Cari Blog Ini

Rabu, 15 Februari 2012

MENGENAL QUANTUM TEACHING (Bagian-4)


Mengorkestrasi Lingkungan yang Mendukung (Bag.3)

Bagaimana Andai Anda dapat mengajar lebih banyak dengan usaha lebih sedikit ?, Anda dapat menyampaikan isi lebih banyak dan siswa Anda mengerti dan mengingat lebih banyak.
Bagaimana caranya ? dengan mengubah lingkungan kelas Anda. Apa yang dikatakan lingkungan kelas Anda ? Dari cara poster ditempelkan di dinding, pengaturan bangku, penyusunan bahan persediaan, hingga tingkat kebersihan kelas. Segala sesuatu dalam lingkungan kelas menyampaikan pesan yang memacu atau menghambat belajar. Marilah kita kenali lingkungan Quantum Teaching lebih akrab, lingkungan yang memacu belajar dan meningkatkan daya ingat siswa.

1. Lingkungan Sekeliling

Sebuah gambar lebih berarti daripada seribu kata. Jika Anda menggunakan alat peraga dalam situasi belajar, akan terjadi hal yang menakjubkan. Bukan hanya mengawali proses belajar dengan cara merangsang modalitas visual, alat peraga secara harfiah menyalakan jalur saraf seperti kembang api dimalam lebaran. Beribu-ribu asosiasi tiba-tiba diluncurkan ke dalam kesadaran. Kaitan ini menyediakan konteks yang kaya untuk pembelajaran yang baru. Memahami kaitan antara pAndangan sekeliling dan otak itu penting untuk mengorkestrasi lingkungan belajar yang mendukung. Bagaimana caranya menciptakan dan memperkuat jalur saraf ini, pertimbangkan dua unsur ini; pAndangan sekeliling, dan kaitan mata-otak.

2. Alat Bantu
Alat bantu adalah benda yang dapat mewakili suatu gagasan, seperti boneka, untuk mewakili tokoh dalam karya sastra, bola lampu plastik yang besar untuk menAndakan dimulainya sesi brainstorming, atau menyoroti ide cemerlang, panah, secara visual menunjukkan “poin” yang Anda maksudkan, kacamata besar, menunjukkan pengambilan perspektif berbeda, topi sherlock holmes, menAndakan pemikiran deduktif. Alat bantu tidak hanya membantu pembelajaran visual, tetapi dapat pula membantu modalitas kinestetik. Siswa yang sangat kinestetik dapat memegang alat bantu, dan mendapatkan “rasa” yang lebih baik dari ide yang Anda sampaikan.

3. Pengaturan Bangku

Cara Anda mengatur bangku memainkan peran penting dalam pengorkestrasian belajar. Bangku siswa dapat disusun untuk mendukung tujuan belajar bagi pelajaran apapun yang diberikan. Anda bebas menyuruh siswa mengatur ulang bangku mereka untuk memudahkan jenis interaksi yang diperlukan. Susunan bangku yang tak dapat diubah-ubah menimbulkan sedikit tantangan, walaupun demikian Anda dapat menggubah lingkungan untuk memaksimalkan momen belajar siswa-siswa Anda. Ada beberapa pilihan pengaturan bangku :
·         Gunakan setengah lingkaran untuk diskusi kelompok besar yang dipimpin oleh seorang fasilitator, yang menuliskan gagasan pada kertas tulis, whiteboard, atau papan tulis;
·         Rapatkan bangku ke dinding jika Anda ingin memberi tugas perseorangan dan mengosongkan pusat ruangan untuk memberi petunjuk kepada sekelompok kecil, atau mengadakan diskusi sekelompok besar sambil duduk di lantai
·         Jika bisa, ganti bangku tradisional dengan meja dan kursi lipat agar lebih fleksibel.

4. Tumbuhan, Aroma, Hewan Peliharaan, Dan Unsur Organik Lainnya Tumbuhan

Biologi dan botani mengajarkan kita bahwa tumbuh-tumbuhan menyediakan oksigen dalam udara kita, dan otak kita berkembang karena oksigen. Semakin banyak oksigen yang didapatnya, semakin baik otak berfungsi.
Aroma
Kaitan antara kelenjar pencium dan sistem saraf otonomi sangat kuat. Apa yang kita cium memicu respons seperti kecemasan, kelaparan, ketenangan, depresi, dan seksualitas. Manusia dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka secara kreatif sebanyak 30% saat diberikan wangi bunga tertentu, karena daerah penciuman merupakan reseptor bagi endorfin yang menyuruh tanggapan tubuh merasa tenang dan sejahtera. Sedikit penyemprotan aroma berikut pada kelas Anda akan meningkatkan kewaspadaan mental : mint, kemangi, jeruk, kayumanis, dan rosemary. Lavendel, kamonil, jeruk, dan mawar memberikan ketenangan dan relaksasi.
Hewan Peliharaan
Hanya sedikit benda yang dapat mengeluarkan sifat penyayang dalam diri siswa dan menenangkan mereka seperti yang ditimbulkan hewan peliharaan. Orang mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan binatang peliharaan mereka. Binatang peliharaan kelas, dapat menciptakan kesempatan untuk melatih tanggung jawab, gizi, kesehatan, dan perawatan.

5. Musik

Musik berpengaruh pada guru dan pelajar. Anda dapat menggunakan musik untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental siswa, dan mendukung lingkungan belajar. Musik membantu pelajar bekerja lebih baik dan mengingat lebih banyak. Musik merangsang, meremajakan, dan memperkuat belajar, baik secara sadar maupun tidak sadar. Irama, ketukan dan keharmonisan musik mempengaruhi fisiologi manusia, terutama gelombang otak dan detak jantung, juga membangkitkan perasaan dan ingatan. Musik dapat digunakan dengan beragam cara dalam pendidikan antara lain; menata suasana hati, meningkatkan hasil belajar yang diinginkan, dan menyoroti hal-hal penting.
Gunakan musik untuk meningkatkan semangat, merangsang pengalaman, menumbuhkan relaksasi, meningkatkan fokus, membina hubungan, memberi inspirasi, dan untuk bersenang-senang.

                                                                                      BERSAMBUNG .... !

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons