Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Februari 2012

MENGENAL QUANTUM THEACHING (Bagian 2)


Mengorkestrasi Suasana yang Menggairahkan Bag.1)

1. Kekuatan – Terpendam Niat

Niat kuat seorang guru, atau kepercayaan akan kemampuan dan motivasi siswa, harus terlihat sangat jelas. Apakah kita percaya dan berbuat seakan para siswa ingin melakukan yang terbaik, bahwa mereka dapat berhasil, ingin berhasil, dan akan berhasil. Apakah Anda melihat ke balik citra yang diproyeksikan para siswa, dan memanfaatkan apa yang Anda tahu, apakah Anda berinteraksi dengan siswa sambil tetap memelihara pAndangan positif mengenai diri mereka dan apa yang dapat mereka capai. Semua itu fakta nyata berkaitan dengan pAndangan Anda, dan cara Anda memAndang sesuatu sama atau bahkan lebih berarti dari segala perkataan Anda.

2. Jalinan Rasa Simpati Dan Saling Pengertian
Untuk menarik keterlibatan siswa, guru harus membangun hubungan, yaitu dengan menjalin rasa simpati dan saling pengertian. Hubungan akan membangun jembatan menuju kehidupan bergairah siswa, membuka jalan memasuki dunia baru mereka, mengetahui minat kuat mereka, berbagi kesuksesan puncak mereka, dan berbicara dengan bahasa hati mereka. Membina hubungan bisa memudahkan Anda melibatkan siswa, memudahkan pengelolaan kelas, memperpanjang waktu fokus, dan meningkatkan kegembiraan.

3. Keriangan Dan Ketakjuban
Jika Anda secara sadar menciptakan kesempatan untuk membawa kegembiraan ke dalam pekerjaan Anda, kegiatan mengajar dan belajar akan lebih menyenangkan. Kegembiraan membuat siswa siap belajar dengan lebih mudah, dan bahkan dapat mengubah sikap negatif. Ingatkah perasaan yang Anda alami ketika Anda pertama kali mencoba bersepeda tanpa roda-roda bantuan. Momen tersebut merupakan contoh belajar yang menggembirakan, yang begitu sering terjadi dalam masa-masa bayi dan kanak-kanak Anda.

4. Pengambilan Risiko
Saat memasukkan unsur risiko ke dalam situasi belajar, Anda membangkitkan kesukaan bertualang alami dari pelajar. Hal ini akan membawa mereka melampaui batas mereka sebelumnya, dan menambah dampak pengalaman mereka. Sebagian mereka menjadi pelajar yang baik dengan menjadi pengambil risiko yang berani. Mereka mengobrol dengan orang baru dikenal, masuk kekantin sambil bertanya-tanya siapa yang duduk bersamanya, dan semakin lama menjadi semakin percaya diri. Kita semua hidup di sebuah Zona Nyaman (ZN). Didalamnya kita memilki semua hal yang membuat kita merasa nyaman (kegiatan tertentu, masyarakat, makanan, tempat, dan tata krama) Sebagai contoh, mengajar dengan gaya tertentu barangkali berada dalam ZN Anda, sementara mencoba beberapa tehnik instruksi model baru berada di luar ZN Anda.
Untuk memberdayakan siswa melangkah keluar ZN : 1) beri teladan dengan ke luar dari zona nyaman Anda, 2) Ceritakan zona nyaman kepada siswa, 3) Beri tahu mereka bahwa Anda mendukung mereka 100%, dan 4) Ajak semua anggota kelas untuk saling mendukung.

5. Rasa Saling Memiliki
Semua orang ingin merasa saling memilki, dengan mengasah perasaan mereka untuk saling memilki. Membangun rasa saling memilki akan mempercepat proses pengajaran dan meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Jika kita perhatikan tim-tim berprestasi, ada satu hal yang sama-sama dipunyai setiap pemain : rasa saling memilki yang menambah nilai bagi timnya. Rasa saling memilki menciptakan rasa kebersamaan, kesatuan, kesepakatan, dan dukungan dalam belajar, dan mempercepat proses mengajar. Rasa saling memiliki sejati (kepaduan tim) membuat orang merasa berdaya untuk keluar dan, mempertaruhkan zona nyaman mereka demi sukses dan belajar.

6. Keteladanan 
Diri Anda lebih penting daripada pengetahuan Anda, seperti kata pepatah “Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata” “Kami butuh bukti, bukan janji” “ Praktikkan apa yang kau khutbahkan”. Semuanya mengacu kepada keteladanan (modelling). Keteladanan membangun hubungan,  memperbaiki kredibilitas, dan meningkatkan pengaruh. Jadi memberi teladan adalah salah satu cara ampuh untuk membangun hubungan dan memahami orang lain. Keteladanan akan menambahkan kekuatan ke dalam pengajaran Anda.

                                                                                                                BERSAMBUNG MEN ...

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons