KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI MUSIK
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : I (Satu)
KKM : Seni Musik
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
3.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat | | | | | | | |
· Menjelaskan makna musik tradisional · Menyebutkan peranan musik tradisional | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menyebutkan nilai-nilai musik tradisional · Menjelaskan nilai-nilai musik tradisional · Menyebutkan contoh lagu-lagu yang mempunyai nilai-nilai budi pekerti luhur, nilai seni tinggi | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 3 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
· Mempraktikkan mengaransir lagu · Menjelaskan tentang akor · Menyebutkan dan menjelaskan warna suara manusia · Menyebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam penulisan aransemen | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menyebutkan media mengaransemen lagu · Menyebutkan contoh-contoh musik tradisional · Menyebutkan contoh-contoh lagu daerah/tradisional | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 4 ) | | | | | | | |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI MUSIK
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : II (Dua)
KKM : Seni Musik
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
13.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat | | | | | | | |
· Mengenal berbagai jenis aliran musik non tradisional yang berkembang di Nusantara. · Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dari setiap jenisnya. · Mengklasifikasikan makna dan peranan dari keunikannya. | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menganalisa keunikan nilai estetika dari setiap jenisnya. | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 13 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
· Mengaransir lagu (kelompok) · Memainkan / menyanyikan lagu hasil aransemen. | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menyiapkan pertunjukan musik di kelas / sekolah. | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menggelar pertunjukan musik di kelas / sekolah. | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 14 ) | | | | | | | |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI MUSIK
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XII
Semester : I (Satu)
KKM : Seni Musik
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
3.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat | | | | | | | |
· Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) · Menyebutkan pembagian musik Nusantara · Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menunjukkan nilainilai yang terkandung dalam musik Nusantara · Menyebutkan halhal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 3 ) | | | | | | | |
4. Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik | | | | | | | |
4.1.Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara | | | | | | | |
· Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional,modern, dan kontemporer) · Menyebutkan pembagian musik Nusantara · Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer) | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam musik Nusantara · Menyebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 4 ) | | | | | | | |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA – SENI MUSIK
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XII
Semester : II (Dua)
KKM : Seni Musik
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Praktik | Sikap/Afektif | Jumlah | Nilai KKM % | |
| | | | | | | |
11.1. Mengidentifikasi makna peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat | | | | | | | |
· Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara. · Mengidentifikasi makna musik non tradisional Mancanegara. · Mengidentifikasi peranan musik non tradisional Mancanegara | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Mendeskripsikan karakteristik/keunikan karya musik non Tradisional Mancanegara. · Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik non tradisional Mancanegara. · Memainkan alat musik mengiringi lagu non tradisional Mancanegara. | | | | | | | |
Jumlah 2 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 11 ) | | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
· Mendeskripsikan teknik mengaransir/merancang karya music non tradisional mancanegara · Menyebutkan langkah-langkah menaransir/meramcang karya lagu non tradisional mancanegara · Menaransir lagu non tradisional mancanegara · Membaca notasi dan syairuntuk vocal dan lagu hasil aransir · Menyesuaikan alat music dengan lagu hasil aransir · Memainkan alat music mengiringi lagu non tradisonal | | | | | | | |
| | | | | | | |
· Mendiskusikan susunan kepanitiaan pergelaran music · Menyususn proposal kegiatan pergelaran music di sekolah · Memilih/menyeleksi jenis acara dalam pergelaran music di skeolah · Mengidentifikasi kebutuhan dalam kegiatan pergelaran/penampilan music · Menyiapkan acara pertunjukkan music yang akan ditampilkan dalam kegiatan music di sekolah · Mengidentifikasi acara pergelaran musik | | | | | | | |
12.3. Menampilkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah | | | | | | | |
· Bernyanyi dengan nada yang sesuai · Bermain music instrument memainkan lagu mancanegara dengan teknik yang benar · Menyesuaikan alat music pengiring dengan lagu/nyanyian yang akan di pentaskan · Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok · Mengemas sebuah sajian music dalam acara pergelaran acara music di sekolah | | | | | | | |
Jumlah 3 KD | | | | | | | |
KKM ( Seni musik SK 12 ) | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel Seni Budaya (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
1 comments:
KKMnya berapa ???
Posting Komentar