PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : XII / 1
Nama Guru : ...........................
NIP/NIK : ...........................
Sekolah : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
· Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
· Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial.
· Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
o mengidentifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial
o mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial.
o menjelaskan akibat dari perubahan sosial
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Perubahan Sosial
C. Metode Pembelajaran
o Informasi
o kerja mandiri
o eksplorasi
o diskusi
o ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat. | · Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial. · Secara klasikal menggolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang diperoleh dari masyarakat. · Menggali secara individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial. · Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial. | · Siswa dapat Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. · Siswa dapat Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial. · Siswa dapat Memberikan contoh faktor pendorong Perubahan Sosial. · Siswa dapat Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial. |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa perubahan yang terjadi dalam diri siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan mempelajari hakikat dan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Setelah itu, siswa memperhatikan skema perubahan sosial yang digambar oleh guru. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian perubahan sosial, pandangan para tokoh tentang perubahan sosial, teori utama pola perubahan sosial, dan teori-teori modern mengenai perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa bisa menggali informasi dari berbagai informasi tentang perubahan sosial misalnya, di perpustakaan atau pengalaman di sekitarnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 10. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang diskusi yang telah dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitar lingkungannya dan membuat karangan tentang perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mempersiapkan kamera untuk foto perubahan sosial untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 2 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa berupa karangan tentang perubahan sosial dalam masyarakat. b. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan mempelajari bentuk-bentuk perubahan sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar bentuk-bentuk perubahan sosial dalam masyarakat.. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 14. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian para siswa ditugaskan untuk memotret perubahan-perubahan sosial yang terjadi di sekitar lingkungan sekolahnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membuat laporan singkat tentang obyek foto yang diambil kepada guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang bentuk-bentuk perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara tertulis. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mencetak foto lalu siapkan untuk pameran. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 3 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar bentuk-bentuk perubahan sosial. b. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan mempelajari faktor-faktor pendorong dan penghambat serta dampak perubahan sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar mode pakaian atau foto yang diambil oleh para siswa. . | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa bisa menonton film tentang perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 19 dan 24. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 24-25. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak sosialnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang dipelajari tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut. “ Siswa diberi tugas untuk membuat kliping dengan analisa tentang faktor pendorong terjadinya perubahan itu. Selain itu, siswa juga ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab 1 dari halaman 26-30. |
Pertemuan 4 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
o Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 2-30.
o Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o Papan tulis
o Alat-alat tulis
o Lembar soal
o Transparan Konsep
o Power Point
o OHP
G. Penilaian
o Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 26-30.
o Karangan siswa tentang perubahan sosial dalam masyarakat.
o Diskusi kelompok dalam buku halaman 24-25.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
o Kemampuan menyampaikan pendapat.
o Kemampuan memberikan argumentasi.
o Kemampuan memberikan kritik.
o Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
1. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap
kehidupan masyarakat. .
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial.
· Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
· Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati
diri bangsa
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ menjelaskan pengertian modernisasi dan globalisasi
½ memberi contoh dampak modernisasi dan globalisasi
½ mengidentifikasi tantangan global terhadap eksistensi jati diri bangsa
½ mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Dampak Perubahan Sosial
½ Modernisasi dan globalisasi
C. Metode Pembelajaran
½ informasi
½ kerja mandiri
½ tanya-jawab
½ eksplorasi
½ diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat. | · Secara individu melakukan pengamatan terhadap perkembangan IPTEK, Pendidikan, sistem pemerintahan, dll, sebagai dampak perubahan sosial. · Secara individu menggali informasi dari berbagai sumber belajar tentang dampak perubahan sosial-budaya. · Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari kasus dampak perubahan sosial. · Secara kelompok mendiskusikan contoh-contoh globalisasi. | · Siswa dapat Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial. · Siswa dapat Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa · Siswa dapat Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar modernisasi dan globalisasi. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud dari pembelajaran tentang modernisasi dan globalisasi. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan modernisasi dan globalisasi serta skema perubahan sosial. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan modernisasi dan globalisasi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang modernisasi:pengertian, ciri manusia modern, syarat-syarat modernisasi, sikap mental manusia modern, gejala-gejala modernisasi, dan pengertian dan proses terjadinya globalisasi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 36 dan 40. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa menguraikan dampak modernisasi tentang perubahan sosial budaya seperti kasus dalam buku halaman 36 dan 40. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa memberi tanggapan atas kasus tersebut. Guru memandu jalannya diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang dampak modernisasi terhadap perubahan sosial dan budaya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian modernisasi dan globalisasi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengadakan post test tentang pengertian modernisasi dan globalisasi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membaca beberapa artikel tentang modernisasi dan globalisasi lalu memberi tanggapan sederhana. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 2 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar modernisasi dan globalisasi. b. Memotivasi Siswa menyebtukan gejala-gejala modernisasi dan globalisasi. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan contoh-contoh gejala-gejala modernisasi dan globalisasi. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa memperhatikan gambar-gambar yang menunjukkan gejala modernisasi dan globalisasi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang gejala-gejala modernisasi dan globalisasi serta dampak dan tantangan di masa yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 43, 48, dan 50. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendeskripsikan gejala modernisasi dan globalisasi yang terjadi dalam bidang-bidang tertentu dan pengaruhnya bagi masyarakat Indonesia. Siswa dapat membuatnya dalam bentuk tabel.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 51. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang gejala modernisasi dan globalisasi, pengaruh dan tantangan di masa yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk membuat karangan berupa artikel atau essey tentang upaya menanggapi tantangan globalisasi di masa depan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 53-56. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
½ Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 32- 56
½ Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
½ Alat-alat teknologi komunikasi dan transportasi.
½ Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½ Papan tulis
½ Alat-alat tulis
½ Lembar soal
½ Transparan Konsep
½ Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½ Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 26-30.
½ Karangan siswa tentang tantangan globalisasi di masa yang akan datang.
½ Diskusi kelompok dalam buku halaman 51.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
½ Kemampuan menyampaikan pendapat.
½ Kemampuan memberikan argumentasi.
½ Kemampuan memberikan kritik.
½ Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½ Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½ Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
2. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami lembaga sosial
Kompetensi Dasar : 2. 1. menjelaskan hakikat lembaga sosial
2. 2. Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial.
2. 3. Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Mendeskripsikan konsep lembaga social
· Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
· Menganalisis pengaruh perubahan terhadap pembentukan lembaga sosial
· Mengidentifikasi karakteristik lembaga sosial di masyarakat
· Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar lembaga sosial di masyarakat
· Menganalisis efisiensi dan efektifitas dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat.
· Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi lembaga
· sosial berdasarkan studi literatur dan studi lapangan
· Menguraikan adanya penyesuaian kembali terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat
· Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat
· Menganalisis eksistensi lembaga sosial dalam menghadapi berbagai perubahan lokal, nasional dan global
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ memberi pengertian mengenai lembaga sosial
½ memahami proses pertumbuhan pranata sosial
½ mengerti fungsi, karakteristik, dan tipe lembaga sosial
½ mengetahui macam-macam lembaga sosial.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Lembaga Sosial
C. Metode Pembelajaran
½ informasi
½ kerja mandiri
½ tanya-jawab
½ eksplorasi
½ diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· menjelaskan hakikat lembaga sosial · Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial. · Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial. | · Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media elektronik tentang lembaga sosial. · Secara berkelompok mendiskusikan hasil temuan tentang pembentukan lembaga sosial. · Secara berkelompok merumuskan tentang proses-proses pembentukan lembaga sosial · Secara individu menggali informasi melalui literatur tentang karakteristik lembaga sosial · Secara berkelompok mengunjungi lembaga sosial, seperti lembaga: DPR, PENGADILAN, KADIN, Institut ekologi Dayak,untuk mengidentifikasi karakteristik dari setiap lembaga sosial yang ada di masyarakat · Secara kelompok merumuskan hubungan antara lembaga sosial yang terdapat di masyarakat · Secara klasikal mendiskusikan tipe dan hubungan lembaga sosial yang terdapat di maasyarakat · Secara kelompok menggali informasi melalui studi lapangan tentang berbagai peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat · Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi, budaya dari hasil studi lapangan · • Secara kelompok mendiskusikan eksistensi lembaga sosial dalam menyikapi berbagai tuntutan perubahan baik lokal, nasional dan global. | · Siswa dapat Mendeskripsikan konsep lembaga social · Siswa dapat Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial · Siswa dapat Menganalisis pengaruh perubahan terhadap pembentukan lembaga sosial · Siswa dapat Mengidentifikasi karakteristik lembaga sosial di masyarakat · Siswa dapat Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar lembaga sosial di masyarakat · Siswa dapat Menganalisis efisiensi dan efektifitas dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat. · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi lembaga · Siswa dapat sosial berdasarkan studi literatur dan studi lapangan · Siswa dapat Menguraikan adanya penyesuaian kembali terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat · Siswa dapat Menganalisis eksistensi lembaga sosial dalam menghadapi berbagai perubahan lokal, nasional dan global |
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan modernisasi dan globalisasi. b. Memotivasi Siswa menyebutkan beberapa lembaga sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema lembaga sosial yang dibuatkan oleh guru atau lihat dalam buku halaman 58. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 64 dan 65. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perjudian yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Sisiwa membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Kelompok yang lain bisa menyangga dan menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengadakan post test tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 2 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. b. Memotivasi Siswa menyebtukan jenis-jenis lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Guru memberi tahu beberapa lembaga sosial dalam masyarakat. | ||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis lembaga sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 82. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan lembaga-lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. Misalnya, menulis proses upacara perkawinan dan fungsi tahapan-tahapan dalam upacara perkawinan tersebut, bentuk kekerabatan, pembayaran mas kawin, pola meneta sesudah perkawinan, serta susunan keluarga. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir“ Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang jenis-jenis lembaga sosial dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk membuat laporan secara individu tentang proses perkawinan di daerahnya atau di lingkungan keluarganya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 83-86. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
Pertemuan 3 |
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: “ Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: “ Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: “ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); “ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | ||
3. | Kegiatan Akhir “ Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); “ Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |
E. Sumber pembelajaran:
½ Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 57 - 86.
½ Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
½ Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½ Papan tulis
½ Alat-alat tulis
½ Lembar soal
½ Transparan Konsep
½ Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½ Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 83-86.
½ Laporan siswa tentang lembaga perkawinan.
½ Diskusi kelompok dalam buku halaman 82.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Aspek yang dinilai:
½ Kemampuan menyampaikan pendapat.
½ Kemampuan memberikan argumentasi.
½ Kemampuan memberikan kritik.
½ Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½ Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½ Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Sosiologi (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Posting Komentar