Cari Blog Ini

Jumat, 02 Maret 2012

RPP KIMIA X.1.b SMA


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
IKATAN  KIMIA - 2

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
                                                ikatan kimia
Kompetensi Dasar    :  1.2.   Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,  ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
(1)   Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan keelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
(2)   Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
(3)   Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.

II.  Tujuan:
   Siswa dapat,
(1)      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi
(2)      Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
(3)      Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
(4)      Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Ikatan Kimia
  • Kepolaran senyawa
  • Ikatan logam

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan
  • Praktik/demonstrasi

V.    Alokasi waktu
o   3 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium
·        Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannnya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium.
·        Siswa dapat Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
·        Siswa dapat Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam.

VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran).
Materi :  .
  • Ikatan kovalen polar dan non polar
  • Ikatan logam
Kegiatan awal (5 menit)
  • Salam pembuka.
  • Memeriksa kehadiran siswa.
  • Memeriksa apakah PR dikerjakan atau tidak (mencatat siswa yang tidak mengerjakan tugas).
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Melakukan percobaan tentang kepolaran senyawa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.4.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Diskusi kelas tentang ikatan logam sesuai dengan LKS 3.5. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dikusi kelas tentang kaitan sifat-sifat senyawa dengan jenis ikatan kimianya sesuai dengan LKS 3.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
  • Menyimpulkan makna tabel periodik (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Menginformasikan ulangan pada pertemuan berikutnya.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
  • Salam pembuka
  • Memeriksa kehadiran siswa
Kegiatan Inti
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Ulangan harian (30 menit). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
  • Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 4.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VII.          Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
  • Buku Kimia; LKS, Laboratorium, multimedia.

VIII.       Penilaian:
o   PPK
        Tagihan KIM1105MP (Lihat kartu Soal)
o   Praktik
         Tagihan KIM-1106MP (Lihat kartu soal)
o   Sikap/minat
         Tagihan KIM1107MP (Lihat kartu soal)


..............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.




RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STOIKIOMETRI-1
(Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi)

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  2.      Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya
                                                dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi dasar     :  2.1.   Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan senyawa                                                    organik sederhana serta persamaan reaksinya.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
(1)   Menuliskan nama senyawa biner
(2)   Menuliskan nama senyawa poliatomik
(3)   Menuliskan nama senyawa organik sederhana
(4)   Menyetarakan persamaan reaksi sedewrhanadengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
(1)   Menuliskan nama senyawa biner
(2)   Menuliskan nama senyawa poliatomik
(3)   Menuliskan nama senyawa organik sederhana
(4)   Menyetarakan persamaan reaksi sedewrhanadengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Stoikiometri-1
  • Tatan nama senyawa biner
  • Tata nama senyawa poliatomik
  • Tata nama senyawa organik sederhana
  • Penulisan dan penyetaraan persamaan reaksi


IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

V.          Alokasi waktu
         5 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
·        Menentukan nama senyawa kovalen biner
·        Menentukan nama senyawa ionik biner
·        Siswa dapat Menuliskan nama senyawa biner
·        Siswa dapat Menuliskan nama senyawa poliatomik.

VI.       Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran).
Materi :  Tata nama senyawa
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Mencatat siswa yang tidak mengerjkakan PR.
Appersepsi / Motivasi.
o   Kita sudah mengetahui bahwa jumlah senyawa jauh lebih banyak daripada jumlah unsur.  Setiap senyawa tersebut perlu mempunyai nama spesifik dan sama di seluruh dunia.  Oleh karena itu diperlukan cara bersistem untuk pemberian nama senyawa.  Pada kegiatan ini kamu akan mempelajari cara pemberian nama sederhana, baik senyawaanorganik, mauoun senyawa organik. 
o   Pemberian nama senyawa dikaitkan dengan jenis ikatan kimianya dan keelektronegatifan relatif di antara unsur-unsur penyusunnya.  Apakah kamu masih ingat tentang ikatan kimia dan keelektronegatifan?  Jika sudah lupa silahkan mengingat kembali sebelum memulai kegiatan ini. 
Kegiatan Inti
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi / membahas tata nama senyawa sesuai dengan LKS 5.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan tata nama senyawa.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 5.2). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi:  Persamaan reaksi
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (80 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membahas LKS 5.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan cara penyulisan dan penyetaraan persamaan reaksi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);


Pertemuan Ketiga: (1 jam pelajaran)
Materi:  Ulanga harian
Kegiatan awal (3 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan Inti (40 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Ulangan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan akhir (2 menit)
o   Memberi tuga suntuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 6.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VII.    Alat / Bahan / Sumber Belajar
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VIII. Penilaian:
o   PPK
           Tagihan KIM-1108MP (Lihat kartu Soal)
o   Responsi
           Tagihan KIM-1109MP (Lihat kartu soal)

..............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STOIKIOMETRI-2
(Hukum-Hukum Dasar Kimia)

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  2.      Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya                                                        dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi Dasar    :  2.2    Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-                  hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
(1)      Membuktikan hukum lavoisier melalui percobaan
(2)      Membuktikan hukum Proust melalui percobaan
(3)      Menganalsis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton)
(4)      Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (Hukum gay Lussac)
(5)      Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum Avogadro.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
(1)      Membuktikan berlakunya hukum Lavoisier.
(2)      Membuktikan berlakunya hukum Proust.
(3)      Menganalisis data untuk membuktikan berlakunya hukum Dalton.
(4)      Menggunakan data untuk membuktikan berlakuknya hukum Gay Lussac.
(5)      Menggunakan data untuk membuktikan berlakunya hukum Avogadro.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Hukum-hukum dasar kimia
  • Hukum Lavoisier
  • Hukum Proust
  • Hukum Dalton
  • Hukum Gay Lussa
  • Hukum Avogadro

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Praktik
  • Diskusi
  • Penugasan

V.          Alokasi waktu
            4 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikakn hukum Lavoisier dan hukum Proust di laboratorium
·        Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, Hukum Gay Lussac, dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas
·        Siswa dapat Membuktikan hukum Lavoisier melalui percobaan
·        Siswa dapat Menganalsis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton)

VI.       Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran).
Materi :  Hukum Lavoisier dan hukum Proust dan hukum Dalton.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Appersepsi:
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi / membahas hukum Lavoisier, hukum Proust dan hukum Dalton, sesuai dengan LKS 5.3 yang telah ditugaskan sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan hukum Lavoisier, hukum Proust dan hukum Dalton.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 5.4).  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi:  Hukum Gay Lussa dsab hukum Avogadro.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas LKS 2.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Presentasi kelompok tentang LKS 2.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 2.4). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Materi:  Sifat-sifat periodik unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.4 melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Jika ada sisa waktu digunakan untuk latihan soal (uji kompetensi). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)



Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VII.    Alat / Bahan / Sumber Belajar            : 
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VIII. Penilaian:
o   PPK
           Tagihan KIM1101MP (Lihat kartu Soal)
o   Responsi
           Tagihan KIM1102MP (Lihat kartu soal)



..............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.




RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STOIKIOMETRI-3

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  2.      Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya                                                        dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi Dasar     :  2.2   Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-                  hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep  mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
  • Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel , massa dan volum zat
  • Menentukan kadar zat dalam senyawa
  • Menentukan rumus empiris dan rumus molekul

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
  • Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Ikatan Kimia
  • Struktur sistem periodik modern

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
·        Diskusi informasi konsep mol
·        Siswa dapat Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel , massa dan volum zat

V.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran).
Materi :  Mengenal tabel periodik unsur.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
Appersepsi:
o   Sebelum pengetahuan tentang struktur atom, Medeleev, seorang ahli kimia dari Rusia, yaitu pada tahun 1869, telah berhasil menyusun suatu daftar unsur-unsur yang boleh dikatakan sama dengan tabel periodik unsur modern.  Namun demikian, Mendeleev tidak dapat menjelaskan keperiodikan sifat-sifat unsur tersebut.  Kini, setelah pengetahuan tntang struktur atom, kta dapat menjelaskan sifat-sifat unsur tersebut. 
Motivasi:
o   Tabel periodik unsur banyak manfaatnya dalam meMpelajari sifat-sifat unsur.  Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui letak unsur dalam sistem periodik. 
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri). .(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi / membahas tabel periodik unsur sesuai dengan LKS 2.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan makna tabel periodik (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.2 dan LKS 2.3). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi:  Sistem periodik dan konfigurasi elektron
              Perkembangan dasar pengelompokan unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas LKS 2.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Presentasi kelompok tentang LKS 2.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 2.4). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Materi:  Sifat-sifat periodik unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.4 melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Jika ada sisa waktu digunakan untuk latihan soal (uji kompetensi). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)

Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII. Penilaian:
A.      PPK
           Tagihan KIM1101MP (Lihat kartu Soal)

B.       Responsi
           Tagihan KIM1102MP (Lihat kartu soal)


..............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STOIKIOMETRI-4

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  2.      Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya                                                        dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi Dasar     :  2.2   Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-                  hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep  mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
  • Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi
  • Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
  • Menentukan rumus hidrat

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
  • Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Ikatan Kimia
  • Struktur sistem periodik modern

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
·        Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
·        Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi
·        Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
·        Menentukan rumus hidrat
·        Siswa dapat Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menulis rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa dan pereaksi pembatas.

V.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran).
Materi :  Mengenal tabel periodik unsur.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
Appersepsi:
o   Sebelum pengetahuan tentang struktur atom, Medeleev, seorang ahli kimia dari Rusia, yaitu pada tahun 1869, telah berhasil menyusun suatu daftar unsur-unsur yang boleh dikatakan sama dengan tabel periodik unsur modern.  Namun demikian, Mendeleev tidak dapat menjelaskan keperiodikan sifat-sifat unsur tersebut.  Kini, setelah pengetahuan tntang struktur atom, kta dapat menjelaskan sifat-sifat unsur tersebut. 
Motivasi:
o   Tabel periodik unsur banyak manfaatnya dalam meMpelajari sifat-sifat unsur.  Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui letak unsur dalam sistem periodik. 
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya. .(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi / membahas tabel periodik unsur sesuai dengan LKS 2.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan makna tabel periodik . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.2 dan LKS 2.3). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi:  Sistem periodik dan konfigurasi elektron
              Perkembangan dasar pengelompokan unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas LKS 2.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Presentasi kelompok tentang LKS 2.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)



Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 2.4). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Materi:  Sifat-sifat periodik unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.4 melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Jika ada sisa waktu digunakan untuk latihan soal (uji kompetensi). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);


Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII.  Penilaian:
o   PPK
           Tagihan KIM1101MP (Lihat kartu Soal)
o   Responsi
           Tagihan KIM1102MP (Lihat kartu soal)


..............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons