Loading...

Cari Blog Ini

Memuat...
Loading...

Jumat, 02 Maret 2012

PROTA KIMIA SMA

 PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Kimia.
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Ket


1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
1.1.Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron



1.2. Membandi-ngkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.



2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
2.1 Mendeskripsik-an tata nama senyawa anorganik dan seny4awa organik sederhana serta persamaan reaksinya.



2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia



Jumlah
……… KD
……….


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Kimia.
Kelas / Semester            : X / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Ket


3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
3.1 Mengidentifi-kasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan



3.2  Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya



4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
4.1 Mendeskrips-ikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon



4.2 Menggolon-gkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa



4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya



4.4 Menjelaskan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, perdagangan, seni dan estetika.



Jumlah
……… KD
……….



PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Kimia.
Kelas / Program            : XI / IPA
Semester                         : 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Ket


1. Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
1.1 Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.



1.2 Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron disekitar kulit luar atom pusat dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk  molekul.



1.3 Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan sifat zat



2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
2.1 Mendeskripsi-kan perubahan entalpi reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm



2.2 Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan



3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
3.1 Mendeskrip-sikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi



3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari



3.3 Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan



3.4 Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi keseimbangan




3.5 Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri



Jumlah
……… KD
……….


 
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Kimia.
Program                         : IPA
Kelas / Semester            : XI / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Ket


4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya
4.1 Mendeskrip-sikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan



4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa



4.3 Mendeskripsi-kan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup



4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut



4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis



4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan



5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan sehari-hari.
5.1 Mengelompok-kan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari



5.2  Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya



Jumlah
……… KD
……….




PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Kimia.
Kelas / Semester            : XII / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Ket


1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan



1.2 Membandin-gkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan



2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.

2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri



2.2    Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis



2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit



3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya serta terdapatnya di alam.
3.1 Mengidentif-ikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut



3.2 Mendeskrip-sikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan  unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)



3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari



3.4 Mendeskrip-sikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya



Jumlah
……… KD
……….




PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Kimia.
Program                         : IPA
Kelas / Semester            : XII / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Ket


4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya dan makromolekul
4.1 Mendeskrip-sikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)



4.2 Mendeskrip-sikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya



4.3 Mendeskripsi-kan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)



4.4 Mendeskripsi-kan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak



Jumlah
……… KD
……….


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Kimia



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................




0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons