Cari Blog Ini

Jumat, 02 Maret 2012

RPP KIMIA X.2 SMA

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 2
Alokasi Waktu           :  13 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi: 
3.   Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi

Kompetensi dasar     : 
3.1   Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
§  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit  melalui  percobaan
§  Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
§  Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
§  Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
§  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
§  Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
§  Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
§  Memberi nama senyawa menurut IUPAC.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
Ø  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit  melalui  percobaan
Ø  Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
Ø  Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
Ø  Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Ø  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
Ø  Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
Ø  Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
Ø  Memberi nama senyawa menurut IUPAC
Ø  Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
larutan non elektrolit dan elektrolit
Ø  jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
Ø  jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.
            konsep oksidasi dan reduksi
Ø  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
Ø  tata nama menurut IUPAC
Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.
·        Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasiloksidasi, hasil reduksi
·        Siswa dapat Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit.
·        Siswa dapat Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya
V.     Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
Memeriksa kehadiran siswa.
Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o   Apersepsi:
      Diskusi singkat tentang larutan non elektrolit dan elektrolit
      Apakah yang dimaksud larutan non elektrolit dan elektrolit ?
o   Motivasi
Dengan memahami larutan non elektrolit dan elektrolit kita akan dapat memahami perbedaan antara non elektrolit dan elektrolit yang satu dari yang lainnya.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas Melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Berlatih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.    Alat / Bahan / Sumber Belajar  : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII.  Penilaian:
o   PPK
o   Responsi
          
                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.









RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMA .....................
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 2
Alokasi Waktu           :  20 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi: 
4.     Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

Kompetensi dasar     : 
4.1   Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
4.2   Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
4.4   Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
§  Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
§  Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
§  Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§  Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan 
§  Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§  Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§  Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans)
§  Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
§  Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§  Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
§  Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§  Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
§  Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
§   Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
§   Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
§   Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§   Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
§   Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§   Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§   Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans).
§   Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi).
§   Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§   Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
§   Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§   Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
§   Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
§   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.
§   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
§    identifikasi atom C,H dan O.
§    kekhasan atom karbon.
§    atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
§    akana, alkena dan alkuna
§    sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
§    isomer
§    reaksi senyawa karbon
§    minyak bumi
§    fraksi minyak bumi
§    mutu bensin
§    Dampak pembakaran bahan bakar
§    Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium
·        Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas.
·        keja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, petrokimia, dan dampak hasil pembakaran nahan bakar.
·        Siswa dapat Mendeskrips-ikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
·        Siswa dapat Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
·        Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
·        Siswa dapat menjelaskan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, perdagangan, seni dan estetika.
V.     Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
  • Salam pembuka
  • Appersepsi
  • Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dengan menggunakan molymood mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Menentukan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Latihan tatanama. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar
  • (Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Presentasi hasil kerja kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
  • Menyimpulkan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII.  Penilaian: PPK, Responsi
          

                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons