PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Keterangan | |
1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah | · Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh | | | |
· Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | | | |||
· Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi | | | |||
· Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara ekstrinsik | | | |||
1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara | · Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya · Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah | | | ||
· Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia | | | |||
| | · Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat masa sejarah dari berbagai daerah di Indonesia | | | |
· Mengidentifikasi perkembangan penulisan sejarah di Indonesia · Memberikan contoh lima unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia | | | |||
1.3. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra-Aksara dan Masa Aksara | · Mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah | | | ||
· Mendeskripsikan sumber , bukti, dan fakta sejarah | | | |||
· Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan | | | |||
· Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan | | | |||
· Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah | | | |||
Ulangan harian | | | |||
Ulangan tengah semester | | | |||
Ulangan akhir semester | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Keterangan | |
2. Menganalisis Peradaban Indonesia dan Dunia | 2.1. Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia | · Menganalisis proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia | | | |
| | · Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu · Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam | | | |
| | · Menjelaskan penemuan jenis-jenis manusia purba · Menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba | | | |
| | · Menjelaskan perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian | | | |
| | · Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal | | | |
| | · Menjelaskan asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia | | | |
| 2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di Dunia yang Berpengaruh terhadap Peradaban Indonesia | - Mendeskripsikan pengertian peradaban dan proses awal pembentukan peradaban - Mendeskripsikan ciri-ciri peradaban awal | | | |
| | · Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga | | | |
| | · Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho) Dinasti Shang dan Yin Dinasti Chou Dinasti Chin Dinasti Han Dinasti Tang | | | |
| | · Mendeskripsikan peradaban Bac Son Hoa Binh dan Dong Son | | | |
| | · Menjelaskan pengaruh peradaban India, Cina, dan Yunan terhadap peradaban Indonesia | | | |
Ulangan harian | | | |||
Ulangan tengah semester | | | |||
Ulangan akhir semester | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Keterangan | |
1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional | 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia | - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India | | | |
- Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia | | | |||
- Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia (Gambar 1.5 hal 9) | | | |||
- Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha | | | |||
1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Kutai b. Tarumanegara c. Holing d. Melayu e. Sriwijaya f. Mataram Kuno g. Medang Kemulan h. Kediri i. Singasari j. Bali k. Pajajaran l. Majapahit | | | ||
| | · Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Kutai b. Tarumanegara c. Holing d. Melayu e. Sriwijaya f. Mataram Kuno g. Medang Kemulan h. Kediri i. Singasari j. Bali k. Pajajaran l. Majapahit | | | |
| | · Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | | | |
| | · Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | | | |
| 1.3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia | · Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab | | | |
· Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia · Mengidentifikasi pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di Indonesia | | | |||
· Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 | | | |||
· Mendeskripsikan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia | | | |||
1.5. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia | · Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | | | ||
| | · Menganalisis proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia | | | |
| | · Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | | | |
Ulangan harian | | | |||
Ulangan tengah semester | | | |||
Ulangan akhir semester | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Keterangan | |
2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang | 2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial | · Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia | | | |
· Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia · Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia | | | |||
· Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia | | | |||
· Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial | | | |||
· Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing | | | |||
| 2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan | · Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia | | | |
| · Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika a. Filipina b. Malaysia c. Vietnam d. India e. Mesir | | | ||
· Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia | | | |||
· Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda · Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia | | | |||
· Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia | | | |||
| | · Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia | | | |
| · Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia | | | ||
2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia | · Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia | | | ||
· Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan · Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah | | | |||
3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke- 20 | 3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia | · Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia | | | |
· Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia | | | |||
3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | | | ||
Ulangan harian | | | |||
Ulangan tengah semester | | | |||
Ulangan akhir semester | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Keterangan | |
1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru | 1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia | · Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI · Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | | | |
1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950 | · Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan | | | ||
· Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan | | | |||
· Mendeskripsikan konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan | | | |||
· Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda | | | |||
| | · Mendeskripsikan perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan | | | |
1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa | · Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965 | | | ||
· Mendeskripsikan peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI · Mendeskripsikan dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI | | | |||
1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan | · Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer | | | ||
· Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | | | |||
| | · Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia | | | |
| | · Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an | | | |
2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi. | 2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru | · Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru · Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru | | | |
| | · Mendeskripsikan menguatnya peran negara pada masa Orde Baru · Mendeskripsikan dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial politik masyarakat | | | |
| 2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi | · Mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru · Merekonstruksi jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis | | | |
| 2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi | · Mendeskripsikan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 | | | |
| · Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi | | | ||
Ulangan harian | | | |||
Ulangan tengah semester | | | |||
Ulangan akhir semester | | |
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Keterangan | |
3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir | 3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin | · Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika | | | |
· Mendeskripsikan ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II | | | |||
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin | | | |||
· Mendeskripsikan tentang Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba | | | |||
· Mendeskripsikan Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara | | | |||
· Mendeskripsikan perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin | | | |||
| | · Mengidentifikasi ciri-ciri politik luar negeri Indonesia · Membedakan pelaksanaan politik luar negeri pada masa pemerintahan Orde Lama dengan pelaksanaan politik luar negeri pada masa Orde Baru | | | |
| | · Mendeskripsikan peran aktif Indonesia di dunia internasional | | | |
| 3.2. Menganalisis Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia | · Mendeskripsikan proses berakhirnya Perang Dingin | | | |
· Mendeskripsikan perubahan di dunia pasca-Perang Dingin | | | |||
· Mendeskripsikan proses munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI | | | |||
Ulangan harian | | | |||
Ulangan tengah semester | | | |||
Ulangan akhir semester | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Sejarah (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
1 comments:
makasih pak, telah memberikan deskripsion prota sejarah untuk smu,
sangat mebantu
salam sejahtera dan sukss
Posting Komentar