RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |||||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah | ||||||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | ||||||||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||||||||||||||||||||
| |||||||||||||||||||||
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Pengertian dan fungsi catatan kaki Unsur-unsur catatan kaki Cara menyusun catatan kaki Contoh penyusunan catatan kaki Unsur-unsur daftar pustaka Cara menyusun daftar pustaka Contoh penyusunan daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu memahami karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | · Pengertian dan fungsi catatan kaki | · Siswa dapat Mampu memahami pengertian dan fungsi catatan kaki. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Siswa ditanya mengenai alasan penyusunan catatan kaki dan daftar pustaka F Siswa ditanya mengenai referensi yang bisa disusun menjadi catatan kaki dan daftar pustaka | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | & Eksplorasi F Guru menjelaskan memahami pengertian dan fungsi catatan kaki F Siswa Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki. & Elaborasi Siswa berdiskusi untuk : F memahami pengertian dan fungsi catatan kaki F mengidentifikasi unsur-unsur catatan kaki F memahami cara menyusun catatan kaki F menyusun catatan kaki F mengidentifikasi unsur-unsur daftar pustaka F memahami cara menyusun daftar pustaka F menyusun daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis Secara bergantian juru bicara kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya Siswa memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lain & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | Siswa diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam menyusun catatan kaki dan daftar pustaka Siswa diminta mengungkapkan pendapatnya mengenai karya tulis apa saja yang bisa dilengkapi dengan catatan kaki dan daftar pustaka | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 88-95 Keraf, Gorys. 1980. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah Widyamartaya. 1995. Kreatif Mengarang. Yogyakarta : Kanisius |
V | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pengajaran menulis | |
Media cetak dan elektronik | |||
Website internet | |||
V | Narasumber | Editor penerbitan, penulis | |
V | Model peraga | Siswa anggota KIR | |
V | Lingkungan | Contoh catatan kaki dan daftar pustaka pada karya tulis atau buku yang beredar di masyarakat | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | ||
V | Inquari | ||
Demontrasi /Pemeragaan Model |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang alasan penyusunan catatan kaki dan daftar pustaka Pertanyaan mengenai referensi yang bisa disusun menjadi catatan kaki dan daftar pustaka Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, pemberian tanggapan Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||||||||
PROGRAM | |||||||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 5. Memahami pementasan drama | ||||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama | ||||||||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Rekaman drama yang mengandung unsur peristiwa, penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama | · Membuat Rekaman drama yang mengandung unsur peristiwa, penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama | · Siswa dapat Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menyebut judul (bila memungkinkan Guru memutarkan cuplikan) film terbaru atau sinetron di televisi yang sedang digemari dan menanyakan kepada siswa siapa yang telah menonton atau mengikutinya. F Siswa yang mengaku menonton diminta untuk menceritakan sekilas film/sinetron tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan panduan yang diajukan Guru. Pertanyaan diarahkan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) | |
& Eksplorasi F Siswa diminta mengingat dan menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita drama. F Guru menjelaskan secara lebih mendalam unsur peristiwa, dialog, tokoh, dan konfliks dalam cerita drama. Sebelumnya, Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang beberapa hal terkait unsur-unsur tersebut. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | ||
& Eksplorasi F Siswa menyaksikan pemutaran rekaman pertunjukan drama/sinetron/ film F Siswa bergabung dalam kelompok dan berdiskusi untuk menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh. & Elaborasi F Siswa membuat sinopsis cerita drama/sinetron/film yang disaksikannya. F Siswa menyusun makalah sederhana untuk melaporkan hasil diskusi kelompok. F Secara bergantian, kelompok mempresentasikan di depan kelas dan ditanggapi oleh kelas. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 49 - 54 Pengantar Bermain Drama karya A. adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah |
V | Material: VCD, kaset, poster | rekaman pertunjukan drama/film/sinetron |
Mediacetak dan elektronik | ||
Website internet | ||
Narasumber | ||
Model peraga | ||
Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas diskusi kelompok untuk mengungkapkan unsur peristiwa, tokoh dan perwatakannya, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh. Tugas untuk membuat makalah sederhana dan mempresentasikannya di depan kelas. Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok serta mempresentasi (terlampir di bawah). |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||||||||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||||||||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||||||||||||
PROGRAM | |||||||||||||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | ||||||||||||||||
STANDAR KOMPETENSI | 5. Memahami pementasan drama | ||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | 5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan | ||||||||||||||||
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
| |||||||||||||||||
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Rekaman Pementasan drama Teknik dasar bermain drama :gerak , mimik/ pantomimic, blocking, tata panggung, tata busana, tata bunyi, tata lampu |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami pementasan drama | · Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan | · Siswa dapat pementasan drama berdasarkan gerak atau akting para tokoh (gesture, business, blocking , dll) |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru memutarkan rekaman beberapa cuplikan adegan pementasan drama (dokumen pribadi/sekolah) yang pernah digelar di sekolah. Cuplikan difokuskan pada akting pemain dan teknik-teknik pendukung yang buruk dan bagus. F Siswa dimintai komentar/penilaiannya atas akting pemain dan hal-hal teknis lain (tatarias, tata busana, panggung, tatalampu, dll) yang ditunjukkan dalam rekaman | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) | |
& Eksplorasi F Guru menjelaskan beberapa teknik yang sangat penting dalam bermain drama. Setiap penjelasan langsung disertai contoh yang terdapat dalam rekaman audio visual pertunjukan drama & Elaborasi F Siswa menyaksikan tayangan utuh rekaman pertunjukan drama. Dengan berdiskusi, siswa menganalisis teknik permainan para pemain. F Siswa berdiskusi untuk merumuskan teknik bermain drama dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam bermain drama | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | ||
F Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di muka kelas dan ditanggapi secara kritis oleh anggota kelompok lain. F Guru mengobservasi kinerja dan keterlibatan setiap siswa dalam berdiskusi maupun presentasi F Guru mengulas hasil presentasi setiap kelompok dan memilih kelompok yang hasil analisisnya paling baik & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang teknik bermain drama yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru menyampaikan tugas mandiri (dikerjakan di rumah): mengobservasi dan mencermati pementasan drama (termasuk sinetron/film) di televisi. Pengamatan difokuskan pada teknik bermain para aktornya. | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Pengantar Bermain Drama karya A. Adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya Bandung |
Material: VCD, kaset, poster | rekaman pertunjukan drama secara utuh cuplikan/potongan-potongan adengan pertunjukan drama | |
V | Mediacetak dan elektronik | |
Website internet | ||
Narasumber | ||
Model peraga | siswa yang memeragakan beberapa teknik bermain drama | |
Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menonton dan menganalisis teknik bermain para pemain dalam pertunjukan drama Tugas untuk mendiskusikan dan mempresentasikan hasil analisis dan apresiasi pertunjukan drama Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam mengikuti diskusi dan presentasi (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |||
STANDAR KOMPETENSI | 6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama | ||
KOMPETENSI DASAR | 6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh 6.2 Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis | ||
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
§ Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan § Menghayati watak tokoh yang akan diperankan § Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh § Mampu membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan § Mampu menghayati watak tokoh yang akan diperankan § Mampu mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tritagonis § Mampu mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan | |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Naskah drama § gerak (action) § mimik/ pantomimik § blocking § tata panggung § tata busana § tata bunyi
Naskah drama Cara menghayati watak tokoh yang akan diperankan Cara mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis Cara mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh antagonis Cara mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh tritagonis | ||
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memerankan tokoh dalam pementasan drama | · Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh · Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis | · Siswa dapat Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh. · Siswa Mampu mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai unsur-unsur intrinsik drama F Guru dan siswa bertukar pengalaman tentang penokohan dalam drama | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | & Eksplorasi F Siswa membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan & Elaborasi F Siswa belajar menghayati watak tokoh yang akan diperankan Siswa mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis* F Siswa mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | F Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam menghayati watak tokoh yang diperankannya F Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh yang diperankannya | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | V | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 95-99 Rumadi (Ed). 1991. Kumpulan Dra ma Remaja. Jakarta : PT Grasindo |
V | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pengajaran drama, rekaman pementasan drama | |
V | Media cetak dan elektronik | Naskah drama di majalah/koran Siaran langsung atau rekaman drama/sinetron/film dari televisi | |
V | Website internet | Naskah drama atau rekaman pementasan drama/sinetron/film | |
V | Narasumber | Dramawan, pemain sinetron/film | |
V | Model peraga | Siswa yang mempunyai pengalam an sebagai pemain drama/sinetron/ film | |
V | Lingkungan | Pementasan drama/sinetron/film | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | ||
V | Inquari | ||
V | Demontrasi /Pemeragaan Model |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang fungsi dialog dalam drama dan cara mengekspresikan dialog dalam drama Tugas/perintah untuk melakukan persiapan, latihan, pementasan, dan tanggapan penampilan dialog dalam drama Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||||||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||||||
PROGRAM | |||||||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | ||||||
STANDAR KOMPETENSI | 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | ||||||
KOMPETENSI DASAR | 7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat | ||||||
| |||||||
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks hikayat Ciri-ciri hikayat sebagai bentuk kesusasteraan lama Unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) Unsur-unsur ekstrinsik (a.l. : latar belakang budaya yang memengaruhi kelahiran dan perkembangan suatu hikayat) |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
Penugasan | ||
