RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA .....................
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 13 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi:
3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
Kompetensi dasar :
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit melalui percobaan
§ Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
§ Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
§ Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
§ Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
§ Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
§ Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
§ Memberi nama senyawa menurut IUPAC.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
Ø Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit melalui percobaan
Ø Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
Ø Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
Ø Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Ø Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
Ø Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
Ø Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
Ø Memberi nama senyawa menurut IUPAC
Ø Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi Ajar :
larutan non elektrolit dan elektrolit
Ø jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
Ø jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.
konsep oksidasi dan reduksi
Ø Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
Ø tata nama menurut IUPAC
Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
IV. Metode pendekatan:
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium. · Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasiloksidasi, hasil reduksi | · Siswa dapat Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit. · Siswa dapat Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya |
V. Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o Salam pembuka
Memeriksa kehadiran siswa.
Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o Apersepsi:
Diskusi singkat tentang larutan non elektrolit dan elektrolit
Apakah yang dimaksud larutan non elektrolit dan elektrolit ?
o Motivasi
Dengan memahami larutan non elektrolit dan elektrolit kita akan dapat memahami perbedaan antara non elektrolit dan elektrolit yang satu dari yang lainnya.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Membahas Melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian:
o PPK
o Responsi
...............,.................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA .....................
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 20 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi:
4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar :
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika
I. Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
§ Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
§ Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§ Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan
§ Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§ Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§ Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans)
§ Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
§ Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§ Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
§ Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§ Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
§ Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
§ Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
§ Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
§ Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§ Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
§ Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§ Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§ Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans).
§ Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi).
§ Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§ Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
§ Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§ Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
§ Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi Ajar :
§ identifikasi atom C,H dan O.
§ kekhasan atom karbon.
§ atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
§ akana, alkena dan alkuna
§ sifat-sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
§ isomer
§ reaksi senyawa karbon
§ minyak bumi
§ fraksi minyak bumi
§ mutu bensin
§ Dampak pembakaran bahan bakar
§ Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Metode pendekatan:
- Ceramah / penyampaian informasi.
- Diskusi
- Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium · Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas. · keja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, petrokimia, dan dampak hasil pembakaran nahan bakar. | · Siswa dapat Mendeskrips-ikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon · Siswa dapat Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa. · Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya. · Siswa dapat menjelaskan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, perdagangan, seni dan estetika. |
V. Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
- Salam pembuka
- Appersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dengan menggunakan molymood mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Latihan tatanama. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar
- (Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Presentasi hasil kerja kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
- Menyimpulkan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian: PPK, Responsi
...............,.................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments:
Posting Komentar