PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Kimia.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu | Ket | |
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia | 1.1.Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron | | | |
1.2. Membandi-ngkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk. | | | ||
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri) | 2.1 Mendeskripsik-an tata nama senyawa anorganik dan seny4awa organik sederhana serta persamaan reaksinya. | | | |
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia | | | ||
Jumlah | ……… KD | ………. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Kimia.
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu | Ket | |
3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi | 3.1 Mengidentifi-kasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan | | | |
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya | | | ||
4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul | 4.1 Mendeskrips-ikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon | | | |
4.2 Menggolon-gkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa | | | ||
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya | | | ||
4.4 Menjelaskan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, perdagangan, seni dan estetika. | | | ||
Jumlah | ……… KD | ………. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Kimia.
Kelas / Program : XI / IPA
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu | Ket | |
1. Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa | 1.1 Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik. | | | |
1.2 Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron disekitar kulit luar atom pusat dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul. | | | ||
1.3 Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan sifat zat | | | ||
2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya. | 2.1 Mendeskripsi-kan perubahan entalpi reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm | | | |
2.2 Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan | | | ||
3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. | 3.1 Mendeskrip-sikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi | | | |
3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari | | | ||
3.3 Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan | | | ||
3.4 Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi keseimbangan | | | ||
| 3.5 Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri | | | |
Jumlah | ……… KD | ………. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Kimia.
Program : IPA
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu | Ket | |
4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya | 4.1 Mendeskrip-sikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan | | | |
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa | | | ||
4.3 Mendeskripsi-kan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup | | | ||
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut | | | ||
4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis | | | ||
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan | | | ||
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 5.1 Mengelompok-kan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | | | |
5.2 Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya | | | ||
Jumlah | ……… KD | ………. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Kimia.
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu | Ket | |
1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit. | 1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan | | | |
1.2 Membandin-gkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan | | | ||
2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. | 2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri | | | |
2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis | | | ||
2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit | | | ||
3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya serta terdapatnya di alam. | 3.1 Mengidentif-ikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut | | | |
3.2 Mendeskrip-sikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya) | | | ||
3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari | | | ||
3.4 Mendeskrip-sikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya | | | ||
Jumlah | ……… KD | ………. |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
KIMIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Kimia.
Program : IPA
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu | Ket | |
4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya dan makromolekul | 4.1 Mendeskrip-sikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) | | | |
4.2 Mendeskrip-sikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya | | | ||
4.3 Mendeskripsi-kan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein) | | | ||
4.4 Mendeskripsi-kan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak | | | ||
Jumlah | ……… KD | ………. |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Kimia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar