Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Senin, 05 Maret 2012

RPP SENI MUSIK XII SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni Budaya (Seni musik)
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
3.      Mengapresiasi karya seni musik.

Kompetensi Dasar:
3.1.  Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2.  Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menyebutkan  pembagian musik Nusantara
§  Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menunjukkan nilainilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§  Menyebutkan halhal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara

Alokasi Waktu:
§  6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
§  Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B. Materi Pembelajaran
§  Merancang karya seni rupa murni dan terapan.

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi karya seni musik
·   siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
·   siswa dapat Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1,2 dan 3
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Makna musik Nusantara
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Diskusi Kelompok tentang Makna musik Nusantara.
§   Guru menugaskan siswa untuk Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§   Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) ?
b. Sebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni Budaya (Seni musik)
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
4.      Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik.

Kompetensi Dasar:
4.1.  Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
4.2.  Menampilkan karya musik yang telah diaransir

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menyebutkan  pembagian musik Nusantara
§  Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§  Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§  Menyebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara

Alokasi Waktu:
§  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
§  Menampilkan karya musik yang telah diaransir
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.


B. Materi Pembelajaran
§  Gagasan mengaransir lagu

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi diri melalui karya seni musik
·   diskusi siswa dapat memahami mengaransir lagu
·   siswa dapat memahami mengaransir lagu

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Gagasan mengaransir lagu
Motivasi:
§   Memotivasi siswa dapat memahami mengaransir lagu.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§   siswa dapat mengetahui makna, peranan dan nilai-nilai musik Nusantara
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   Diskusi Kelompok tentang Gagasan mengaransir lagu.
§   Guru menugaskan siswa untuk memahami mengaransir lagu
§   Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) ?
b. Sebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA/MA.                               : .......................
Mata Pelajaran                    : Seni Musik
Kelas/Semester                  : XII/2
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi           :
11. Mengapresiasi karya seni musik.

Kompetensi Dasar               :
11.1.  Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional   Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
11.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukkan karya musik non tradisional Mancanegara (NonAsia).

Indikator :
*      Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
*      Mendeskripsikan makna  musik non tradisional Mancanegara dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
*      Mendeskripsikan peranan  musik non tradisional Mancanegara  dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
*      Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik musik non tradisional Mancanegara secara perorangan atau kelompok.
*      Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik  non Tradisional Mancanegara.
*      Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional Mancanegara.
*      Mendeskripsikan isi lagu tradisional non Mancanegara kedalam bahasa Indonesia.
*      Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional secara perorangan atau kelompok.

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
  1. Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
  2. Mendeskripsikan makna  musik non tradisional Mancanegara dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
  3. Mendeskripsikan peranan  musik non tradisional Mancanegara  dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
  4. Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik musik non tradisional Mancanegara secara perorangan atau kelompok.
  5. Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik  non Tradisional Mancanegara.
  6. Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional Mancanegara.
  7. Mendeskripsikan isi lagu tradisional non Mancanegara kedalam bahasa Indonesia.
  8. Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional secara perorangan atau kelompok.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

Materi Pembelajaran
Musik non tradisional Mancanegara.

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional   Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
·     Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukkan karya musik non tradisional Mancanegara (NonAsia).
·     Berdiskusi secara kelompok dan perorangan
·     Contoh musik non tradisional Mancanegara.
·     Siswa dapat  Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
·     Siswa dapat  Memainkan alat musik mengiringi lagu non tradisional Mancanegara

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·      Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Guru menjelaskan arti “Musik dan permasalahanya” .

Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Mendeskripsikan karya musik non tradisional Mancanegara   dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
·      Mendeskripsikan makna musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan  budaya masyarakatnya.
·      Mendeskripsikan peranan  musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan  budaya masyarakatnya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·      Bernyanyi dan bermain  alat musik karya musik non  tradisional.
·      Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
·      Mendeskripsikan karakteristik / keunikan karya musik non tradisional Mancanegara.
·      Mendeskripsikan keunikan  alat-alat musik non tradisional Mancanegara.
·      Mendeskripsikan teknik memainkan alat musik non  Tradisional Mancanegara. 
·      Mendeskripsikan syair  lagu non tradisional Mancanegara  ke dalam bahasa Indonesia.
·      Bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional Mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif,  Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,   Gemar membaca, Tanggung jawab,);

Pertemuan Akhir
·      Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·      Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
·      Menarik kesimpulan materi.

Sumber Belajar
Sumber:
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Mancanegara
Alat Musik  1.Gitar, 2. Organ, 3. Alat  musik perkusi, 4. alat tiup.
Tape, OHP, LCD, VCD

Penilaian
  1. Tugas Individual,
  2. Tugas kelompok
  3. Presentasi,
  4. Laporan tertulis
Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




  • Latihan V (hlm. 31).


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai



  • Latihan VII (hlm. 32)

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA/MA.                               : .......................
Mata Pelajaran                    : Seni Musik
Kelas/Semester                  : XII/2
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi           :
12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.

Kompetensi Dasar               :
12.1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali bergama proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Mancanegara (Non Asia).
12.2. Menyiapkan pertunjukan tradisional dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau diluar sekolah.
12.3. Menampilkan pertunjukan musik tradisional, dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau luar sekolah.

Indikator :
§  Mendeskripsikan teknik mengaransir/merancang karya music non tradisional mancanegara
§  Menyebutkan langkah-langkah menaransir/meramcang karya lagu non tradisional mancanegara
§  Menaransir lagu non tradisional mancanegara
§  Membaca notasi dan syairuntuk vocal dan lagu hasil aransir
§  Menyesuaikan alat music dengan lagu hasil aransir
§  Memainkan alat music mengiringi lagu non tradisonal
§  Mendiskusikan susunan kepanitiaan pergelaran music
§  Menyususn proposal kegiatan pergelaran music di sekolah
§  Memilih/menyeleksi jenis acara dalam pergelaran music di skeolah
§  Mengidentifikasi kebutuhan dalam kegiatan pergelaran/penampilan music
§  Menyiapkan acara pertunjukkan music yang akan ditampilkan dalam kegiatan music di sekolah
§  Mengidentifikasi acara pergelaran musik
§  Bernyanyi dengan nada yang sesuai
§  Bermain music instrument memainkan lagu mancanegara dengan teknik yang benar
§  Menyesuaikan alat music pengiring dengan lagu/nyanyian yang akan di pentaskan
§  Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok
§  Mengemas sebuah sajian music dalam acara pergelaran acara music di sekolah

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
Ø  Mendeskripsikan teknik  mengaransir / merancang karya musik  non Tradisional  Mancanegara.
Ø  Menjelaskan prosedur dan materi  yang digunakan.
Ø  Menunjukkan sikap menghargai karya seni sendiri dan kelompok.
Ø  Mendemonstrasikan lagu-lagu non tradisional Mancenegara dari hasil aransemen secara perorangan atau kelompok.
Ø  Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
Ø  Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
Ø  Mengidentifikasikan  acara pergelaran musik vocal dan musik instrumental.
Ø  Menyajikan dengan teknik dan nada yang sesuai.
Ø  Menggunakan teknik yang benar dalam penampilan / permainan musik vokal dan instrument
Ø  Mendemonstrasikan Bernyanyi dan bermain alat musik
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

Materi Pembelajaran
Merancang Karya Musik

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali bergama proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Mancanegara (Non Asia).
·     Menyiapkan pertunjukan tradisional dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau diluar sekolah.
·     Menampilkan pertunjukan musik tradisional, dan non tradisional atau Mancanegara (Non Asia) di sekolah atau luar ekolah.
·     Melalui latihan dan penjelasan guru siswa dapat menciptakan variasi harmonispada melodi lagu
·     siswa dapat mengidentifikasi penjadwalan pergelaran/penampilan music-musik tradisional dan non tradisional mancanegara (non asia) di sekolah
·     Melalui diskusi siswa dapat menentukan lagu yang akan ditampilkan dalam kegiatan pergelaran music di sekolah
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan teknik mengaransir/merancang karya music non tradisional mancanegara
·     Siswa dapat  Mendiskusikan susunan kepanitiaan pergelaran music
·     Siswa dapat  Menyesuaikan alat music pengiring dengan lagu/nyanyian yang akan di pentaskan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·      Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Guru menjelaskan arti “Musik dan permasalahanya” .

Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Mengidentifikasi teknik mengaransir / merancang karya musik non tradisional Mancanegara.
·      Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik  non tradisional Mancanegara.
·      Mendemonstrasikan teknik mengaransir /merancang karya musik  non tradisional Mancanegara.
·      Mengidentifikasi prosedur  yang digunakan dalam mengaransir / merancang   karya musik  non tradisional  Mancanegara.
·      Mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya  musik  non tradisional Mancanegara.
·      Mendemonstrasikan prosedur dalam merancang / mengaransir lagu non  tradisional  Mancanegara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·      Mengaransir / merancang karya musik  non tradisional Mancanegara.
·      Bernyanyi dan bermain alat musik lagu  non tradisional Mancanegara  hasil aransir / rancangan untuk menunjukan sikap menghargai.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif,  Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,   Gemar membaca, Tanggung jawab,);

Pertemuan Akhir
·      Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·      Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
·      Menarik kesimpulan materi.

Sumber Belajar
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Mancanegara
Alat Musik  1.Gitar, 2. Organ, 3. Alat  musik perkusi, 4. alat tiup.
Tape, OHP, LCD, VCD

Penilaian
  1. Tugas Individual,
  2. Tugas kelompok
  3. Presentasi,
  4. Laporan tertulis
Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




  • Latihan V (hlm. 31).


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai




  • Latihan VII (hlm. 32)

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................

1 comments:

Alffian Walukow mengatakan...

perkenalkan,..saya guru seni budaya dari perbatasan utara Indonesia. Kepulauan sangihe. Blog anda sangat2 membantu kami. makasih...... Tuhan memberkati.

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons