RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni musik)
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
3. Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar:
3.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menyebutkan pembagian musik Nusantara
§ Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menunjukkan nilainilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§ Menyebutkan halhal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara
Alokasi Waktu:
§ 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
§ Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
§ Merancang karya seni rupa murni dan terapan.
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi karya seni musik | · siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara | · siswa dapat Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1,2 dan 3
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang Makna musik Nusantara
Motivasi:
§ Memotivasi siswa pentingnya mempelajari makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Diskusi Kelompok tentang Makna musik Nusantara.
§ Guru menugaskan siswa untuk Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) ?
b. Sebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara ?
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah……… Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni musik)
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
4. Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi Dasar:
4.1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
4.2. Menampilkan karya musik yang telah diaransir
Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menyebutkan pembagian musik Nusantara
§ Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§ Menyebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara
Alokasi Waktu:
§ 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
§ Menampilkan karya musik yang telah diaransir
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
§ Gagasan mengaransir lagu
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi diri melalui karya seni musik | · diskusi siswa dapat memahami mengaransir lagu | · siswa dapat memahami mengaransir lagu |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan tentang Gagasan mengaransir lagu
Motivasi:
§ Memotivasi siswa dapat memahami mengaransir lagu.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Diskusi Kelompok tentang Gagasan mengaransir lagu.
§ Guru menugaskan siswa untuk memahami mengaransir lagu
§ Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) ?
b. Sebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara ?
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ........., ………..............
Kepala Sekolah……… Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : .......................
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas/Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
11. Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
11.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
11.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukkan karya musik non tradisional Mancanegara (NonAsia).
Indikator :
Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
Mendeskripsikan makna musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
Mendeskripsikan peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik musik non tradisional Mancanegara secara perorangan atau kelompok.
Mendeskripsikan karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional Mancanegara.
Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional Mancanegara.
Mendeskripsikan isi lagu tradisional non Mancanegara kedalam bahasa Indonesia.
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional secara perorangan atau kelompok.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
- Mendeskripsikan makna musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
- Mendeskripsikan peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
- Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik musik non tradisional Mancanegara secara perorangan atau kelompok.
- Mendeskripsikan karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional Mancanegara.
- Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional Mancanegara.
- Mendeskripsikan isi lagu tradisional non Mancanegara kedalam bahasa Indonesia.
- Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional secara perorangan atau kelompok.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
Musik non tradisional Mancanegara.
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat. · Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukkan karya musik non tradisional Mancanegara (NonAsia). | · Berdiskusi secara kelompok dan perorangan · Contoh musik non tradisional Mancanegara. | · Siswa dapat Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara. · Siswa dapat Memainkan alat musik mengiringi lagu non tradisional Mancanegara |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
· Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru menjelaskan arti “Musik dan permasalahanya” .
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Mendeskripsikan karya musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
· Mendeskripsikan makna musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendeskripsikan peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional.
· Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendeskripsikan karakteristik / keunikan karya musik non tradisional Mancanegara.
· Mendeskripsikan keunikan alat-alat musik non tradisional Mancanegara.
· Mendeskripsikan teknik memainkan alat musik non Tradisional Mancanegara.
· Mendeskripsikan syair lagu non tradisional Mancanegara ke dalam bahasa Indonesia.
· Bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional Mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Pertemuan Akhir
· Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
· Menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Sumber:
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Mancanegara
Alat Musik 1.Gitar, 2. Organ, 3. Alat musik perkusi, 4. alat tiup.
Tape, OHP, LCD, VCD
Penilaian
- Tugas Individual,
- Tugas kelompok
- Presentasi,
- Laporan tertulis
Format Penilaian
Latihan | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
II | Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya | | | | |
III | Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah | | | |
Jumlah karya seni yang diamati di rumah | | | | |
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya | | | | |
Profil rumah mudah dipahami | | | | |
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan semua periode seni | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya | | | |
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya | | | |
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah | | | |
Kedalaman pengetahuan tentang istilah | | | |
Ketepatan definisi untuk tiap istilah | | | |
Definisi bersifat objektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ...... ……….................
Kepala Sekolah.......... Guru Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA. : .......................
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas/Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
12.1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali bergama proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Mancanegara (Non Asia).
12.2. Menyiapkan pertunjukan tradisional dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau diluar sekolah.
12.3. Menampilkan pertunjukan musik tradisional, dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau luar sekolah.
Indikator :
§ Mendeskripsikan teknik mengaransir/merancang karya music non tradisional mancanegara
§ Menyebutkan langkah-langkah menaransir/meramcang karya lagu non tradisional mancanegara
§ Menaransir lagu non tradisional mancanegara
§ Membaca notasi dan syairuntuk vocal dan lagu hasil aransir
§ Menyesuaikan alat music dengan lagu hasil aransir
§ Memainkan alat music mengiringi lagu non tradisonal
§ Mendiskusikan susunan kepanitiaan pergelaran music
§ Menyususn proposal kegiatan pergelaran music di sekolah
§ Memilih/menyeleksi jenis acara dalam pergelaran music di skeolah
§ Mengidentifikasi kebutuhan dalam kegiatan pergelaran/penampilan music
§ Menyiapkan acara pertunjukkan music yang akan ditampilkan dalam kegiatan music di sekolah
§ Mengidentifikasi acara pergelaran musik
§ Bernyanyi dengan nada yang sesuai
§ Bermain music instrument memainkan lagu mancanegara dengan teknik yang benar
§ Menyesuaikan alat music pengiring dengan lagu/nyanyian yang akan di pentaskan
§ Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok
§ Mengemas sebuah sajian music dalam acara pergelaran acara music di sekolah
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
Ø Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non Tradisional Mancanegara.
Ø Menjelaskan prosedur dan materi yang digunakan.
Ø Menunjukkan sikap menghargai karya seni sendiri dan kelompok.
Ø Mendemonstrasikan lagu-lagu non tradisional Mancenegara dari hasil aransemen secara perorangan atau kelompok.
Ø Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
Ø Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
Ø Mengidentifikasikan acara pergelaran musik vocal dan musik instrumental.
Ø Menyajikan dengan teknik dan nada yang sesuai.
Ø Menggunakan teknik yang benar dalam penampilan / permainan musik vokal dan instrument
Ø Mendemonstrasikan Bernyanyi dan bermain alat musik
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
Merancang Karya Musik
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali bergama proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Mancanegara (Non Asia). · Menyiapkan pertunjukan tradisional dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau diluar sekolah. · Menampilkan pertunjukan musik tradisional, dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau luar ekolah. | · Melalui latihan dan penjelasan guru siswa dapat menciptakan variasi harmonispada melodi lagu · siswa dapat mengidentifikasi penjadwalan pergelaran/penampilan music-musik tradisional dan non tradisional mancanegara (non asia) di sekolah · Melalui diskusi siswa dapat menentukan lagu yang akan ditampilkan dalam kegiatan pergelaran music di sekolah | · Siswa dapat Mendeskripsikan teknik mengaransir/merancang karya music non tradisional mancanegara · Siswa dapat Mendiskusikan susunan kepanitiaan pergelaran music · Siswa dapat Menyesuaikan alat music pengiring dengan lagu/nyanyian yang akan di pentaskan |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
· Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru menjelaskan arti “Musik dan permasalahanya” .
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Mengidentifikasi teknik mengaransir / merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
· Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
· Mendemonstrasikan teknik mengaransir /merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
· Mengidentifikasi prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
· Mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
· Mendemonstrasikan prosedur dalam merancang / mengaransir lagu non tradisional Mancanegara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Mengaransir / merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
· Bernyanyi dan bermain alat musik lagu non tradisional Mancanegara hasil aransir / rancangan untuk menunjukan sikap menghargai.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Pertemuan Akhir
· Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
· Menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Mancanegara
Alat Musik 1.Gitar, 2. Organ, 3. Alat musik perkusi, 4. alat tiup.
Tape, OHP, LCD, VCD
Penilaian
- Tugas Individual,
- Tugas kelompok
- Presentasi,
- Laporan tertulis
Format Penilaian
Latihan | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
II | Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya | | | | |
III | Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah | | | |
Jumlah karya seni yang diamati di rumah | | | | |
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya | | | | |
Profil rumah mudah dipahami | | | | |
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan semua periode seni | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya | | | |
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya | | | |
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah | | | |
Kedalaman pengetahuan tentang istilah | | | |
Ketepatan definisi untuk tiap istilah | | | |
Definisi bersifat objektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, ...... ……….................
Kepala Sekolah.......... Guru Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
1 comments:
perkenalkan,..saya guru seni budaya dari perbatasan utara Indonesia. Kepulauan sangihe. Blog anda sangat2 membantu kami. makasih...... Tuhan memberkati.
Posting Komentar