Demontrasi /Pemeragaan Model |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | · Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat | · Siswa dapat Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menceritakan cuplikan sebuah hikayat yang menarik dan cukup terkenal, misalnya salah satu bagian cerita Hikayat Seribu Satu Malam. Kemudian siswa diminta untuk menebak judul ceritanya, pengarangnya, negara asal cerita, budaya yang mempengaruhi, dan kelanjutan/akhir ceritanya. F Dengan melontarkan beberapa pertanyaan, Guru menuntun pengetahuan siswa untuk mengidentifikasi bentuk cerita tersebut adalah sebuah hikayat, sebuah bentuk sastra lama yang memiliki kekhasan. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Siswa membaca secara intensif hikayat, misalnya berjudul Tikus dan Kucing Hutan seperti yang tersaji di buku teks. F Guru menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan kembali hikayat yang dibacanya dengan kata-kata sendiri F Guru menjelaskan latar belakang atau sejarah kelahiran hikayat tersebut. & Elaborasi F Guru membagikan artikel dari surat khabar/internet yang membahas tentang cerita hikayat dan meminta siswa untuk mempelajarinya. F Berdasarkan hasil pengkajiannya, siswa diajak brain storming mengidentifikasi dan merumuskan ciri-ciri hikayat. F Dengan berdiskusi kelompok, siswa menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengidentifikasi ciri-ciri hikayat Tikus dan Kucing Hutan sebagai bentuk kesusasteraan lama. F Secara bergantian, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil berdiskusinya. F Guru mengulas, merangkum, dan menyimpulkan tampilan presenstasi seluruh kelompok. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | ||
& Eksplorasi F Guru menjelaskan unsur-unsur yang membangun hikayat, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. F Guru menjelaskan karakteristik unsur ekstrinsik yang membentuk hikayat. & Elaborasi F Siswa menjawab pertanyaan Guru seputar unsur intrinsik dan ekstrinsik pada hikayat Tikus dan Kucing Hutan. F Guru menyampaikan tugas Geladi Kelompok: secara berkelompok siswa membaca sendiri sebuah hikayat, menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya, dan mengidentifikasi ciri-cirinya sebagai bentuk kesusasteraan lama. F Secara bergantian, setiap kelompok mempresentasikan hasil berdiskusinya di depan kelas untuk ditanggapi bersama. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru mengajak siswa untuk tidak melupakan hikayat sebagai warisan budaya nenek moyang yang mengandung nilai-nilai hidup yang sangat luhur. | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 63-68 Hikayat Kalilah dan Dimnah karya Baidaba terjemahan Abdullah Ibnul Muqaffa terbitan Balai Pustaka halaman 152-156 Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik karya Edwar Djamaris terbitan Balai Pustaka Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah halaman 13-95. |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | artikel di koran atau majalah yang mengupas hikayat |
V | Website internet | website yang memuat hikayat dari berbagai bangsa, artikel yang mengupas hikayat |
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | ||
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk membaca dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah hikayat. Tugas untuk mengidentifkasi ciri-ciri yang terdapat dalam sebuah hikayat yang menunjukkan bahwa hikayat tersebut merupakan bentuk kesusasteraan lama. Tugas mandiri untuk membaca hikayat, mendiskusikan unsur dan ciri-cirinya, serta mempresentasikan di depan kelas Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep seputar hikayat yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | - |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |||
STANDAR KOMPETENSI | 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | ||
KOMPETENSI DASAR | 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | ||
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mampu mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan · Mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik novel Indonsia · Mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik novel terjemahan · Mampu membandingkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonsia dengan novel terjemahan novel | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan | |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Novel Indonesia dan novel terjemahan Unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) Unsur ektrinsik dalam novel (budaya, sosial, pendidikan, dll) | ||
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan | · Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | · Siswa dapat Mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik novel terjemahan. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Siswa ditanya mengenai pengertian novel Indonesia & terjemahan F Siswa ditanya tentang perbedaan novel Indonesia & terjemahan | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | & Eksplorasi F Siswa membaca novel Indonesia dan novel terjemahan & Elaborasi Siswa berdiskusi untuk : F mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan F menganalisis unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dan ekstrinsik novel Indonsia dan terjemahan F membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dengan novel Indonesia F Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya F Siswa lain menanggapi presentasi hasil diskusi & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | F Siswa diminta menjelaskan manfaat pembandingan novel Indonesia dan novel terjemahan F Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan isi salah satu novel | · Bersahabat/ komunikatif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | V | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 99-104 Mahayana, Maman S.,Oyon Sofyan, Achmad Dian. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern. Jakarta : PT Grasindo |
V | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pengajaran analisis novel | |
V | Media cetak dan elektronik | Artikel atau siaran pembahasan novel Indonesia/terjemahan di koran/majalah atau televisi | |
V | Website internet | Artikel pembahasan novel Indonesia/terjemahan | |
V | Narasumber | Kritikus sastra | |
V | Model peraga | Siswa yang mempunyai pengalaman sebagai kritikus sastra | |
V | Lingkungan | Hasil-hasil analisis novel Indonesia/ terjemahan yang ada di masyarakat | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | ||
V | Inquari | ||
Demontrasi /Pemeragaan Model |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
V | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang pengertian dan perbedaan novel Indonesia & terjemahan Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, pemberian tanggapan Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||
STANDAR KOMPETENSI | 8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | ||
KOMPETENSI DASAR | 8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi: · Mengungkapkan identitas buku · Mengungkapkan sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Contoh sebuah resensi buku Fungsi dan tujuan penulisan resensi Prinsip-prinsip penting penulisan resensi Pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku Data publikasi buku yang diresensi |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | · Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi | · Siswa dapat Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru menunjukkan sebuah buku baru (yang baru diluncurkan) dan menanyakan kepada siswa apakah sudah membacanya. Bilamana belum dan berminat membacanya, guru mengajak siswa untuk mendengarkan sebuah artikel di majalah atau koran yang mengulas buku tersebut. F Guru mengarahkan pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa bahwa artikel tersebut adalah sebuah resensi buku. | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) | |
& Eksplorasi F Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks. F Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa mendiskusikan fungsi dan tujuan penulisan resensi buku. F Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku. & Elaborasi F Dengan berdiskusi kelompok, siswa mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika isi resensi buku berdasarkan contoh yang telah dibacanya. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | ||
& Eksplorasi F Siswa diajak ke perpustakaan/ruang internet untuk mencari contoh-contoh resensi buku dan mengklipingnya beberapa buah. F Siswa mencermati, membandingkanm, dan memberikan tanggapan/penilaian atas contoh-contoh resensi temuaannya & Elaborasi F Guru menugasi siswa mencari buku baru untuk diresensi dan membacanya sampai tuntas (tugas ini dapat dikerjakan di rumah). & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52 |
Material: VCD, kaset, poster | ||
V | Mediacetak dan elektronik | Contoh buku yang diresensi dan karangan hasil resensinya |
V | Website internet | website yang berisi galery /kumpulan resensi buku dari berbagai penerbit |
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku Tugas untuk mengkliping beberapa contoh resensi buku dan memberikan ulasan/penilaian Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | SMA/MA ....................... | ||
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia | ||
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) | ||
PROGRAM | |||
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis | ||
STANDAR KOMPETENSI | 8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | ||
KOMPETENSI DASAR | 8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi | ||
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
· Menulis resensi novel dengan memperhatikan identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan cermat EYD | · Bersahabat/ komunikatif · Kreatif | · Kepemimpinan · Keorisinilan | |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) | ||
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Contoh karangan resensi buku Unsur-unsur resensi identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar Sistematika dan struktur isi resensi buku |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
Inquari | ||
Tanya Jawab | ||
v | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi | · Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi | · Siswa dapat Menulis resensi novel dengan memperhatikan identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan cermat EYD |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
PEMBUKA (Apersepsi) | F Guru mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa mengingat kembali prinsip-prinsip penulisan resensi buku yang pernah dipelajari sebelumnya F Guru menanyakan hasil tugas memilih dan membaca buku baru yang akan diresensinya F Guru menunjukkan sebuah buku terbaru yang menarik untuk dibaca dan diresensi | · Bersahabat/ komunikatif |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) | |
& Eksplorasi F Siswa diajak untuk mencermati dan menanggapi contoh resensi buku yang ditampilkan di buku teks untuk memperdalam pemahaman sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku Guru menjelaskan tahap-tahap penulisan resensi buku F Siswa mengeluarkan/menyiapkan buku yang akan diresensinya. F Siswa diberi kesempatan untuk membaca sampai tuntas / menuntaskan pembacaan buku yang akan diresensi & Elaborasi F Siswa meringkas atau mengidentifikasi garis besar isi buku F Siswa mengulas dan menimbang kelebihan dan kekurangan buku F Siswa mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku secara lengkap & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | ||
& Eksplorasi F Siswa menulis resensi buku berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan. F Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya F Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya F Guru mengapresiasi beberapa resensi yang sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa. & Elaborasi F Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri /Kelompok: mendengarkan berita, menjawab pertanyaan pemahaman isinya, dan memberikan tanggapan secara kritis. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | · Kreatif | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang resensi buku yang telah dipelajarinya F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku. | · Bersahabat/ komunikatif |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 20-25 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52 6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo |
V | Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | contoh resensi buku yang pernah dimuat di mediamassa |
V | Website internet | website yang memuat kumpulan resensi buku dari berbagai penerbit |
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
V | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari Tugas untuk menulis resensi buku Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku (terlampir di bawah) |
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
0 comments:
Posting Komentar