  tradisional
­  Karya-karya musik non tradisional.
§ Contoh Musik non tradisional
­  Jenis-jenis musik non Tradisional setempat.
­  Unsur/elemen musik  non Tradisional setempat.
­  Karya-karya musik non Tradisional setempat.
§ Tanggapan terhadap musik non tradisional
­  Keunikan /karakteristik karya  musik non  Tradisional.
­  Jenis alat musik non Tradisional setempat.
­  Syair lagu karya musik non Tradisional setempat.

·   Siswa dapat Mendiskripsikan latar belakang  musik non tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat.
· Siswa dapat Mendeskripsikan jenis-jenis musik non tradisional  setempat.
· Siswa dapat Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional setempat.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Guru menjelaskan arti “seni teater tradisional daerah setempat” dengan peta konsep
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Siswa Mendeskripsikan  latar belakang musik non  tradisional setempat, secara perorangan / kelompok
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·      Mendeskripsikan fungsi musik non tradisional setempat sesuai dengan kehidupan sosial budayanya.
·      Menyanyikan karya  musik  non tradisional  setempat yang sesuai makna  kehidupan sosial budayanya.
·      Memainkan alat musik karya musik non tradisional setempat.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
·      Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan (nilai yang ditanamkan: ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·      Siswa menarik kesimpulan materi (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);

D.  Sumber Belajar
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Tradisional.
Alat Musik
1. Gitar.
2. Organ
3. Gamelan  
     Lesung  
     Kentongan. 
4. Tape, OHP, LCD, VCD.

·         Penilaian

Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




§  Latihan

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai






§  Latihan

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




§  Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                            
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran



...........................                                                         .....................................
NIP/NIK.                                                                    NIP/NIK.









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester      : X / 2
Alokasi Waktu         :  4 x 45 menit

Standar Kompetensi
12.    Mengekspresikan diri melalui karya seni Musik

Kompetensi Dasar
12.1  Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik non tradisional setempat.
12.2  Menyiapkan pertunjukkan musik tradisional dan non tradisional di kelas.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Mendeskripsikan teknik  mengaransir / merancang karya musik non Tradisional.
§  Menjelaskan prosedur dan materi  yang digunakan.
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu dari hsil kreasi secara perorangan atau kelompok.
§  Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
§  Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
§  Mengidentifikasikan  acara pergelaran musik vocal dan musik instrumental.

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
§  Mendeskripsikan teknik  mengaransir / merancang karya musik non Tradisional.
§  Menjelaskan prosedur dan materi  yang digunakan.
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu dari hsil kreasi secara perorangan atau kelompok.
§  Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
§  Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
§  Mengidentifikasikan  acara pergelaran musik vocal dan musik instrumental.
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B.    Materi Pembelajaran
Karya musik berdasarkan gagasan musik non tradisional.
§  Teknik-teknik mengaransir /merancang karya musik non  Tradisional.
§  Prosedur  mengaransir / merancang karya musik non  Tradisional.
Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang musik-musik non Tradisional.
Pergelaran musik
§  Pembentukan Kepanitian pergelaran musik kelas.
§  Kebutuhan sarana prasarana dalam pergelaran musik kelas.
§  Jadwal, jenis  dan pengisi acara pergelaran musik kelas.

C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik non tradisional setempat.
·   Menyiapkan pertunjukkan musik tradisional dan non tradisional di kelas.
·   Contoh Teknik-teknik mengaransir /merancang karya musik non  Tradisional
·   Mengidentifikasikan penjadwalan pergelaran / penampilan  musik  di kelas
· Siswa dapat Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non tradisional setempat.
·   Siswa dapat Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menjelaskan arti “seni musik tradisional daerah setempat.

Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa Mengidentifikasikan penjadwalan pergelaran / penampilan  musik  di kelas.
§  Menentukan kepanitian pergelaran / penampilan musik kelas.
§  Mengidentifikasi program kegiatan pelaksanaan pertunjukan / pergelaran musik di kelas.
§  Mengidentifikasikan  jenis acara dalam pertunjukan / pergelaran musik di kelas.
§  Mengidentifikasi alat musik yang akan digunakan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Menentukan tempat pergelaran / pertunjukan musik.
§  Mengidentifikasi acara dalam pergelaran / penampilan musik.
§  Mengidentifikasi acara pergelaran musik vokal dan musik instrumen.
§  Menentukan  acara dan pengisi acara dalam  pergelaran / pertunjukan musik di kelas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
§  Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
§  Siswa dan guru melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);.

E.     Sumber Belajar
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Tradisional.
Alat Musik
1. Gitar.
2. Organ
3. Gamelan  
     Lesung  
     Kentongan. 
4. Tape, OHP, LCD, VCD.
F.     Penilaian
Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




§  Latihan

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai







§  Latihan

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




§  Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons