Cari Blog Ini

Jumat, 17 Februari 2012

RPP BAHASA INDONESIA SMA XI-1,b

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
KOMPETENSI DASAR
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
No
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mampu memahami pengertian dan fungsi catatan kaki
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Mampu mengidentifikasi unsur-unsur catatan kaki
3
Mampu memahami cara menyusun catatan kaki
4
Mampu menyusun catatan kaki
5
Mampu mengidentifikasi unsur-unsur daftar pustaka
6
Mampu memahami cara menyusun daftar pustaka
7
Mampu menyusun daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
 Pengertian dan fungsi catatan kaki
 Unsur-unsur catatan kaki
 Cara menyusun catatan kaki
 Contoh penyusunan catatan kaki
 Unsur-unsur daftar pustaka
 Cara menyusun daftar pustaka
Contoh penyusunan daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis



TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  memahami karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
·        Pengertian dan fungsi catatan kaki 
·     Siswa dapat Mampu memahami pengertian dan fungsi catatan kaki.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya mengenai alasan penyusunan catatan kaki dan daftar pustaka
F Siswa ditanya mengenai referensi yang bisa disusun menjadi catatan kaki dan daftar pustaka
·   Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F Guru menjelaskan memahami pengertian dan fungsi catatan kaki
F Siswa Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki.
& Elaborasi
 Siswa berdiskusi untuk :
F memahami pengertian dan fungsi catatan kaki
F mengidentifikasi unsur-unsur catatan kaki
F memahami cara menyusun catatan kaki
F menyusun catatan kaki
F mengidentifikasi unsur-unsur daftar pustaka
F memahami cara menyusun daftar pustaka
F menyusun daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis
Secara bergantian juru bicara kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
Siswa memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lain
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

Siswa diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam menyusun catatan kaki dan daftar pustaka
Siswa diminta mengungkapkan pendapatnya mengenai karya tulis apa saja yang bisa dilengkapi dengan catatan kaki dan daftar pustaka
·   Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 88-95
Keraf, Gorys. 1980. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
Widyamartaya. 1995. Kreatif Mengarang. Yogyakarta : Kanisius
  V
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran menulis
  
Media cetak dan elektronik


Website internet

  V
Narasumber
Editor penerbitan, penulis
  V
Model peraga
Siswa anggota KIR
  V
Lingkungan
Contoh catatan kaki dan daftar pustaka pada karya tulis atau buku yang beredar di masyarakat


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
 
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Pertanyaan lisan tentang alasan penyusunan catatan kaki dan daftar pustaka
Pertanyaan mengenai referensi yang bisa disusun menjadi catatan kaki dan daftar pustaka
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, pemberian tanggapan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami pementasan drama 

KOMPETENSI DASAR
5.1  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
3
Menentukan tema dengan alasan
4
Menentukan pesan dengan data yang mendukung
5
Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
6
Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman drama yang mengandung unsur  peristiwa, penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama

METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
·        Membuat Rekaman drama yang mengandung unsur  peristiwa, penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama 
·     Siswa dapat Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru  menyebut judul  (bila memungkinkan Guru  memutarkan cuplikan)   film terbaru atau  sinetron di televisi yang sedang digemari dan menanyakan kepada siswa siapa yang telah menonton atau mengikutinya.
F Siswa  yang mengaku menonton diminta untuk menceritakan sekilas film/sinetron tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan panduan yang diajukan Guru. Pertanyaan diarahkan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1  (45’)

& Eksplorasi
F Siswa diminta mengingat dan menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang   membangun  cerita drama.
F Guru menjelaskan secara lebih mendalam unsur peristiwa, dialog, tokoh, dan konfliks dalam cerita drama. Sebelumnya, Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang beberapa hal terkait unsur-unsur tersebut.

·   Kreatif
Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Eksplorasi
F Siswa menyaksikan pemutaran rekaman pertunjukan drama/sinetron/ film
F Siswa bergabung dalam kelompok dan berdiskusi untuk  menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
& Elaborasi
F Siswa membuat  sinopsis cerita drama/sinetron/film yang disaksikannya.
F Siswa menyusun makalah sederhana  untuk melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Secara bergantian, kelompok   mempresentasikan  di depan kelas  dan ditanggapi oleh kelas.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 49 - 54
Pengantar Bermain Drama karya  A. adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya 
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman pertunjukan drama/film/sinetron


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas diskusi kelompok untuk mengungkapkan unsur peristiwa,  tokoh dan perwatakannya,   pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
Tugas untuk membuat makalah sederhana dan mempresentasikannya di depan kelas.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok serta  mempresentasi (terlampir di bawah).

