PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah | | · Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh | | Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah · Pengertian Sejarah | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | | · Sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | | | | | | | |
| | | · Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi | | · Generalisasi, periodisasi, dan kronologi | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara ekstrinsik | | · Kegunaan Sejarah | | | | | | | |
| 1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara | | · Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya · Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah | | Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia - Cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya - Tradisi masyarakat masa prasejarah | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia | | · Jejak sejarah di dalam folklor, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat di berbagai daerah | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat masa sejarah dari berbagai daerah di Indonesia | | · Tradisi sejarah masyarakat masa sejarah | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi perkembangan penulisan sejarah di Indonesia · Memberikan contoh lima unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia | | · Perkembangan penulisan sejarah di Indonesia | | | | | | | |
| 1.3. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra-Aksara dan Masa Aksara | | · Mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah | | Menggunakan Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Sejarah - Langkah-langkah dalam penelitian sejarah | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan sumber , bukti, dan fakta sejarah | | - Sumber, bukti, dan fakta sejarah | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan | | · Jenis-jenis sejarah | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan | | · Prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan | | | | | | | |
| | | · Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah | | · Peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Sejarah.
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tahapan berpikir | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tahapan berpikir | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||||
2. Menganalisis Peradaban Indonesia dan Dunia | 2.1. Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia | | · Menganalisis proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia | | Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia · Teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia | | | | | | | |
| | | · Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu · Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam | | · Periodisasi perkembangan budaya masyarakat awal Indonesia | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan penemuan jenis-jenis manusia purba · Menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba | | · Penemuan manusia purba dan hasil budayanya | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian | | · Perkembangan kehidupan dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal | | · Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia | | · Asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia | | | | | | | |
| 2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di Dunia yang Berpengaruh terhadap Peradaban Indonesia | | - Mendeskripsikan pengertian peradaban dan proses awal pembentukan peradaban - Mendeskripsikan ciri-ciri peradaban awal | | Peradaban Awal Masyarakat Dunia - Pengertian peradaban | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga | | · Peradaban awal bangsa India | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho) Dinasti Shang dan Yin Dinasti Chou Dinasti Chin Dinasti Han Dinasti Tang | | · Peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho) | | | | | | | |
| | | · Mendeskripsikan peradaban Bac Son Hoa Binh dan Dong Son | | a. Kebudayaan Bac Son Hoa Binh dan Dong Son | | | | | | | |
| | | · Menjelaskan pengaruh peradaban India, Cina, dan Yunan terhadap peradaban Indonesia | | b.Pengaruh peradaban India, Cina, dan kebudayaan Yunan terhadap peradaban Indonesia | | | | | | | |
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Sejarah (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
1 comments:
tampilannya banyak di tutupi iklan,,
trims ya,,sekedar info
Posting Komentar