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami pementasan drama 

KOMPETENSI DASAR
5.2 Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau  akting para tokoh (gesture, business,  blocking , dll) 
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
3
Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
4
Menjelaskan tata bunyi (sound efek dan musik)
5
Menjelaskan tata lampu
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman Pementasan drama
Teknik dasar bermain drama :gerak ,  mimik/ pantomimic, blocking, tata panggung, tata busana, tata bunyi, tata lampu

METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami pementasan drama
·        Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan 
·     Siswa dapat pementasan drama berdasarkan gerak atau  akting para tokoh (gesture, business,  blocking , dll)

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru memutarkan rekaman  beberapa  cuplikan adegan  pementasan drama  (dokumen  pribadi/sekolah)  yang pernah digelar di sekolah. Cuplikan difokuskan pada akting pemain dan teknik-teknik pendukung yang buruk dan bagus.
F Siswa dimintai komentar/penilaiannya atas akting pemain dan hal-hal teknis lain (tatarias, tata busana, panggung, tatalampu, dll) yang ditunjukkan dalam rekaman

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 (90’) 

& Eksplorasi
F Guru menjelaskan beberapa teknik yang sangat penting dalam bermain drama. Setiap penjelasan  langsung disertai   contoh   yang terdapat  dalam rekaman audio visual pertunjukan drama
& Elaborasi
F Siswa menyaksikan tayangan utuh rekaman pertunjukan drama. Dengan berdiskusi, siswa menganalisis teknik permainan para pemain.
F Siswa berdiskusi untuk merumuskan teknik bermain drama  dan hal-hal penting  yang harus diperhatikan dalam bermain drama


·   Kreatif
Pertemuan ke-2  ( 90’)

F Siswa mempresentasikan  hasil diskusinya di muka kelas  dan ditanggapi secara kritis oleh anggota kelompok lain.
F Guru mengobservasi kinerja dan keterlibatan setiap siswa dalam berdiskusi maupun presentasi
F Guru mengulas hasil presentasi setiap kelompok dan memilih kelompok yang hasil analisisnya paling baik
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang teknik bermain drama  yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru menyampaikan tugas mandiri (dikerjakan di rumah): mengobservasi dan mencermati pementasan drama (termasuk sinetron/film) di televisi. Pengamatan difokuskan pada teknik bermain para aktornya.
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif

SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Pengantar Bermain Drama karya A. Adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya Bandung

Material: VCD, kaset, poster
rekaman pertunjukan drama secara utuh
cuplikan/potongan-potongan adengan pertunjukan drama
V
Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga
siswa yang memeragakan beberapa teknik bermain drama

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menonton dan menganalisis teknik bermain para pemain dalam pertunjukan drama
Tugas untuk mendiskusikan dan mempresentasikan hasil  analisis dan apresiasi pertunjukan drama
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam mengikuti diskusi dan presentasi (terlampir di bawah)
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
KOMPETENSI DASAR
6.1    Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik,   sesuai dengan watak tokoh
6.2    Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
§  Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
§  Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
§  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
§  Mampu membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
§  Mampu menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
§  Mampu mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis,  antagonis, atau  tritagonis
§  Mampu mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman

·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Naskah drama
§  gerak (action)
§  mimik/ pantomimik
§  blocking
§  tata panggung
§  tata busana
§  tata bunyi
  • tata lampu
Naskah drama
Cara menghayati watak tokoh yang akan diperankan
Cara mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis
Cara mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh antagonis
Cara mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh tritagonis




STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memerankan tokoh dalam pementasan drama
·        Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik,   sesuai dengan watak tokoh
·        Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
·     Siswa dapat Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh.
·     Siswa Mampu mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai unsur-unsur intrinsik drama
F Guru dan siswa bertukar pengalaman tentang penokohan dalam drama 
·   Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F Siswa membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
& Elaborasi
F Siswa belajar menghayati watak tokoh yang akan diperankan  Siswa mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis*
F Siswa mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam menghayati watak tokoh yang diperankannya
F Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh yang diperankannya
·   Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  V
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 95-99
Rumadi (Ed). 1991. Kumpulan Dra ma Remaja. Jakarta : PT Grasindo
  V
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran drama, rekaman pementasan drama
  V
Media cetak dan elektronik
Naskah drama di majalah/koran Siaran langsung atau rekaman drama/sinetron/film dari televisi
  V
Website internet
Naskah drama atau rekaman pementasan drama/sinetron/film
  V
Narasumber
Dramawan, pemain sinetron/film
  V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalam an sebagai  pemain drama/sinetron/ film
  V
Lingkungan
Pementasan drama/sinetron/film


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang fungsi dialog dalam drama dan cara mengekspresikan dialog dalam drama
Tugas/perintah untuk melakukan persiapan, latihan, pementasan, dan tanggapan penampilan dialog dalam drama
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
7.  Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

KOMPETENSI DASAR
7.1   Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·   Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
ALOKASI WAKTU
4 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks hikayat
Ciri-ciri hikayat sebagai bentuk kesusasteraan lama
Unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
Unsur-unsur ekstrinsik (a.l. : latar belakang budaya  yang memengaruhi kelahiran dan perkembangan suatu hikayat)
METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab


Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
·        Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat
·     Siswa dapat Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menceritakan  cuplikan sebuah hikayat yang menarik dan cukup terkenal, misalnya salah satu bagian cerita Hikayat Seribu Satu Malam. Kemudian siswa diminta untuk menebak judul ceritanya, pengarangnya, negara asal cerita, budaya yang mempengaruhi,  dan kelanjutan/akhir ceritanya.
F Dengan melontarkan beberapa pertanyaan, Guru menuntun pengetahuan siswa untuk mengidentifikasi bentuk cerita tersebut adalah sebuah hikayat, sebuah bentuk  sastra  lama yang memiliki kekhasan. 
·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F Siswa membaca secara intensif hikayat, misalnya berjudul  Tikus dan Kucing Hutan seperti yang tersaji di buku teks.
F Guru menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan kembali hikayat yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
F Guru menjelaskan latar belakang atau sejarah  kelahiran hikayat  tersebut.
& Elaborasi
F Guru  membagikan artikel dari surat khabar/internet yang membahas tentang cerita hikayat dan meminta siswa untuk mempelajarinya.
F Berdasarkan hasil pengkajiannya, siswa  diajak brain storming   mengidentifikasi  dan merumuskan   ciri-ciri hikayat.
F Dengan berdiskusi kelompok, siswa menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengidentifikasi ciri-ciri  hikayat Tikus dan Kucing Hutan  sebagai bentuk kesusasteraan lama.
F Secara bergantian, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil berdiskusinya.
F Guru mengulas, merangkum, dan menyimpulkan tampilan presenstasi seluruh kelompok.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
Pertemuan ke-2 ( 90’)

& Eksplorasi
F Guru menjelaskan unsur-unsur yang membangun  hikayat, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik.
F Guru menjelaskan karakteristik unsur ekstrinsik yang membentuk hikayat.
& Elaborasi
F Siswa menjawab pertanyaan Guru seputar unsur intrinsik dan ekstrinsik  pada hikayat Tikus dan Kucing Hutan.
F Guru menyampaikan tugas Geladi Kelompok: secara berkelompok siswa membaca sendiri sebuah hikayat, menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya,  dan mengidentifikasi ciri-cirinya sebagai bentuk kesusasteraan lama.
F Secara bergantian, setiap kelompok   mempresentasikan hasil berdiskusinya di depan kelas untuk ditanggapi bersama.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru mengajak siswa untuk tidak melupakan hikayat sebagai warisan budaya nenek moyang yang mengandung nilai-nilai hidup yang sangat luhur.
·   Bersahabat/ komunikatif

SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 63-68
Hikayat Kalilah dan Dimnah karya Baidaba terjemahan Abdullah Ibnul Muqaffa terbitan Balai Pustaka halaman 152-156
Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik karya Edwar Djamaris terbitan Balai Pustaka 
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah halaman 13-95.

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
artikel di koran atau majalah yang mengupas hikayat
V
Website internet
website  yang memuat hikayat dari berbagai bangsa, artikel yang mengupas hikayat

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membaca dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah hikayat.
Tugas untuk mengidentifkasi ciri-ciri yang terdapat dalam sebuah hikayat yang menunjukkan bahwa hikayat tersebut merupakan bentuk kesusasteraan lama.
Tugas mandiri untuk membaca hikayat, mendiskusikan unsur dan ciri-cirinya, serta mempresentasikan di depan kelas
Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa  atas konsep-konsep seputar hikayat yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

-

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
7.    Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
KOMPETENSI DASAR
7.2  Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik  novel Indonesia dan terjemahan
·   Mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik  novel Indonsia
·   Mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik  novel terjemahan
·   Mampu membandingkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik  novel Indonsia dengan novel terjemahan novel
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Novel Indonesia dan novel terjemahan
 Unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang,
 latar, dan amanat)
Unsur ektrinsik  dalam novel (budaya, sosial, pendidikan, dll)





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
·        Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
·     Siswa dapat Mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik  novel terjemahan.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA (Apersepsi)
F Siswa ditanya mengenai pengertian novel Indonesia & terjemahan
F Siswa ditanya tentang perbedaan novel Indonesia & terjemahan
·   Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F Siswa membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
& Elaborasi
Siswa berdiskusi untuk :
F mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel   Indonesia dan terjemahan
F menganalisis unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan,   sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik novel Indonsia   dan terjemahan
F membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia   dengan novel Indonesia
F Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
F Siswa lain menanggapi presentasi hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
F Siswa diminta menjelaskan manfaat pembandingan novel Indonesia dan novel terjemahan
F Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan isi salah satu novel
·   Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  V
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 99-104
Mahayana, Maman S.,Oyon Sofyan, Achmad Dian. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern. Jakarta : PT Grasindo
  V
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran analisis novel
  V
Media cetak dan elektronik
Artikel atau siaran  pembahasan novel Indonesia/terjemahan di koran/majalah atau televisi
  V
Website internet
Artikel   pembahasan novel Indonesia/terjemahan
  V
Narasumber
Kritikus sastra
  V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman sebagai kritikus sastra
  V
Lingkungan
Hasil-hasil analisis novel Indonesia/ terjemahan yang ada di masyarakat


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model


PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  V
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang pengertian dan perbedaan novel Indonesia & terjemahan
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, pemberian tanggapan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


RUBRIK PENILAIAN ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   

KOMPETENSI DASAR
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 

Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
·   Mengungkapkan identitas buku
·   Mengungkapkan  sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku 
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh sebuah resensi buku
Fungsi dan tujuan penulisan resensi
Prinsip-prinsip penting  penulisan  resensi
Pokok-pokok isi  dan sistematika resensi buku
Data publikasi buku yang diresensi

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
·        Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi
·     Siswa dapat Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menunjukkan sebuah buku baru (yang baru diluncurkan) dan menanyakan kepada siswa apakah sudah membacanya.  Bilamana belum dan berminat membacanya, guru mengajak siswa untuk mendengarkan  sebuah artikel   di majalah atau koran yang mengulas buku tersebut.
F Guru mengarahkan pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa   bahwa artikel tersebut  adalah sebuah resensi buku.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 (45’)

& Eksplorasi
F Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks.
F Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa mendiskusikan fungsi dan tujuan penulisan resensi buku.
F Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku.
& Elaborasi
F Dengan berdiskusi kelompok, siswa  mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika isi resensi buku berdasarkan contoh  yang telah dibacanya.
·   Kreatif
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)

& Eksplorasi
F Siswa diajak ke perpustakaan/ruang internet untuk mencari contoh-contoh resensi buku dan mengklipingnya beberapa buah.
F Siswa mencermati, membandingkanm, dan memberikan tanggapan/penilaian atas contoh-contoh resensi temuaannya
& Elaborasi
F Guru menugasi siswa  mencari buku baru untuk diresensi dan membacanya sampai tuntas (tugas ini dapat dikerjakan di rumah).
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
·   Bersahabat/ komunikatif

SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
 Contoh buku yang  diresensi dan karangan hasil resensinya

V
Website internet
website yang  berisi  galery /kumpulan resensi buku dari berbagai penerbit

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku 
Tugas untuk mengkliping beberapa contoh resensi buku dan memberikan ulasan/penilaian
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   

KOMPETENSI DASAR
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 

Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Menulis resensi novel dengan memperhatikan identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan  cermat EYD
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
ALOKASI WAKTU
4 x  45 menit ( 2 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh karangan resensi buku
Unsur-unsur resensi  identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar 
 Sistematika dan struktur isi resensi buku


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari


Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
·        Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
·     Siswa dapat Menulis resensi novel dengan memperhatikan identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan  cermat EYD

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru  mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa   mengingat kembali  prinsip-prinsip penulisan  resensi buku yang pernah  dipelajari sebelumnya
F Guru menanyakan hasil tugas memilih dan membaca buku baru yang akan diresensinya
F Guru menunjukkan sebuah buku terbaru yang menarik untuk dibaca dan  diresensi
·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F Siswa diajak untuk mencermati dan menanggapi contoh resensi buku yang ditampilkan di buku teks untuk memperdalam pemahaman sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku
Guru menjelaskan tahap-tahap  penulisan resensi buku
F Siswa mengeluarkan/menyiapkan buku  yang akan diresensinya.
F Siswa diberi kesempatan untuk membaca  sampai tuntas / menuntaskan pembacaan buku yang akan diresensi
& Elaborasi
F Siswa    meringkas atau mengidentifikasi garis besar isi buku
F Siswa mengulas dan menimbang kelebihan dan kekurangan buku
F Siswa   mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku   secara lengkap
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Eksplorasi
F Siswa menulis resensi buku   berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan.
F Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya
F Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya
F Guru   mengapresiasi   beberapa resensi yang   sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa.
& Elaborasi
F Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri /Kelompok: mendengarkan berita, menjawab pertanyaan pemahaman isinya, dan memberikan tanggapan secara kritis.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang resensi buku yang telah dipelajarinya
F Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku.
                                                                                              
·   Bersahabat/ komunikatif
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 20-25
 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo
V
Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
contoh resensi buku yang pernah dimuat di mediamassa
V
Website internet
website yang memuat kumpulan  resensi buku dari berbagai penerbit

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
Tugas untuk menulis resensi buku
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku   (terlampir di bawah)
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons